Pengertian Tradisi Menurut Ahli, Tujuan, Manfaat dan Contoh Tradisi di Indonesia

Pernahkah kamu makan ketupat saat hari raya idul fitri atau memakan kue saat di malam tahun baru? Kegitan yang kamu lakukan itu merupakan sebuah tradisi.

Tradisi merupakan segala sesuatu yang telah ada sejak dahulu kala lalu dilakukan secara terus menerus dan telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat hingga saat ini. Adanya banyak tradisi di belahan dunia ini.

Setiap tempat di belahan bumi ini pasti memiliki tradisinya masing-masing dalam merayakan hari raya sebagai umat beragama, dan kegiatan upacara dan peringatan hari besar lainnya sebagai umat yang memiliki budaya.

Berikut ini kita akan mengulas lebih banyak mengenai tradisi untuk menambah pemahaman kamu.

Pengertian Tradisi Menurut Ahli

  • Soerjono Soekamto

Soerjono Soekamto memberikan pemikirannya mengenai pengertian tradisi merupakan sebuah kegiatan dari suatu kelompok masyarakat yang dilakukan berulang-ulang dan langgeng.

  • WJS Poerwadaminto

Pandangan WJS Poerwadaminto mengenai tradisi yaitu merupakan segala hal yang berhubungan tentang kehidupan dalam masyarakat dilakukan terus menerus misalnya budaya, adat, kebiasaan, dan kepercayaan.

  • Van Reusen

Van Reusen menyatakan pengertian tradisi merupakan sesuatu yang memiliki arti sebagai warisan atau norma adat istiadat, kaidah-kaidah, harta-harta, tapi tapi tradisi bukan suatu yang tidak dapat diubah. Tradisi justru merupakan perpaduan dengan beragam perbuatan manusia dan diangkat dalam keseluruhannya.

  • Coomans M

Menurut pandangan Coomans M sendiri tradisi adalah sebuah gambaran dari sikap dan juga perilaku manusia yang mengalami proses lama dan turun menurun dari nenek moyang.

Ciri Tradisi

Ada beberapa ciri yang melekat dari sebuah tradisi untuk mudah kamu kenali, ciri tersebut dapat kamu kenali sebagai berikut ini :

  • Tradisi lebih mengarah pada kepercayaan, benda atau adat istiadat yang dilakukan atau diyakini di masa lalu, kemudian ditransmisikan melalui waktu dengan pengajaran pada setiap generasi secara terus menerus, dan dilakukan atau diyakini di masa kini.
  • Tradisi umumnya diwariskan secara lisan, tanpa membutuhkan sistem penulisan. Diwariskan melalui alat perantara puitis seperti rima dan aliterasi. Ada juga yang dilestarikan melalui kisah-kisah dengan demikian juga disebut sebagai tradisi, atau sebagai bagian dari tradisi lisan.
  • Tradisi merupakan sesuatu yang dianggap kuno, tidak dapat diubah, dan sangat penting, meskipun terkadang tradisi tersebut kurang “alami” daripada yang diperkirakan oleh masyarakat. Dikatakan tradisi bila dilakukan selama tiga generasi yang diperlukan baik praktik, keyakinan, atau objek dipandang sebagai tradisional.
  • Tradisi dibuat dengan satu atau lain alasan, umumnya diciptakan untuk meningkatkan kekeluargaan, kebersamaan serta meningkatkan pentingnya lembaga tertentu.
  • Tradisi juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan hari ini, dan perubahan tersebut dapat diterima sebagai bagian dari tradisi kuno. Tradisi berubah perlahan, dengan perubahan dari satu generasi ke generasi berikutnya dianggap signifikan.

Tujuan Tradisi

Adanya sebuah tradisi di masyarakat adalah untuk supaya manusia kaya tentang nilai sejarah dan budaya untuk menciptakan kehidupan yang harmonis.

