Pengertian Teks Eksposisi Menurut Ahli, Ciri-Ciri, Struktur dan Pola Pengembangan Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah karangan berisi gagasan dan fakta informasi atau pengetahuan yang dideskripsikan dalam bentuk ringkas, padat dan jelas.

Agar sama-sama belajar terkait teks eksposisi, yuk simak ulasan berikut! Sebab kali ini kita akan membahas mulai dari pengertian teks eksposisi menurut ahli, ciri – ciri, unsur, struktur dan jenis teks eksposisi.

Pengertian Teks Eksposisi Menurut Ahli

Dalam sebuah teks eksposisi, pada umumnya berisi sebuah masalah dan rangkaian argumen dari penulis yang mendukung isu atau topik yang sedang dibahas. Tujuan teks eksposisi adalah untuk menjelaskan informasi tertentu guna menambah pengetahuan pembaca.

1). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Jika membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita akan menemukan pengertian eksposisi sebagai uraian atau penjelasan yang bertujuan untuk menggambarkan maksud dan tujuan. Paragraf dalam teks eksposisi itu sendiri memiliki ilmiah atau masuk dalam kategori nonfiksi.

2). Menurut Keraf (1995: 7)

Pengertian Eksposisi Menurut Keraf adalah bentuk-bentuk wacana yang berusaha menggambarkan pandangan atau pengetahuan pembaca.

Eksposisi adalah suatu bentuk wacana yang tujuan utamanya adalah untuk menginformasikan tentang suatu objek tertentu. Wacana jenis ini tidak mempengaruhi atau mengubah sikap dan pendapat pembacanya.

3). Alwasilah (2005:111)

Alwasilah menyatakan bahwa eksposisi adalah tulisan yang tujuan utamanya untuk memperjelas, menjelaskan, mendidik atau menemukan suatu masalah.

Penulis menyarankan untuk memberikan informasi atau memberi petunjuk kepada pembaca. Meski sedikit berbeda, kedua ahli tersebut memiliki kesamaan yaitu terletak pada tujuan penulisan eksposisi.

4). Nasucha (2009:50)

Dalam bukunya, Nasucha mengungkapkan paragraf eksposisi yang bertujuan menjelaskan, menjelaskan, menambah informasi, mengajarkan, dan menjelaskan sesuatu. Dengan catatan tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca menerima atau mengikutinya.

Paragraf eksposisi biasanya digunakan untuk menyajikan pengetahuan/ilmu, definisi, pemahaman, langkah-langkah suatu kegiatan, metode, cara dan proses terjadinya sesuatu.

Ciri – Ciri Teks Eksposisi

Setelah memahamai pengertian teks eksposisi menurut ahli diatas, mari kita lanjutkan dengan mengenali ciri-ciri dari teks eksposisi. Adapun beberapa ciri teks eksposisi adalah sebagai berikut:

  • Berupa informasi pengetahuan
  • Gaya informasi yang mengundang
  • Biasanya menjawab pertanyaan siapa, apa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana
  • Mencoba menjelaskan sesuatu
  • Gaya informatif
  • Terdapat deskripsi yang singkat, padat dan akurat
  • Mencoba menjelaskan sesuatu
  • Penyampaian yang lugas dan menggunakan bahasa standar
  • Tidak memihak, artinya tidak memotret kehendak penulis kepada pembaca

Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi

Masing-masing produk karya sastra tentu memiliki kebahasaannya yang khas dan unik. Bergitu juga dengan teks eksposisi yang memiliki unsur kebahasaan sebagai berikut!

1). Menggunakan kata ganti, dimana kata ganti ini dapat diklasifikasikan menjadi dua macam yakni:

  • Kata ganti orang (persona pronouns) adalah orang tunggal.
  • Kata ganti bukan orang (non-person pronouns) adalah kata ganti penunjuk.

2). Ada kata benda yang merujuk pada objek nyata atau abstrak. Dalam hal ini kata benda berdiri sebagai subjek. Berdasarkan bentuk dan artinya, kata benda dibedakan menjadi dua, yaitu kata benda dasar dan kata benda turunan.

3). Kata kerja (verba) memiliki arti tindakan atau perbuatan yang bukan merupakan atribut. Biasanya, kata kerja digunakan sebagai predikat dalam sebuah kalimat.

4). Menggunakan konjungsi yang dapat digunakan dalam teks ekspositori untuk memperkuat argumen.

Struktur Teks Eksposisi

Ada juga struktur memang harus eksis dan diperhatikan dalam suatu teks eksposisi. Adapun sturktur dari teks eksposisi adalah sebagai berikut!

1). Pernyataan pendapat (tesis)

Pernyataan pendapat atau tesis adalah bagian dari teks yang berisi pernyataan pendapat penulis atau disebut juga bagian pembuka.

2). Argumen

Pengertian argumentasi adalah bagian yang memuat alasan-alasan yang dapat memperkuat argumentasi pengarang dalam mendorong atau menolak suatu gagasan.

3). Penegasan kembali pendapat (reiteration)

Penegasan kembali pendapat atau disebut juga reiteration adalah bagian dari teks ekspositori yang berisi penegasan kembali pendapat penulis tentang topik yang dibahas.

