Pengertian Teknologi Informasi, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Dampak Perkembangan Teknologi Informasi

Teknologi informasi merupakan salah satu dampak dari pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Segala hal yang berhubungan dengan kegiatan kini menjadi lebih mudah karena adanya teknologi informasi.

Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang mempunyai fungsi dalam mengolah data, mengolah data, memperoleh, menyusun, menyimpan, mengubah data dengan segala macam cara untuk memperoleh informasi yang berguna atau berkualitas.

Selain itu, fungsi teknologi informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam aktivitas manusia.

Nah untuk mengetahui lebih jauh tentang teknologi informasi, mari simak ulasan kami mengenai pengertian teknologi informasi dan fungsinya.

Pengertian Teknologi Informasi

Secara umum, yang dimaksud dengan teknologi informasi adalah studi tentang perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau pengelolaan sistem informasi berbasis komputer, terutama pada aplikasi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Secara sederhana pengertian teknologi informasi adalah fasilitas yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak untuk mendukung dan meningkatkan kualitas informasi bagi setiap lapisan masyarakat secara cepat dan berkualitas.

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan teknologi informasi, berikut beberapa penjelasan mengenai pengertian teknologi informasi menurut para ahli:

1). Wikipedia

Pengertian Teknologi Informasi (TI) menurut Wikipedia adalah untuk teknologi untuk membantu manusia dalam menciptakan, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan menyebarkan informasi.

2). ITTA (Information Technology Association of America)

Pengertian Teknologi Informasi adalah kajian, perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau pengelolaan sistem informasi berbasis komputer, khususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

3). Haag dan Keen

Haag dan Keen melihat teknologi informasi sebagai seperangkat alat yang membantu Anda untuk bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan pemrosesan informasi.

4). Martin

Martin berpendapat bahwa teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan informasi tetapi juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

5). McKeown

Teknologi Informasi mengacu pada semua bentuk teknologi yang digunakan untuk membuat, menyimpan, memodifikasi, dan menggunakan informasi tersebut dalam segala bentuknya.

Selain itu, teknologi informasi terdiri dari beberapa komponen. Berikut komponen dalam teknologi informasi:

  • Perangkat Keras
  • Perangkat Lunak
  • Perangkat Kecerdasan Buatan Milik Manusia
  • Bahan, informasi dan keahlian

Fungsi Teknologi Informasi

Tentunya keberadaan teknologi informasi memiliki fungsi yang penting. Setidaknya ada enam fungsi teknologi informasi. Berikut ini adalah uraian dari enam fungsi teknologi informasi, yaitu:

1). Capture (Tangkap)

Menangkap di sini dapat diartikan sebagai memasukkan. Misalnya, menerima input dari keyboard, scanner, dan sebagainya.

2). Proses (processing)

Fungsi dari teknologi informasi ini adalah mengolah data masukan yang diterima menjadi informasi. Pengolahan data dapat berupa mengubah, menganalisis, dan menghitung. Dengan fungsi ini kita akan lebih mudah dalam memproses file dan data.

3). Menghasilkan (Generating)

Fungsi ini berperan sebagai alat untuk mengorganisasikan informasi ke dalam bentuk yang lebih terarah dan mudah dipahami oleh banyak orang. Contoh sederhana adalah grafik dan tabel.

4). Penyimpanan (storage)

Teknologi informasi juga berfungsi untuk merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan untuk keperluan lain. Misalnya disimpan ke harddisk, disket, dan sebagainya.

5). Pencarian Kembali (Retrival)

Fungsi retrival ini digunakan untuk menelusuri, mengambil informasi atau menyalin data dan informasi yang tersimpan. Terkadang data yang tersimpan sulit ditemukan karena terlalu penuh, namun dengan fungsi ini memudahkan pengguna dan juga menghemat waktu.

