Pengertian Teks Berita Beserta Kaidah Kebahasaan, Ciri, Unsur, Struktur dan Jenis Teks Berita

Teks berita merupakan teks untuk melaporkan kejadian, peristiwa, atau informasi mengenai sesuatu yang sudah  atau bahkan yang sedang terjadi. Penyampaian informasi yang ada dapat dilakukan melalui berbagai media. Dalam teks berita, sebuah infromasi yang akan disampakan adalah berupa peristiwa aktual, penting, dan menarik untuk diketahui oleh publik. Oleh karena itu, suatu berita harus dimulai dengan sebuah fakta. Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai teks  berita, yuk simak informasi yang akan kami berikan dibawah ini.

Pengertian Teks Berita Secara Umum

Teks berita merupakan sebuah laporan berisi informasi yang aktual, terkini, dan berdasarkan fakta yang ada. Dalam teks berita juga terdapat informasi yang cukup penting serta layak diketahui oleh masyarakat luas.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), suatu berita mempunyai arti cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwan yang hangat. Jadi, bisa kita simpulkan, bahwa berita merupakan teks berisi informasi terbaru atau sedang terjadi.

Berdasarkan cara penyampaiannya, berita dibedakan menjadi dua jenis, yaitu berita yang disampaikan secara lisan dan secara tertulis. Kita sering mendengar dan melihat berita secara lisan di televisi. Sementara itu, berita yang disampaikan secara tertulis banyak dijumpai di media cetak maupun online.

Dalam menyusun teks berita diperlukan keterampilan dan penguasaan dasar menulis agar pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami dan tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Selain itu, penting juga untuk mengetahui ciri-ciri teks berita, unsur, struktur, kaidah kebahasaan dan contohnya agar dapat lebih memahami

Pengertian Teks Berita Menurut Para Ahli

Untuk mengetahui lebih jauh apa itu teks berita, berikut definisi teks berita menurut para ahli:

1). Mickhel V. Charniey

Berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa ataupun kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian pembaca serta menyangkut kepentingan mereka.

2). Willard C. Bleyer

Berita adalah sesuatau yang terkini (baru) yang dipilih oleh para wartawan untuk dimuat dalam surat kabar sehingga menarik minat bagi pembaca.

3). Wiliam S. Maulsby

Berita merupakan suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta. Berita juga harus punya arti penting dan baru terjadi, serta dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat hal tersebut.

4). Eric C. Hepwood

Berita adalah laporan pertama dari kejadian penting dan dapat menarik perhatian umum.

Ciri-Ciri Teks Berita

Kita dapat lebih mudah mengenali teks berita dengan memahami ciri-cirinya sebagai berikut:

1). Faktual

Faktual adalah hal yang mebuktikan suatu kejadian itu bersifat nyata, benar-benar terjadi dan dapat dirasakan serta dibuktikan kebenarannya.

2). Aktual

Aktual adalah kejadian yang terjadi bersifat baru, terkini, dan sedang menjadi pembicaraan di kalangan masyarakat umum atau sedang (treding) viral .

3). Unik dan menarik

Unik maksudnya adalah setiap wartawan atau portal penyedia berita memiliki editorial, redaksi, hingga diksi yang khas sehingga tidak menyulitkan para pembaca informasi. Menarik maksudnya adalah berita disajikan berdasarkan  fakta aktual yang diinginkan oleh masyarakat atau menimbulkan rasa ingin tahu dan ketertarikan dari masyrakat untuk mereka membacanya.

4). Berpengaruh bagi masyarakat luas

Teks berita yang dipublikasikan harus memberikan pengaruh bagi kepentingan orang banyak.

5). Objektif

Berita yang disampaikan benar-benar berdasarkan fakta yang ada tanpa adanya rekayasa atau dipengaruhi oleh pendapat pribadi pelapornya.

6). Terdapat waktu dan tempat kronologi kejadian

Berita biasanya dinyatakan valid jika dilengkapi dengan runtutan waktu atau kronologi kapan terjadinya suatu peristiwa tersebut.

7). Bahasa baku, sederhana, dan komunikatif

Setiap berita pasti berisi tulisan yang menggunakan bahasa baku sesuai PUEBI, sederhana, tidak bertele-tele namun tetap menarik dan tidak membuat bingung saat dibaca.

Unsur-unsur Teks Berita

Karena menyangkut berita terkini, teks berita memiliki beberapa unsur yang disesuaikan saat kita menulis. Elemen-elemen ini adalah:

1). Unsur Aktual

Berisi elemen terbaru, terbaru, terpanas, terbaru, atau sedang terjadi. Pengertian terbaru, bisa berupa fakta terbaru yang ditemukan dari suatu peristiwa lama, atau suatu peristiwa yang baru saja terjadi.

