Pengertian Unsur Menurut Ahli, Sifat, Pengelompokkan, Dampak Negatif dan Manfaat Unsur dalam Kehidupan

Unsur merupakan satuan terkecil dalam sebuah materi atau benda yang tidak dapat di urai lagi atau di pecah. Dalam ilmu kimia unsur sendiri merupakan suatu zat yang tidak dapat lagi diurai sehingga merupakan bagian terkecil dari suatu materi pada semua benda. Unsur kimia sendiri memiliki beragam bentuk dan di wakilkan dalam bentuk huruf yang dapat kita jumpai pada sebuah tabel periodik. Pada sistem periodik terdapat 118 jumlah unsur yang telah diketahui hingga saat ini, dan digolongkan kedalam tiga sifat yaitu unsur logam, unsur non logam dan unsur semi logam. Untuk dapat mengetahuinya lebih jelas berikut ini kita akan mengulas mengenai unsur kimia dalam ulasan ini.

Pengertian Unsur Menurut Ahli

  • Modul IPA Kelas VII SMP (2017) terbitan Kemdikbud

Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat dibagi lagi menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana. Elemen tersebut akan tetap mempertahankan karakteristik asli (konstan) dari elemen.

  • Sujana

Kimia unsur adalah suatu zat yang tidak dapat diuraikan dalam bentuk apapun sehingga zat tersebut dalam penerapan kimianya terdapat pada hidrogen, oksigen, aluminium, karbon, dan sifat-sifat lainnya yang setidaknya di planet bumi ini terdapat 90 jenis yang berbeda.

Sifat-sifat Unsur

Unsur dibedakan atas tiga sifat unsur sebagai pembedanya yaitu sifat unsur logam, nonlogam, dan semi logam. Dalam pembahaasan berikut akan dijelaskan sifat dari unsur-unsur tersebut.

  • Unsur-unsur Logam

Sebagian besar unsur yang telah ditemukan adalah unsur logam, sekitar 3/4 dari total unsur. Sebagian besar unsur logam ini memiliki kerapatan yang tinggi, dan juga mengkilat. Unsur-unsur ini memiliki banyak kegunaan, karena kuat, meskipun kuat tetap mudah dibentuk. Selain itu, logam juga merupakan penghantar panas dan listrik yang baik.

  • Unsur-unsur Nonlogam

Ada sekitar 16 unsur non-logam yang terjadi secara alami. Segala sesuatu (kecuali grafit) adalah penghantar panas dan listrik yang buruk, suatu sifat yang berbeda dengan unsur logam. Pada suhu kamar, 4 (empat) unsur (fosfor, karbon, belerang, dan yodium) adalah padatan, 11 (sebelas) lainnya adalah gas.

  • Unsur-unsur Semilogam

Unsur-unsur semi-logam ini juga disebut metaloid, mereka dapat bertindak sebagai konduktor yang buruk (seperti non-logam), tetapi juga dapat dibuat menjadi konduktor yang baik (seperti logam). Karena sifat-sifat ini, elemen semimetalik juga disebut semikonduktor. Ada 9 (sembilan) unsur semilogam, dan semuanya berwujud padat pada suhu kamar.

Pengelompokkan Unsur

  • Unsur Alami

Unsur yang ditemukan kurang lebih 116 unsur, 93 unsur berasal dari golongan unsur alam. Oksigen sendiri merupakan unsur yang paling banyak terdapat di bumi, dan oksigen juga sangat berguna bagi kehidupan manusia yaitu untuk bernafas. Begitu juga dengan unsur Hidrogen yang merupakan unsur paling melimpah di bumi. Unsur-unsur yang ada di alam lebih banyak merupakan senyawa daripada dalam keadaan bebas menurut bentuk masing-masing unsur.

  • Unsur Buatan

Tidak ada unsur yang secara alami lebih berat daripada uranium, tetapi para peneliti mampu menciptakan unsur baru yang jauh lebih berat, yaitu dengan menggabungkan dua unsur yang lebih kecil bersama-sama dengan kecepatan tinggi, tetapi sebagian besar unsur baru melakukannya. tidak tahan lama dan mudah pecah. Peneliti selalu berusaha agar unsur-unsur baru bertahan lebih lama, dengan membuat unsur-unsur mempelajari pembentukannya dan berubah ketika unsur-unsur menjadi lebih berat.

