Pengertian Windows, Sejarah Windows dan Fungsi Windows

Subtitle goes here

By:

September 22, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Komputer yang kamu gunakan saat ini untuk memenuhi kebutuhan dalam menyelesaikan pekerjaan atau tugas sekolah dijalankan oleh suatu sistem operasi yang diciptakan oleh Microsoft, yang mana sistem ini menyediakan antarmuka grafis atau dikenal dengan GUI agar lebih mudah saat kamu gunakan.

Adanya Windows, pengguna tidak lagi perlu mengetikkan perintah melalui command line layaknya MS-DOS, hanya dengan menggunakan mouse atau keyboard yang tersedia di perangkat untuk membuka menu, menjalankan aplikasi, menghapus dan menyimpan file, dan sebagainya.

Sejarah Windows

Windows dalam sejarahnya, pertama kali diperkenalkan kepada dunia pada tahun 1985 yang dipelopori oleh Bill Gates yang merupakan founder Microsoft.

Melalui perkembangan zaman yang terjadi, banyak hal yang berubah serta dipertahankan pada sistem yang ada di Windows hal ini berguna demi terciptanya kenyamanan dan kemudahan yang dirasakan oleh penggunanya.

Untuk lebih mengenal sejarah Windows, berikut adalah guideline dari tahun ke tahun perkembangan Windows:

1). Windows 1

Diluncurkan pada 20 November 1985, percobaan pertama terhadap antarmuka grafis (GUI) versi 16-bit. Windows 1 sangat bergantung pada penggunaan mouse. Tidak bisa dipungkiri bahwa versi ini memiliki banyak sekali kekurangan sehingga kurang popular dan memikat di pasaran.

2). Windows 2

Dirilis pada 9 Desember 1987, inovasi yang paling mencolok pada windows 2 ini adalah kemampuan minimize dan maximize pada setiap aplikasi Windows.

Tak hanya itu saja, Windows 2 dilengkapi dengan aplikasi grafis yang dibuat Microsoft yaitu Microsoft Word for Windows dan Microsoft Excel for Windows.

3). Windows 3

Windows 3 dirilis pada 22 Mei 1990 yang merupakan salah satu kesuksesan Microsoft karena mampu menyaingi Macintosh milik Apple Inc. Windows 3 merupakan Windows pertama yang membutuhkan hard drive. Inovasi yang dilakukannya adalah kemampuan pengguna untuk menjalankan aplikasi secara bersamaan (multitasking).

Pada versi ini, windows memperkenalkan kemampuannya dapat berjalan di dalam tiga modus, yaitu modus real, modus standart, dan modus 386 Enhanced. Salah inovasi dalam bidang permainan adalah diluncurkannya permainan Solaitaire pada Windows 3.

Dalam perkembangannya, windows 3 memperkenalkan versi 3.1 pada tahun 1992 dengan ciri khas utama adanya font TrueType dan permainan Minesweeper. Windows 3 .1 merupakan windows versi pertama yang bisa didistribusikan melalui CD-ROM. Pada versi multimedianya sudah dilengkapi dengan media viewer untuk memutar video.

4). Windows 95

Ciri khas utama windows yang dirilis pada 24 Agustus 1995 adalah hadirnya tombol start dan menu start, yang berada pada pojok kiri bawah layar yang masih ada sampai sekarang.

Windows 95 memperkenalkan sistem 32-bit dan dapat melakukan multitasking. Internet Explorer pun mulai diperkenalkan pada versi 95 ini.

5). Windows 98

Windows 98 dirilis pada 15 Mei 1998 yang berlaku untuk pabrikan dan 25 Juni 1998 untuk masyarakat. Pada versi 98 sudah dilengkapi dengan adanya Internet Explorer 4, Microsoft Chat, Windows Address Book, dan NetShow Player (NetShow Player digantikan Windows Media Player di tahun 1999 pada versi ke-2 windows 98). USB mulai berkembang pesat pada masa Windows 98.

Salah satu perubahan besar yang terjadi adanya Windows Driver Model untuk komponen komputer dan aksesoris, merupakan driver yang berguna dalam mendukung semua versi Windows di masa setelahnya.

6). Windows 2000

Windows yang lahir pada 17 Februari 2000 ini mulai memperkenalkan sistem hibernation yang posisinya sama dengan shutdown, restart, dan standby. Selanjutnya Windows 2000 ini dikembangkan menjadi Windows XP.

7). Windows ME (Millenium Edition)

14 September 2000 diperkenalkanlah Windows yang dianggap kurang bagus ini. Namun keunggulan dari versi ini di antaranya fitur baru yakni restore system dan Windows Movie Maker versi 1. Pertama kalinya juga diperkenalkan Internet Explorer 5.5, Windows Media Player 7.0, dan Microsoft Direct X.

8). Windows XP

Windows XP dirilis pada 25 Oktober 2001 dan merupakan salah satu versi windows yang paling populer.

Windows XP memiliki visual yang hebat pada masanya terutama pada menu start yang berwarna hijau. Masalah tersbesar yang dihadapi Windows XP adalah keamanan yang rentan.

9). Windows Vista

Pada windows vista, tampilan visual semakin di upgrade dan memanjakan mata, yang fokus pada elemen transparan, seperti search dan security di dalamnya.

Windows yang lahir pada 30 Januari 2007 menawarkan Windows Media Player 11, Windows DVD Maker, IE 7, Speech recognition, Photo Gallery, dan Windows Calendar.

Namun, Windows Vista banyak menerima kritik akibat dari seringnya muncul request berbagai macam aplikasi yang ditawarkan. Windows Vista juga berjalan sangat lambat pada komputer.

10). Windows 7

Windows yang diperkenalkan pada 22 Juli 2009 ini merupakan versi lebih mudah dijalankan, lebih cepat, dan lebih stabil dari Windows Vista. Visual dan desain yang ditawarkan jauh lebih menarik.

11). Windows 8

Lahir pada Oktober 2012, windows 8 menjadi pengganti yang menarik perhatian bagi pengguna windows 7. Salah satu hal yang paling menarik perhatian dengan adanya widget untuk menggantikan daftar dari berbagai program di tombol start. Windows 8 dilengkapi dengan port USB 3.0.

12). Windows 10

29 Juli 2015 merupakan awal dari dirilisnya Windows 10. Windows yang hadir dengan tampilan minimalis dan elegan ini membuat pengguna nyaman ketika menggunakannya. Tombol start tetap berada di posisi yang sama dengan komposisi desktop yang lebih seimbang.

Fitur yang menarik pengguna ada pada kemampuannya untuk menggantikan keyboard menjadi mode mouse dan mode tablet.

Fungsi Windows

Berdasarkan pengertian yang dipaparkan di atas, Windows memiliki fungsi, antara lain:

1). Aplikasi software dan hardware (perangkat keras) dihubungkan satu sama lain agar terintegrasi bekerja secara stabil dan konsisten.

2). Mengelola serta mengendalikan data input dan data output.

3). Mengelola proses perangkat yang dimulai dari tahap persiapan, penjadwalan, serta pemantauan terhadap program yang dijalankan.

4). Mengelola dan mengendalikan sumber daya yang sedang dijalankan termasuk perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer atau laptop.

5). Sistem yang dapat dikembangkan semakin mendukung bagi siapapun untuk membuat sebuah software untuk dijalankan pada Microsoft Windows.

Demikianlah artikel terkait pengertian, fungsi, dan sejarah Windows. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman yang sedang membutuhkan.

0 Comment

Comments closed.