Pengertian Strategi, Jenis, Tingkatan dam Contoh Strategi

Strategi merupakan seuatu tehnik usaha yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan. Usaha yang dilakukan haruslah menggunakan upaya pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya organisasi secara yang efektif dan efisien bagi suatu perusahaan, sehingga dapat tercapai target-target serta segala hal yang telah direncanakan oleh perusahaan. Strategi sendiri dulunya dipakai orang yunani untuk memanggil komandan militer, serta pemimpin pasukan pada zaman demokrasi Athena, yang bermakna untuk mencapai tujuan perang.

Pemaknaan tujuan inilah, pada kata strategi yang akhirnya kemudian dipakai hingga saat ini, baik dipakai pada ekonomi maupun dunia bisnis. Berikut, kita akan mengulas lebih banyak hal-hal mengenai strategi, guna menambah pengetahuan dan menambah referensi kamu mengenai strategi.

Pengertian Strategi

  • Siagian

Strategi adalah serangkaian keputusan atau tindakan dasar yang dirumuskan oleh manajemen senior dan dilaksanakan oleh semua tingkatan organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

  • Hamel dan Prahalad

Strategi adalah suatu tindakan yang bersifat inkremental (selalu meningkat) atau terus menerus, dan dilakukan atas dasar sudut pandang apa yang diinginkan pelanggan di masa yang akan datang.

  • Mintzberg

Strategi adalah pola atau rencana yang mengintegrasikan tujuan utama organisasi, kebijakan, dan urutan kegiatan menjadi satu kesatuan.

  • Anthony dan Govindarajan

Strategi adalah suatu proses dalam manajemen sistematis yang didefinisikan sebagai proses pengambilan keputusan atas program-program yang akan dilaksanakan oleh organisasi & perkiraan sumber daya yang akan dialokasikan pada setiap program selama beberapa tahun ke depan.

Jenis-jenis strategi

Ada beberapa jenis-jenis strategi yang dapat kita manfaatkan untuk digunakan dalam kegiatan bisnis dan  kegiatan ekonomi lainnya. berikut beberapa jenis strategi, yaitu :

  • Strategi Intensif

Penetrasi pasar dan pengembangan produk terkadang disebut sebagai strategi intensif, karena jika ingin meningkatkan posisi kompetitif perusahaan dengan produk yang ada.

  • Strategi Diversifikasi

Strategi diversifikasi terdiri dari beberap jenis adanya, yaitu diversifikasi konsentris, horizontal dan kelompok. Menambahkan produk atau layanan baru tetapi masih terkait sering disebut diversifikasi konsentris. Menambahkan produk atau layanan baru yang tidak terkait ke pelanggan yang sudah ada disebut diversifikasi horizontal. Strategi diversifikasi dibagi menjadi bebrapa jenis yang ada, yaitu diversifikasi konsentris, horizontal dan kelompok. Menambahkan suatu produk atau layanan baru yang tidak berhubungan pada pelanggan yang sudah ada disebut diversifikasi horizontal.

  • Strategi Defensif

Berikut adalah strategi defenif yang di bagi atas tiga hal, yaitu :

  1. Rasionalisasi biaya dapat terjadi akibat organisasi melakukan reorganisasi melalui penghematan biaya dan aset untuk meningkatkan retur penjualan dan mengurangi keuntungan perusahaan. Sering kali disebut sebagai strategi turnaround atau reorganisasi, rasionalisasi biaya dirancang untuk memperkuat kompetensi pembeda dasar organisasi. Selama proses rasionalisasi biaya, perencana strategis bekerja dengan sumber daya yang terbatas dan menghadapi tekanan dari pemegang saham, karyawan, dan media.
  2. Divestasi adalah penjualan bagian dari departemen atau organisasi. Divestasi biasanya digunakan untuk mengumpulkan dana, yang kemudian digunakan untuk akuisisi atau investasi strategis lebih lanjut. Divestasi dapat menjadi bagian dari strategi rasionalisasi biaya keseluruhan untuk melepaskan organisasi dari bisnis yang tidak menguntungkan, yang membutuhkan terlalu banyak modal, atau tidak sesuai dengan kegiatan lain dalam perusahaan.
  3. Likuidasi merupakan suatu penjualan seluruh kekayaan suatu perusahaan yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan nilai sebenarnya dari aktiva tersebut. Namun, setelah penjualan dilakukan masih terjadi kekalahan aktiva sehingga lebih baik berhenti beroperasi daripada terus menderita kerugian besar.
  • Strategi Umum Michael Porter

Menurut Porter, ada tiga landasan strategis yang dapat membantu organisasi memperoleh keunggulan kompetitif, yaitu keunggulan biaya dan diferensiasi.. Porter menyebutkan tiga strategi umum. Keunggulan biaya lebih fokus pada penekanan produk stanar per unit sangat rendah bagi konsumennya yang sensitif pada harga. Diferensiasi adalah strategi dengan tujuan untuk menciptakan produk dan memberikan layanan yang dianggap unik di seluruh industri dan ditujukan untuk konsumen yang relatif acuh tak acuh terhadap perubahan harga. Fokus berarti membuat produk dan menyediakan layanan yang memenuhi kebutuhan sekelompok kecil konsumen (David, p.231, 2004).

Tingkatan Strategi

Tingkatan strategi terdiri atas beberap tingkatan, tingkatan dibedakan atas segi perusahaan, segi spesifikasi segmentasi pasar perusahaan dan juga tingkatan terendah yaitu bidang-bidang dalam perusahaan.

