Pengertian SPSS dan Fungsi SPSS

Subtitle goes here

By:

September 17, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

SPSS adalah salah satu program aplikasi yang banyak digunakan bagi suatu analisis statistik yang berada dalam ilmu sosial. Hal ini digunakan bagi para peneliti pasar, perusahaan survei, peneliti kesehatan, pemerintah, peneliti pendidikan, organisasi pemasaran dan lain-lain.

SPSS merupakan sebuah program aplikasi yang mempunyai kemampuan untuk sebuah proses analisis statistik yang cukup tinggi serta sistem manajemen data pada lingkungan grafis untuk bisa menggunakan menu-menu deskriptif dan kotak-kotak dialog yang terbilang sederhana sehingga akan menjadi lebih mudah untuk bisa dipahami dalam cara pengoperasiannya.

SPSS terbilang banyak ditemukan dalam berbagai riset pemasaran, pengendalian dan juga perbaikan dari mutu, serta riset-riset dari sains.

Adapun kepanjangan dari SPSS yaitu merupakan Statistikal Package for the Social Sciens yang pada saat itu SPSS bisa dibuat untuk bisa memenuhi tentang keperluan dalam sebuah pengolahan data statistik yang terkait dalam ilmu-ilmu sosial. Adapun kepanjangan dari singkatan SPSS yaitu Statistical Product and Service Solutions.

Fungsi SPSS

SPSS biasanya menyediakan beberapa fasilitas yaitu, seperti berikut ini:

1). Data Editor

Merupakan sebuah jendela dalam pengolahan data. Data editor dirancang dengan sedemikian rupa dalam aplikasi-aplikasi spreadsheet untuk bisa mendefinisikan, memasukkan, mengedit, dan juga menampilkan data.

2). Multidimensional Pivot Tables

Hasil dalam pelaksanaan pengolahan data ditunjukkan dengan sangat multi dimensional pivot tables. Pemakai bisa melakukan eksplorasi terhadap tabel dengan membuat pengaturan baris, kolom, serta layer.

Pemakai pun bisa dengan mudah untuk bisa melakukan pengaturan bagi kelompok data dengan melakukan splitting tabel sehingga tidak hanya satu group tertentu saja yang bisa untuk ditampilkan pada satu waktu.

3). High-Resolution Graphics

Dengan kemampuan dalam grafikal beresolusi tinggi, baik untuk bisa menampilkan pie charts, bar charts, histogram, scatterplots, 3-D graphics, dan yang lainnya juga akan membuat SPSS tidak sekedar mudah untu dioperasikan tetapi juga mampu untuk membuat pemakai merasakan kenyamanan dalam pekerjaannya.

4). Database Access

Pemakai dalam program ini bisa memperoleh kembali informasi dari sebuah database dengan menggunakan Database Wizard yang telah disediakannya.

5). Data Transformations

Transformasi data sangat membantu pemakai untuk bisa memperoleh data yang siap untuk dianalisis. Pemakai dapat dengan mudah untuk melakukan subset data, melakukan kombinasi dengan kategori, add, aggregat, merge, split, dan beberapa perintah dari transpose files, serta yang lainnya.

6). Electronic Distribution

Pengguna disarankan untuk bisa mengirimkan laporan secara elektronik dengan menggunakan sebuah tombol pengiriman pada data (e-mail) atau melakukannya melalui export tabel dan grafik ke mode HTML sehingga akan mampu mendukung dari distribusi melalui internet dan juga intranet.

7). Online Help

Dalam SPSS terdapat bagian fasilitas online help yang akan selalu siap dalam membantu pemakai agar bisa memudahkan dalam melakukan pekerjaannya.

Bantuan diberikan bisa dalam bentuk yang berupa petunjuk dalam pengoperasian secara detail, kemudahan dari pencarian prosedur yang diinginkan hingga sampai pada contoh-contoh kasus dalam pelaksanaan pengoperasian program ini.

8). Akses Data Tanpa Tempat Penyimpanan Sementara

Analisis berdasarkan dari adanya file-file data yang terbilang sangat besar, sehingga disimpan tanpa membutuhkan tempat sebagai penyimpanan sementara. Hal ini berbeda dengan SPSS sebelum versi 11.5 dimana file data yang sangat besar bisanya akan membuat temporary filenya.

9). Interface dengan Database Relasional

Fasilitas mampu untuk menambahkan efisiensi dan membantu dalam memudahkan sebuah pekerjaan untuk bisa mengekstrak data serta melakukan analisis dari database yang relasional.

10). Analisis Distribusi

Fasilitas ini bisa diperoleh pada pemakaian SPSS for Server atau untuk aplikasi multi user. Kegunaan dari sebuah pelaksanaan analisis ini ketika peneliti sedang menganalisis beberapa file data yang terbilang sangat besar akan langsung me-remote dari server dan memprosesnya sekaligus tanpa harus untuk memindahkan ke komputer user.

11). Multiple Sesi

SPSS akan membantu memberikan kemampuan untuk bisa melakukan sebuah analisis dengan lebih dari satu file data pada waktu yang terbilang bersamaan.

12). Mapping

Visualisasi data bisa dibuat dengan adanya berbagai macam tipe baik dengan cara konvensional atau interaktif. Contohnya yaitu bisa untuk menggunakan tipe bar, pie atau jangkauan nilai, simbol gradual, dan chart.

0 Comment

Comments closed.