Pengertian Strategi, Jenis, Tingkatan dam Contoh Strategi

Strategi merupakan seuatu tehnik usaha yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan.

Usaha yang dilakukan haruslah menggunakan upaya pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya organisasi secara yang efektif dan efisien bagi suatu perusahaan, sehingga dapat tercapai target-target serta segala hal yang telah direncanakan oleh perusahaan.

Strategi sendiri dulunya dipakai orang yunani untuk memanggil komandan militer, serta pemimpin pasukan pada zaman demokrasi Athena, yang bermakna untuk mencapai tujuan perang.

Pemaknaan tujuan inilah, pada kata strategi yang akhirnya kemudian dipakai hingga saat ini, baik dipakai pada ekonomi maupun dunia bisnis.

Berikut, kita akan mengulas lebih banyak hal-hal mengenai strategi, guna menambah pengetahuan dan menambah referensi kamu mengenai strategi.

Pengertian Strategi

Berikut dibawah ini pengertian strategi, antara lain sebagai berikut.

1). Siagian

Strategi adalah serangkaian keputusan atau tindakan dasar yang dirumuskan oleh manajemen senior dan dilaksanakan oleh semua tingkatan organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

2). Hamel dan Prahalad

Strategi adalah suatu tindakan yang bersifat inkremental (selalu meningkat) atau terus menerus, dan dilakukan atas dasar sudut pandang apa yang diinginkan pelanggan di masa yang akan datang.

3). Mintzberg

Strategi adalah pola atau rencana yang mengintegrasikan tujuan utama organisasi, kebijakan, dan urutan kegiatan menjadi satu kesatuan.

4). Anthony dan Govindarajan

Strategi adalah suatu proses dalam manajemen sistematis yang didefinisikan sebagai proses pengambilan keputusan atas program-program yang akan dilaksanakan oleh organisasi & perkiraan sumber daya yang akan dialokasikan pada setiap program selama beberapa tahun ke depan.

Jenis – Jenis Strategi

Ada beberapa jenis-jenis strategi yang dapat kita manfaatkan untuk digunakan dalam kegiatan bisnis dan  kegiatan ekonomi lainnya. berikut beberapa jenis strategi, yaitu :

1). Strategi Intensif

Penetrasi pasar dan pengembangan produk terkadang disebut sebagai strategi intensif, karena jika ingin meningkatkan posisi kompetitif perusahaan dengan produk yang ada.

2). Strategi Diversifikasi

Strategi diversifikasi terdiri dari beberap jenis adanya, yaitu diversifikasi konsentris, horizontal dan kelompok. Menambahkan produk atau layanan baru tetapi masih terkait sering disebut diversifikasi konsentris.

Menambahkan produk atau layanan baru yang tidak terkait ke pelanggan yang sudah ada disebut diversifikasi horizontal. Strategi diversifikasi dibagi menjadi bebrapa jenis yang ada, yaitu diversifikasi konsentris, horizontal dan kelompok.

Menambahkan suatu produk atau layanan baru yang tidak berhubungan pada pelanggan yang sudah ada disebut diversifikasi horizontal.

3). Strategi Defensif

Berikut adalah strategi defenif yang di bagi atas tiga hal, yaitu :

  • Rasionalisasi biaya dapat terjadi akibat organisasi melakukan reorganisasi melalui penghematan biaya dan aset untuk meningkatkan retur penjualan dan mengurangi keuntungan perusahaan. Sering kali disebut sebagai strategi turnaround atau reorganisasi, rasionalisasi biaya dirancang untuk memperkuat kompetensi pembeda dasar organisasi. Selama proses rasionalisasi biaya, perencana strategis bekerja dengan sumber daya yang terbatas dan menghadapi tekanan dari pemegang saham, karyawan, dan media.
  • Divestasi adalah penjualan bagian dari departemen atau organisasi. Divestasi biasanya digunakan untuk mengumpulkan dana, yang kemudian digunakan untuk akuisisi atau investasi strategis lebih lanjut. Divestasi dapat menjadi bagian dari strategi rasionalisasi biaya keseluruhan untuk melepaskan organisasi dari bisnis yang tidak menguntungkan, yang membutuhkan terlalu banyak modal, atau tidak sesuai dengan kegiatan lain dalam perusahaan.
  • Likuidasi merupakan suatu penjualan seluruh kekayaan suatu perusahaan yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan nilai sebenarnya dari aktiva tersebut. Namun, setelah penjualan dilakukan masih terjadi kekalahan aktiva sehingga lebih baik berhenti beroperasi daripada terus menderita kerugian besar.

4). Strategi Umum Michael Porter

Menurut Porter, ada tiga landasan strategis yang dapat membantu organisasi memperoleh keunggulan kompetitif, yaitu keunggulan biaya dan diferensiasi. Porter menyebutkan tiga strategi umum.

Keunggulan biaya lebih fokus pada penekanan produk stanar per unit sangat rendah bagi konsumennya yang sensitif pada harga.