Dibuat dengan alasan untuk dapat saling menghargai dan menghormati dianta kita semua.

  • Tradisi memberikan rasa nyaman dan memiliki. Ini menyatukan keluarga dan memungkinkan orang untuk terhubung kembali dengan teman.
  • Tradisi memperkuat nilai-nilai seperti kebebasan, iman, integritas, pendidikan yang baik, tanggung jawab pribadi, etos kerja yang kuat, dan nilai tidak mementingkan diri sendiri.
  • Tradition menyediakan forum untuk menampilkan model peran dan merayakan hal-hal yang benar-benar penting dalam hidup.
  • Tradisi menawarkan kesempatan untuk mengucapkan “terima kasih” atas kontribusi yang telah diberikan seseorang.
  • Tradisi memungkinkan kita untuk menunjukkan prinsip-prinsip Bapak Pendiri kita, merayakan keberagaman, dan bersatu sebagai sebuah negara.
  • Tradisi berfungsi sebagai jalan untuk menciptakan kenangan abadi bagi keluarga dan teman kita

Manfaat Tradisi

Selain tujuan yang ada, tradisi juga memiliki beberapa fungsi atau manfaat yang baik untuk kehidpan sosial kita, diantaranya yaitu:

  • Sebagai penyedia fragmen warisan yang historis

Tradisi berguna sebagai penyedia fragmen peninggalan sejarah. Tradisi tersebut dapat berupa ide maupun bentuk material yang dapat digunakan oleh manusia dalam berbagai tindakan sekarang dan di masa yang akan datang dengan landasan pengalaman masa lalu. Contohnya, tradisi kepahlawanan dan sebagainya.

  • Sebagai pemberi legitimasi dalam pandangan hidup

Tradisi berguna sebagai pemberi legitimasi terhadap kepercayaan dalam suatu cara hidup, atau aturan dan institusi yang ada, yang kesemuanya memerlukan pembenaran untuk mengikat para anggotanya. Contohnya, otoritas raja yang telah berlaku dari tradisi semua dinasti sebelumnya.

  • Sebagai penyedia simbol dalam identitas kolektif

Tradisi dapat menjadi simbol identitas kolektif yang sangat meyakinkan, dapat memperkuat loyalitas terhadap bangsa atau masyarakat. contohnya, tradisi nasional untuk bendera, lagu, mitologi, lambang, ritual umum, dan lain-lain.

Contoh Tradisi Daerah di Indonesia

Berikut merupakan beberapa contoh dari tradisi yang ada di daerah yang ada di Indonesia, yaitu :

  • Ngurek (Bali): Ritual Melukai Badan

Ngurek adalah tradisi Bali ekstrim yang diadakan untuk tujuan keagamaan. Peziarah akan melukai diri mereka sendiri dengan menusuk tubuh mereka dengan pisau tradisional yang disebut “keris”. Selama ritual ini, peserta dianggap kerasukan.

Tradisi Ngurek atau Nguying bertujuan untuk memuja “Sang Hyang Widi Wasa”, dewa. Anda bisa melihat tradisi unik ini di hampir semua desa di Bali.

  • Pasola

Pasola merupakan tradisi yang dilakukan setahun sekali oleh warga Kampung Kodi, Kampung Lamboya, Kampung Wanokaka, dan Kampung Garoa di wilayah Sumba Barat. Tradisi adu ketangkasan menggunakan kuda dan lembing ini merupakan puncak dari Festival Adat Nyale yang digelar untuk memohon restu para dewa dan leluhur sebelum musim panen tiba. Di Pasola, dua “Ksatria Sumba” akan menunggang kuda dan saling menyerang menggunakan tongkat kayu. Darah yang berjatuhan di arena Pasola dinilai mampu membuat tanah mereka subur sehingga hasil panen melimpah.

