Pengertian WordPress, Fitur, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan dari Penggunaan WordPress

Kamu pasti pernah mendengar kata WordPress sebagai sebuah website atau blog. Banyak orang yang telah menggunakannya dan memanfaatkan media ini dalam berbagai hal dan kepentingan masing-masing orang.

Orang memilih WordPress karena memiliki fitur yang memumpuni dan tampilan yang dapat dibuat sesuai keinginan kita sebagai admin.

Untuk lebih mengetahui lebih mengenai WordPress berikut ini mari kita ulas bersama beberapa hal-hal yang berkaitan dengan WordPress tersebut.

Pengertian WordPress

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog.

WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber.

Fitur – Fitur WordPress

Fitur-fitur yang dikembangkan oleh WordPress selalu berubah dan disesuaikan oleh pengguna yang terus menerus dirancang agar fitur-fitur yang dikembangkan sebelumnya mampu memberikan kemudahan bagi pengguna.

Semua fitur yang disediakan oleh WordPress selama ini mendapat respon yang baik, menjadikan WordPress sebagai CMS terpopuler di dunia.

Berikut ini adalah penjelasan dari fitur-fitur yang dimiliki oleh WordPress. paling disukai oleh penggunanya:

1). Media

Fitur media ini, umumnya digunakan untuk dapat menambahkan gambar, video, dan media lainnya ke dalam sebuah postingan artikel.

Ada 2 cara untuk menggunakan media ini, yang pertama bisa dilakukan dengan cara klik menu sebelah kiri atau bisa juga langsung edit di halaman utama.

Dengan menggunakan fitur ini kamu dapat mengembangkan, mengelola, dan menambahkan gambar atau video tertentu.

2). Pages

Mirip dengan fitur post namun, fitur ini tidak memiliki kategori. Selain itu, fitur ini berfungsi untuk menampilkan peta situs, kebijakan privasi, kontak, dan masih banyak lagi.

Fitur ini merupakantempat yang cocok untuk membuat halaman yang baru, selain itu pengguna juga dapat menambahkan deskripsi blog, kontak, dan lain-lain.

3). Setting

Saat mendengar nama menu setting, langsung terlihat bahwa menu ini digunakan sebagai setting center.

Untuk seorang pemula sangat disarankan untuk menguasai menu ini, agar nantinya dalam mengembangkan website secara keseluruhan dan mempermudah dalam mengelola plugin atau menginstal plugin.

4). Comment

Sesuai dengan namanya, menu komentar ini digunakan oleh pengguna WordPress untuk mengelola komentar yang masuk pada artikel yang telah diposting, misalnya.

Di menu komentar ini, pengguna bebas mengatur komentar yang bisa muncul secara publik atau harus melalui filter terlebih dahulu, sehingga pengelolaan semua komentar yang masuk bisa dikelola di fitur komentar ini.

5). Tools

Fitur selanjutnya ini akan sangat berguna bagi pengguna di waktu-waktu tertentu. Fitur ini akan memudahkan kamu jika hendak memindahkan data dari website ini ke website lainnya.

Cara kerjanya fitur ini akan mengimpor dan mengekspor seluruh isi website. Fitur ini akan mempermudah kamu ketika hendak melakukan proses pemindahan data website yang kompleks dan detail.

6). Appearance

Pada menu ini tampilan website pengguna dapat diatur dan dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Di dalam menu ini terdapat banyak sekali theme atau template yang bisa digunakan oleh pengguna.

Ada banyak template yang disediakan oleh WordPress yang memiliki tampilan yang bagus. Padahal, tampilan theme di WordPress tidak kalah dengan website yang dikembangkan sendiri. Biasanya, untuk menggunakan tema yang sesuai, pengguna harus mengunduhnya terlebih dahulu.

7). Post

Post adalah fitur utama jika pengguna WordPress akan mempublikasikan artikel. Menggunakan semua fitur di WordPress sangat mudah, cukup klik dan akan muncul sub menu, klik tambahkan baru atau semua posting.

