Pengertian WAN, Jenis-Jenis, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan WAN

Perkembangan internet yang semakin pesat dan besar akan membutuhkan perangkat jaringan yang mampu menjangkau radius yang sangat luas. Hal ini dikarenakan pengguna internet berada pada posisi geografis yang sangat luas pula.

Masalah distribusi pengguna yang sangat luas dapat diselesaikan dengan sistem jaringan yang disebut WAN. WAN (Wide Area Network) dapat didefinisikan sebagai sistem jaringan yang mencakup radius jangkauan yang sangat luas.

Sistem jaringan WAN ini dapat menjangkau wilayah yang sangat luas. Dengan membangun sistem WAN, bahkan komputer di suatu negara dapat terhubung.

Nah untuk mengetahui lebih lanjut tentang WAN, yuk simak ulasan kami tentang pengertian WAN, jenis, fungsi serta kelebihan dan kekurangan WAN di bawah ini.

Pengertian WAN

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang jangkauannya dapat menjangkau satu negara bahkan benua. Jaringan ini merupakan gabungan dari LAN (Local Area Network) dan MAN (Metropolitan Area Network) yang wilayahnya terpisah secara geografis.

Membangun jaringan WAN membutuhkan kabel serat optik (fiber optic), kabel telepon, atau bisa juga menggunakan satelit. Karena jangkauannya yang luas, membuat sebuah WAN membutuhkan biaya yang sangat besar.

WAN memiliki kecepatan transmisi mulai dari 2 Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, 625 Mbps atau bahkan lebih. Faktor yang mempengaruhi desain dan kinerja jaringan ini adalah pada siklus komunikasi seperti jaringan telepon atau satelit.

Jaringan WAN memiliki karakteristik tersendiri, yaitu sebagai berikut:

1). Dapat menghubungkan perangkat yang tidak dapat ditangani oleh sistem jaringan LAN dan sistem jaringan MAN, dengan mengintegrasikan keduanya.

2). Radius jangkauan WAN (Wide Area Network) sangat luas. Oleh karena itu, biasanya dalam WAN akan melibatkan operator telekomunikasi. Tujuannya agar perangkat – perangkat dalam jaringan WAN dapat saling berkomunikasi.

3). Mencakup berbagai karakteristik geografis.

4). Dapat mengakses bandwidth meskipun jaraknya sangat jauh.

5). Bekerja pada tautan data dari lapisan OSI dan lapisan fisik.

Jenis – Jenis Jaringan WAN

Koneksi pada protokol WAN saat ini secara umum dibagi menjadi tiga jenis, antara lain sebagai berikut.

1. Leased Line

Leased Line sangat identik dengan istilah dedicated point to point. Untuk mulai mengirim data menggunakan titik ke titik khusus, tidak diperlukan pengaturan panggilan.

Mekanisme pengiriman paket data yang digunakan pada Leased Line atau Dedicated Point To Point adalah Synchronous serial.

2. Circuit Switching

Berbeda dengan Leased Line, Circuit switching harus melakukan call setup terlebih dahulu jika ingin melakukan koneksi. Kemudian, proses pengiriman data baru dapat dilakukan.

Ada dua protokol pada WAN yang menggunakan Circuit Switching, yaitu PTSN dan ISDN. Keduanya menggunakan Circuit Switching di jaringan publik.

3. Packet Switching

Packet Switching adalah perpanjangan dari Lased Line dan secara mekanis sinkron serial. Tujuan adanya Packet Switching adalah untuk membagi bandwidth dengan pengguna lain.

Pembagian bandwidth dilakukan agar koneksi dalam aliran data menjadi lebih stabil. Cara menstabilkan koneksi adalah dengan mengatur bandwidth sesuai penggunaan.

Fungsi WAN

Segala sesuatu di dunia ini dibuat dengan fungsi tertentu, seperti halnya teknologi. Perkembangan teknologi bertujuan untuk mempermudah aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhannya.

WAN sebagai produk teknologi juga memiliki beberapa fungsi tersendiri. Berikut ini adalah fungsi dari WAN:

1). Mengintegrasikan jaringan LAN dengan MAN

Ini adalah fungsi yang paling penting dari jaringan Wan, karena mengintegrasikan dan menghubungkan jaringan LAN dan jaringan MAN menjadi satu jaringan.

Hal ini sangat berguna bagi perusahaan yang memiliki banyak cabang di luar kota dan luar negeri.

