Pengertian UML, Fungsi, Tujuan dan Jenis – Jenis Diagram UML

Subtitle goes here

By:

Agustus 30, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Pernahkah anda mendengar kata UML? Bagi orang yang bergelut dibidang IT atau juga orang yang berkerja sebagai pembuat atau pengemabang aplikasi, kata UML sendiri sudah wajib diketahui.

Namun bagi masyrakat awam, pasti belum pernah mendengar atau mengetahui apa itu UML. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai pengertian UML secara umum dan menurut para ahli, tujuan dan fungsi UML serta jenis-jenis diagram UML.

Pengertian UML Secara Umum dan Menurut Para Ahli

UML atau Unified Modelling Languange merupakan suatu metode permodelan dalam wujud visual sebagai sarana perancangan sistem yang berorientasi objek atau juga dapat didefenisikan sebagai sebuah bahasa yang telah menjadi ukuran standar pada visualisasi, perancangan dan juga dalam melakukan dokumentasi sistem software.

Pada saat sekarang ini, UML telah menjadi sebuah bahasa standar dalam penulisan blue print software. Untuk dapat memahami mengenai defenisi dari Unified Modelling Languange, kami telah merangkum beberapa pendapat para ahli.

Berikut beberapa pendapat para ahli mengenai defenisi dari UML.

1. Booch (2005:7)

Menurut Booch, UML adalah bahasa standar dalam membuat suatu rancangan software. biasanya, sebuah UML dipakai secara khusus untuk memvisualisasikan dan mendirikan dokumen dari artifak dari software intensive system.

2. Nugroho (2010:6)

Menurut Nugroho, Unified Modelling Languange adalah sebuah bahasa permodelan khusus untuk sistem atau software dengan paradigma berorientasi objek.

Permodelan ini sebenarnya dilakukan agar dapat menyederhanakan berbagai kendala yang kompleks yang nantinya dapat dengan mudah dipelajari dan dipahami.

3. Herlawati (2011:11)

Menurut Herlawati, UML memiliki sembilan jenis diagram, namun ada beberapa juga yang menyebutkan hanya ada delapan dikarenakan terdapat beberapa diagram yang digabung seperti diagram urutan,diagram komunikasi serta diagram perwaktuan yang tergabung pada diagram interaksi.

4. Utami (2015)

Menurut Utami, UML merupakan bahasa pemrograman yang dapat digunakan dalam mengatur rekruitmen,analisa desain serta penggambaran dalam suatu program yang mengarah kepada tujuan.

5. Yadanur (2012)

Menurut Yadanur, UML merupakan bahasa standar yang bisa dimanfaatkan untuk membangun dan juga dalam menggambarkan sistem software.

Tujuan dan Fungsi dari UML

Berikut beberapa tujuan serta fungsi dari UML, diantaranya:

1). Dapat memberikan bahasa permodelan visual kepada para user dari beragam jenis pemrograman dan juga proses umum rekayasa.

2). Menggabungkan bermacam-macam informasi terbaik yang ada dalam pemodelan.

3). Memberikan suatu visual model yang ekspresif dalam melakukan pengembangan sistem.

4). Tidak hanya dalam bahasa permodelan visual model sistem software saja, melainkan juga dapat memodelkan sistem beorientasi objek.

5). Mempermudah user dalam membaca sebuah sistem.

6). Berfungsi sebagai sebuah blueprint, yang jelas pada nantinya menjelaskan informasi yang menyeluruh dalam perancangan berupa coding sebuah program.

Jenis – Jenis Diagram UML

Berikut beberapa jenis diagram UML, diantaranya:

1. Use Case Diagram

Use case diagram merupakan salah satu dari jenis diagram UML yang memvisualisasikan interaksi yang terjadi antara sistem dengan aktor. Use case diagram sendiri juga dapat digunakan untuk menjelaskan tipe interaksi antara pemakai dengan sistemnya.

2. Activity Diagram

Activity diagram adalah jenis diagram UML yang dapat memberi bentuk mengenai metode apa-apa saja yang terjadi pada sistem.

3. Sequence Diagram

Sequence diagram adalah suatu diagram yang mendeskripsikan interaksi yang terjadi pada objek berdasarkan urutan waktu.

Sequence diagram juga bisa memvisualisasikan urutan atau tahapan yang harus dikerjakan untuk bisa menciptakan hal tertentu, seperti yang terlihat pada use case diagram.

4. Class Diagram

Class diagram merupakan salah satu jenis diagram UML yang dapat digunakan untuk memunculkan kelas-kelas berupa para paket dalam memenuhi salah satu kebutuhan paket yang bakalan digunakan. Jadi dapat dikatakan bahwa class diagram bisa memberikan sebuah visual yang berhubungan dengan sistem maupun relasi yang ada pada sistem tersebut.

5. Statemachine Diagram

Statemachine diagram adalah diagram UML yang memvisualisasikan sebuah transisi dan juga pergantian dari keadaan sebuah objek pada sistem.

6. Communcation Diagram

Communcation diagaram merupakan sebuah diagram yang mampu memvisualisasikan tahapan dalam terjadinya suatu aktivitas dan juga diagram ini juga dapat memvisualisasikan suatu interaksi antara objek yang terdapat pada sistem. Mirip seperti sequence diagram, commucation diagram lebih dalam hal menekankan peranan setiap objek pada sistem.

7. Deployment Diagram

Deployment diagram adalah suatu diagram yang dapat menujukkan tata letak sebuah sitem secara fisik, serta juga dapat dikatakan untuk memperlihatkan bagian software yang terdapat pada hardware dan digunakan dalam menerapkan suatu sistem dan hubungan diantara komponen hardware.

8. Component Diagram

Componen diagram sendiri merupakan suatu diagram yang dapat memvisualisasikan software pada sebuah sistem.

9. Object Diagram

Objek diagram merupakan suatu diagram yang memvisualisasikan objek yang ada pada sebuah sistem serta hubungan diantaranya.

10. Composite Structure Diagram

Composite structure diagram meruapakan suatu diagram yang memvisualisasikan struktur internal dari kategori dan termasuk titik-titik interaksi dari kategori kebagian lainnya dari suatu sistem.

11. Interaction Overview Diagram

Interaction overview diagram meruapakan suatu diagram yang dapat digunakan untuk menggambarkan kerjasam dan hubungan antara activity diagram dengan sequence diagram.

12. Package Diagram

Package diagram merupakan suatu diagram yang berfungsi untuk mengelompokkan kelas dan juga menunjukkan bagaimana elemen model nantinya disusun dan memvisualisasikan ketergantungan antara paket-paket.

13. Timing Diagram

Timing diagram merupakan suatu diagram yang dikenal sebagai bentuk lain dari interaksi diagram yang berfokus pada waktu. Diagram ini berfungsi untuk menyatakan faktor yang dapat memberi batas waktu diantara pergantian state terhadap sasaran yang berbeda

Demiakan pembahasan kami mengenai pengertian UML secara umum dan menurut para ahli, tujuan dan fungsi UML dan juga jenis-jenis diagram UML. Semoga bermanfaat.

0 Comment

Comments closed.