Pengertian Visi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Dalam hal mencapai suatu tujuan di perlukan suatu rencana dan tindakan nyata. Untuk mengungkapkan aspirasi perusahaan, perusahaan biasanya menggunakan istilah visi.

Perusahaan menggunakan visi sebagai semacam pernyataan arah, yang diperlukan untuk memotivasi dan memandu upaya karyawan di dalam perusahaan.

Perusahaan tanpa visi seperti kapal tanpa kemudi yang berputar tanpa tujuan tanpa arah ke depan. Ketika manajemen puncak memutuskan tentang arah masa depan perusahaan, mereka mempertimbangkan berbagai faktor yang membentuk arah tersebut.

Pada tahap awal, upaya pembuatan strategi perusahaan yang sukses ditemukan dalam visi. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai visi, mari simak informasi yang akan kami berikan berikut ini.

Pengertian Visi

Visi adalah pandangan jauh dari perusahaan, organisasi dan lembaga. Visi dapat diartikan sebagai tujuan perusahaan, organisasi dan lembaga dan apa rencana untuk mencapai tujuan tersebut di masa yang akan datang dan di masa yang akan datang.

Visi adalah tulisan yang singkat, terarah, dan jelas, yang merupakan arah dari suatu perusahaan, organisasi, atau instansi yang menyatakan tujuan masa depan yang ingin dicapai.

Pada umumnya visi bersifat permanen dan erat kaitannya dengan kredibilitas dan konsistensi suatu organisasi. Pengertian lain dari  visi adalah gagasan tertulis tentang tujuan utama didirikannya suatu perusahaan, instansi, atau organisasi.

Visi bisa juga rangkaian kata yang menunjukkan cita-cita, impian, atau nilai-nilai dalam sebuah organisasi, perusahaan, atau instansi. Visi adalah tujuan masa depan suatu organisasi, instansi, atau perusahaan.

Visi juga merupakan pemikiran dan gambaran tentang tujuan masa depan perusahaan, pandangan tentang arah manajemen.

Pernyataan visi digunakan untuk merujuk pada pemahaman tentang mengapa perusahaan ada. Visi memberikan arah bagi organisasi/perusahaan. Setiap organisasi/perusahaan memiliki visi tersendiri yang menunjukkan organisasi tersebut.

Seperti Microsoft yang memiliki visi untuk membantu orang dan bisnis di seluruh dunia mewujudkan potensi penuh mereka atau Google yang memiliki visi untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat secara universal, dan banyak lagi lainnya.

Jika diringkas, definisi atau pengertian visi adalah sebagai berikut:

1). Visi adalah tulisan yang menyatakan cita-cita suatu perusahaan, instansi, atau organisasi di masa yang akan datang.

2). Visi adalah tulisan yang singkat, terarah, dan jelas, yang merupakan arah dari suatu perusahaan, instansi, atau organisasi.

3). Pengertian Visi adalah gagasan tertulis tentang tujuan utama didirikannya suatu perusahaan, instansi, atau organisasi.

Pengertian Visi Menurut Para Ahli

Untuk mendalami pengetian visi, berikut pendapat para ahli mengenai visi.

1). Indrakaralesa

Menurut Indrakaralesa, pengertian visi merupakan cerminan dari berbagai keyakinan dan asumsi dasar tentang berbagai hal, antara lain tentang kemanusiaan, teknologi, ekonomi, politik, seni budaya, dan etika.

2). Djamaludin Ancok

Menurut Djamaludin Ancok, pengertian visi adalah pernyataan yang memuat arah yang jelas tentang apa yang akan dilakukan suatu organisasi di masa yang akan datang.

3). Aditya

Menurut Aditya, pengertian visi adalah pandangan jauh terhadap perusahaan, tujuan perusahaan, dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut di masa yang akan datang.

4). Mita B. H

Menurut Mita B.H, pengertian visi adalah sesuatu yang kita bayangkan secara ideal yang akan kita capai di masa yang akan datang.

Syarat – Syarat Visi

Di bawah ini adalah beberapa persyaratan yang dapat dipenuhi oleh perusahaan, organisasi dan instansi dalam emmbuat sebuah visi, antara lain:

1). Ekspresikan kreativitas.

2). Berorientasi ke depan.

3). Tidak dibuat dalam kondisi saat ini.

4). Berdasarkan prinsip dan nilai yang mengandung apresiasi terhadap masyarakat.

Karakteristik Visi

Visi yang efektif harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut sehingga dapat berfungsi sebagai alat manajemen untuk memberikan arah perusahaan.

1). Grafik yaitu visi harus menggambarkan gambaran yang dapat mengungkapkan kemana arah perusahaan dan juga dapat dengan jelas menunjukkan posisi pasar.