2). Memotong rantai komunikasi dan informasi menjadi lebih sederhana

Dengan adanya jaringan WAN, setiap orang dapat lebih mudah dan cepat dalam menyampaikan berbagai informasi kepada orang lain yang berada di luar kota maupun luar negeri sekalipun.

Selain itu, keberadaan jaringan WAN akan mempercepat distribusi data antar individu, komunitas, perusahaan, dan pemerintah.

3). Pengembangan sistem jaringan WAN dapat membuat arus informasi bergerak lebih cepat

Karena penggunaan waktu dalam menyampaikan informasi menjadi lebih mudah dan efisien tentunya biaya operasional juga akan berkurang, sehingga dapat dikatakan penyampaian informasi dengan menggunakan jaringan WAN dapat menghemat biaya operasional suatu perusahaan atau kantor.

Kelebihan dan Kekurangan WAN

Sebagai jaringan komputer dengan skala yang luas, tentunya WAN tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan.

Berikut ini akan dijelaskan kelebihan dan kekurangan WAN secara umum.

Kelebihan WAN

Berikut dibawah ini kelebihan WAN, antara lain.

1). WAN memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi atau file di area yang lebih luas, menjangkau lintas benua.

2). Semua pengguna di jaringan WAN akan dapat menggunakan data yang sama.

3). WAN memiliki sistem jaringan yang luas dan besar sehingga dapat menjangkau negara, benua, bahkan seluruh dunia.

4). Dengan memanfaatkan koneksi workstation, jaringan WAN dapat digunakan untuk berbagi resource atau sumber daya.

Kekurangan WAN

Berikut dibawah ini kekurangan WAN, antara lain.

1). Karena cakupannya sangat luas, maka sangat wajar jika WAN membutuhkan biaya operasional yang sangat besar.

2). Dari segi setting atau pengaturan, jaringan WAN lebih sulit dan rumit. Alat yang dibutuhkan untuk membangun jaringan ini juga tidak murah.

3). Jaringan WAN membutuhkan keberadaan Firewall untuk membatasi pengguna ilegal yang masuk. Selain itu, langkah ini juga bertujuan untuk membatasi pengguna yang ingin mengganggu jaringan.

4). Skala cakupan jaringan WAN yang luas membuat jaringan ini rentan terhadap serangan dan ancaman dari dunia luar seperti hacker.

Demikian artikel kami mengenai pengertian jaringan WAN lengkap dengan jenis, fungsi dan kelebihan serta kekurangan WAN.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai jaringan WAN. Terima kasih telah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sukoharjo yang Wajib Dikunjungi

Sukoharjo merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Sukoharjo menjadi daerah dengan destinasi wisata alam yang memesona, sehingga siapapun…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Pasuruan memang menjadi salah satu daerah yang menjadi kawasan industri di Indonesia. Namun meskipun kawasan industri bukan berarti Pasuruan…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Kudus yang Wajib Dikunjungi

Kudus merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Kudus menyimpan banyak hal-hal yang menarik untuk Anda ketahui, termasuk tempat…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pamekasan yang Wajib Dikunjungi

Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama Kabupaten yang berada di Pulau Madura ini. Ya, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.…

15 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Wajib Dikunjungi

Jakarta memang terbagi menjadi beberapa kota dan kabupaten, salah satunya adalah Kota Jakarta Selatan. Nah mendengar kota yang satu ini…

Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

CV atau Curriculum Vitae merupakan Daftar Riwayat Hidup secara individual. CV biasanya digunakan oleh para pelamar kerja guna sebagai dokumen…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Situbondo yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Situbondo memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Letaknya yang berada di tengah jalur transportasi Jawa-Bali ini menjadikan Situbondo…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Ponorogo yang Wajib Dikunjungi

Ketika mendengar nama Kabupaten Ponorogo tentu yang ada dibenak Anda adalah kesenian reog bukan ? Ya, salah satu kesenian dari…

Biaya Balik Nama Mobil Bekas dan Syarat Pengurusan Terbaru

Terkadang kita memutuskan untuk membeli barang bekas yang tentunya masih layak, untuk memenuhi kebutuhan. Salah satu barang berharga yang seing…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Pekalongan yang Wajib Dikunjungi

Pekalongan merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan cerita masyarakat, nama Pekalongan ini terbentuk karena pada zaman dulu terdapat…