2). Unsur Faktual

Dalam unsur faktual, peristiwa benar-benar merupakan kenyataan, bukan rekayasa, fantasi atau rekayasa. Fakta dalam sebuah berita muncul dan diperoleh dari suatu kejadian, opini atau pernyataan yang nyata.

3). Unsur Penting

Ada dua hal dalam pemberitaan yang dianggap penting. Pertama, tokoh-tokoh yang terlibat dalam pemberitaan merupakan tokoh penting atau memiliki kapasitas yang telah diakui oleh masyarakat. Kedua, materi berita menyangkut kepentingan banyak orang dan mempengaruhi kondisi masyarakat.

5). Unsur Menarik

Membangkitkan rasa ingin tahu, dan minat masyarakat untuk mendengarkan isi berita. Peristiwa yang menarik dan diminati masyarakat biasanya bersifat menghibur, aneh, mengandung unsur kedekatan, mengandung nilai kemanusiaan, mengandung unsur seks, kriminalitas dan konflik.

Unsur 5W+1H dalam Teks Berita

Dalam membuat struktur teks berita yang ideal, juga dibutuhkan unsur-unsur informasi yang harus ada dalam teks berita. Setiap berita yang disampaikan oleh jurnalis pada umumnya mencakup enam unsur berita. Keenam unsur berita tersebut dikenal dengan 5W+1H. berikut penjelasannya:

1). What (Apa)

Unsur yang pertama ini adalah apa yang diberitakan. Nama atau identitas dari suatu kejadian suatu peristiwa yang baru atau sedang terjadi. Misalnya  menyangkut hidup seseorang atau peristiwa alam. Contonya peristiwa tanah longsor, banjir dan suatu kerusuhan

2). Who (Siapa)

Unsur kedua adalah siapa saja yang terlibat dalam suatu kejadian atau peristiwa? Bisa berupa tokoh utama yang menjadi sorotan berita tersebut

3). Where (Di mana)

Unsur yang ketiga adalah dimana yang akan menyatakan lokasi atau daerah tempat terjadinya peristiwa. Di mana kejadian itu terjadi. Dalam kriminal biasa disebut dengan TKP atau tempat kejadian perkara.

4). When (Kapan)

Unsur yang ke empat adalah  waktu dari suatu kejadian atau peristiwa yang dilaporkan. Bisa meliputi tanggal, hari, jam, menit, atau umum, seperti pagi, siang, dan sore.

5). Why (Mengapa)

Unsur yang kelima ini adalah berupa alasan mengapa peristiwa atau kejadian yang dilaporkan tersebut dapat terjadi. Unsur ini bertujuan supaya senua orang  mengetahui secara detail penyebab dari suatu peristiwa yang telah terjadi tersebut.

6). How (Bagaimana)

Unsur yang terakhir adalah bagaimana proses terjadinya suatu kejadian atau peristiwa tersebut. Ini termasuk akibat yang ditimbulkan dari peristiwa atau bahkan yang diharapkan dari peristiwa tersebut.  Seperti peristiwa yang terjadi perupakan acara yang sengaja atau memang dibuat dan diagendakan seperti konser amal, pentas seni, dan sebagainya. Semua itu bentuk efek yang diharapkan dari peristiwa.

Strukrur Teks Berita

Dalam menentukan perbedaaan antara berita fakta dan juga berita hoaks, tentu kita bisa membedakannya dengan cara memahami 3 struktur teks berita, yaitunya:

1). Orientasi berita atau kepala berita

Orientasi berita atau kepala berita adalah bagian pembuka teks terkait hal yang akan diberitakan. Ini adalah bagian yang sangat penting dalam pemberitaan. Dalam bagian ini harus ada unsur berita yang berdasarkan 5w1h. Ini mencakup apa, siapa, dimana dan kapan.

2). Badan berita atau Peristiwa

Peristiwa adalah tahap inti dari sebuah berita bisa kita kenal badan berita. Di bagian ini, sebuah berita dinarasikan sedemikian rupa untuk menyajikan beberapa fakta yang kemudian dimunculkan. Dalam menyajikan peristiwa, jurnalis tidak boleh memasukkan opininya ke dalam berita, karena semua yang tertulis harus sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan.

3). Bagian penutup

Pada bagian ini kadang tidak berkaitan secara langsung dengan berita. Hanya berisi konteks tambahan seperti rangkaian peristiwa sebelum kejadian itu dilaporkan terjadi. Selain itu biasanya dalam teks berita terdapat keterangan penulis/editor ataupun reporternya. Hal ini dilakukan agar pembaca mengetahui identitas penulis.

Jenis Teks Berita

Jenis-jenis berita dalam dunia jurnalistik adalah sebagai berikut:

1). Straight News (berita langsung)

Straight News adalah salah satu jenis berita apa adanya, ditulis secara singkat, langsung, dan lugas. Pada umunya, halaman depan surat kabar atau yang menjadi berita utama (headline) biasanya adalah berita jenis ini.

