Pengertian Skripsi Secara Umum dan Menurut Ahli, Karakteristik, Jenis Serta Tujuan Skripsi

Tahun akhir di perguruan tinggi tampaknya menjadi kecemasan tersendiri bagi masing-masing mahasiswa. Dimana tuntutan pengulisan karya ilmiah seperti skripsi masih menjadi syarat wajib bagi sebagian besar perguruan tinggi khususnya di Indonesia.

Maka tak heran jika istilah skripsi bukan lah hal yang asing bagi mahasiswa. Agar sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai pengertian skripsi menurut ahli, berikut!

Pengertian Skripsi Secara Umum

Skripsi ialah karya tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa dan dibimbing oleh dosen pembimbing. Skripsi ini menjadi salah satu syarat untuk mencapai gelar akademik ‘sarjana’.

Penulisan skripsi harus memperhatikan tanda-tanda penulisan skripsi dan menggunakan bahasa baku karena merupakan bagian dari karya ilmiah.

Tujuan dari penulisan skripsi sendiri ialah untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman berbagai hal. Termasuk didalamnya tentang bagaimana berpikir secara ilmiah dan logis tentang suatu fenomena tertentu. Dengan ketentuan mahasiswa harus menyajikan skripsi ini secara terstruktur dan sistematis.

Skripsi terdiri dari 4 bab utama, yakni BAB I Pendahuluan, BAB II Tinjauan Pustaka, Kerangka Pemikiran dan Hipotesis, BAB III Metode Penelitian, BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan. Dilanjutkan dengan BAB V yang berisi Kesimpulan dan Saran.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa skripsi dikatakan sebagai puncak dari program Sarjana. Skripsi dilakukan dalam bentuk proyek penelitian dalam suatu departemen.

Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi kesempatan bagi mahasiswa  untuk mempraktekkan ilmu yang didapat selama proses pendidikan di perguruan tinggi.

Skripsi digunakan untuk menilai inisiatif siswa dan kemampuan mereka untuk merencanakan, melaporkan dan mempresentasikan suatu proyek.

Mahasiswa mengerjakan skripsi secara mandiri di bawah bimbingan seorang dosen yang disebut pembimbing atau kalangan mahasiswa menyebutnya dosbing. Saat menulis skripsi, mahasiswa memiliki kesempatan untuk menguji inovasi.

Sekaligus menajdi momentum untuk merumuskan dan memecahkan masalah praktis. Kajian-kajian yang mendukung proses skripsi sebenarnya berbeda antara satu fakultas dengan fakultas lainnya. Selain itu, beberapa fakultas juga memberikan kerja kelompok untuk persiapan proses skripsi.

Pengertian Skripsi Menurut Para Ahli

Skripsi adalah karya tulis ilmiah berupa presentasi tertulis yang memuat hasil penelitian sarjana mengenai pembahasan suatu fenomena atau masalah. Masalah yang dikaji menyangkut suatu bidang ilmu pengetahuan berdasarkan kaidah-kaidah yang berlaku.

Aturan ini biasanya berbeda antara satu universitas dengan universitas lainnya, tetapi secara umum aturan dasarnya sama. Untuk jelasnya, mari kita lihat pengertian skripsi menurut beberapa ahli berikut!

1). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Jika membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita akan menemukan kata skripsi dengan arti karya ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa. Dilakukan sebagai bagian dari persyaratan dalam menyelesaikan pendidikan akademiknya.

2). Jarwanto (1992)

Skripsi adalah karya ilmiah yang disusun oleh seorang mahasiswa sarjana dari hasil penelitiannya. Penilitian ini harus berdasarkan teknik analisis data primer dan analisis data sekunder.

3). Munslich Mansnur (2009)

Menurut Munslich Mansnur, definisi tesis adalah karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa sarjana yang membahas topik atau bidang tertentu berdasarkan hasil tinjauan pustaka yang ditulis oleh para ahli, hasil penelitian lapangan, atau hasil penelitian

4). Rahyono Fx (2010)

Pengertian skripsi adalah laporan tertulis tentang hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa bersama pembimbingnya untuk dipertahankan di hadapan penguji. Dilakukan sedemikian baik sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana.

5). Widharyanto (dalam Herlina, 2008)

Skripsi adalah karya ilmiah dalam bidang kajian yang dibuat oleh mahasiswa sarjana pada akhir masa studinya. Dengan ketentuan sebagai syarat untuk menyelesaikan suatu program studi. Skripsi dibuat berdasarkan penelitian ilmiah, baik penelitian lapangan, penelitian kepustakaan, maupun penelitian pengembangan.

6). Hariwijaya dan Djaelani (dalam Hayati, 2008)

Hariwijaya dan Djaelani berpendapat bahwa pengertian skripsi adalah karya tulis ilmiah yang dibuat sebagai salah satu syarat bagi seorang mahasiswa untuk menyelesaikan studi sarjananya.

Karakteristik Skripsi

Sebagai salah satu persyaratan untuk mendapatkan gelar akademik atau kualifikasi professional, menyajikan penelitian dan temuan penulis yang bertujuan untuk melatih mahasiswa.

Tak lain agar mahasiswa mampu menerapkan pengetahuan melalui pemecahan masalah yang berkaitan dengan bidangnya. Adapun karakteristik skripsi antara lain:

1). Sebagai salah satu ciri karya ilmiah, tesis memerlukan metode ilmiah dalam penyusunan dan penelitiannya.