Diferensiasi adalah strategi dengan tujuan untuk menciptakan produk dan memberikan layanan yang dianggap unik di seluruh industri dan ditujukan untuk konsumen yang relatif acuh tak acuh terhadap perubahan harga.

Fokus berarti membuat produk dan menyediakan layanan yang memenuhi kebutuhan sekelompok kecil konsumen (David, p.231, 2004).

Tingkatan Strategi

Tingkatan strategi terdiri atas beberap tingkatan, tingkatan dibedakan atas segi perusahaan, segi spesifikasi segmentasi pasar perusahaan dan juga tingkatan terendah yaitu bidang-bidang dalam perusahaan.

1). Strategi Korporasi (Corporate Strategy)

Strategi perusahaan ini merupakan salah satu yang mencerminkan seluruh arah perusahaan, hal ini dengan tujuan untuk menciptakan pertumbuhan bagi perusahaan dengan keseluruhan serta pengelolaan semua jenis bisnis lini produk.

Jenis – Jenis Strategi Korporasi

  • Strategi Pertumbuhan (Growth Strategy) merupakan tahap pertumbuhan pada suatu perusahan.
  • Strategi stabilitas (Stability Strategy) posisi dimana suatu perusahaan mengalami penurunan pendapatan.
  • Strategi retrenchment ini merupakan salah satu strategi yang diterapkan untuk meminimalkan atau juga mengurangi upaya perusahaan.

2). Strategi Bisnis (Business Strategy)

Strategi bisnis ini merupakan strategi yang terjadi pada tingkat produk atau unit bisnis dan juga merupakan strategi yang berfokus pada posisi kompetitif produk atau layanan perbankan pada industri atau segmen pasar tertentu..

3). Strategi Fungsional (Functional Strategy)

Strategi fungsional merupakan suatu tingkatan pada posisi fungsional contohnya posisi pemasaran, operasi, sumber daya manusia, keuangan.

Penelitian dan pengembangan yang strateginya akan meningkatkan bidang fungsional perusahaan sehingga kemudian mendapat keunggulan bersaing.

Contoh Strategi

Berikut adalah contoh strategi dalam kehidupan kita sehari-hari, yaitu:

1). Sebuah toko baju yang memilih pemberian potongan harga pada produk yang di jual kepada para konsumennya, atau dengan memberikan kartu member sehingga konsumen akan datang kembali untuk memanfaatkan kartu membernya.

2). Strategi lainnya adalah dengan melakukan pembelian secara paketan, maksud disini adalah ketika seseorang membeli dua produk maka akan diberi satu produk lain secara gratis, dan bisa juga seperti membeli isi ulang kecap, maka akan diberikan botol kecap yang baru.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian strategi, jenis-jenis, tingkatan, serta contoh dari strategi.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan strategi. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sampang yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Sampang memang menjadi salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura, Jawa Timur. Banyak sekali cerita sejarah yang ada…

Hancur Hati Nagita Slavina? Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar

Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar, Hancur Hati Nagita Slavina? Memang, beberapa waktu…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Jember yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam Kabupaten Jember memang membuatnya menyimpan banyak sekali pilihan tempat wisata untuk Anda nikmati. Keindahan pantai-pantai di Jember memang…

6 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu Bagi Pemula

Untuk memiliki sebuah barang yang sedang sangat dibuthkan atau berharga, terkadang kita memutuskan untuk membeli barang bekas yang tentunya masih…

15 Tempat Wisata di Jakarta Utara yang Wajib Dikunjungi

Jakarta Utara memang menyimpan banyak sekali tempat bersejarah yang dapat Anda kunjungi. Selain itu, menariknya di kota ini juga ada…

Satu Indonesia Bersorak! Shandy Purnamasari Resmi Laporkan Nikita Mirzani ke Kepolisian, Nyai Terancam Pasal Berlapis Maksimal 12 Tahun Penjara

Pelaporan tersebut atas dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh Nikita Mirzani. Dimana ia sebelumnya membeberkan kalau kekayaan Shandy Purnamasari…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pacitan yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam di Kabupaten Pacitan memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Keindahan pantainya, goa, dan juga hamparan alam hijau yang…

Dituding Manfaatkan Kesulitan Orang demi Konten, Baim Wong Menangis: Tidak Sebanding dengan Adsense

YouTuber dan aktor Baim Wong tak bisa menahan air matanya saat mendengar tudingan bahwa dirinya terus memanfaatkan kesulitan orang lain…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Ponorogo yang Wajib Dikunjungi

Ketika mendengar nama Kabupaten Ponorogo tentu yang ada dibenak Anda adalah kesenian reog bukan ? Ya, salah satu kesenian dari…

Murkanya Bharada E saat Rekonstruksi, Anggap Adegan Versi Tersangka Lain Termasuk Ferdy Sambo Tak Sesuai Fakta: Ada Penolakan

Bharada Richard Eliezer atau Bharada E sempat marah saat rekostruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J digelar. Proses rekonstruksi kasus pembunuhan…