  • Gerebeg Syawal

Daerah Istimewa Yogyakarta memang sudah terkenal dengan kepiawaiannya dalam menjaga budaya leluhur secara turun temurun, Grebeg Syawal salah satunya. Grebeg Syawal yang dilaksanakan setiap 1 Syawal ini merupakan wujud syukur Sultan atas hadirnya Hari Raya Idul Fitri setelah sebulan berpuasa di bulan Ramadhan.

Perayaan berlangsung dengan mengarak Gunungan Kakung dan Gunungan Putri yang terdiri dari sayuran dan tanaman lainnya. Gunung ini merupakan simbol sedekah Sultan kepada rakyatnya. Acara ini cukup unik dan membangun rasa kebersamaan karena masyarakat diperbolehkan memperebutkan Gunungan yang dipercaya membawa berkah dan kesejahteraan bagi yang mendapatkannya.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian tradisi menurut ahli, ciri, tujuan, manfaat, serta contoh tradisi di beberap daerah di Indonesia. Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan tradisi. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Ogah Beritahu Doddy Sudrajat, Mayang Diam-diam Datangi Kantor Polisi Gegara Ketakutan Dipenjara, Kini Akui Dijebak Sang Ayah

Sebuah pengakuan mengejutkan dibeberkan oleh adik mendiang Vanessa Angel, Mayang atas kasus hukum yang menjeratnya. Secara tiba-tiba Mayang mendatangi kantor…

Bocor, Isi Chat Steven Rumangkang untuk Angelina Sondakh di Malam Hari, Angie: Masih Aku Balas

Diam-diam, Steven Rumangkang ternyata perhatian dengan sosok Angelina Sondakh. Chat yang dikirim Steven Rumangkang pada Angelina Sondakh di malam hari…

Subhanallah! Cocoklogi Nama Sungai Aare Singkatan Satu Keluarga Ridwan Kamil, Netizen: Bisa jadi Mungkin, Rahasia Allah

Duka masih menyimuti keluarga Ridwan Kamil, atas meninggalnya Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss. Sekalipun,…

Lagi Wanita Tewas Membusuk di Apartemen, Diduga Usai Suntik Filler

Seorang wanita inisial I (22 tahun) berstatus mahasiswi warga Cirebon Jawa Barat ditemukan tewas di kamar apartemen Cipulir Jakarta Selatan.…

Bantu Sembuhkan Dewi Perssik, Ustaz Dhanu Merinding Lihat Tubuh Sang Biduan Jadi Sarang Jin: Tipis

Dewi Perssik dibuat syok dengan perkataan Ustaz Dhanu soal hal tak biasa di tubuhnya. Tak disangka, Ustaz Dhanu menyebut adalah…

Lirik Lagu Jamila – Victor Hutabarat

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Selama Ini Satu Indonesia Kena Tipu? Ahmad Dhani Berderai Air Mata Mengaku Sekuat Tenaga Tutupi Aib Gelap Maia Estianty dari Masyarakat dan Ketiga Anaknya: ‘Yang Masyarakat Tahu kan Itu, Padahal…’

Selama ini Indonesia tertipu? Ahmad Dhani mendadak berderai air mata ngaku sekuat tenaga tutupi aib Maia Estianty. Kisah rumah tangga…

Akui vitalitas Ferry Irawan, Venna Melinda bandingkan dengan mantan: Dulu 15 menit sekarang 1 jam

Secara blak-blakan Venna Melinda bongkar urusan ranjang dengan suami keduanya, Ferry Irawan. Bersama seorang seksolog terkenal, Zoya Amirin, mantan Putri…

Lirik Lagu Maafkan Aku – Enda Ungu

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Langsung Diringkus! Raffi Ahmad Mendadak Mati Gaya Saat Menyadari Pria yang Ia Ajak Mabuk-mabukan Adalah Seorang Polisi

Saking mabuknya, Raffi Ahmad pernah tawari polisi minuman keras lantaran dikira temannya sendiri. Siapa yang tak kenal dengan Raffi Ahmad?…