Pengertian Wisata, Jenis dan Manfaat Wisata

Wisata merupakan aktivitas untuk kita bisa memperoleh kesenangan. Untuk melakukan wisatapun kita tidak dibatasi ingin pergi dengan siapa ataupun pergi kemana. Karena banyak pilihan dan kita yang akan menentukan pilihan tersebut.

Orang yang melakukan wisata disebut dengan wisatawan. Untuk pembahasan wisata lebih lanjut, simak ulasan yang akan kami berikan berikut ini.

Pengertian Wisata

Kata wisata tentu saja tidak asing lagi bagi kita. Apalagi yang memiliki hobi jalan-jalan dan berkunjung ke berbagai macam tempat wisata.

Wisata merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan oleh satu orang atau bahkan sekelompok orang dengan tujuan memperluas pengetahuan ataupun bersenang-senang dan lain sebagainya.

Dengan begitu kita bisa menarik kesimpulan bahwa wisata bertujuan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan ataupun memperoleh kesenangan untuk pribadi.

Wisata juga berarti suatu aktivitas yang dilakukan seseorang yang telah melakukan perjalanan  dan tinggal selama beberapa waktu didaerah yang bukan tempat tinggalnya.

Namun, poin dari wisata sebenarnya adalah untuk bersenang-senang dan menyegarkan otak dari segala kepenatan dalam beberapa pekerjaan.

Jenis – Jenis Wisata

Dalam pembahasan jenis-jenis wisata kita akan dibahas sesuai kategorinya.

Wisata Berdasarkan Letak Geografisnya

Wisata ini juga bisa kita bedakan menjadi beberapa bagian.

1). Lokal

Wisata lokal ini sudah jelas bahwa perjalanan wisata yang kita lakukan didaerah kita sendiri atau masih dalam lingkup tempat tinggal kita.

Belum merambat ke provinsi lain atau bahkan negara lain. Seperti kita berada di minang kabau atau Sumatera Barat kita akan berkunjung ke Pagaruyung, Jam Gadang, Batu malin kundang, ngarai sianok atau tempat lainnya.

2). Regional

Wisata regional ini memiliki lingkup yang lebih luas dari wisata lokal. Wisata ini sudah melibatkan destinasi tujuan ke provinsi lain.

Misalnya kita orang Sumatera Barat akan melakukan kunjungan wisata di Bandung yaitu puncak atau Raja empat, Lombok, bali, dan tempat lainnya.

3). Internasional

Wisata internalsional atau wisata luar negri adalah perjalanan wisata yang mencakup ruang lingkup yang lebih luas lagi.

Mengunjungi destinasi wisata yang berada dibebrapa negara didunia seperti mengunjungi wisata di Malaysia seperti menara kembar, di India seperti Taj Mahal, di Turki yaitu blue musque, cappadocia dan wisata negara lainnya.

Wisata Berdasarkan Alasan atau Tujuan

Tentu dalam melakukan sebuah perjalanan seseorang tidak selalu memiliki tujuan yang sama.

Selain untuk memperoleh kesenangan tentu ada hal lain yang bisa bermanfaat baginya dan orang lain juga.  Untuk itu kita juga mengulas mengenai alasan melakukan wisata.

1). Bisnis

Dalam melakukan kunjungan seseorang tidak melulu menghabiskan waktu untuk mengunjungi tempat tempat saja tanpa mendapatkan apa-apa selain kesenanagan. Saat sekarang, sudah sangat banyak sekali kunjungan wisata dalam rangka menyelesaikan pekerjaan atau bisnis.

Banyak kita saksikan sekarang para pengusaha dan pebisnis datang mengunjungi tempat wisata untuk melakukan eksplor atau promosi suatu tempat.

Seperti melakukan promosi hotel baru, wisata baru, investasi, kerja sama atau bahkan hanya untuk melakukan seminar dan sejenisnya  ditempat yang di tuju.

2). Liburan

Dalam melakukan suatu kunjungan hal inilah yang paling banyak kita saksikan. Dalam segala kepenatan saat beraktivitas maka sebagian orang menggunakan atau meluangkan waktu untuk berekreasi ke berbagai tempat wisata demi menyegarkan pikiran, mengatasi stres dan quality time bersama keluarga.

3). Pendidikan

Dalam lingkup pendidikan tentu sebagai pendidik juga menginginkan muridnya untuk tahu banyak hal tentang wisata bersejarah.

Dalam dunia pendidikan wisata pendidikan yang dimaksud adalah mengunjungi tempat bersejarah yang dapat menambah pengetahuan seperti kebun binatang, candi atau museum sebagai sarana mendapatkan informasi dan menambah ilmu pengetahuan.

Wisata Berdasarkan Tempat yang Dikunjungi

Kategori kunjungan wisata juga bisa dikelompokkan beberapa bagian.

1). Wisata Alam

Jenis wisata ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Apalagi yang memiliki hobi berwisata. Wisata alam adalah wisata yang berhubungan dengan alam seperti pantai, gunung, laut, bukit, air terjun dan lain-lain.