Pada sub menu tambah baru, pengguna dapat menambahkan artikel yang akan dipublikasikan dan untuk sub menu semua posting, yang dapat menampilkan jumlah artikel yang telah dipublikasikan.

8). Plugins

WordPress memiliki menu plugins yang bisa digunakan untuk memilih fitur-fitur yang akan mendukung sebuah website.

WordPress memiliki plugin yang dapat mendukung berbagai jenis website, baik itu website toko online, blog, profile, dan lain-lain.

9). Users

Fitur users memiliki fungsi yang tidak kalah pentingnya dengan fitur lain yang ada di dashboard WordPress. Fitur user digunakan atau memiliki fungsi untuk melihat pengguna dari sebuah website WordPress.

Pada fitur user ini kamu juga dapat mengatur tingkat hak akses user untuk login pada website dan juga user dapat mengatur password dan keamanan website/blog.

Fungsi WordPress

WordPress sendiri memiliki fungsi sebagai website sesuai keinginan dari pembuatnya, berikut ini merupakan penjelasan dari fungsi WordPress.

1). Membuat Website Pribadi dan Blog

Hampir semua website bisa dibuat di platform WordPress ini. Situs web pribadi dan entitas dapat dibuat melalui situs web. Website sangat cocok digunakan untuk membuat blog atau website pribadi.

Ada banyak tema dan plugin untuk mendukung pembuatan berbagai situs web khusus. Cara membuatnya juga mudah karena pengguna tidak harus menguasai bahasa pemrograman yang rumit.

2). Membuat Website Perusahaan

Banyak perusahaan telah mempercayakan situs web mereka ke platform WordPress. Perusahaan yang menggunakan website WordPress adalah seperti BBC, CNN, The New York Times, Sony Music dan masih banyak lagi.

Mudahnya mengelola dan tampilan desain yang sesuai keinginan admin membuat perusahaan banyak menggunakan WordPress untuk websitenya.

3). Membuat Website Toko Online

Platform ini juga dapat membuat website dengan berbagai jenis, seperti website e-commerce yang lebih detail dan kompleks dengan berbagai fitur pendukung.

Pengguna akan sangat terbantu dengan banyaknya theme dan plugin yang dapat mendukung website toko online mereka. Tema yang dipilih juga dapat disesuaikan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Berikut dibawah ini kelebihan dan kekurangan WordPress, antara lain sebagai berikut.

Kelebihan WordPress

Kelebihan WordPress antara lain sebagai berikut.

1). Biaya Gratis. WordPress dapat diakses secara gratis, kamu dapat menggunakan WordPress secara gratis dan berkreasi semaksimal mungkin. Walaupun ada beberapa hal yang dapat dinikmati jika kamu menggunakan hosting berbayar, namun bagi kamu yang ingin belajar kamu dapat menggunakan yang gratis.

2). Berdasarkan kode sumber terbuka (open source). Pengguna dapat melihat dan memperoleh sederet kode yang menyusun perangkat lunak WordPress secara bebas, sehingga pengguna tingkat lanjut yang memiliki keterampilan pemrograman dapat dengan bebas melakukan modifikasi, bahkan dapat mengembangkan program WordPress lebih lanjut sesuai keinginan mereka.

3). Desain tampilan pada WordPress sangat beragam dan mudah dimodifikasi semenarik mungkin sesuai dengan jenis blog yang kita inginkan. Jika kamu memiliki pengetahuan mengenai HTML yang baik kamu dapat brekreasi dengan desain tampilan WordPress kamu. Namun, jika kamu tidak paham tentang HTML tentunya masih bisa memilih ribuan template yang tersedia di internet secara gratis.

4). Satu blog WordPress, dapat digunakan dengan lebih dari satu orang dan banyak pengguna, sehingga WordPress sering digunakan untuk blog bagi para komunitas. Anggota dalam komunitas dapat bertindak sebagai kontributor.

