Pengertian VPN, Cara Kerja, Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kerugian VPN

Awalnya, VPN memang menjadi hal yang tak lazim bagi para pengguna internet pada umumnya. Sebab dulunya VPN hanya digunakan bagi kelompok kepentingan saja. Namun, seiring dengan peningkatan pengguna internet, VPN juga semakin menjadi hal yang umum.

Lantas apa sih VPN itu? Untuk sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai pengertian VPN, cara kerja & penggunaan, fungsi utama, serta kelebihan dan kekuranagn VPN berikut!

Pengertian VPN

Virtual Private Network (VPN) adalah teknologi komunikasi yang memungkinkan kamu terhubung ke jaringan publik dan menggunakannya untuk bergabung dengan jaringan lokal.

Dengan cara ini akan diperoleh hak dan pengaturan yang sama seperti pada LAN itu sendiri. Meskipun sebenarnya menggunakan jaringan milik publik.

Dari sisi jaringan, salah satu masalah jaringan internet ialah tidak memiliki dukungan keamanan yang baik. VPN tampaknya berhasil menyelesaikan permasalah ini.

Sebab jaringan perusahaan yang menggunakan infrastruktur IP untuk terhubung dengan kantor cabangnya melalui pengalamatan pribadi dengan mengamankan transmisi paket data.

Cara Kerja & Penggunaan VPN

Semua sistem tentu punya cara kerja dan penggunaannya masing-masing ya. sama seperti VPN yang juga memiliki cara kerjanya sendiri, adapun cara kerjanya adalah sebagai berikut:

1). VPN ini bisa mendukung banyak protokol jaringan seperti PPTP, L2TP, IPSec dan juga SOCKS yang membantu kerja VPN untuk memproses otentikasi.

2). Pengguna VPN dapat membuat koneksi dan mengidentifikasi orang yang berwenang di jaringan.

3). Jaringan VPN juga dienkripsi yang meningkatkan fitur keamanan. Dimana artinya, VPN bias tidak terlihat di jaringan yang lebih besar.

4). Teknologi saat ini semakin mendasarkan perkembangan VPN karena mobilitas yang disediakannya. Saat ini pula, Virtual Private Networks juga membuka jalan bagi koneksi Wi-Fi dan jaringan nirkabel pribadi.

Fungsi Utama Teknologi VPN

Teknologi VPN menyediakan tiga fungsi utama bagi penggunanya. Nah, adapun tiga fungsi utama VPN adalah sebagai berikut:

1). Kerahasiaan (confidentiality)

Teknologi VPN menggunakan sistem kerja dengan mengenkripsi semua data yang melewatinya. Dengan teknologi enkripsi, kerahasiaan data dapat lebih terjaga. Meski ada pihak yang bisa mencegat data yang melewati internet bahkan jalur VPN itu sendiri. belum tentu bisa membaca datanya. Tal lain hal ini dikarenakan datanya sudah diacak.

2). Integritas Data

Sebenarnya data telah menempuh perjalanan yang sangat jauh melintasi berbagai negara Saat melewati jaringan internet. Selama perjalanan, berbagai gangguan dapat terjadi pada isinya, baik hilang, rusak, maupun dimanipulasi oleh orang yang tidak seharusnya.

3). Otentikasi Asal (Source Authentication)

VPN akan memeriksa semua data yang masuk dan mengambil informasi dari sumber data. Dimana VPN juga mengotentikasi sumber yang mengirim data yang akan diterima.

Manfaat VPN

Setelah memahami pengertian dan fungsi utama dari VPN, tentu yang kemudian jadi pertanyaan adalah manfaat VPN itu sendiri. Nah, adapun beberapa manfaat dari VPN adalah:

1). Remote Access

Dengan menggunakan VPN kita dapat mengakses jaringan komputer atau kantor, dari mana saja asalkan terhubung dengan internet atau jaringan publik.

2). Keamanan

Dengan menggunakan koneksi VPN kita dapat browsing, mencari dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik seperti hotspot atau internet di warnet.

3). Menghemat biaya pengaturan jaringan

VPN juga dapat digunakan sebagai cara alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup besar dengan biaya lebih rendah. Karena transmisi data yang digunakan pada VPN menggunakan media jaringan internet atau jaringan publik yang sebelumnya sudah ada tanpa perlu membangun jaringan sendiri.

