Pengertian Website Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Subtitle goes here

By:

Agustus 16, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Pengertian Website
Loading...

Apakah anda sering berselencar online dan mengunjungi situs-situs yang ada diinternet? Jika iya, secara tidak langsung anda telah mengunjungi sebuah website.

Website sendiri sudah menjadi hal yang tidak terpisahkan dari aktivitas manusia sehari – hari. Jadi apa sih sebenarnya website itu?

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas pengertian website secara umum dan menurut para ahli,jenis-jenis dan unsur-unsur dari sebuah website.

Pengertian Website Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Secara umum, website merupakan kumpulan dokumen pada suatu halaman web yang berisikan informasi seperti teks, gambar,animasi serta gabungan dari semuanya yang dibuat untuk kebutuhan personal, organisasi maupun perusahaan.

Untuk dapat mengakses suatu website, dibutuhkan sebuah perangkat seperti smartphone atau komputer yang terhubung dengan koneksi internet. Halaman website pada umumnya berbentuk dokumen dengan format Hyper Text Markup Languange (HTML) yang bisa dikakses melalui via HTTP atau HTTPS.

Untuk dapat lebih memahami apa itu website, yuk simak beberapa defenisi website menurut para ahli sebagai berikut.

1. Sibero

Menurut Sibero, website merupakan sebuah sistem yang berhubungan dengan dokumen yang dimana dokumen tersebut digunakan sebagai media dalam menampilkan teks,gambar dan lain sebagainya dalam jaringan internet.

2. Hidayat

Menurut Hidayat, website memiliki arti yaitu suatu keseluruhan dari laman web yang terdapat dalam suatu domain yang mengandung informasi. Sebuah website pada umumnya dibangun dari banyak halaman web yang saling berhubungan.

3. Jasmadi

Menurut Jasmadi, website ialah kumpulan halaman-halaman web beserta file-file pendukung seperti audia,gambar, dan file-flle lain yang diletakkan didalam web server yang diakses melalui internet.

4. Hakim Lukmanul (2004)

Menurut Hakim Lukmanul, website dapat dikatakan sebagai salah satu dari fasilitas internet yang menghubungkan sebuah dokumen dalam ruang lingkup dekat dan juga jauh. Dokumen pada sebuah website biasa disebut dengan istilah web page dan link dalam website dapat membuat seorang pengguna mampu berpindah – pindah halaman, baik dalam server yang sama ataupun server diseluruh dunia.

5. Yeni Susilowati

Menurut Yeni Susilowati, website memiliki arti sekumpulan dari halaman web yang saling terhubung. Umumnya diletakkan pada sebuah server web yang dapat diakses dengan jaringan internet.

6. Arief (2011:7)

Menurut Arief, website ialah salah dari dari aplikasi yang memiliki dokumen berupa multimedia (teks,gambar dan lain sebagainya) dan menggunakan protokol HTTP yang dapat diakses menggunakan browser.

7. Abdullah (2015:1)

Menurut Abdullah, website merupakan kumpulan halaman yang terdiri dari beberapa lama yang berisi informasi berbentuk data digital seperti audio, teks dan lain sebagainya yang dapat diakes melalui koneksi internet.

8. Bekti (2015:35)

Menurut Bekti, website dapat dikatakan sebagai halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi berupa teks,gambar,animasi maupun gabungan dari semuanya, bersifat statis maupun dinamis dan membentuk satu rangkaian yang saling terkait dan masing-masing dihubungkan melalui jaringan – jaringan halaman.

Jenis – Jenis Website

Melihat dari pengertian website diatas, website dapat dikategorikan kepada website statis, website dinamis dan website interaktif.

1. Website statis

Website statis merupakan sebuah halaman pada suatu website yang tampilan pada website tersebut tetap (tidak berubah). Tampilan pada website statis dapat berubah jika pemilik website mengubah (mengedit) kode-kode website tersebut secara manual. Contoh dari website statis sendiri seperti website pemerintahan atau juga seperti website sebuah perusahaan.

2. Website dinamis

Website dinamis merupakan jenis website yang tampilan website tersebut berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. Website jenis ini pada umumnya diperuntukkan agar informasi dapat sering update dan juga tampilan pada website ini mempunyai tampilan yang menarik. Contoh dari website dinamis sendiri seperti website berita, blog dan lain sebagainya.

3. Website interaktif

Website interaktif merupakan jenis website yang diperuntukkan kepada pengguna untuk saling berinterkasi. Contoh dari website interaktif sendiri seperti situs-situs media sosial Facebook,Twitter dan lain sebagainya.

Unsur – Unsur Website

Dalam membuat sebuah website, terdapat beberapa unsur pendukung untuk menunjang website tersebut. Beberapa unsur-unsur sebuah website sebagai berikut.

1. Nama domain

Nama domain merupakan nama alamat yang digunakan dalam menemukan sebuah website di internet. Contoh dari nama domain sendiri seperti www.youtube.com. Domain sendiri bisa didapatkan atau disewa melalui jasa penyedia domain seperti niagahoster dan lain sebagainya.

2. Web hosting

Web hosting merupakan salah satu dari unsur websiter yang menjadi rumah dari data base seperti teks,gambar, dan lain sebagainya dari sebuah website. Web hosting sendiri juga sama seperti domain yang bisa didapatkan dengan cara menyewa dari penyedia layanan web hosting.

3. Konten website

Konten website merupakan salah satu hal penting bagi sebuah website Konten pada sebuah website dapat menjadi daya tarik bagi seorang pengunjung. Semakin menarik konten yang ditawarkan, maka semakin banyak traffic pengunjung website tersebut.

Sekian artikel kami mengenai pembahasan pengertian artikel menurut para ahli,jenis – jenis dan unsur-unsur dari sebuah website. Semoga penjelasan artikel ini bermanfaat.

0 Comment

Leave a Comment