Pengertian Teknologi Informasi & Komunikasi, Fungsi, Manfaat serta Dampak Penggunaan TIK

Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi yang selanjutnya disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). TIK merupakan tempat yang menampung semua peralatan teknis yang digunakan dalam proses penyampaian informasi. Keberadaan TIK di era sekarang ini tentunya memudahkan pekerjaan manusia.

Nah kali ini kita akan membahas beberapa informasi tentang TIK, yuk simak ulasan kita tentang pengertian TIK, fungsi, manfaat dan dampak penggunaan TIK di bawah ini.

Pengertian TIK

TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat untuk memproses dan mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya

Dari penjelasan di atas, yang dimaksud dengan TIK adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang berkaitan dengan pengolahan, manipulasi, pengelolaan dan penyebaran atau pemindahan informasi.

Pendapat lain menyatakan bahwa TIK adalah hasil rekayasa manusia dalam proses penyampaian informasi dan pesan (ide, gagasan) dari satu pihak ke pihak lain dalam waktu yang lebih cepat, distribusi yang lebih luas, dan penyimpanan yang lebih lama.

Dalam hal ini TIK melibatkan teknologi, rekayasa, dan teknik tertentu dalam mengendalikan, mengolah, dan menggunakan informasi, serta hubungan antara manusia dan perangkat komputer dalam berbagai kegiatan baik itu sosial, ekonomi, budaya, dan sebagainya.

Fungsi TIK

Secara umum fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah untuk membantu proses pengiriman dan penerimaan informasi. Fungsi TIK dalam kehidupan manusia antara lain:

  1. Fungsi Capture, ICT berperan sebagai alat untuk menangkap informasi dari berbagai sumber. Dengan begitu, pengguna dapat memilah informasi yang kredibel dan terpercaya.
  2. Fungsi Processing, dalam hal ini TIK dapat berupa gabungan dari beberapa rangkaian kegiatan. Misalnya komputer menerima input data dari scanner, kemudian data tersebut diolah sehingga menjadi informasi berupa teks atau gambar.
  3. Fungsi Generating, teknologi informasi dan komunikasi dapat berperan sebagai alat untuk mengelola informasi agar lebih terarah sehingga lebih mudah dipahami. Sebagai contoh; penjelasan informasi dalam bentuk tabel atau grafik.
  4. Fungsi Storage, TIK juga dapat berfungsi sebagai alat untuk menyimpan atau menyimpan informasi dan data ke dalam media tertentu sehingga dapat digunakan setiap saat. Misalnya, data dari komputer disimpan di flashdisk atau harddisk.
  5. Fungsi Retrieval, dengan ICT, manusia dapat menelusuri, menyalin, dan membuka kembali data atau informasi lama yang pernah disimpan pada media penyimpanan. Misalnya, seorang pengguna komputer membuka data yang terdapat pada flash drive.
  6. Fungsi Transmission, TIK juga memiliki fungsi sebagai alat untuk mengirimkan data atau informasi digital dengan menggunakan perangkat komputer sebagai medianya. Misalnya, mengirimkan rekap data dari satu komputer ke komputer lain dalam suatu jaringan.

Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Setelah membahas beberapa fungsi TIK secara umum, tentunya kita akan dapat mengetahui apa saja manfaat TIK bagi manusia. Berikut 5 manfaat utama TIK bagi manusia;

  1. Sarana Komunikasi

Cara berkomunikasi antar manusia telah berubah dari waktu ke waktu. Dulu, surat merupakan alat komunikasi yang paling umum, saat ini alat komunikasi menggunakan email, telepon seluler, dan media sosial.

  1. Memfasilitasi Proses Pembelajaran

Dahulu media informasi dan pembelajaran hanya dari media cetak seperti buku, majalah, dan surat kabar, sekarang media tersebut telah digantikan oleh internet yang dapat dengan mudah mengakses informasi dari artikel website, ebook, video, dan bentuk informasi lainnya.

  1. Media Pertukaran Informasi

Dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi, manusia dapat dengan mudah mengakses informasi, baik melalui perangkat bergerak maupun komputer. Selain itu, pengguna internet dapat saling bertukar informasi sehingga setiap orang dapat menambah pengetahuannya.

  1. Hemat Biaya

Teknologi informasi dan komunikasi saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Berbagai informasi dapat diakses secara gratis, dan berkomunikasi dengan orang lain menjadi lebih murah dengan menggunakan internet dan perangkat seluler atau komputer.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat TIK dalam meningkatkan produktivitas sangat dirasakan oleh masyarakat luas. Misalnya pekerja dapat mengirimkan hasil pekerjaannya kepada atasan atau rekan kerjanya melalui email dimana prosesnya lebih cepat dan aman.

Dampak Penggunaan TIK

Keberadaan TIK tentu membawa kemudahan bagi manusia, namun dibalik itu ada pula dampak negatif dari penggunaan TIK, berikut penjelasannya:

  • Dampak Positif Penggunaan TIK

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat meningkatkan taraf hidup manusia, artinya keberadaan teknologi informasi dan komunikasi dapat memberikan manfaat atau keuntungan bagi kehidupan manusia. Saat menggunakan telepon, menonton televisi, mengerjakan tugas dengan komputer dan menggunakan fasilitas internet, sehingga apapun masalah kita, sangat mudah untuk kita atasi.