2). Arahan yaitu mampu memberikan arahan yang jelas kepada manajer dan karyawan serta menggambarkan masa depan perusahaan.

3). Terfokus yaitu secara khusus dapat membimbing manajer dalam mengambil keputusan dan mengalokasikan sumber daya perusahaan.

4). Fleksibilitas yaitu harus cukup fleksibel sehingga ketika produk atau teknologi atau pasar berubah, visi itu sendiri juga dapat diubah untuk mengikuti perubahan situasi.

5). Layak yaitu visi harus menggambarkan harapan untuk masa depan yang dapat dicapai atau tidak, bukan mengejar hanya sekedar harapan.

6). Diinginkan yaitu visi harus mampu menunjukkan; ‘mengapa jalan yang dipilih masuk akal untuk bisnis yang baik’.

7). Mudah dikomunikasikan yaitu visi harus dirumuskan sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah dikomunikasikan kepada para pemangku kepentingan, terutama pemegang saham, karyawan, manajer dan juga kepada pelanggan

Manfaat Visi

Dengan adanya visi, maka perusahaan mendapatkan manfaat yang sangat bermanfaat bagi perusahaan dan karyawannya, adapun manfaat dari visi tersebut antara lain :

1). Mampu membantu seseorang untuk bekerja sama dalam kegiatan perusahaan, sehingga pesaing tidak melakukan kegiatan inovasi

2). Menjembatani keadaan perusahaan saat ini dan masa depan.

3). Menumbuhkan rasa makna, salah satu tempat karyawan mencari makna hidup adalah lingkungan kerja mereka.

4). Visi dapat menumbuhkan standar kerja yang sangat baik. Seorang karyawan memahami bahwa pekerjaannya sangat mulia, karyawan akan bekerja dengan penuh semangat dan menempatkan standar yang sangat baik dalam setiap pekerjaan.

5). Visi dapat menumbuhkan komitmen dan semangat kerja karyawan. Dan karyawan tidak akan bekerja dengan antusias jika dia tidak tahu untuk apa dia bekerja. Namun, jika karyawan mengetahui apa kontribusi perusahaan kepada masyarakat, karyawan akan termotivasi bahwa dia bekerja tidak hanya untuk perusahaan, tetapi juga untuk masyarakat.

Demikian artikel kami mengenai pengertian visi menurut ahli lengkap dengan syarat, ciri dan manfaatnya.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai visi. Terima kasih telah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Masih Sempat Hura-hura Sebelum Kecelakaan Renggut Nyawanya, Model Cantik Ini Tinggalkan Wasiat yang Buat Bulu Kuduk Berdiri di Postingan Terakhirnya

Innalillahi wa innailaihi rojiun, kepergian model cantik ini mengejutkan banyak orang. Namanya adalah Nguyen Thi Tuyet, seorang model ternama dari…

Terang-terangan Ngaku Terpaksa Pura-pura Menikmati Saat Berhubungan Badan, Yuni Shara Akui Trauma hingga Bongkar Rahasia Ranjangnya dengan Suami Pertama

Yuni Shara, penyanyi senior yang sampai detik ini namanya masih eksis di layar kaca. Punya karier yang cemerlang, Yuni Shara…

Hanya Bisa Pasrah, Penyesalan Terbesar Sarwendah saat Ruben Onsu Kembali Dirawat di Rumah Sakit

Kondisi Ruben Onsu yang kembali drop dan dilarikan ke rumah sakit membawa kepiluan bagi Sarwendah. Ada penyesalan luar biasa dalam…

Satu Keluarga Terjatuh ke Sungai Cimandiri Sukabumi, Kontraktor Jembatan Bagbagan Belikan Motor Baru

Satu keluarga di Sukabumi dilaporkan terjatuh dari atas Jembatan Bagbagan di Sukabumi. Korban yang bernama Dilpah Ramadhan saat itu tengah…

Akhirnya Terungkap, Ternyata Ini Pesan Eril Kepada Ibunya Sebelum Terseret Arus Sungai Aare Sejauh 6 Km, Insyaallah Jenazah Sampai Di Indonesia Minggu Besok

Setelah dua minggu lebih pencarian, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril akhirnya ditemukan pada Kamis (9/6) waktu setempat. Jenaza Eril…

Lirik Lagu Patah Hati – Guyon Waton

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lowongan Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika

Dikutip dari tangerangkab.go.id diinfokan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang saat ini membuka lowongan kerja untuk dua posisi yaitu Tenaga…

Reza Rahardian Kukuh Pindah Keyakinan, Sang Ibu Ogah Jadi Persoalan

Nama Reza Rahadian tampaknya tak asing lagi di telinga publik. Ya, pria kelahiran Bogor 5 Maret 1987 silam itu telah…

Lirik Lagu LDR (layang dungo restu) – Happy Asmara

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Kelangan – Denny Caknan

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…