Kelebihan dan Kerugian VPN

Semua yang berasal dari ciptaan tangan manusia, tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Adapun kelebihan dan kekurangan VPN adalah sebagai berikut:

Kelebihan VPN

Kelebihan VPN antara lain sebagai berikut.

1). VPN adalah solusi hemat biaya untuk organisasi bisnis besar dengan fasilitas jaringan khusus.

2). Tingkatkan mobilitas organisasi dengan menghubungkan langsung jaringan rumah atau pekerja keliling di organisasi.

3). Fitur keamanan dapat disesuaikan.

4). Keuntungan berbeda dari VPN adalah dapat bekerja di jaringan pribadi dan publik, pada dasarnya VPN adalah jaringan pribadi yang fleksibel.

Kekurangan VPN

Kekurangan VPN antara lain sebagai berikut.

1). Dengan memberikan akses kepada karyawan secara global, faktor keamanan menjadi risiko tersendiri.

2). Hadir kemungkinan VPN membuat informasi perusahaan yang sensitif dapat diakses secara global.

3). VPN membutuhkan perhatian ekstra untuk pembentukan sistem keamanan yang jelas.

Demikian artikel kami mengenai 12 pengertian VPN, cara kerja & penggunaan, fungsi utama, serta kelebihan dan kekuranagn VPN. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenaiVPN. Terimakasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

11+ Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Seni telah menjadi bagian dari kehidupan manusia dari masa ke masa dari zaman prasejarah hingga saat ini. Keberadaan seni sangat…

15+ Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Belajar merupakan aktifitas interkasi aktif individu terhadap lingkungan sehingga terjadi perubahan tingkah laku seperti peningkatan pengetahuan, keterampilan, daya pikir, pemahaman,…

Fakta Baru Kasus Dugaan Ayah Cabuli 3 Anak di Luwu Timur, Dokter Ikut Dimintai Keterangan

Pengungkapan kasus dugaan pemerkosaan yang dilakukan oleh seorang ayah kandung terhadap tiga anak perempuannya di Luwu Timur masih terus berlanjut.…

Ramalannya Jarang Meleset, Ternyata Mbak You Sempat Meramal Pasangan Selebriti yang Akan Bercerai karena Terjerat Utang dan Penipuan, Inisial Terbongkar Segera Jadi Kenyataan?

Publik tentu sudah tak asing dengan paranormal kejawen yang jadi sorotan, Mbak You. Ya, almarhumah Mbak You memang sempat menjadi…

Tanah Kuburan Belum juga Kering, Stefan William Ungkap Rasa Kecewa Akan Hal Ini Usai Kepergian Vanessa Angel dan Bibi Ardriansyah: Tanpa Nurani Banget sih?

Kepergian Vanessa Angel dan suami, Febri Ardriansyah alias Bibi, menyisakan duka mendalam dari rekan sesama artis, termasuk Stefan William. Melalui…

Pantas Saja Hobi Cari Huru-hara, Nikita Mirzani Ternyata Bisa Kantongi Rp 2 M dari Endorsement Saat Tengah Terlibat Perkara, Segini Tarif Terendah yang Dipatok sang Artis

Siapa yang tak tahu dengan sosok artis penuh kontroversi satu ini. Ya, Nikita Mirzani Mawardi alias Nikita Mirzani memang dikenal…

Pengertian Desain, Jenis – Jenis, Metode, Fungsi dan Manfaat Desain

Kata desain mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Desain dapat ditemukan dan digunakan di mana saja. Ada banyak jenis…

Viral Emak-emak Nangis Sampai Sembab Kepikiran Anaknya Vanessa Angel

Kecelakaan maut yang merenggut nyawa Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah tak hanya membuat masyarakat berduka. Seperti emak-emak ini, sembab menangis…

Rumah Tangganya Masih Seumur Jagung, Lesti Kejora Putuskan Lepas Cincin Pernikahan, Ada Apa?

Pedangdut Lesti Kejora mengungkap alasan dirinya melepas cincin pernikahan dengan Rizky Billar. Padahal pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar baru…

Kondisi Pengasuh Gala Sky Terkini, Saksi Kunci Kecelakaan Maut Mobil Vanessa Angel: Nanti Digeser ke RS Bhayangkara untuk Memudahkan Penyelidikan

Siska Lorensa (21) menjadi salah satu korban selamat dalam kecelakaan maut yang merenggut nyawa Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah di…