Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Aspek, Fungsi serta Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sudahkah kamu mengetahui kepanjangan dari TIK? Mungkin bagi kamu yang baru lulus atau masih berada di bangkus sekolah, masih mengingat jelas apa yang dimaksud dengan TIK.

Untuk menyegarkan kembali ingatan dan sama-sama belajar, berikut kami sajikan pengertian teknologi informasi dan komunikasi, aspek yang terkandung, fungsi dan manfaat dari TIK berikut!

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

TIK merupakan singkatan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi yang secara terminologi, pengertian TIK adalah suatu proses penyampaian informasi melalui pengolahan data. Termasuk didalamnya melibatkan pengiriman dan penerimaan informasi dengan menggunakan simbol-simbol tertentu.

Pendapat lain menyatakan bahwa definisi TIK adalah hasil rekayasa manusia dalam proses penyampaian informasi dan pesan (ide, gagasan) dari satu pihak ke pihak lain dalam waktu yang lebih cepat, distribusi yang lebih luas dan penyimpanan yang lebih lama.

Dengan kata lain, TIK adalah semua teknologi yang berkaitan dengan peralatan teknis untuk memproses dan mendistribusikan informasi.

Dalam hal ini TIK melibatkan teknologi, rekayasa, dan teknik tertentu dalam mengendalikan, mengolah, dan menggunakan informasi, serta hubungan antara manusia dan perangkat komputer dalam berbagai kegiatan; baik itu sosial, ekonomi, budaya dan sebagainya.

Untuk lebih memahami apa itu TIK, kita bisa simak pendapat para ahli berikut ini:

1). Eric Deeson

Menurut Eric Deeson, pengertian TIK adalah kebutuhan manusia untuk melakukan proses mengambil dan mentransfer, memproses dan mengolah informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.

2). William E. Sawyer

Menurut William E. Sawyer, pengertian TIK adalah suatu struktur teknologi, yang menggabungkan perangkat keras. Seperti komputer dengan jaringan komunikasi berdaya tinggi untuk membawa file, data, video dan suara sementara jaringan nya sendiri disebut sebagai internet.

3). Anatta Sannai

Menurut Anatta Sannai, pengertian TIK adalah alat yang digunakan manusia untuk memperoleh informasi atau pengetahuan dari orang lain.

4). Pusat Pendidikan Nasional Indonesia

Menurut Puskur Diknas Indonesia, TIK adalah rangkaian struktur yang saling terkait. Dimana di dalamnya terdapat kegiatan untuk mengolah, mengelola, memanipulasi, dan mentransfer data
dan informasi dari satu media ke media lainnya.

Aspek yang Terkandung dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dari penjelasan mengenai definisi TIK diatas, ada 2 aspek yang terkandung dalam TIK. Adapun kedua aspek tersebut yaitu;

  • Teknologi Informasi, yaitu segala hal yang berkaitan dengan proses, rekayasa, penggunaan alat bantu untuk mengolah data, dan pengelolaan informasi.
  • Teknologi Komunikasi, yaitu segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk melakukan proses pemindahan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Secara umum fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah untuk membantu proses pengiriman dan penerimaan informasi. Fungsi TIK dalam kehidupan manusia antara lain:

1). Fungsi Capture

ICT berperan sebagai alat untuk menangkap informasi dari berbagai sumber. Dengan begitu, pengguna dapat memilah informasi yang kredibel dan terpercaya.

2). Fungsi Pengolahan

Dalam hal ini TIK dapat berupa gabungan dari beberapa rangkaian kegiatan. Misalnya komputer menerima input data dari scanner, kemudian data tersebut diolah sehingga menjadi informas berupa teks atau gambar.

3). Fungsi Pembangkit

Teknologi informasi dan komunikasi dapat berperan sebagai alat untuk mengelola informasi agar lebih terarah sehingga lebih mudah dipahami. Sebagai contoh; penjelasan informasi dalam bentuk tabel atau grafik.

4). Fungsi Penyimpanan

TIK juga dapat berfungsi sebagai alat untuk menyimpan atau menyimpan informasi dan data ke dalam media tertentu sehingga dapat digunakan setiap saat. Misalnya, data dari komputer disimpan di flash drive atau hard drive.

5). Fungsi Retrieval

Dengan TIK, manusia dapat menelusuri, menyalin, dan membuka kembali data atau informasi lama yang pernah tersimpan pada suatu media penyimpanan. Misalnya, seorang pengguna komputer membuka data yang terdapat pada flash drive.

6). Fungsi Transmisi

TIK juga memiliki fungsi sebagai alat untuk mengirim data atau informasi digital dengan menggunakan perangkat komputer sebagai medianya. Misalnya, mengirimkan rekap data dari satu komputer ke komputer lain dalam suatu jaringan.

Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Setelah membahas beberapa fungsi TIK secara umum, tentunya kita akan dapat mengetahui apa saja manfaat TIK bagi manusia. Berikut 5 manfaat utama TIK bagi manusia, yaitu;

1). Sarana Komunikasi

Cara berkomunikasi antar manusia telah berubah dari waktu ke waktu. Dulu surat merupakan alat komunikasi yang paling umum, sekarang alat komunikasi menggunakan email, telepon seluler, dan media sosial.

2). Memfasilitasi Proses Pembelajaran

Dahulu media informasi dan pembelajaran hanya dari media cetak seperti buku, majalah, dan surat kabar. Namun kini media tersebut telah digantikan oleh internet yang dapat dengan mudah mengakses informasi dari artikel website, ebook, video, dan bentuk informasi lainnya.

3). Media Pertukaran Informasi

Dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi, manusia dapat dengan mudah mengakses informasi. Baik melalui perangkat bergerak maupun komputer. Selain itu, pengguna internet dapat saling bertukar informasi sehingga setiap orang dapat menambah pengetahuannya.

4). Hemat Biaya

Teknologi informasi dan komunikasi saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Berbagai informasi dapat diakses secara gratis, dan berkomunikasi dengan orang lain menjadi lebih murah dengan menggunakan internet dan perangkat seluler atau komputer.

5). Meningkatkan Produktivitas

Manfaat TIK dalam meningkatkan produktivitas sangat dirasakan oleh masyarakat luas. Misalnya pekerja dapat mengirimkan hasil pekerjaannya kepada atasan atau rekan kerjanya melalui email dimana prosesnya lebih cepat dan aman.

Demikian artikel kami mengenai pengertian teknologi informasi dan komunikasi menurut ahli, aspek yang terkandung, fungsi dan manfaat dari TIK. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai pengertiann TIK. Terimakasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Ramalannya Jarang Meleset, Ternyata Mbak You Sempat Meramal Pasangan Selebriti yang Akan Bercerai karena Terjerat Utang dan Penipuan, Inisial Terbongkar Segera Jadi Kenyataan?

Publik tentu sudah tak asing dengan paranormal kejawen yang jadi sorotan, Mbak You. Ya, almarhumah Mbak You memang sempat menjadi…

Ini Penyesalan dan Keinginan Terbesar Hanna Kirana Sebelum Meninggal

Artis Hanna Kirana sempat mengungkap cita-citanya sebelum meninggal dunia. Rupanya, dia mau menikah dengan sang kekasih, Ilyas Bachtiar. Tak cuma…

Pegertian Jaringan Komputer, Jenis – Jenis dan Tujuan Jaringan Komputer

Dalam kehidupan ini, mungkin kita banyak mengenal dan mengetahui yang namanya jaringan. Misalnya jaringan komputer, jaringan sel dalam tubuh dan…

Artis Vanessa Angel dan Suami Tewas Kecelakaan di Tol Jombang

Artis sinetron Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Andriansyah tewas setelah mengalami kecelakaan di tol Jombang, Jawa Timur. Informasi tentang kematian…

Kasih Ibu Sepanjang Masa, Pelukan Terakhir Vanessa Angel Selamatkan Nyawa Gala dari Kecelakaan Maut

Pelukan Terakhir Vanessa Angel Disebut Selamatkan Nyawa Gala dari Kecelakaan Maut. Kecelakaan maut yang merenggut nyawa artis Vanessa Angel dan…

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Komedian Senior Betawi Omas Tutup Usia, Berikut Perjalanan Karier Adik Kandung Mandra di Dunia Hiburan Tanah Air

Dunia hiburan Tanah Air kembali berduka. Legenda komedian asal Betawi, pemain Si Doel Mandra bawa kabar duka. Kabar duka dibagikan…

Makam Vanessa Angel Dikabarkan Rusak, Penjaga Makam Bilang Begini

Makam Vanessa Angel dan suaminya Bibi Andriansyah di TPU Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, dikabarkan dirusak orang tak bertanggung jawab. Hal…

Lepas Warisan Mendiang Lina, Teddy Pardiyana Kekecewaan Putrinya Tak Dianggap Oleh Anak-anak Sule Hingga Kini Harus Hidup Pas-pasan: Makan Nasi Sama Telor

Sebuah kabar mengejutkan datang dari suami mendiang Lina Jubaedah, Teddy Pardiyana. Sosok yang dulu sempat jadi sorotan tersebut kini muncul…

Nyesel Terlanjur Jadi Suami Wanita Seusia Ibunya? Fadel Islami Berikan Peringatan Soal Pemuda yang Ingin Menikah dengan Janda: ‘Jangan Coba-coba’

Sosok Fadel Islamimemang tak pernah luput dari sorotan. Hal itu terjadi semenjak ia menikah dengan Muzdalifah. Pasalnya, ia dan sang…

Kematian Vanessa Angel Dijadikan Konten Hingga Sebut-sebut Sampai Panggil Arwah Sang Mendiang Artis, Sosok Ini Langsung Marah Besar Dan Ujar Tantangan

Kabar duka kecelakaan yang dialami hingga merenggut nyawa pasangan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah memang menyita perhatian publik. Namun siapa…