2). Depth News (berita mendalam)

Depth News adalah jenis berita yang dikembangkan dengan melakukan pendalaman mengenai hal-hal yang ada dibawah suatu permukaan (dikupas secara mendalam).

3). Investigation News (berita investigasi)

Investigation News  termasuk jenis berita yang dikembangkan berdasarkan penyelidikan serta penelitian langsung dari berbagai sumber yang dapat menjadi sumber berita.

4). Interpretative News (berita interpretatif)

Interpretative News termasuk jenis berita yang dikembangkan dengan pendapat atau penilaian dari para wartawan yang melaporkan, namun tetap berdasarkan fakta yang ditemukan ditempat kejadian.

5). Opinion News (berita opini)

Opinion News merupakan jenis berita mengenai pendapat seseorang, biasanya pendapat para ahli, pejabat, cendekiawan tentang suatu hal, peristiwa, kondisi keilmuan, dan sebagainya.

Demikian ulasan mengenai pengertian teks berita beserta kaidah kebahasaan, ciri-ciri, unsur, struktur dan jenis teks berita.  Semoga ulasan kami dapat menambah pengetahuan kamu tentang teks berita. Terimakasih ya telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Bak ABG Lagi Kasmaran, Doddy Sudrajat Akui Ngebet Ingin Nikahi Sosok Wika Salim Hingga Nekat Lakukan Hal Ini!

Usai diceraikan oleh mantan istrinya, Puput, nyatanya tak membuat Doddy Sudrajat berhenti mencari pasangan. Bahkan baru-baru ini disebut-sebut sosok Doddy…

Rumor Perceraian Makin Jelas? Nia Ramadhani Sudah 2 Bulan Ogah Pulang ke Rumah Ardi Bakrie?

Kabar tentang perceraian Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie sempat menghebohkan beberapa waktu lalu. Tepatnya saat Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie…

Bisa Bikin Korbannya Merintih Kesakitan di Detik Terakhir Hidupnya, Neneng Umaya Ternyata Pakai Alat Tak Biasa Ini untuk Cabut Nyawa Selingkuhan Sang Suami

Demi habisi nyawa pelakor, alat yang digunakan Neneng Umaya (36) selaku istri sah terbilang janggal untuk lakukan kejahatan. Dilansir dari…

Pasangan Gay Ragil Mahardika-Frederik Vollert Mengaku Bisa Bantu Deddy Corbuzier Berfantasi Menyukai Sesama Jenis

Pasangan sesama jenis alias gay Ragil Mahardika dan Frederik Vollert diundang oleh Deddy Corbuzier di podcast-nya pada Sabtu 7 Mei…

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Sudah Operasi Tapi Kondisinya Makin Memburuk , Bintang Sinetron Jin dan Jun ini Meninggal Dunia Usai Sekian Lama Menahan Sakit Luar Biasa

Innalillahi wa innailaihi rojiun, artis senior ini meninggal dunia dengan kondisi yang memilukan. Nama Misye Arsita mungkini memang tak terlalu…

Vicky Prasetyo Telah 25 Kali Kawin Cerai, Nikita Mirzani Sebut Ukuran Mr P-Nya Tidak Normal: Seperti Anakonda…

Siapa sih yang tak kenal dengan sosok Vicky Prasetyo? Beberapa waktu lalu Vicky Prasetyo menjadi sorotan usai pernikahannya dengan Kalina…

‘Mereka Melakukan Hubungan Seks’, Karier Syahrini Hampir Hancur Saat Boroknya Dengan Pria Bule Dibongkar Sosok Ini!

Nama Syahrini memang tak pernah lepas dari dunia keartisan termasuk gosip-gosip yang sering menerpa banyak selebritis. Bahkan Syahrini disebut salah…

Bisa Gawat Kalau Reino Barack Tahu, Masa Lalu Syahrini Saat Zaman Jahiliah Terbongkar, Ternyata Sempat Tinggal Seatap dengan Sosok Pria Ini

Sejak menikah dengan Reino Barack, penampilan Syahrini mulai berubah lebih tertutup. Kini, Syahrini bahkan telah mantap untuk mengenakan hijab. Hal…

Bak Petir Menyambar, Terkuak Lucinta Luna Sudah 18 Kali Operasi Plastik, Telan Biaya Sangat Fantastis, Segini Besarannya!

Selebgram Lucinta Luna terus menjadi sorotan usai keputusan melakukan operasi ganti kepala. Lucinta Luna diketahui baru saja selesai melakukan perubahan…

Kronologi Nikita Mirzani Diduga Hina Bacaan Salat, Gegara Video Dipotong-potong

Berikut kronologi artis Nikita Mirzani diduga hina bacaan salat. Kejadian ini berawal dari live instagram yang dilakukan Nikita Mirzani. Video…