Jenis Teks Eksposisi

Teks eksposisi juga diklasifikasikan menjadi beberapa jenis. Dimana masing-masing jenisnya harus bisa kita pahami agar mudah mengenalinya. Jenis teks eksposisi adalah sebagai berikut:

1). Teks Eksposisi Definisi

Definisi teks eksposisi definisi adalah paragraf eksposisi yang menjelaskan definisi atau pemahaman tentang topik tertentu.

2). Teks Eksposisi Proses

Pengertian teks eksposisi proses adalah karangan yang berisi tentang tahapan atau cara melakukan sesuatu dari awal sampai akhir.

3). Ilustrasi Teks Eksposisi

Pengertian ilustrasi teks eksposisi adalah paragraf yang menyajikan informasi dan penjelasan dalam bentuk deskripsi sederhana suatu topik dengan topik lain, yang memiliki kesamaan karakteristik atau persamaan dalam hal-hal tertentu.

4). Teks Eksposisi Laporan

Pengertian report exposition text adalah paragraf eksposisi yang menyajikan laporan tentang suatu peristiwa atau penelitian tertentu.

5). Teks Eksposisi Komparatif

Pengertian teks eksposisi perbandingan adalah paragraf eksposisi yang berisi gagasan atau gagasan. Biasanya ide disajikan dengan cara perbandingan.

6). Teks Eksposisi Bertentangan

Pengertian teks eksposisi kontradiktif adalah paragraf eksposisi yang mengandung kontradiksi antara satu hal dengan hal lainnya.

7). Teks Eksposisi Berita

Pengertian teks eksposisi berita adalah paragraf eksposisi yang memberikan informasi dari suatu peristiwa, yang sering dijumpai dalam berita atau surat kabar.

8). Teks Eksposisi Analitik

Pengertian teks eksposisi analitis adalah paragraf eksposisi yang memisahkan suatu masalah dari ide pokok menjadi beberapa sub bagian, kemudian berkembang secara berurutan.

Pola Pengembangan Teks Eksposisi

Teks eksposisi memiliki empat pola perkembangan. Diantaranya, terdapat pola perkembangan umum-khusus, umum-khusus, ilustrasi dan perbandingan dengan penjelasan sebagai berikut:

1). Umum – Khusus

Pola ini juga bisa disebut paragraf deduktif. Karena, gagasan utama atau main idea berada di awal paragraf dan dirinci oleh beberapa kalimat penjelas.

2). Khusus – Umum

Berlawanan dengan pola sebelumnya, pola ini bisa disebut paragraf induktif. Pasalnya, di awal paragraf, penulis akan menyampaikan beberapa kalimat penjelas.

Kemudian diakhiri dengan kalimat umum atau gagasan utama yang digunakan sebagai kesimpulan.

3). Ilustrasi

Dalam pola pengembangan ilustrasi, penulis akan menyampaikan gagasan di awal paragraf. Kemudian, dirinci dengan beberapa ilustrasi yang dapat mendukung gagasan tersebut.

Ilustrasi ini berupa data penguat yang diperoleh dari pengalaman atau pengamatan penulis. Tujuannya adalah untuk membuktikan ide-ide yang disajikan.

4). Perbandingan

Dalam pola ini, penulis akan membandingkan gagasan yang disampaikan dengan benda, keadaan, atau hal lain yang memiliki persamaan atau perbedaan. Tujuannya adalah untuk memperkuat ide-ide penulis agar meyakinkan pembaca.

Demikian artikel kami mengenai pengertian teks eksposisi menurut ahli, ciri-ciri, unsur, struktur, jenis dan pola pengembangan teks eksposisi.

Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai teks eksposisi. Terimakasih sudah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Tak Diundang ke Pernikahan Deddy Corbuzier, Kalina Ocktaranny Kesal Jadi Bulan-bulanan Dibanding-bandingkan: Jelekkan Aku, Jelekkan Sabrina, Ya Sudah

Kalina Ocktaranny dikabarkan tak diundang ke acara pernikahan Deddy Corbuzier dengan Sabrina. Dikutip Gridhot dari Grid.ID, Kalina dan Deddy memang…

Bantahan Tegas Ridwan Kamil Soal Tiara Marleen yang Ngaku-ngaku Sebagai Saudaranya

Tiara Marleen semakin membuat publik geram kala dirinya menyeret nama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di tengah permasalahannya dengan Haji…

Lirik Lagu Penantian yang Dinyanyikan oleh Armada

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Dengan Nafasmu yang Dinyanyikan oleh Ungu

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Selalu Tampil Bahagia, Sosok ini Sebut Luna Maya Sempat Nyaris Lompat dari Tangga, Penyebabnya Hanya Gara-gara ini

Sebagai publik figur, Luna Maya sudah malang melintang di industri hiburan Tanah Air. Mantan kekasih Ariel NOAH tersebut telah menjajal…

Lirik Lagu Didia Ho Among – Duo Naimarata

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Buat Aku Tersenyum – Sheila on 7

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Buih Jadi Permadani – Exists

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Warganet Utang Maaf pada Ayu Ting Ting! Bukan karena Tak Mau Beri Mahar Super Mahal yang Bikin Batal Menikah, Ungkap Adit Paksa Nikah Hingga Langgar Prinsip, Pasha Ungu Sampai Kaget: ‘Masa sih Ayu Kecele?’

Dulu, Ayu Ting Ting sempat berbahagia karena dekat dengan seorang pria cerdas bernama Adit Jayusman. Pria itu bukan siapa-siapa karena…

Lirik Lagu Ora Masalah – Guyon Waton

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…