Pengertian Teknologi Informasi, Fungsi dan Komponen Teknologi Informasi

Subtitle goes here

By:

Agustus 30, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Perkembangan teknologi yang semakin maju ternyata membuat teknologi informasi juga berkembang semakin lebih mumpuni. Teknologi informasi yang semakin modern dapat meningkatkan kualitas informasi yang disampaikan kepada masyarakat.

Selain itu, teknologi informasi sendiri sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Sebelum itu, apa sih pengertian dari teknologi informasi itu?

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai pengertian dari teknologi informasi secara umum dan menurut para ahli,fungsi dan komponen teknologi informasi.

Pengertian Teknologi Informasi

Secara umum, teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang dapat melakukan tugas dalam mengolah,memproses,menyusun data dengan menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan informasi yang dirasa bermanfaaat dan memiliki kualitas.

Untuk dapat memahami lebih mengenai defenisi dari teknologi informasi, kami telah merangkum beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian dari teknologi informasi sebagai berikut.

1. Williams dan Sawyer (2003)

Williams dan Sawyer berpendapat bahwa teknologi informasi merupakan sebuah gabungan dari suatu komputer dengan jaringan yang memiliki performa cukup tinggi yang dapat membawa seluruh data dalam bentuk gambar dan juga video.

2. Mc Kewon (2001)

Menurut Mc Kewon, teknologi informasi merupakan sebuah teknologi yang dapat digunakan dalam mengolah dan memproses suatu informasi dalam segala bentuk.

3. Haag dan Keen (1996)

Menurut Haag dan Keen, teknologi informasi merupakan sebuah pake alat yang berguna dalam membantu pelaksanaan suatu pekerjaan dengan basis informasi serta berhubungan dengan cara memproses informasi.

4. Martin (1999)

Menurut Martin, teknologi informasi tidak hanya sebatas sebuah software ataupun hardware yang digunakan untuk memproses informasi, namun juga melingkupi dalam kegiatan distribusi informasi melalui teknologi.

5. Asosiasi Teknologi Informasi Amerika (ITAA)

Asosiasi Teknologi Informasi Amerika atau ITAA berpendapat bahwa teknolgi informasi merupakan suatu cara dalam mengelola,menyimpan maupun dalam melakukan penyebaran informasi yang berupa gambar dan lain sebagainya melalui mikro elektronika berbasis gabungan antara lelekomunikasi dan juga komputasi.

6. Oxford English Dictionary (OED)

Menurut Oxford English Dictionary atau OED, teknologi informasi adalah sebuah sistem software dan hardware dalam sebuah jaringan telekomunikasi yang pada umumnya digunakan pada urusan bisnis.

7. Wikipedia

Menurut situs dari Wikipedia, teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang ada didalam kehidupan manusia dan memiliki manfaat untuk mengganti, membatu serta menyimpan suatu informasi.

8. Kenneth C. Loudon (2004)

Menurut Kenneth C. Loudon, teknologi informasi merupakan salah satu alat yang digunakan oleh seorang manajer dalam hal untuk mengatasi perubahan yang terjadi. Dalam kasus ini, perubahan informasi yang telah diproses dan dilaksanakan penyimpanan sebelumnya pada sebuah komputer.

9. Lucas (2000)

Lucas berpendapat bahwa teknologi informasi ialah seluruh bentuk teknologi yang dapat digunakan untuk mengirim sebuah informasi melalui perangkat elektronik.

Fungsi Teknologi Informasi

Teknologi informasi sendiri memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai berikut.

1. Capturing (menangkap)

Teknologi informasi dapat menangkap secara teratur catatan-catatan secara detail berdasarkan banyaknya aktivitas. Contohnya seperti menerima input dari keyboard dan lain sebagainya.

2. Processing (mengelola)

Fungsi lain dari teknologi informasi dapat melakukan pengelohan dan pemrosesan data input yang diterima, kemudian diubah menjadi suatu informasi baru. Bentuk pengolahan data itu sendiriĀ  seperti koversi, analisis sampai penggabungan dari berbagai bentuk informasi dan juga data.

3. Generating (menghasilkan)

Teknologi informasi berfungsi dalam membentuk atau mengorganisir informasi kedalam bentuk yang efektif. Seperti dalam bentuk grafik, tabel dan lain sebagainya.

4. Storage (menyimpan)

Teknologi informasi juga berfungsi untuk merekam suatu informasi dan data kedalam media yang setelah itu dipakai untuk berbagai kebutuhan lainnya. Seperti data yang dismpan dalam sebuah flashdisk dan lain sebagainya.

5. Retrival (mencari kembali)

Teknologi infromasi juga berfungsi dalam mencari dan menelusuri kembali informasi serta data yang sudah pernah disimpan sebelumnya. Seperti dalam mencari data seorang klien yang sebelumnya tidak melakukan pembayaran tagihan.

6. Transmission (transmisi)

Teknologi informasi juga berfungsi dalam mengirimkan suatu data ataupun informasi ke suatu lokasi ke lokasi lain dengan menggunakan jaringan komputer. Contohnya seperti dalam hal mengirim data pembelian ke tim yang berada pada lokasi yang berbeda.

Komponen Teknologi Informasi

Dalam aktivitasnya, teknologi informasi memiliki beberapa komponen penting. Beberapa komponen tersebut diantaranya:

1. Hardware

Hardware sendiri merupakan sebuah perangkat komputer yang digunakan oleh seorang operator. Komponen hardware sendiri terdiri dari processor,memory,peripheral dan kabel data

2. Software

Software sendiri merupakan sebuah media yang menjembatani antara hardware dan brainware. Software ini dapat membantu dalam mengoptimalkan fungsi hardware dengan cara menerjemahkan berbagai intruksi yang diberi oleh operator.

3. Infoware

Infoware merupakan salah satu dari komponen teknologi informasi yang berupa suatu dokumentasi dari sebuah informasi atau data.

4. Fireware

Fireware merupakan salah satu dari komponen teknologi informasi yang merupakan media tempat penyimpanan yang bersifat permanen. Fungsi dari freeware sendiri yaitu untuk menyimpan berbagai data yang ada pada sebuah komputer.

5. Brainware

Brainware merupakan salah satu dari komponen teknologi informasi yang paling penting. Jika tidak adanya sebuah brainware pada sebuah perangkat komputer, maka sebuah komputer tidak mampu beroperasi karena fungsi pada dasarnya fungsi komputer itu ialah alat penunjang kebutuhan user.

Demikian pembahasan kami mengenai pengertian teknologi informasi secara umum dan menurut para ahli, fungsi dan komponen-komponen dari teknologi informasi. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda lebih luas lagi.

0 Comment

Comments closed.