Kekurangan WordPress

Selain Kelebihan yang dimiliki oleh WordPress dalam penggunaannya, tentu ada kelemahan dari WordPress itu sendiri, berikut ini merupakan kelemahan dari WordPress.

1). Kebebasan pengguna untuk mengoptimalkan blog seperti blog WordPress yang menggunakan hosting berbayar tidak akan bisa.

2). Karena hosting bukan milik asli pengguna, semua konten dan status kepemilikan blog kamu hanya semu, sama seperti mesin blog gratis lainnya. pengguna sebenarnya hanyalah pengguna. Bukan pemilik mutlak blog. Karena jika sewaktu-waktu ada kebijakan dari WordPress.com, misalnya menghapus konten blog, atau menghilangkan layanan blog gratis mereka, pengguna tidak bisa berbuat apa-apa, meski sejauh ini belum terjadi.

3). Plugin WordPress merupakan aplikasi tambahan yang mempu untuk mengoptimalkan fungsi blog WordPress. Dan jumlahnya sangat banyak, sudah mencapai puluhan ribu. Namun tidak tersedia untuk blog yang menggunakan blog WordPress.com. plugin ini hanya dapat digunakan jika kamu menggunakan blog WordPress yang menggunakan hosting berbayar, barulah kamu bisa menggunakan semua plugin tersebut.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian wordpress, fitur, fungsi, kelebihan dan kekurangan dari penggunaan WordPress.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan WordPress. Terimakasih ya sudah berkunjung.

 

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Biaya Balik Nama Mobil Bekas dan Syarat Pengurusan Terbaru

Terkadang kita memutuskan untuk membeli barang bekas yang tentunya masih layak, untuk memenuhi kebutuhan. Salah satu barang berharga yang seing…

15 Tempat Wisata di Buleleng Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Buleleng memang menjadi salah satu tempat terkenal yang berada di Bali. Selain banyaknya objek wisata unggulan yang begitu menawan,…

Tertangkap Mesum dengan Mantan hingga Viral Se-Indonesia, Istri Polisi Tanggung Malu, padahal Wajah Suami Mirip Arya Saloka!

Kasus perselingkuhan selalu jadi sorotan utama warga Indonesia. Terutama jika pelaku maupun korbannya merupakan orang yang terpandang. Salah satu yang…

7 Gaya Seksi Gisel Pamer Tato di Area Tersembunyi, Terbaru Dekat Dada!

SOSOK Gisella Anastasia alias Gisel tak pernah lepas dari sorotan sebagai selebriti Tanah Air. Termasuk gaya penampilan Gisel yang kerap…

Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai dan Kredit

Mobil merupakan alat transportasi yang dipilih oleh banyak orang karena memiliki kapasitas serta fasilitas yang nyaman. Sadarkah Anda bahwa saat…

Pesulap Merah Cuek Disomasi Rara Pawang Hujan: Biarin Saja, Kenapa Memangnya?

Marcel Radhival atau Pesulap Merah menanggapi somasi Rara Pawang Hujan terkait pernyataan yang dianggap merendahkan pekerjaannya. Ditemui di kawasan Pluit,…

15 Tempat Wisata di Badung Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Badung memang sudah sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang mengagumkan. Pasir pantai putihnya pun menjadi salah satu keunggulan dari…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sukoharjo yang Wajib Dikunjungi

Sukoharjo merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Sukoharjo menjadi daerah dengan destinasi wisata alam yang memesona, sehingga siapapun…

15 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Wajib Dikunjungi

Jakarta memang terbagi menjadi beberapa kota dan kabupaten, salah satunya adalah Kota Jakarta Selatan. Nah mendengar kota yang satu ini…

Di luar ekspektasi, ternyata segini bayaran Farel Prayoga sekali manggung

Penyanyi cilik Farel Prayoga melejit namanya pasca bernyanyi di acara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 lalu. Ia berhasil…