2). Hasil penelitian ditelaah berdasarkan suatu masalah atau fenomena yang ada dan relevan dengan penelitian sebelumnya.

3). Memecahkan masalah dalam skripsi sesuai dengan bidang keilmuan yang digeluti.

4). Ditulis sesuai dengan pedoman penelitian atau penulisan skripsi yang dibuat oleh masing-masing universitas.

5). Ditulis dalam bahasa Indonesia baku, kecuali dalam bidang keahlian tertentu ditulis dalam bahasa Inggris.

6). Materi skripsi disusun berdasarkan hasil penelitian atau observasi di lapangan.

7). Secara tertulis dibimbing oleh seorang dosen yang disebut sebagai pembimbing.

8). Karya yang ditulis merupakan karya asli, bukan hasil plagiarism. Sehingga dalam hal ini perguruan tinggi sering menggunakan alat untuk mengecek plagiarisme, seperti turnitin.

Jenis – Jenis Skripsi

Setelah memahami pengrtian skripsi, mari kita lanjutkan dengan memahami jenis dadi skripis itu sendiri. Dimana jika melihat dari segi penelitian, skripsi yang digunakan dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis antara lain:

1). Kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang berlandaskan pada filosofi positivism. Penelitian jienis ini digunakan untuk meneliti populasi atau sampel dan teknik pengumpulan tertentu.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian dan teknik analisis bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan pengujian yang telah ditentukan sebelumnya. hipotesis.

2). Kualitatif

Tesis kualitatif adalah skripsi yang jenis metode penelitiannya berlandaskan pada filosofi post-positivisme. Digunakan untuk mengkaji suatu objek alamiah, dimana penelitian adalah instrumen kuncinya. Pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulannya triangulasi (gabungan).

3). PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran di kelas atau untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Sehingga perlu dilakukan pengkajian masalah pembelajaran di kelas dengan melakukan refleksi diri sebagai upaya pemecahan masalah. Ialah dengan berbagai tindakan yang terencana dan nyata untuk menganalisis setiap efek dari perlakuan tersebut.

Tujuan Skripsi

Setiap tindakan tentunya memiliki tujuannya masing-masing. Adapun tujuan yang diperoleh dari manfaat penulisan skripsi adalah sebagai berikut:

1). Memberikan pemahaman kepada siswa tentang cara berpikir ilmiah dan logis tentang suatu fenomena tertentu dan menyajikannya secara terstruktur dan sistematis.

2). Mengintegrasikan keterampilan dan pengetahuan penulis dalam memahami, mendeskripsikan, menganalisis dan menjelaskan masalah dan pemecahan masalah sesuai dengan bidang keilmuan yang diambil.

3). Skripsi sebagai syarat untuk memperoleh gelar akademik sarjana dari suatu perguruan tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Demikian ulasan kami mengenai pengertian skripsi menurut ahli, karakteristik, jenis dan tujuan skripsi.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan skripsi. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Hingga Detik Ini Nissa Sabyan Tak Menunjukkan Itikad Baik, Ririe Fairuz Beberkan Hubungan dengan Sosok yang Disebut-sebut Perusak Rumah Tangganya

Masih ingat dengan sosok Ririe Faius? Wanita yang menjadi pusat simpati publik usai perselingkuhan suaminya dengan Nissa Sabyan terkuak. Jika…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pacitan yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam di Kabupaten Pacitan memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Keindahan pantainya, goa, dan juga hamparan alam hijau yang…

Apa Itu Leasing Mobil dan Bagaimana Cara Kerjanya

Leasing adalah sebuah aktivitas pembiayaan yang dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk pengadaan atau peminjaman barang modal yang diatur dalam sebuah…

Foto-foto Istri Sambo di Rekonstruksi: Tiduran dan Adegan Yosua Masuk Kamar

Putri Candrawathi, istri Sambo yang menjadi salah satu tersangka kasus pembunuhan Brigadir J ikut melakukan rekonstruksi yang digelar hari ini…

Murkanya Bharada E saat Rekonstruksi, Anggap Adegan Versi Tersangka Lain Termasuk Ferdy Sambo Tak Sesuai Fakta: Ada Penolakan

Bharada Richard Eliezer atau Bharada E sempat marah saat rekostruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J digelar. Proses rekonstruksi kasus pembunuhan…

Di luar ekspektasi, ternyata segini bayaran Farel Prayoga sekali manggung

Penyanyi cilik Farel Prayoga melejit namanya pasca bernyanyi di acara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 lalu. Ia berhasil…

Cara Membuat Daftar Pustaka Jurnal, Buku, Makalah dan Skripsi

Sebelum masuk pembahasan cara membuat daftar pustaka baik untuk Jurnal, Buku, Makalah maupun Skripsi ada beberapa hal yang harus anda…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sukoharjo yang Wajib Dikunjungi

Sukoharjo merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Sukoharjo menjadi daerah dengan destinasi wisata alam yang memesona, sehingga siapapun…

Sosok Biduan yang Sedang Hamil Ini Nangis, Imbas Lihat Ulah Ayu Ting Ting di Acara TV, Ada Apa?

Lihat aksi Ayu Ting Ting di acara TV, sosok biduan yang sedang hamil, Zaskia Gotik menangis. Menangis, sosok biduan yang…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sampang yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Sampang memang menjadi salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura, Jawa Timur. Banyak sekali cerita sejarah yang ada…