Pengertian Standar Deviasi, Fungsi, Metode Mengitung dan Perbedaan Varians dengan Standar Deviasi

Apakah istilah standar deviasi merupakan istilah yang asing bagi kamu? Bagi kamu yang berkecimpung dalam dunai penelitian, tentu sudah sering mendengar istilah standar deviasi.

Nah, bagi kita yang masig bingung, yuk sama-sama belajar mengenai standari deviasi berikut!

Pengertian Standar Deviasi

Standar deviasi adalah nilai statistik yang digunakan untuk menentukan distribusi data dalam sampel. Serta seberapa dekat titik data individu dengan rata-rata atau rata-rata nilai sampel. Standar deviasi juga dikenal dengan istilah simpangan baku. Seperti varians, standar deviasi juga merupakan ukuran dispersi atau variasi.

Standar deviasi sendiri menjadi ukuran dispersi yang paling banyak digunakan. Hal ini mungkin karena deviasi standar memiliki satuan ukuran yang sama dengan data aslinya.

Misalnya, jika satuan data aslinya adalah cm, maka satuan simpangan bakunya juga cm. Sebaliknya, varians memiliki satuan kuadrat dari data asli (misalnya cm2). Simbol s standar deviasi untuk populasi adalah dan untuk sampel adalah s.

Berangkat dari varians sendiri adalah ukuran seberapa penting kumpulan data tersebar. Jika semua nilai data identik, maka variansnya adalah nol. Semua varians bukan nol dianggap positif. Varians kecil menunjukkan bahwa titik-titik data dekat dengan rata-rata, dan satu sama lain.

Sedangkan jika titik-titik data sangat tersebar dari rata-rata dan satu sama lain menunjukkan varians yang tinggi. Singkatnya, varians didefinisikan sebagai rata-rata jarak kuadrat dari setiap titik ke mean.

Jika membuka Encyclopedia Britannica, kita akan menemukan arti kata varians sebagai kuadrat dari standar deviasi sampel atau kumpulan data. Digunakan secara prosedural untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi distribusi atau penyebaran data yang sedang dipertimbangkan.

Sedangkan standar deviasi adalah ukuran variabilitas (dispersi atau penyebaran) dari setiap himpunan nilai numerik tentang mean aritmatikanya (rata-rata dilambangkan dengan). Penjelasan ini secara khusus didefinisikan sebagai akar kuadrat positif dari varians (σ2).

Cara menghitung standar deviasi ialah terlebih dahulu adalah menghitung nilai rata-rata semua titik data. Rata-rata sama dengan jumlah semua nilai dalam kumpulan data dan kemudian dibagi dengan jumlah total titik data. Langkah selanjutnya adalah menghitung deviasi setiap titik data dari mean.

Lakukan hal ini dengan mengurangi nilai dari nilai rata-rata. Deviasi setiap titik data akan dikuadratkan dan deviasi kuadrat rata-rata individual dicari. Kemudian nilai yang dihasilkan disebut varians. Sedangkan standar deviasi tak lain ialah akar kuadrat dari varians.

Fungsi Standar Deviasi

Setelah memahami pengertian dari standar deviasi, tentu yang menjadi pertanyaan adalah fungsi dari kehadirannya. Nah, standar deviasi biasanya digunakan oleh ahli statistik atau orang-orang yang bekerja di dunia untuk mengetahui apakah data sampel yang diambil mewakili seluruh populasi.

Seperti yang kita tahu bahwa mencari data yang tepat untuk suatu populasi sangat sulit dilakukan. Oleh karena itu lah, perlu digunakan sampel data yang dapat mewakili seluruh populasi, sehingga memudahkan dalam melakukan penelitian atau suatu tugas.

Misalnya, jika seseorang ingin mengetahui berat badan anak perempuan berusia 12-14 tahun di sebuah sekolah, yang perlu dilakukan hanyalah mencari berat badan beberapa orang dan menghitung rata-rata dan simpangan bakunya. Dari perhitungan tersebut akan diketahui nilai yang dapat mewakili seluruh populasi.

Metode Menghitung Deviasi Standar dengan Kalkulator

Tentunya melakukan perhitungan dengan kalkulator, adalah hal yang paling instan dan cepat yang senang kita lakukan. Nah, standar deviasi juga dapat dihitung menggunakan kalkulator untuk menghitungnya.

Namun, kalkulator yang digunakan tentu saja kalkulator ilmiah, bukan kalkulator biasa atau mendownload aplikasi kalkulator ilmiah. Dengan langkah-langkah menghitung dengan kalkulator sebagai berikut:

  • Nyalakan kalkulator.
  • Kemudian tekan tombol MODE yang biasanya terletak di pojok kanan atas di sebelah tombol untuk menyalakan kalkulator.
  • Kemudian pilih mode statistik dengan menekan tombol angka 3 ( STAT ).
  • Kemudian tekan tombol angka 1 ( VAR – 1 ).
  • Kemudian masukkan data yang ingin dihitung, lalu tekan ( = ), angka, ( = ) dan seterusnya. Jangan lupa untuk menekan tombol sama dengan ( = ) jika data yang ingin dihitung sudah masuk.
  • Kemudian tekan tombol AC.
  • Kemudian tekan tombol SHIFT.
  • Kemudian untuk mengetahui hasil akhir, tekan tombol 1 ( STAT ), 4 ( VAR ), 3 ( x ).
  • Dan langkah terakhir tekan tombol ( = ).

