Pengertian Tabungan Menurut Ahli, Jenis dan Manfaat Menabung

Tabungan merupakan dana simpanan yang disimpan untuk dapat digunakan di masa depan, beberapa orang menabung untuk dapat digunakan saat telah tercapai target yang hendak dilakukannya atau saat terjadi sebuah permasalahan sehingga harus menggunakan tabungan.

Dimasa sekarang ini orang telah menabung uang di berbagai bank dan beberapa platform lainnya yang menjanjikan kemudahan dan bunga yang bersaing untuk menambah pundi-pundi keuangan. Berikut ini kita akan mengulas mengenai tabungan.

Pengertian Tabungan Menurut Ahli

Berikut dibawah ini pengertian tabungan menurut para ahli, antara lain sebagai berikut.

1). OJK

Tabungan adalah simpanan uang di bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan dalam kondisi tertentu. Umumnya bank akan menyediakan buku tabungan yang berisi informasi semua transaksi yang telah kamu lakukan dan kartu ATM lengkap dengan nomor pribadi (PIN). Saat ini dengan semakin berkembangnya kecanggihan teknologi yang ada bank tidak lagi menggunakan buku tabungan melainkan internet/mobile banking.

2). Kasmir

Tabungan adalah simpanan pihak ketiga yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut persyaratan tertentu yang telah ditentukan, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan atau alat lain yang dipersamakan dengan itu. Namun, tabungan dapat ditarik menggunakan slip penarikan atau ATM.

3). Undang – Undang RI nomor 7 tahun 1992

Tabungan yaitu “Tabungan adalah simpanan dari pihak ketiga kepada bank yang penarikannya dapat dilakukan sewaktu-waktu menurut persyaratan tertentu, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek atau alat pembayaran yang dipersamakan dengan itu”.

Jenis – Jenis Tabungan

Jenis-jenis tabungan dibedakan dari tujuan menabung, setiap lembaga perbankan akan memiliki jenis tabungan yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya, berikut ini merupakan jenis tabungan yang umum ada di dunia perbankan.

1). Tabungan Konvensional

Tabungan konvensional merupakan tabungan yang paling umum dan dimiliki banyak orang. Seperti yang sedikit kami bahas di atas, nasabah dari rekening tabungan ini biasanya diberikan buku tabungan, kartu debit dan layanan perbankan, baik itu SMS banking, mobile banking atau internet banking.

Untuk tabungan konvensional, keuntungan atau bunga yang diterima relatif rendah, karena tujuannya hanya untuk menyimpan uang, bukan untuk mengembangkan dana. Bunga pada jenis tabungan ini relatif cukup kecil sekitar 0% sampai dengan 2%

2). Tabungan Haji

Tabungan ini sering digunakan bagi mereka yang memiliki rencana untuk haji dalam beberapa tahun ke depan. Tabungan ini mirip dengan tabungan berjangka pada umumnya, namun tujuannya untuk penggunaan dana haji, jika nominal yang dibutuhkan sudah tercapai maka dana tersebut dapat dicairkan dan digunakan untuk biaya pemberangkatan haji.

Syarat dan dokumen yang disiapkan biasanya lebih dari tabungan biasa. Karena untuk tabungan yang satu ini, bukan hanya soal nominal dan identitas diri saja yang dibutuhkan, namun riwayat kesehatan juga perlu disiapkan.

Setoran awal biasanya berbeda tergantung kebijakan masing-masing bank. Namun, semakin besar dana yang disetor, semakin cepat tujuan kamu akan tercapai.

3). Tabungan Anak

Tabungan anak ini diperuntukan bagi mereka yang ingin mengajari anaknya menabung sejak dini. Fasilitasnya tidak jauh berbeda dengan tabungan konvensional. Beberapa pihak bank akan memberikan buku tabungan dan kartu debit. Namun, tentu saja tidak ada fasilitas perbankan.

Setoran untuk tabungan ini dibuat cukup ringan, biasanya mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000. Hal ini agar si kecil bisa mulai menabung sejak dini.

4). Tabungan Mata Uang Asing

Tabungan ini sering disebut valuta asing (valas), tabungan ini biasanya terdapat di bank-bank. Mata uang yang sering digunakan dalam tabungan ini adalah dolar, euro, pound dan beberapa mata uang asing lainnya.

Namun, bagi kamu yang hanya memiliki rupiah, kamu tetap bisa berinvestasi dengan menukarkan rupiah sendiri dan mengubahnya menjadi mata uang asing.

Setoran awal dari tabungan ini cukup beragam, namun tabungan ini dapat memberikan keuntungan yang lebih besar karena nilai konversi mata uang asing lebih tinggi dari rupiah.

5). Tabungan Berjangka

Tidak sama dengan tabungan konvensionaltabungan jenis ini sangan cocok untuk kamu yang memiliki tujuan untuk menabung, target hidup dan beberapa keperluan lainnya.

Seperti untuk liburan atau keperluan lainnya. Bunga tabungan berjangka relatif lebih baik dibandingkan tabungan konvensional dengan bunga tabungan 3% sampai 7% per tahun.

Namun, penghematan waktu hanya bisa diambil sesuai kesepakatan. Jika kamu melanggar apa yang telah disepakati, maka kamu dapat dikenakan denda atau pinalti.

6). Tabungan Giro

Tabungan giro sering disebut dengan tabungan bisnis, karena fasilitas tabungan ini diperuntukan untuk kebutuhan bisnis seperti transfer ke beberapa rekening dan transaksi bisa menggunakan cek dan bilyet.

Pembukaan giro dapat dilakukan untuk perorangan atau badan usaha dan setoran awal minimal mulai dari Rp 2 hingga Rp 3 juta.