Dampak Negatif Unsur dan Senyawa

Unsur-unsur kimia memiliki dampak negatif dalam beberapa hal, baik berupa penyakit ringan hingga berat dan dapat juga merusak alam kita, untuk itu kita harus bijak dalam mengatasi efek negatif dari unsur-unsur tersebut, berikut adalah beberapa contoh dampak negatif unsur.

Aluminium

Aluminium dapat merusak kulit dan dalam bentuk bubuk dapat meledak di udara saat dipanaskan. Senyawa aluminium berbahaya termasuk aluminium oksida (Al2O3) yang bereaksi dengan karbon dan berdampak pada pemanasan global.

Nitrogen

Campuran NO dan NO2 menghasilkan NOx yang merupakan hasil pembakaran bahan bakar dari industri atau kendaraan yang menyebabkan hujan asam dan kabut asap yang menyebabkan iritasi pada mata dan menyebabkan tanaman mengering. Hujan asam dapat merusak pH tanah, air dan merusak bangunan.

Silikon

Silikon yang digunakan untuk kecantikan wajah dapat menyebabkan deformitas dan melumpuhkan beberapa otot wajah. Hal ini karena silikon dapat membentuk gumpalan dan dapat menghalangi aliran darah ke jaringan/organ.

Karbon

Dampak negatif karbon sendiri adalah terdapat pada senyawa karbon itu sendiri, dapat kita lihat pada beberapa contoh sebagai berikut :

  1. Karbon dioksida (CO2) Karbon dioksida terjadi dari penggunaan bahan bakar fosil. Pembakaran ini menyebabkan efek rumah kaca.
  2. Cloro Fluoro Carbon (CFC) CFC memiliki dampak negatif terhadap penipisan lapisan ozon dan berkontribusi pada efek rumah kaca.
  3. loroform (CCl4) Kloroform menyebabkan kerusakan hati dan ginjal, dan beracun bila tertelan.
  4. Karbon disulfida (CS2) Karbon disulfida adalah senyawa yang mudah terbakar dan beracun.
  5. Karbon monoksida (CO) Karbon monoksida biasanya dihasilkan oleh knalpot kendaraan dan proses industri. Karbon monoksida mengikat hemoglobin lebih mudah daripada oksigen. Karena itu, darah akan kekurangan oksigen.

Fosfor

Fosfor berdampak negatif jika bijih fosfor yang diolah menjadi fosfat larut dalam air sehingga menimbulkan limbah radioaktif (karena bijih fosfor mengandung uranium).

Belerang

Adapun beberapa contoh senyawa belerang yang berdampak negatif antara lain.

  1. Hidrogen Sulfida (H2S)
  2. Hidrogen sulfida adalah gas yang sangat beracun yang berbau seperti telur busuk dan senyawa ini menyebabkan kematian.
  3. Asam Sulfat (H2SO4)
  4. Asam sulfat merupakan zat higroskopis sehingga dapat merusak kulit dan juga menyebabkan korosi.

Manfaat Unsur Kimia

Selain dampak negatif yang ada, unsur juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kehidupan kita. Manfaat tersebut dapat memudahkan kita hingga dapat mendorong keberlangsungan kehidupan kita hingga saat ini, berikut adalah beberapa manfaat yang terdapat pada unsur kimia diantaranya yaitu:

  • Unsur hidrogen (H)

Unsur hidrogen yang menyusun kurang lebih 90% dari atmosfer bumi sehingga unsur hidrogen ini merupakan unsur yang melimpah di bumi. Unsur ini sering digunakan untuk bahan bakar yang berbentuk gas atau cair.

  • Unsur karbon (C)

Unsur karbon merupakan komponen penyusun dasar yang berasal dari semua senyawa atau dari bahan organik. Misalnya, minyak bumi, batu bara, gas alam, dan bahan bakar juga termasuk dalam senyawa yang tersusun dari atom karbon. Jika Anda pernah mendengar tentang berlian murni di sini, maka di sini Anda harus tahu bahwa atom karbon adalah satu-satunya komponen yang terkandung dalam berlian murni.