Perbedaan antara Varian dan Standar Deviasi

Sebenarnya dalam pengertian diataa, kita sudah banyak membahas terkait devinisi varian itu sendiri.

Namun, untuk jelasnya mengenai perbedaan antara varians dan standar deviasi dapat dengan jelas ditarik ke dalam poin berikut:

1). Varians adalah nilai numerik yang menggambarkan variabilitas yang diamati dari mean aritmatikanya. Standar deviasi adalah ukuran penyebaran pengamatan dalam kumpulan data relatif terhadap rata-ratanya.

2). Varians tidak lain adalah mean dari kuadrat deviasi. Di sisi lain, deviasi standar adalah deviasi kuadrat rata-rata dari akar.

3). Varians dilambangkan dengan sigma-kuadrat (σ2) sedangkan standar deviasi dilambangkan sebagai sigma (σ).

4). Varians dinyatakan dalam satuan persegi yang biasanya lebih besar dari nilai dalam kumpulan data yang diberikan. Berbeda dengan simpangan baku yang dinyatakan dalam satuan yang sama dengan nilai dalam kumpulan data.

5). Varians mengukur seberapa jauh individu dalam suatu kelompok tersebar dalam kumpulan data dari mean. Sebaliknya, standar deviasi mengukur seberapa banyak pengamatan kumpulan data berbeda dari rata-rata.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian standar deviasi, fungsi, metode mengitung dan perbedaan varians dengan standar deviasi.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan standar deviasi. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Contoh Soal CPNS Kementerian Pertanian (Kementan)

Sedang mencari pembahasan mengenai soal CPNS? Pada pembahasan kali ini, kami akan membantu Anda untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tahapan…

Inilah Wajah Verano Siliyana, Model yang Diduga Jadi Pelakor, Cantik ala Bule ‘Saingi’ Zaskia Gotik

Sosok Verano Siliyana alias Inez Gonzalez tengah ramai diperbincangkan. Memiliki wajah cantik ala bule, Verano Siliyana justru diterpa isu pelakor.…

Berstatus Tersangka, Nikita Mirzani Pergi ke Luar Negeri, Polisi: Tidak Dicekal, Bebas Berpergian

Tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik, Nikita Mirzani pergi ke luar negeri. Nikita Mirzani yang masih berstatus wajib lapor ke…

Doa Asmaul Husna Latin dan Artinya Beserta Keutamaan Asmaul Husna

Asmaul Husna merupakan nama-nama baik, indah dan mulia yang Allah miliki sesuai dengan sifat-sifat-Nya, Allah Swt., berfirman dalam Qur’an Surat…

Miris Teringat Nasib Bonge dkk, Ridwan Kamil Sayangkan Penutupan Citayam Fashion Week: Negara Jangan Terlalu Ikut Campur

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut komentar soal pemindahan Citayam Fashion Week tempat nongkrong Bonge dkk. Karena sudah mengganggu ketertiban…

Kepalsuan Nathalie Holscher, Ego Besar Sosok Istri Sule Dibongkar Pakar Ekspresi: Formalitas

Nathalie Holscher mengambil keputusan drastis untuk mengakhiri pernikahannya dengan Sule. Meski sudah beberapa kali buka suara, kemunculuan Nathalie Holscher yang…

Cara Pemupukan Tanaman Cabai Merah Agar Panen Melimpah

Peluang bisnis budidaya cabai selalu terbuka lebar, baik pasar bebas maupun industri. Terlebih, rata-rata konsumsi cabai 5 kg/kapita/tahun. Jika ditekuni…

Bacaan Doa Ayat Kursi dan Artinya

Ayat kursi merupakan ayat dalam Al-qur’an surat Al-baqarah ayat 255 yang sering dijadikan doa maupun dzikir. Ayat kursi menggambarkan ke-Esaan…

PENGAKUAN Inez Gonzales Nekat Main Ranjang dengan Suami Zaskia Gotik hingga Melahirkan Darah Daging, Kerabat: Neng Gotik Hamil, Dia Juga Hamil

Suami Zaskia Gotik, Sirajuddin Mahmud dikabarkan menghamili seorang model asal Yogyakarta bernama Inez Gonzales. Bahkan Inez Gonzales resmi menggugat Sirajuddin…

Jennifer Dunn Ngemis-ngemis Mohon Ampun pada Sarita Abdul Mukti Usai Kena Karma Jadi Pelakor? Begini Jawaban Tak Terduga Mantan Istri Faisal Harris

Jennfer Dunn kini ngemis-ngemis mohon ampun pada Sarita Abdul Mukti udai kena karma jadi pelakor? Sudah bukan rahasia lagi jika…