6). Transmisi (Transmission)

Teknologi informasi berfungsi untuk mengirimkan data dan informasi dari satu lokasi ke lokasi lain melalui jaringan komputer.

Tujuan Teknologi Informasi

Tujuan Teknologi Informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan.

Sehingga dapat dikatakan karena kebutuhan pemecahan masalah, membuka kreativitas manusia dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan, menjadi penyebab atau acuan terciptanya teknologi informasi. Dengan adanya teknologi informasi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien.

Manfaat Teknologi Informasi

Manfaat teknologi informasi dalam aktivitas sehari-hari sangatlah penting. Manfaat ini dapat dijadikan sebagai penunjang kehidupan yang lebih baik karena adanya teknologi informasi dapat membantu kegiatan menjadi lebih efektif dan efisien. Manfaat ini dapat diklasifikasikan berdasarkan kebutuhan mereka seperti:

1). Bidang pendidikan

Dengan adanya teknologi informasi dalam dunia pendidikan khususnya komputer, menjadikan siswa lebih efektif dalam belajar. Komputer merupakan sarana yang memfasilitasi tumbuhnya kreativitas siswa sekaligus sebagai sumber informasi.

2). Bidang Industri dan Manufaktur

Teknologi informasi dapat membantu merancang suatu produk yang akan dikeluarkan untuk industri dan dapat mengontrol mesin-mesin produksi dengan akurasi yang baik. Apalagi seperti yang kita ketahui industri membutuhkan barang cepat untuk produksi dalam jumlah banyak.

3). Bidang Bisnis dan Perbankan

Dengan teknologi informasi dapat membantu dalam bertransaksi, menyimpan file dengan lebih aman dan sistem perbankan yang lebih canggih. Dan aksesnya dapat dikontrol dengan mudah hanya dengan teknologi.

4). Bidang Militer

Dengan teknologi informasi yang canggih, dapat digunakan untuk navigasi di kapal selam, mengendalikan pesawat ruang angkasa dengan kemudi atau tanpa kemudi. Dengan teknologi militer juga dapat membuat akses ketika dalam situasi darurat.

5). Bidang Teknik dan Pengetahuan

Teknologi informasi dapat digunakan untuk mempelajari struktur tanah, angin dan cuaca. Dan dapat membantu dalam menghitung. Saat ini akses ilmu sudah tersebar dimana-mana dan bisa diakses dengan mudah hanya dengan internet. Begitu juga di bidang Engineering dan proyek-proyek tertentu.

6). Bidang Medis

Dengan adanya teknologi informasi memudahkan dokter untuk mendiagnosa suatu penyakit dan memotret seluruh organ tubuh dengan komputer. Bahkan teknologi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari bidang medis saat ini seperti: scan, radiologi, dan ultrasound.

7). Sektor Pemerintah

Teknologi informasi dapat diterapkan dalam pengolahan data dan informasi yang ditujukan kepada masyarakat. Dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan rakyatnya. Sehingga apa yang terjadi di suatu daerah dapat diketahui dengan cepat menggunakan teknologi.

8). Sebagai Media Hiburan dan Game

Teknologi komputer dapat digunakan untuk membuat animasi, periklanan, desain grafis dan juga audiovisual sehingga menjadi lebih baik dan menarik. Bahkan sekarang, ada banyak programmer tertentu yang menciptakan pekerjaan untuknya pada saat yang bersamaan.

Dampak Perkembangan Teknologi Informasi

Berikut ini adalah dampak dari perkembangan teknologi informasi, yaitu:

Dampak Positif

Berikut ini adalah beberapa dampak positif dari Teknologi Informasi, antara lain:

  1. Mempercepat akses informasi yang kita butuhkan.
  2. Mempermudah penyelesaian tugas atau pekerjaan.
  3. Memudahkan proses komunikasi tanpa terhalang oleh waktu dan tempat.