  • Unsur natrium (Na)

Anda dapat menggunakan logam natrium sebagai reduktor dalam reaksi pemisahan silikon dan boron, sebagai media untuk menghantarkan panas atau panas (dalam fase cair), dan sebagai reaktan dalam reaksi pembentukan TEL (senyawa anti ketukan). dalam bensin). Sedangkan senyawanya, seperti NaCl, dapat digunakan untuk bumbu masakan, larutan infus, dan pengawet makanan.

  • Unsur aluminium (Al)

Aluminium merupakan salah satu jenis logam yang memiliki bobot yang relatif ringan dan tahan korosi dengan tekstur yang lembut. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan aluminium banyak digunakan pada peralatan dapur, kaleng makanan dan pada suku cadang otomotif.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian unsur menurut ahli, sifat-sifat, pengelompokkan, dampak negatif, serta manfaat unsur dalam kehidupan kita. Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan unsur. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Diceraikan oleh Sang Suami Gara-gara Dituding Hamil Anak Ariel NOAH, Nasib Artis Cantik ini Berubah Drastis Setelah Dinikahi Pemain Band, Pilih Tekuni Profesi ini

Begini nasib artis cantik yang pernah dituding jalin hubungan dengan Ariel NOAH. Siapa yang masih ingat dengan artis sekaligus presenter,…

Rizky Febian Dikabarkan Lamar Mahalini Tanpa Didampingi Ayahnya, Sosok Sule Beberkan Hal Mengejutkan Soal Restu: Penting Kasih Tahu

Jadi rahasia publik, perjalanan asmara Rizky Febian dan Mahalini Raharja diketahui kian hari kian lengket. Enggan berlama-lama pacaran, kabarnya Rizky…

Sampai Tanam Benang di Alat Vital Meski Jadi Istri Keempat, Hidup Sosok Artis Seksi Ini Berubah 180 Derajat, Begini Kabarnya!

Nama Five Vi, sempat masuk jajaran artis cantik dan seksi Tanah Air kala awal masuk ke dunia hiburan. Bahkan sosok…

‘Suami Berlebaran Bersama Istri Pertama’ Nyesek! 28 Tahun Rela Hidup jadi Istri Kedua, Artis Cantik Ini Akhirnya Pilih Pulang Kampung Bareng Anak

Artis cantik Zarina Zainuddin sempat membuat publik geger karena jalinan asmaranya dengan suami orang. Dikutip dari GridPop.id, artis asal negeri…

Bak Petir Menyambar, Terkuak Lucinta Luna Sudah 18 Kali Operasi Plastik, Telan Biaya Sangat Fantastis, Segini Besarannya!

Selebgram Lucinta Luna terus menjadi sorotan usai keputusan melakukan operasi ganti kepala. Lucinta Luna diketahui baru saja selesai melakukan perubahan…

Ketuban Jessica Iskandar Pecah, Sosok Vincent Verhaag Panik Parah Tapi Justru Ditertawakan Jedar: Kamu Kontraksi, Aku Harus Ngebut-ngebut

Kabar bahagia datang dari pasangan artis, Jessica Iskandar dan Vincent Verhaag baru-baru ini. Bagaimana tidak? bayi yang dinanti-nantikan oleh Jessica…

Bak ABG Lagi Kasmaran, Doddy Sudrajat Akui Ngebet Ingin Nikahi Sosok Wika Salim Hingga Nekat Lakukan Hal Ini!

Usai diceraikan oleh mantan istrinya, Puput, nyatanya tak membuat Doddy Sudrajat berhenti mencari pasangan. Bahkan baru-baru ini disebut-sebut sosok Doddy…

Rumor Perceraian Makin Jelas? Nia Ramadhani Sudah 2 Bulan Ogah Pulang ke Rumah Ardi Bakrie?

Kabar tentang perceraian Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie sempat menghebohkan beberapa waktu lalu. Tepatnya saat Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie…

Kronologi Nikita Mirzani Diduga Hina Bacaan Salat, Gegara Video Dipotong-potong

Berikut kronologi artis Nikita Mirzani diduga hina bacaan salat. Kejadian ini berawal dari live instagram yang dilakukan Nikita Mirzani. Video…

Akui Wanita Hiperseks, Nikita Mirzani Ngaku Emosi Jika Miss V Miliknya Tak Ada yang Menyentuhnya

Kehidupan para artis kini bukan lagi jadi rahasia, hal itu karena seringnya para artis sendiri yang membocorkan soal kehidupan pribadinya,…