Pengertian Visi dan Misi, Manfaat, Perbedaan Visi dan Misi beserta Contohnya

Setiap organisasi pasti memiliki visi dan misi yang digagas dan dirancang ketika organisasi tersebut didirikan untuk menjadi sebuah pedoman dalam menjalankan organisasi. Hal tersebut harus dituangkan dalam bentuk tulisan agar semua pihak, baik internal maupun eksternal, mengetahui tujuan dari organisasi yang didirikan.

Walaupun keduanya merupakan satu kesatuan, pada dasarnya visi dan misi itu sebenarnya berbeda. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai visi dan misi, simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Visi

Pengertian Visi adalah pandangan jauh ke depan yang berkaitan dengan tujuan jangka panjang yang ingin dicapai, dan mengenai apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut di masa depan.

Visi juga merupakan rangkaian kata yang di dalamnya menunjukkan suatu cita-cita, impian, atau tujuan yang ingin dicapai. Setiap organisasi umumnya memiliki visi atau tujuan di masa depan yang merupakan buah pikiran para pendiri organisasi tersebut.

Di dalam visi biasanya terdapat pandangan tentang arah suatu manajemen kemana arah perusahaan tersebut dibawa. Adapun makna dari sebuah visi, yaitu:

  1. Visi adalah cita-cita atau tujuan suatu organisasi di masa depan yang dibuat secara tertulis.
  2. Pengertian visi adalah suatu gagasan yang dibuat secara tertulis tentang cita-cita atau tujuan utama para pendiri suatu organisasi.
  3. Visi dibuat dalam bentuk tulisan singkat, jelas, dan fokus, yang menjelaskan arah suatu organisasi.

Pengertian Visi Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian para ahli mengenai pengertian visi, simak penjelasan dibawah ini.

  • Aditya
    Pengertian visi adalah pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan-tujuan perusahaan, dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut di masa mendatang.
  • Burt Nanus
    Pengertian visi adalah sebuah pandangan masa depan organisasi yang realistis, bisa dipercaya, atraktif, suatu kondisi yang lebih baik dibandingkan dengan yang sekarang.
  • Indrakaralesa
    Pengertian visi adalah refleksi berbagai keyakinan dan asumsi-asumsi dasar tentang berbagai hal, termasuk tentang kemanusiaan, teknologi, ekonomi, politik, seni budaya, dan etika.
  • Wibisono
    Pengertian visi adalah rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi yang ingin dicapai di masa depan. Sedangkan pengertian misi adalah penetapan sasaran atau tujuan perusahaan dalam jangka pendek (1 – 3 tahun).

Syarat – Syarat Visi

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam sebuah visi, diantaranya:

  1. Berorientasi pada masa depan
  2. Sebagai wujud ekspresi kreativitas
  3. Tidak berdasar pada kondisi saat ini
  4. Berdasar pada prinsip dan nilai yang mengandung penghargaan kepada masyarakat

Manfaat Visi Bagi Organisasi

Berikut beberapa manfaat Visi bagi organisasi, antara lain sebagai berikut.

  1. Menjadi media untuk menjembatani kondisi organisasi saat ini dan di masa depan
  2. Meningkatkan standar kerja yang lebih baik
  3. Menumbuhkan rasa memiliki terhadap organisasi
  4. Menumbuhkan dan meningkatkan tanggungjawab dan etos kerja karyawan

Pengertian Misi

Pengertian misi adalah strategi maupun tindakan yang harus dilakukan untuk mewujudkan sebuah visi. Misi organisasi merupakan tujuan dan alasan berdirinya sebuah organisasi dan menjadi pedoman dan arahan dalam mencapai tujuan organisasi.

Misi juga merupakan penjabaran suatu visi dimana penulisannya dibuat lebih lengkap sehingga dapat dipahami setiap orang yang membacanya.

Adapun makna dari sebuah misi, yaitu:

  1. Misi adalah semua penjabaran dari visi suatu organisasi.
  2. Misi adalah strategi, tindakan, atau berbagai tahapan yang harus dilakukan suatu organisasi untuk merealisasikan visi.
  3. Misi adalah berbagai tahapan yang dilakukan untuk merangsang terjadinya pencapaian visi suatu organisai.

Pengertian Misi Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian para ahli mengenai pengertian misi, simak penjelasan dibawah ini.