Dampak Negatif

Sedangkan dampak negatif teknologi Informasi antara lain:

  1. Pornografi sudah menjadi hal yang lumrah karena mudah diakses.
  2. Kemudahan bertransaksi memicu munculnya bisnis haram seperti narkoba dan pasar gelap atau produk ilegal.
  3. Maraknya penipuan.
  4. Munculnya budaya plagiarisme atau plagiat terhadap karya orang lain.

Demikian artikel kami mengenai pengertian teknologi informasi lengkap dengan fungsi, tujuan, manfaat serta dampak positif dan negative adanya teknologi informasi. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai teknologi informasi. Terima kasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Pengakuan Security Komplek: Sopir Vanessa Angel Sering Begajulan

Vanessa Angel bersama sang suami, Febri Andriansyah meninggal seketika usai mengalami kecelakaan dengan mobil yang ditumpanginya di tol Jombang Mojokerto…

Nyesel Terlanjur Jadi Suami Wanita Seusia Ibunya? Fadel Islami Berikan Peringatan Soal Pemuda yang Ingin Menikah dengan Janda: ‘Jangan Coba-coba’

Sosok Fadel Islamimemang tak pernah luput dari sorotan. Hal itu terjadi semenjak ia menikah dengan Muzdalifah. Pasalnya, ia dan sang…

Tak Ada Angin Ayu Ting Ting Tiba-tiba Ngamuk, Pengakuan Ivan Gunawan Bikin Sang Biduan Naik Pitam: Ih Bencong Halu!

Pedangdut Ayu Ting Ting kerap menjadi sosok yang disoroti publik. Selain selalu menelurkan karya-karya yang laris di pasaran, kisah cinta…

Pengertian Media Sosial, Ciri – Ciri, Manfaat dan Dampak Media Sosial

Saat ini, setiap orang bisa dengan mudah ntuk mengakses yang namanya media sosial di mana saja dan kapan saja hanya…

Kontras dengan Olivia Nathania yang Jadi Tersangka, Perwira TNI Eks Mantu Nia Daniaty Makin Bahagia, Sudah Menikah Lagi dengan Upacara Pedang Pora

Putri Nia Daniaty, Olivia Nathania tengah terseret kasus hukum dugaan penipuan CPNS. Ia resmi ditahan sejak Kamis (11/11/2021) setelah dinaikkan…

Instastory Vanessa Angel Sebelum Kecelakaan Maut: “Ada yang bisa tebak aku mau kemana?”

Artis sinetron Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Ardiansyah tewas dalam kecelakaan di tol Jombang, Jawa Timur. Sebelum kejadian maut itu…

Bergetar Suara Mertua Vannesa Angel, Ungkap Alasan Bibi Ardiansyah Bawa Istri Anak ke Surabaya

Kabar duka datang dari pasangan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah. Keduanya meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan tunggal di Tol Nganjuk…

Pengertian Masjid, Ciri – Ciri, Adab dan Fungsi Masjid

Masjid dengan segala jenis dan bentuknya, merupakan tempat yang tidak dapat dipisahkan dari seorang muslim. Selain digunakan sebagai tempat ibadah,…

Tangis Doddy Sudrajat Pecah Sejadinya, Tak Pernah Sangka Namanya Dicatut Vanessa Angel sebagai Ahli Waris Asuransi: Saya Merinding

Hubungan Doddy Sudrajat dan putrinya, Vanessa Angel sempat naik turun. Namun setahun belakangan, ia dan Vanessa menunjukkan kedekatakan yang luar…

Sekarang Bak Penuh Penyesalan, Gisel Akui Sempat Tidur Seranjang Bertiga dengan Gading Marten dan Wanita Ini Sampai Minta Sang Orang Ketiga Temani Mantan Suaminya Olahraga

Siapa yang menyangka ternyata Gisel pernah memperbolehkan Gading Marten tidur dengan perempuan ini. Seperti diketahui, rumah tangga Gisella Anastasia dan…