2). Wisata Budaya

Jenis wisata ini adalah kunjungan wisata dengan tujuan untuk melihat dan menikmati suguhan dari budaya ditempat yang kita datangi. Misalnya pacu jawi yang diadakan di Batusangkar atau randai dan jenis kebudayaan lainnya.

3). Wisata Religi

Jenis wisata ini agak berbeda dengan perjalanan wisata lainnya. aktivitas wisata ini lebih kepada perjalanan rohani dengan tujuan mendekatkan diri kepada sang khalik. Misalnya mengunjungi tempat-tempat yang berbaur keagamaan.

Seperti mengunjungi makam para wali songo, mengunjungi makan para ulama, mengunjungi pesantren-pesantren dan tempat-tempat lain yang berkaitan dengan agama.

4). Wisata Pendidikan

Jenis wisata ini memang bertujuan untuk menambah dan memperdalam ilmu pengetahuan.

Contoh wisata pendidikan seperti mengunjungi tempat budidaya ikan, budidaya tanaman hias, hutan lindung, tempat peternakan sapi perah dan tempat lain yang menambah wawasan lainnya.

5). Wisata Bahari

Jenis wisata ini merupakan kegiatan wisata yang dilakukan dikawasan laut, pantai atau bahkan bawah laut.

Aktivitas yang dilakukan seperti menyelami dasar lautan, berenang, surving, memancing, snorkelling dan lain-lain.

6). Wisata Kuliner

Jenis wisata ini sangat berbeda  dengan jenis wisata lainnya. Wisata kuliner lebih kepada mencicipi dan menikmati cita rasa makanan dan minuman ditempat tertentu.

Dalam aktivitas ini wisatawan akan berburu makanan ditempat yang ia kunjungi, kemudian akan mencicipinya satu per satu.

7). Wisata Sejarah

Jenis wisata ini bertujuan untuk mempelajari sejarah-sejarah yang terjadi di negara mengandung nilai sejarah yang terjadi pada masa lampau.

Manfaat  Wisata

Dalam melakukan sesuatu tentu kita harus paham manfaat dari apa yang kita lakukan.

Jangan sampai apa yang kita lakukan tidak bermanfaat bagi diri kita sendiri atau bahkan orang lain. Untuk itu kami akan mengulas tujuan dan manfaat wisata:

1). Memperoleh Kesenangan dan Kepuasan Batin

Manfaat wisata untuk para wisatawan adalah memperoleh kesenangan dan kepuasan batin. Di sisi lain mereka juga akan memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru dari tempat yang mereka kunjungi.

2). Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Manfaat bagi tempat wisata atau tempat yang dikunjungi tentu ini sangat berefek besar. Salah satunya dari segi ekonomi masyarkat setempat.

Kita pasti sudah saksikan bagaimana masyarakat setempat mengelola lokasi dan bagaimana masyarakat setempat memulai usaha seperti berjualan makan atau souvenir khas tempat tersebut. Ini juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar tempat wisata.

Sekian pembahasan kami mengenai pengertian wisata, jenis, dan manfaat wisata.

Semoga ulasan kami bermanfaat dan menambah wawan pengetahuan kamu tentang wisata. Terimakasih ya telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Lirik Lagu Ayah yang Dinyanyikan Oleh Rinto Harahap

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Happier – Olivia Rodrigo

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Jenazah Anak Ridwan Kamil, Emmeril Ditemukan di Bendungan Engehalde Bern

Jenazah anak Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu…

Lirik Lagu Marmanda – Nagabe Trio

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Bak Petir Menyambar, Putri Delina Curhat Pada Maia Estianty Ngaku Hubungan Dengan Sosok Nathalie Holscher Belum Baik: Sakit Banget

Sebuah pengakuan mengejutkan diungkap oleh Putri Delina soal isi hatinya hingga menyinggung sosok ibu sambungnya, Nathalie Holscher. Bahkan sampai saat…

Harga Mobil Toyota Vellfire Terbaru 2022

Tahukah kamu bahwa Toyota yang merupakan salah satu produsen mobil terbesar di dunia awalnya memproduksi mesin jahit? Ya, perusahaan yang…

Se-Indonesia Tertipu? Puput Bongkar Masalah Mayang Dengan Skincare T Disebut Setingan Hingga Akui Punya Bukti

Mantan istri Doddy Sudrajat, Puput akhirnya ikut buka suara terkait permasalah hukum yang meyeret sosok adik mendiang Vanessa Angel, Mayang.…

Makin Betah Jadi Pengasuh Rafathar, Mbak Lala Histeris Lihat Nominal Bonus dari Raffi Ahmad: Nolnya Kebanyakan Pak

Mbak Lala pengasuh Rafathar girang dapat bonus dari Raffi Ahmad. Menjadi pengasuh anak selebriti terkenal membuat kehidupan Mbak Lala ikut…

Kabar Bayi Diberi Nama Mirip Eril Sampai ke Atalia Praratya, Istri Ridwan Kamil Itu Beri Tanggapan

Kepergian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, masih sangat membekas di benak masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Barat. Sejak…

Lirik Lagu Line Without A Hook – Ricky Montgomery

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…