Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi Menurut Para Ahli

Apakah kamu pernah membuat teks laporan hasil observasi? Atau pernah mendengarnya, namun belum memahami maksud dari teks laporan hasil observasi itu?

Agar sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai pengertian teks laporan hasil observasi, … berikut!

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan observasi atau sering disingkat menjadi teks LHO. Karya tulisan ini berfungsi untuk memberikan informasi mengenai objek maupun situasi. Informasi ini biasanya diberikan setelah dilakukan penyelidikan atau penelitian yang sistematis.

Dimana laporan hasil observasi sendiri biasanya berupa penelitian mendalam terhadap suatu objek. Misalnya seperti tumbuhan, hewan, sosial, budaya ataupun ekosistem tertentu.

1). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Jika membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita akan menemukan pengertian observasi ialah pengamatan atau peninjauan yang dilakukan secara cermat dan tangkas.

2). Alwasih

Observasi menurut Alwasih adalah penelitian dan pengamatan yang sistematis. Direncanakan dan dimaksudkan untuk memperoleh data yang terkontrol validitas dan reliabilitasnya.

3). Syaodih

Menurut pendapat Syaodih yang menyatakan bahwa observasi adalah teknik yang digunakan sekaligus cara yang digunakan untuk mengumpulkan data. Tak lain dengan mengamati suatu kegiatan yang telah berlangsung.

4). Sudjana

Definisi observasi adalah salah satu alat penilaian yang paling banyak digunakan untuk mengukur proses dan perilaku individu dalam suatu aktivitas yang dapat diamati. Jadi, dapat dikatakan observasi mampu mengukur dan menilai hasil proses belajar mengajar.

Misalnya mengamati perilaku siswa saat belajar di kelas, mengamati perilaku guru saat mengajar dan juga kegiatan yang dilakukan siswa di kelas.

5). Suharsimi Arikunto

Maksud dari observasi adalah pengamatan langsung terhadap lingkungan fisik. Serta pengamatan langsung dalam suatu kegiatan yang sedang berlangsung atau berjalan yang terdiri dari semua kegiatan perhatian pada studi objek yang menggunakan indera mereka.

Bisa dikatakan pula sebagai suatu usaha yang dilakukan dengan sengaja dan sadar untuk mengumpulkan data dan melakukannya secara sistematis dan sesuai prosedur.

6). Karl Welck

Observasi adalah pencatatan, pemilihan, pengkodean, perubahan dengan serangkaian perilaku dan kondisi. Dalam hal ini biasanya berkaitan dengan organisasi sesuai dengan tujuan empirisnya.

7). Gibson, RL & Mitchell. MH

Observasi adalah suatu teknik yang dapat digunakan untuk memilah derajat pengambilan keputusan dan kesimpulan. Dimana observasi ini tidak dapat berdiri sendiri, sebab diperlukan penggunaan metode penilaian yang lainnya.

Karakteristik Teks Laporan Hasil Observasi

Setelah memahami pengertian teks hasil observasi, kita juga harus mengetahui karakteristiknya. Tak lain agar lebih jelas ketika akan membuat teks laporan hasil observasi ataupun menandainya.

Adapun karakteristik teks laporan hasil observasi adalah sebagai berikut:

1). Ditulis dengan lengkap dan sempurna.

2). Bersifat objektif, global dan universal.

3). Pembahasan merupakan objek tunggal.

4). Ditulis berdasarkan fakta menurut pengamatan yang telah dilakukan.

5). Teks informasi merupakan hasil penelitian terbaru dengan ketentuan sudah terbukti kebenarannya.

6). Tidak mengandung prasangka/dugaan yang menyimpang.

7). Berhubungan antar kelas dan subkelas yang terdapat di dalamnya.

8). Tidak ada bagian penutup dari penulis. Melainkan hanya melaporkan apa yang dilihat berdasarkan hasil analisis serta pengamatannya.

9). Berfokus pada pengelompokan segala sesuatu ke dalam jenis-jenis dengan karakteristik atau kondisi umum.

10). Disajikan secara menarik, baik kata, bahasa, isi berbobot dan susunannya logis.

11). Teks laporan hasil observasi menggambarkan sesuatu secara umum berdasarkan fakta. Artinya harus tanpa campur tangan pendapat penulis.

Struktur Teks Laporan Hasil Pengamatan

Secara umum, teks laporan hasil observasi terdiri dari tiga struktur. Adapun penjelasan dari masing-masing struktur tersebut antara lain:

1). Pernyataan Umum yang p berisi keterangan umum tentang apa yang akan disampaikan. Terkait dengan hal umum tentang objek yang akan dipelajari, menjelaskan garis besar objek tersebut.

2). Deskripsi bagian, yang memuat isi, rincian, pembahasan dan penjelasan lebih rinci.

3). Uraian manfaat, yang memuat fungsi atau manfaat dari setiap benda yang diamati dalam kehidupan.

Tujuan Teks Hasil Laporan Observasi

Semua hal yang dilakukan tentu ada tujuannya. Begitu juga teks hasil laporan observasi yang tujuan utamanya adalah untuk memberikan informasi dan fakta yang objektif di lapangan sesuai dengan pengamatan yang diperoleh. Dengan tujuan lainnya adalah sebagai berikut:

  • Untuk penelitian
  • Untuk memberikan informasi terbaru
  • Untuk memecahkan suatu masalah
  • Untuk menemukan teknik atau cara terbaru
  • Untuk membuat keputusan yang lebih efektif
  • Melakukan pengawasan dan/atau perbaikan
  • Untuk mengetahui perkembangan suatu masalah

Fungsi Teks Laporan Hasil Pengamatan

Teks laporan hasil observasi mempunyai fungsi atau manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Adapun fungsi umum dari teks laporan hasil pengamatan bisa dilihat dari beberapa poin berikut:

  • Sebagai bahan penelitian
  • Sebagai sumber terpercaya
  • Sebagai laporan tugas dan kegiatan observasi
  • Sebagai dokumentasi
  • Sebagai ilmu
  • Menjelaskan dasar perumusan kebijakan, keputusan dan/atau pemecahan masalah dalam pengamatan.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian teks laporan hasil observasi menurut ahli, karakteristik, struktur, tujuan dan fungsi teks laporan hasil observasi.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman mengenai pengertian teks laporan hasil observasi. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN