Pengertian SQL Secara Umum dan Menurut Ahli, Sejarah, Fungi serta Perintah Dasar SQL

Structured Query Language atau biasa disingkat sebagai SQL mungkin akan terdengar cukup asing bagi kita yang tidak terlalu akrab dengan dunia IT, namun bagi seorang programmer SQL mungkin sudah menjadi bagian yang sangat penting.

Perkembangan dunia teknologi yang sangat masif saat ini tentu menunjukkan pada kita betapa pentingnya untuk memiliki pemahaman yang cukup mengenai teknologi ya so, maka dari itu pada artikel kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai SQL.

Untuk lebih lengkapnya, yuk kita bahas tuntas hal-hal terkait Penelitian Tindakan Kelas berikut.

Pengertian SQL Secara Umum

Structured Query Language atau SQL adalah bahasa query yang dirancang untuk mempermudah mengambil dan mengelola informasi dalam database. Bagi mereka yang masih pemula di dunia IT, biasanya diartikan sebagai bahasa yang digunakan untuk mengakses data secara relasional.

Bahasa yang satu sudah cukup tua karena telah ada sejak tahun 1986 dan diinisialisasi oleh ANSI (American National Standard Institute). Sampai saat ini sudah banyak server yang dapat menginterpretasikan SQL, baik dari database maupun software.

Pengertian SQL Menurut Ahli

Dalam memahami sesuatu tentu sangat penting untuk mendengarkan pendapat seseorang yang memang ahli di bidang tersebut. Berikut ini pendapat ahli mengenai SQL:

1). Pengertian Structured Query Language Menurut Priyadi (2014:82)

Menurut Priyadi SQL adalah aplikasi komputer yang mengacu pada konsep Sistem Manajemen Basis Data Relasional (RDBMS), ada struktur bahasa standar untuk membangun data.

2). Pengertian Structured Query Language Menurut Prasetio (2012:182)

Menurut Prasetio SQL adalah kependekan dari Structured Query Language. SQL digunakan untuk berkomunikasi dengan database. Menurut ANSI, SQL adalah bahasa standar untuk sistem manajemen basis data relasional.

3). Pengertian Structured Query Language Menurut Raharjo (2011: 55)

Menurut Raharjo SQL adalah sebuah bahasa atau bisa juga disebut sebagai kumpulan perintah standar yang biasa digunakan untuk berkomunikasi dengan database.

4). Pengertian Structured Query Language Menurut Ichwan (2011:20)

Menurut Ichwan bahasa SQL berfungsi untuk membangun database, melakukan pengurangan, penambahan, perubahan pada data yang ada dan menjalankan query terhadap database.

5). Pengertian Structured Query Language Menurut Andri Kuniyo dan Kusrini (2007:145)

Menurut Andri Kuniyo dan Kusrini (2007:145) SQL Server adalah software relation database management system atau RDBMS khusus untuk manipulasi database berukuran besar.

6). Pengertian Structured Query Language Menurut Nugroho (2013:26)

Menurut Nugroho MySQL adalah perangkat lunak atau program. Database Server SQL adalah bahasa pemrograman, query (queries) di database server termasuk dalam MySQL itu sendiri.

SQL juga digunakan dalam perangkat lunak server database lainnya, seperti SQL Server, Oracle, PostgreSQL, dan lainnya.

7). Pengertian Structured Query Language Menurut Buana (2014:2)

Menurut Buana MySQL adalah database server yang paling popular. Hal ini sering digunakan dalam pemrograman PHP.

MySQL digunakan untuk menyimpan data dalam database dan memanipulasi data sesuai kebutuhan. Manipulasi data tersebut berupa penambahan, pengubahan, dan penghapusan data yang sudah ada dalam database

Sejarah SQL

Pada tahun 1969 Dr. Edgar F mempublikasikan makalah mengenai Teori Basis Data Relasional. Bersamaan dengan penerbitan makalah tersebut ia juga mengusulkan bahasa yang disebut DSL/Alpha untuk mengelola data dalam basis data relasional.

Berdasarkan ide tersebut maka IBM mencoba merancang bahasa prototipe DSL sederhana yang disebut SQUARE. Pada tahun 1970, sebuah tim yang terdiri dari peneliti IBM Donald D.

Chamberlin dan Raymond F mengembangkan SQUARE menjadi Structured English Query Language yang kemudian disebut sebagai SEQUEL dan  berubah nama menjadi SQL.

Melihat berbagai kemudahan yang dihadirkan oleh SQL, maka SQL mulai diimplementasikan oleh berbagai RDBMS hingga  pada tahun 1986 ANSI atau American National Standards Institute merancang standar untuk SQL.

Versi terakhir dari standar SQL dirilis pada tahun 2011 yang disebut SQL 2011. Dengan standar ini diharapkan terjadi keseragaman SQL antar aplikasi RDBMS. Namun, MySQL juga memiliki SQL non-standar, yang tidak dimiliki Oracle, dan sebaliknya.

Tapi setidaknya bahasa SQL hampir sama untuk perintah dasar antar RDBMS. Perintah SQL untuk membuat tabel misalnya, dapat digunakan baik di Oracle maupun MySQL.

Fungsi SQL

Melihat betap seriusnya perkembangan SQL tentu ada fungsi yang sangat penting SQL, antara lain:

1). Dapat Memanipulasi dan Mengakses Database

Fungsi pertama adalah memanfaatkan SQL sehingga kita dapat mengakses database dengan menulis beberapa perintah sesuai dengan query yang ditentukan.

Misalnya, Anda dapat membuat, menambah, memperbarui, dan menghapus data dasar, tabel, dan beberapa informasi yang tidak diperlukan sistem.

2). Mengeksekusi Query

Fungsi kedua mampu mengeksekusi berbagai query yang ada. Penggunaan input query bertujuan untuk memberikan perintah langsung kepada sistem untuk dapat mengelola database sistem.

Contoh dari beberapa eksekusi query adalah fungsi trigger, alter, grant, dan sebagainya.

3). Mengatur Hak Akses Pengguna

Dan fungsi terakhir adalah untuk mengatur dan mengelola persyaratan perizinan dari tabel, tampilan, dan prosedur pada database.

Maksud dari hak akses ini adalah untuk membatasi akses pengguna sesuai dengan kebutuhan sistem yang diimplementasikan.

Perintah Dasar SQL

Ada beberapa macam perintah dasar yang perlu kita ketahui untuk belajar SQL untuk pemula. Berikut beberapa uraiannya.

1). DDL atau Data Defenition Language

Perintah ini merupakan perintah paling dasar dalam bahasa SQL. Tujuan menggunakan DDL adalah untuk menyusun database dengan benar. Kemudian jenis DDL dibagi menjadi lima bagian, di antaranya Create, Alter, Rename, Drop danShow.

2). DML atau Dta Manipulation Language

Pengertian DML adalah perintah SQL yang bertujuan untuk memanipulasi data dalam database. Perintah dari DML dibagi menjadi empat bagian, yaitu Insert, Select, Update dan delete

3). DCL atau Data Control Language

Perintah dasar terakhir adalah DCL, yang digunakan untuk mengatur izin apa yang dimiliki pengguna. DCL terbagi menjadi dua jenis, yaitu Grant dan Revoke.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai Pengertian Structured Query Language atau SQL menurut para ahli, sejarah, fungsi serta perintah dasarnya.

Demikian ulasan kami Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memahami SQL. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Watak Asli Irjen Ferdy Sambo Dibongkar Grafolog, Sifat Temperamental Terlihat Jelas dari Tulisan Tangannya

Watak asli Irjen Ferdy Sambo baru-baru ini dibongkar oleh ahli tulisan tangan atau grafolog, Tessa Sugito. Watak asli tersebut dibaca…

Pantas Saja Betah Menjanda, Diam-Diam Ayu Ting Ting Masih Ngarep Berjodoh dan Dinikahi Berondong Tampan Ini, Sayang Harus Berakhir Patah Hati Gegara Hal Ini

Ayu Ting Ting memang dikenal sebagai biduan dangdut yang memiliki paras cantik. Hal inilah yang membuatnya kerap didekati oleh sejumlah…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Nganjuk yang Wajib Dikunjungi

Anda mungkin sudah tau tentang Kabupaten Nganjuk dan perannya sebagai sentra penghasil bawang merah di Jawa Timur. Namun Kabupaten Nganjuk…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Pekalongan yang Wajib Dikunjungi

Pekalongan merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan cerita masyarakat, nama Pekalongan ini terbentuk karena pada zaman dulu terdapat…

Putrinya Kaya Raya hingga Punya Rumah Serba Emas Senilai Rp 20 Miliar, Ibunda Inul Daratista Justru Demen Dandan Sederhana, Begini Gayanya yang Jauh dari Kesan Glamor

Baru-baru ini, potret ibunda Inul Daratista mendadak jadi sorotan netizen. Pasalnya, Ibunda Inul Daratista tampil sangat sederhana meski putrinya seorang…

‘Tahun Ini udah Fix!’ Verrell Bramasta Umumkan Pernikahan, Siapa Calonnya? Bocorkan Ada 3 Pilihan Wanita

Artis Verrell Bramasta mengatakan bahwa tahun ini dirinya akan menikah. Punya tiga kandidat calon istri. Belum lama ini Verrell Bramasta…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Kediri yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Kediri menjadi salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Kediri sendiri memang terkenal dengan sejarah dan…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pacitan yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam di Kabupaten Pacitan memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Keindahan pantainya, goa, dan juga hamparan alam hijau yang…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Sragen yang Wajib Dikunjungi

Sragen merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kondisi geografis serta kebudayaan di kabupaten Sragen ini membuatnya memiliki destinasi wisata…

15 Tempat Wisata di Jakarta Utara yang Wajib Dikunjungi

Jakarta Utara memang menyimpan banyak sekali tempat bersejarah yang dapat Anda kunjungi. Selain itu, menariknya di kota ini juga ada…