Dampak positif penggunaan TIK juga memungkinkan dan memudahkan manusia untuk dapat saling berkomunikasi dengan cepat, mudah dan terjangkau. Informasi dari belahan dunia lain dapat dengan mudah diterima dengan cepat, kegiatan komunikasi antara dua tempat yang berjauhan menjadi semakin mudah dan cepat dengan menggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.

  • Dampak Negatif Penggunaan TIK

Perkembangan TIK sering dianggap sebagai suatu nikmat atau kemudahan bagi penggunanya. Namun, ketika akal, kemampuan dan iman kita tidak cukup atau belum siap untuk mengikuti perkembangan tersebut. Perkembangan TIK tidak hanya berdampak positif, tetapi juga berdampak negatif.

Dampak negatif tersebut disebabkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi bahkan digunakan untuk menggali prosedur yang jujur ​​sehingga menjadi kejahatan dunia maya. Selain itu, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi justru digunakan untuk memuaskan keinginan duniawi sehingga lahirlah cyber porn.

Dampak negatif lainnya dari penggunaan TIK adalah semakin maraknya kegiatan pembajakan program komputer dan VCD, CD, DVD, kegiatan tersebut merupakan tindak pidana yang diatur oleh undang-undang karena merupakan kegiatan illegal yang merugikan pihak lain.

Demikian artikel kami tentang pengertian TIK lengkap dengan fungsi, manfaat dan dampak penggunaan TIK. Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah pengetahuan kamu mengenai TIK. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Ditendang Keluarga Reino Barack karena Masa Lalunya, Foto Seksi Luna Maya hingga Pakaian Dalamnya Setengah Terlihat Heboh di Sosial Media

Lakukan pemotretan hingga pakaian dalam terlihat, Luna Maya langsung bikin geger warganet. Siapa yang tak mengenal sosok artis cantik Luna…

Punggung Luna Maya Ditepuk, Video Mantan Ariel NOAH Akrab dengan Sosok Pria di Belakang Panggung Viral, Netizen Geger Tahu Sosoknya

Kedekatan Luna Maya dengan sosok pria ini di belakang panggung memicu keterkejutan netizen. Sebab, tak satu orang pun menyangka Luna…

Bak ABG Lagi Kasmaran, Doddy Sudrajat Akui Ngebet Ingin Nikahi Sosok Wika Salim Hingga Nekat Lakukan Hal Ini!

Usai diceraikan oleh mantan istrinya, Puput, nyatanya tak membuat Doddy Sudrajat berhenti mencari pasangan. Bahkan baru-baru ini disebut-sebut sosok Doddy…

Sampai Tanam Benang di Alat Vital Meski Jadi Istri Keempat, Hidup Sosok Artis Seksi Ini Berubah 180 Derajat, Begini Kabarnya!

Nama Five Vi, sempat masuk jajaran artis cantik dan seksi Tanah Air kala awal masuk ke dunia hiburan. Bahkan sosok…

‘Suami Berlebaran Bersama Istri Pertama’ Nyesek! 28 Tahun Rela Hidup jadi Istri Kedua, Artis Cantik Ini Akhirnya Pilih Pulang Kampung Bareng Anak

Artis cantik Zarina Zainuddin sempat membuat publik geger karena jalinan asmaranya dengan suami orang. Dikutip dari GridPop.id, artis asal negeri…

13 Tahun Nikah Hingga Dikaruniai 5 Anak, Wanita Ini Diceraikan karena Suami Mau Nikah Lagi

Walau berat, wanita bernama Nur Hidayu Rosly ini mencoba ikhlas menerima kenyataan bahwa sang suami, Imam Muda Syed Mohd Faris…

Rizky Febian Dikabarkan Lamar Mahalini Tanpa Didampingi Ayahnya, Sosok Sule Beberkan Hal Mengejutkan Soal Restu: Penting Kasih Tahu

Jadi rahasia publik, perjalanan asmara Rizky Febian dan Mahalini Raharja diketahui kian hari kian lengket. Enggan berlama-lama pacaran, kabarnya Rizky…

Bisa Gawat Kalau Reino Barack Tahu, Masa Lalu Syahrini Saat Zaman Jahiliah Terbongkar, Ternyata Sempat Tinggal Seatap dengan Sosok Pria Ini

Sejak menikah dengan Reino Barack, penampilan Syahrini mulai berubah lebih tertutup. Kini, Syahrini bahkan telah mantap untuk mengenakan hijab. Hal…

Sonny Septian Labrak Galih Ginanjar

Galih Ginanjar masih jadi sorotan. Mulai dari kasus ikan asin, Galih Ginanjar semakin disorot media. Apalagi masalah dengan mantan istrinya,…

PEDIH Hati Istri Diselingkuhi Suami dengan Janda saat Hamil, Langsung Buat Perjanjian Tuntut Harta

Tiap pasangan pasti mendambakan hubungan langgeng dan bahagia. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada…