Pengertian Urgensi, Manfaat Serta Contoh Urgensi

Dalam kehidupan kita pasti akan menemui kata urgensi. Urgensi adalah suatu keharusan atau sesuatu yang sangat mendesak dan layak disegerakan. Menurut KBBI pun Urgensi adalah suatu keharusan yang mendesak dan hal yang sangat penting.

Untuk mengenal lebih jauh apa itu urgensi, yuk simak informasi kami berikut ini mengenai urgensi yang wajib kamu ketahui.

Pengertian Urgensi

Kata Urgensi pasti sudah tidak asing lagi kita dengar. Baik itu dalam interaksi maupun komunikasi dengan orang lain. Dalam bahasa latin urgensi adalah ugere  yang artinya mendorong. Dan dalam pamakaiannya ugere adalah kata kerja.

Sedangkan dalam bahsa inggris, urgensi adalah Urgent yang artinya yang berjenis kata sifat. Berbeda dengan KBBI yang yang menggolongkan bahwa urgensi adalah kata benda yang artinya suatu keharusan  yang mendesak dan hal yang sangat penting.

Sebagian orang kadang salah memaknai kata urgensi ini. Mereka memaknai kata urgen sebagai suatu kepentingan. Apalagi dalam pembahasan politik dan sejenisnya.

Padahal jika ditelusuri telusuri lebih jauh urgensi lebih dari sekedar kepentingan. Jadi urgensi tidak semata-mata hanya kepentingan individual namun juga ada kepentingan bersama.

Macam – Macam Urgensi

Jika membahas tentang urgensi tentu banyak sekali macam-macamnya. Berikut kita ulas mengenai macam-macam urgensi:

1). Urgensi Penelitian

Urgensi penelitian  berarti seberapa penting penelitian itu dilakukan, seberapa besar pengaruh jika kita berhasil dalam penelitian dan seberapa darurat masalah yang timbul jika kita tidak melakukan penelitian dan mendapatkan solusi dari masalah yang ada. Alasan apa yang sangat logis dan meyakinkan jika kita melakukan penelitian.

2). Urgensi Tauhid

Berkaitan dengan urgensi Tauhid tentu ini akan berhubungan dengan Tuhan. Seberapa yakin dan percaya kita kepada Tuhan, apalagi seorang Muslim.

Karena pada hakekatnya tujuan manusia diciptakan adalah untuk mentauhidkan Allah SWT. Karena sesungguhnya tiada tuhan selain Allah SWt. Tauhid adalah tidak mencari sesembahan selain-Nya.

3). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan

Tujuan dari urgensi pendidikan kewarganegaraan tidak lain hanya untuk mendorong/ mendesak seorang agar tergerak hatinya untuk belajar mengenai  warga negara. Yang pada akhirnya adalah agar warga negara memiliki wawasan kewarganegaraan dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

4). Urgensi Identitas Nasional

Jika sudah membahas mengenai identitas tentu kita harus kenal siapa kita, darimana asal kita dan dimana kita dibesarkan.

Kita harus paham pentingya jati diri nasional itulah keyakinan, karakteristik dan perasaan tetang nilai kebangsaan yang membedakan kita bangsa satu dengan bangsa lainnya.

5). Urgensi Pendidikan Pancasila

Pendidikan pancasila memang suatu yang sangat urgen. Bagaimana tidak? kita pasti sudah tahu bahwa pancasila adalah dasar negara indonesia. Jadi, untuk itu kita harus paham nilai apa yang ada dalam pancasila.

Seperti nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan nilai keadilan. Kita tidak akan lepas dari pancasila, karena jati diri bangsa indonesia dalam bertindak dan berprilaku berpedoman kepada nilai-nilainya.

Contoh Urgensi dalam Kehidupan

Dari bermacam-macam urgensi tentu kita juga harus mengetahui contoh dari urgensi yang kita ulas:

1). Urgensi Psikologi Agama yang Dalam Pendidikan Islam.

Membahas pendidikan islam tentu kita tidak akan lepas dari tujuan manusia setelah di dunia yaitu akhirat. Yang mana manusia selama hidup di dunia harus bisa menyeimbangkan antara kepentingan dunia dan bekal menuju akhirat.