  • Strategi Korporasi (Corporate Strategy)

Strategi perusahaan ini merupakan salah satu yang mencerminkan seluruh arah perusahaan, hal ini dengan tujuan untuk menciptakan pertumbuhan bagi perusahaan dengan keseluruhan serta pengelolaan semua jenis bisnis lini produk.

Jenis – Jenis Strategi Korporasi

  1. Strategi Pertumbuhan (Growth Strategy) merupakan tahap pertumbuhan pada suatu perusahan.
  2. Strategi stabilitas (Stability Strategy) posisi dimana suatu perusahaan mengalami penurunan pendapatan.
  3. Strategi retrenchment ini merupakan salah satu strategi yang diterapkan untuk meminimalkan atau juga mengurangi upaya perusahaan.
  • Strategi Bisnis (Business Strategy)

Strategi bisnis ini merupakan strategi yang terjadi pada tingkat produk atau unit bisnis dan juga merupakan strategi yang berfokus pada posisi kompetitif produk atau layanan perbankan pada industri atau segmen pasar tertentu..

  • Strategi Fungsional (Functional Strategy)

Strategi fungsional merupakan suatu tingkatan pada posisi fungsional contohnya posisi pemasaran, operasi, sumber daya manusia, keuangan.

Penelitian dan pengembangan yang strateginya akan meningkatkan bidang fungsional perusahaan sehingga kemudian mendapat keunggulan bersaing.

Contoh Strategi

Berikut adalah contoh strategi dalam kehidupan kita sehari-hari, yaitu:

  • Sebuah toko baju yang memilih pemberian potongan harga pada produk yang di jual kepada para konsumennya, atau dengan memberikan kartu member sehingga konsumen akan datang kembali untuk memanfaatkan kartu membernya.
  • Strategi lainnya adalah dengan melakukan pembelian secara paketan, maksud disini adalah ketika seseorang membeli dua produk maka akan diberi satu produk lain secara gratis, dan bisa juga seperti membeli isi ulang kecap, maka akan diberikan botol kecap yang baru.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian strategi, jenis-jenis, tingkatan, serta contoh dari strategi. Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan strategi. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Haji Faisal ngamuk pertanyakan uang asuransi Gala senilai Rp530 juta pada Doddy Sudrajat: Saya dibohongi!

Doddy Sudrajat kembali berulah. Kini dia dikabarkan tengah membatalkan hak wali asuh Gala Sky yang awalnya diserahkan kepada keluarga Haji…

Bisa Bikin Korbannya Merintih Kesakitan di Detik Terakhir Hidupnya, Neneng Umaya Ternyata Pakai Alat Tak Biasa Ini untuk Cabut Nyawa Selingkuhan Sang Suami

Demi habisi nyawa pelakor, alat yang digunakan Neneng Umaya (36) selaku istri sah terbilang janggal untuk lakukan kejahatan. Dilansir dari…

‘Suami Berlebaran Bersama Istri Pertama’ Nyesek! 28 Tahun Rela Hidup jadi Istri Kedua, Artis Cantik Ini Akhirnya Pilih Pulang Kampung Bareng Anak

Artis cantik Zarina Zainuddin sempat membuat publik geger karena jalinan asmaranya dengan suami orang. Dikutip dari GridPop.id, artis asal negeri…

Kronologi Nikita Mirzani Diduga Hina Bacaan Salat, Gegara Video Dipotong-potong

Berikut kronologi artis Nikita Mirzani diduga hina bacaan salat. Kejadian ini berawal dari live instagram yang dilakukan Nikita Mirzani. Video…

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Sudah Operasi Tapi Kondisinya Makin Memburuk , Bintang Sinetron Jin dan Jun ini Meninggal Dunia Usai Sekian Lama Menahan Sakit Luar Biasa

Innalillahi wa innailaihi rojiun, artis senior ini meninggal dunia dengan kondisi yang memilukan. Nama Misye Arsita mungkini memang tak terlalu…

Sonny Septian Labrak Galih Ginanjar

Galih Ginanjar masih jadi sorotan. Mulai dari kasus ikan asin, Galih Ginanjar semakin disorot media. Apalagi masalah dengan mantan istrinya,…

Rumor Perceraian Makin Jelas? Nia Ramadhani Sudah 2 Bulan Ogah Pulang ke Rumah Ardi Bakrie?

Kabar tentang perceraian Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie sempat menghebohkan beberapa waktu lalu. Tepatnya saat Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie…

‘Dulu Waktu Hamil Diceraiin Ya’ Nikita Mirzani Tertawa Puas! Tersindir Tingkah Ussy Sulistiawaty yang Pamer Suami, Janda Dipo Latief Kuliti Masa Lalu Pahit Istri Andhika Pratama: Kayak Gak Pernah Janda Aja!

Bukan Nikita Mirzani jika tak menuai kontroversi. Nama Nikita Mirzani memang kerap disebut sebagai artis kontroversial. Ia kerap membuat kehebohan…

Ikhlas Meski Diperlakukan Bak Pembantu, Angelina Sondakh Tak Masalah, Asalkan Bisa Bisa Lebih Dekat dengan Sosok Keanu Massaid

Angelina Sondakh rela melakukan apa pun agar Keanu Massaid putranya mau dekat dengannya. Bahkan, wanita yang akrab disapa Angie ini…

10 Potret Ragil Mahardika Mudik Bareng Suami, Bak Honeymoon di Bali

Ragil Mahardika akhirnya mudik ke Indonesia setelah sekian tahun menetap di Jerman. Tak lupa, pria asal Medan ini membawa serta…