Itulah beberapa jenis tabungan dan fungsinya. Selain menabung menggunakan beberapa tabungan di atas, menabung menggunakan instrumen investasi juga bisa menjadi pilihan..

Manfaat Menabung

Adapun manfaat menabung adalah untuk mengamankan dana kita dan dapat kita gunakan disaat dana tersebut dibutuhkan, selain itu juga ada beberapa manfaat menabung lainnya, berikut adalah penjelasan lebih jelasnya.

1). Terhindar dari Utang

Memiliki tabungan dapat membantu menyelamatkan kamu dari hutang. Keadaan yang selalu berubah kadang kamu mendapatkan rezeki dan adakalanya kamu mendapat masa sulit dan mengeluarkan uang. Bisa saja terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan penghasilan kamu tidak mencukupi.

Namun jika sejak awal kamu sudah menyisihkan sebagian penghasilan kamu untuk ditabung, kamu bisa menggunakannya di saat-saat kritis. Kamu tidak perlu berhutang pada orang lain.

2). Membuat Kamu Menjadi Lebih Mandiri

Dengan memiliki tabungan, kamu akan menjadi lebih mandiri. Kemandirian tersebut karena tabunngan akan mampu untuk kamu gunakan disaat kamu sedang terdesak maupun saat ada sesuatu hal yang harus menggunakan tabungan kamu.

Kamu bisa menentukan jumlah yang bisa dihemat sesuai keinginan kamu. Kamu juga dapat mengatur waktu untuk menghemat uang. Dengan begitu, kamu akan menjadi pribadi yang lebih disiplin dan mandiri.

3). Kesempatan Mendapat Hadiah

Seperti diketahui, bank sering mengadakan undian berhadiah. Baik itu mobil, emas, atau uang bernilai miliaran rupiah.

Jika kamu menjadi nasabah setia bank, kamu bisa mengikuti undian berhadiah. Peluang kamu untuk memenangkan hadiah juga lebih besar.

4). Menjadi Tabungan Jangka Panjang

Umumnya, bank akan menawarkan beberapa program tabungan ketika kamu membuka rekening, termasuk untuk tujuan jangka pendek atau jangka panjang.

Kamu dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu memilih tabungan jangka panjang, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu manfaat dan risikonya.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian tabungan menurut ahli, jenis dan manfaat dari menabung.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan tabungan. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Ini 2 Tuntutan Nathalie Holscher pada Sule Usai Layangkan Gugatan Cerai

Nathalie Holscher melayangkan gugatan cerai terhadap Sule, hapus foto sang suami hingga ajukan dua tuntutan. Perceraian Nathalie Holscher dan Sule…

Satu Indonesia Batal Bersorak! Nikita Mirzani Malah Diperbolehkan Pulang Setelah Ditangkap, Polisi Bilang Alasannya Begini: Nikita Minta Perkara Ini Dihentikan!

Satu Indonesia batal bersorak setelah Nikita Mirzani diketahui ditangkap polisi di daerah Senayan. Namun faktanya, ia sama sekali tidak ditahan…

Bak Api dalam Sekam, Tiba-tiba Amarah Muzdalifah Meledak hingga Ancam Usir Fadel Islami Gara-gara ini hingga Berani Singgung Harta yang Dimilikinya : ‘Saya Enggak Akan Lanjut’

Muzdalifah dan Fadel Islami masih menjadi sorotan. Pasangan beda usia ini terlihat harmonis dan kompak di media sosial. Padahal, sebelumnya…

Cara Mengobati Penyakit dan Hama Tanaman Bawang Putih

Beranggotakan kelompok sayuran Allium., bawang putih adalah sayuran berupa umbi dengan beberapa siung yang menjadi satu kesatuan, dibungkus oleh dua…

Pantas Cabut dari Manajemen Sule, Nathalie Holscher Ternyata Tak Ada Kontrak Sama Sekali, Aturan Ayah Putri Delina Harus Bayar saat Bikin Konten Bareng Adzam Dijawab Eko Patrio: Itu Spesial…

Artis Nathalie Holscher tengah menghadapi proses perceraiannya dengan komedian Sule. Di tengah proses perceraiannya ini, Nathalie Holscher mengumumkan bahwa ia…

16 Tempat Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi

Wilayah Jambi yang berada di pesisir pantai Sumatera ini tentu memiliki keindahan alam yang tidak dapat diragukan lagi. Tempat wisata…

Contoh Soal CPNS Kementerian Investasi/BKPM

Kementerian Investasi/BKPM merupakan Kementerian dalam pemerintahan Indonesia yang membidangi urusan penanaman modal. Kementerian Investasi/BKPM mempunyai tugas melaksanakan koordinasi kebijakan dan…

Senasib dengan Luna Maya, Wanita Ini Rupanya Juga Korban dari Reino Barack, Cantikan Mana?

Sebelum menikah dengan Syahrini, Reino Barack sepat berpacaran dengan Luna Maya. Hubungan Luna Maya dan Reino Barack terjalin cukup lama,…

Sempat Ngamuk-ngamuk Gegara Dikerubungi Fans, Jeje Kini Justru Kepergok Jalan Sendirian, Netizen Langsung Sindir sang Artis Citayam Fashion Week: Roda Berputar

Baru-baru ini, netizen dihebohkan dengan video Jeje yang berjalan sendirian di pinggir jalan. Ya, sebelumnya, nama Jeje memang tengah tenar…

Bayi Baru Dilahirkan Dibuang Orang Tuanya di Depan Toko, Wanita Baik Hati ini Lakukan Hal di Luar Dugaan Hingga Banjir Pujian

Nasib malang menimpa seorang bayi yang dibuang orang tuanya sendiri. Bayi itu dibiarkan tergeletak di depan sebuah restoran cepat saji.…