Urgennya psikologi pendidikan agama karena butuh orang-orang untuk menjelaskan agama itu secara logis, karena saat ini masih banyak yang mempelajari agama namun mereka masih bingung dan menganggap pembelajaran tentang agama tidak masuk akal. Ilmu psikologilah yang bisa menjelaskan dengan teorinya, agar orang-orang bisa paham mana yang logis dan tidak logis.

2). Urgensi budaya tertib berlalu lintas di Tol

Mengapa di sebut urgen? Karena berapa banyak kecelakaan di jalan tol. Tidak sedikit korban yang meregang nyawa karena terjadinya kecelakaan.

Ini karena banyaknya pengendara yang tidak patuh terhadap tata tertib lalu lintas. Makanya budaya tertib dalam berlalu lintas diterapkan demi keselamatan berkendara dan nyaman selama diperjalanan.

Misalnya kecelakaan yang melibatkan artis ternama tanah air. Yaitu Vanessa dan suaminya. Seharusnya kejadian ini membuat kita semakin sadar pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara dimanapun dan kapanpun.

3). Urgensi Mempelajari Sejarah

Sejarah dianggap urgen karena akan sangat berpengaruh bagi generasi kedepannya. Sejarah adalah kenangan yang paling berkesan baik itu baik atau malah kurang menyenangkan.

Seperti sejarah kemerdekaan, tanpa mempelajari sejarah kita tidak akan kenal orang-orang yang berpengaruh dan tokoh sejarah yang berperan penting dalam kemerdekaan indonesia. Karena, berkat perjuangan merekalah kita bisa merasakan indonesia saat ini.

Cukup sekian ulasan kami mengenai pengertian, macam-macam dan contoh urgensi dalam kehidupan.

Kami berharap ulasan kami bisa membantu menambah wawasan dan semoga bermanfaat dalam kehidupan. Terimakasih ya telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Senjata Makan Tuan, Nekat Korek Masalah Hidup Putri Delina, Maia Estianty Auto Dimaki Usai Kontennya Viral sampai Nathalie Holscher dan Sule Pisah Rumah: Bikin Podcast yang Berkualitas Dikit!

Bak senjata makan tuan, Maia Estianty kena semprot netizen gegara konten Podcastnya bersama Putri Delina. Pasalnya usai Putri Delina ungkap…

Harga Mobil Toyota Vellfire Terbaru 2022

Tahukah kamu bahwa Toyota yang merupakan salah satu produsen mobil terbesar di dunia awalnya memproduksi mesin jahit? Ya, perusahaan yang…

Lirik Lagu Judika Aku Yang Tersakiti

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lowongan Kerja PT MRT Jakarta

Dikutip dari laman Linkedin PT MRT Jakarta pada hari Rabu (15/6) diinfokan PT MRT Jakarta membuka lowongan pekerjaan untuk tiga…

Lirik Lagu Sudah Tak Cinta – Ziell Ferdian

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

BUKTI Lain Kedekatan Kaesang dan Erina Gudono, Jalan Bareng Jokowi Seolah Sinyal Restu, Nasib Nadya?

Erina Gudono ramai menjadi perbincangan setelah kepergok dirangkul Kaesang Pangarep. Belakangan diketahui finalis Puteri Indonesia 2022 itu sudah pernah jalan…

Lirik Lagu Karna SalibMu yang Dinyanyikan oleh JPCC Worship

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Rekrutmen PKWT PAM Jaya

Dikutip dari Instagram @pamjaya_id pada hari Minggu (12/6) diinfokan saat ini Perumda Air Minum Jaya membuka Rekrutmen Pegawai Perjanjian Kerja…

Harga Mobil Isuzu Panther Terbaru 2022

Bagi kamu warga Indonesia tentunya sudah tidak asing lagikan dengan mobil Isuzu? Mobil isuzu merupakan mobil yang sudah lama masuk…

Harga Mobil Toyota Alphard Terbaru 2022

Tahukah kamu bahwa Toyota yang merupakan salah satu produsen mobil terbesar di dunia awalnya memproduksi mesin jahit? Ya, perusahaan yang…