  • Sapta Nirwandar
    Pengertian misi adalah langkah atau kegiatan yang harus dilaksanakan guna merealisasikan tercapainya visi.
  • Edwin A. Locke
    Pengertian misi adalah tindakan strategis untuk meraih visi suatu organisasi.

Manfaat Misi Bagi Organisasi

Berikut beberapa manfaat Misi bagi organisasi, antara lain sebagai berikut.

  1. Menentukan tujuan dasar sebuah organisasi
  2. Menciptakan kondisi organisasi yang sehat seperti pada umumnya
  3. Menjadi pedoman dalam membuat rencana bisnis
  4. Membantu individu untuk mengidentifikasi tujuan organisasi
  5. Memacu organisasi untuk berinovasi untuk menghadapi persaingan
  6. Membantu individu maupun organisasi dalam mengambil keputusan yang sesuai dengan visi organisasi
  7. Memberikan dan menterjemahkan tujuan dasar organisasi sehingga parameter waktu, biaya, dan kinerja dapat dikontrol dan dievaluasi.

Perbedaan Visi & Misi

Berikut merupakan beberapa perbedaan antara visi dan misi:

No. VISI MISI
1 Visi adalah cita-cita, tujuan utama yang ingin dicapai suatu organisasi di masa depan. Misi adalah penjabaran tentang strategi, tindakan, dan tahapan dalam upaya merealisasikan visi.
2 Visi meruapakan tujuan jangka panjang dan berorientasi pada masa depan. Misi merupakan tujuan jangka pendek dan berorientasi pada masa kini.
3 Pada umumnya visi sifatnya permanen dan sangat berkaitan dengan kredibilitas dan konsistensi suatu organisasi. Misi dapat diubah sesuai dengan situasi dan kondisi namun tetap mengacu pada visi.
4 Pada umumnya visi dibuat dalam deretan kalimat yang singkat, padat, jelas, serta dapat mewakili semua hal. Misi dibuat dalam bentuk kalimat yang lebih panjang dan dijabarkan lebih panjang dibandingkan visi.
5 Visi mengandung pernyataan-pernyataan yang sifatnya umum. Misi mengandung pernyataan-pernyataan yang sifatnya khusus dan lebih terperinci.

Contoh Visi & Misi dalam Organisasi

Berikut merupakan beberapa contoh visi dan misi antara lain:

Contoh Visi dan Misi Organisasi Kepemudaan

VISI :

MEWUJUDKAN GENERASI MUDA YANG MANDIRI, TANGGUH, TERAMPIL, BERAKHLAK MULIA, DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT.

MISI:

  1. Sebagai upaya mencapai visi tersebut. maka misi organisasi kami adalah;
  2. Mengadakan berbagai kegiatan kepemudaan di masyarakat
  3. Mengadakan berbagai pelatihan bisnis pertanian, perniagaan dan bisnis kreatif
  4. Membantu masyarakat dalam pengabdian dan menjaga lingkungan
  5. Meningkatkan prestasi warga masyarakat baik dalam bidang olahraga maupun bidang keilmuan lainnya
  6. Meningkatkan rasa persaudaraan antar masyarakat dengan pertemuan-pertemuan rutin

Contoh Visi dan Misi Bisnis Ritel (Alfamart)

VISI:

MENJADI JARINGAN DISTRIBUSI RITEL TERBESAR DAN TERINTEGRASI SECARA KOMPETITIF DI INDONESIA YANG MEMBERDAYAKAN PENGUSAHA KECIL DAN MEMENUHI KEBUTUHAN DAN HARAPAN PELANGGAN

MISI:

  1. Untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan dengan berfokus pada produk dan layanan berkualitas tinggi
  2. Untuk menerapkan praktik bisnis etis, menjadi yang terbaik dalam semua tindakan kita
  3. Mengembangkan semangat dan keterampilan kewirausahaan di Perusahaan dan masyarakat
  4. Mengembangkan organisasi yang handal, sehat dan berkembang yang menguntungkan semua pemangku kepentingan

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian visi dan misi beserta penjelasan lengkapnya. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat bermanfaat.

Tentang Penulis:

Luna
Penulis tetap di media Lambeturah sejak 2018. Sudah banyak menulis artikel tapi topik yang paling disenangi adalah gosip dan keuangan.
Komentar Anda
Berita terkait
Loading next page... Press any key or tap to cancel.