Pengertian Sistem Komputer Menurut Para Ahli

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering dihadapkan pada berbagai jenis informasi data yang perlu dikelola. Komputer diciptakan untuk memungkinkan kita mengelola tugas-tugas yang tidak mungkin dilakukan oleh otak manusia.

Dalam mengelola informasi data, komputer memerlukan suatu sistem yang disebut sistem komputer. Sistem komputer ini berperan sebagai jembatan antar komponen pada komputer.

Untuk menjalankan perintah-perintah tersebut, sebuah sistem komputer itu sendiri akan melibatkan beberapa komponen seperti software, hardware dan brainware.

Ketiga komponen tersebut merupakan elemen penting untuk menghasilkan suatu informasi yang siap disajikan kepada pengguna. Kali ini kami akan memberikan beberapa informasi mengenai sistem komputer, untuk itu yuk simak ulasan kami berikut ini.

Pengertian Sistem Komputer Secara Umum

Sistem komputer adalah kumpulan komponen yang saling berhubungan satu sama lain, sehingga memungkinkan komponen-komponen tersebut saling berinteraksi untuk melakukan tugas-tugas yang telah diinstruksikan oleh pengguna atau brainware.

Sebagai contohnya sebuah komputer tidak akan bekerja tanpa instruksi dari pengguna atau brainware, begitu juga sebuah software tidak akan berarti apa-apa tanpa sebuah hardware.

Pengertian Sistem Komputer Menurut Ahli

Untuk lebih memahami apa itu sistem komputer, berikut ini adalah definisi sistem komputer dari para ahli.

1). John J. Longkutoy

John J. Longkutoy pernah mengatakan bahwa komputer dapat diartikan sebagai alat atau mesin pemecah masalah, pengolah data yang dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan dan juga berguna bagi pemakai.

2). Wikipedia

Menurut Wikipedia, sistem komputer didefinisikan sebagai jaringan elektronik yang bekerja bersama-sama, terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Tugas tersebut dapat berupa menerima input, menyimpan perintah, memproses input, dan memberikan output yang melibatkan komputer di dalamnya.

3). Wimatra, dkk (2008),

sistem komputer adalah suatu sistem pada perangkat komputer yang bertujuan untuk mengolah data, yang kemudian dapat menghasilkan informasi yang berguna.

4). C. Hamacher,

Menurut V.C. Hamacher, sistem komputer adalah suatu sistem yang dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Komponen Utama Sistem Komputer

Sebuah sistem komputer terdiri dari beberapa komponen yang saling berinteraksi. Komponen tersebut terdiri dari tiga bagian, yaitu:

1). Hardware

Perangkat keras atau yang biasa kita sebut dengan hardware adalah sebuah komponen dari sebuah sistem komputer yang memiliki bentuk fisik dan dapat disentuh. Perangkat keras dalam suatu sistem komputer juga terdiri dari beberapa unit komponen, yaitu:

2). Central Processing Unit (CPU)

CPU merupakan otak dari sistem komputer, unit ini bertanggung jawab atas semua aktivitas yang terjadi di dalam komputer.

CPU berfungsi sebagai pusat pemrosesan data dan mengontrol semua perangkat internal dan eksternal yang terhubung ke komputer.

3). Input

Suatu data atau instruksi harus diinput terlebih dahulu sebelum diolah menjadi informasi yang kita inginkan, oleh karena itu diperlukan suatu unit input yang menjadi pintu gerbang masuknya data dari dunia luar ke dalam sistem komputer.

Bentuk data yang telah diinput akan diubah menjadi kode biner sehingga dapat dibaca oleh memori utama.

Tentu saja bentuk data pada setiap perangkat input berbeda-beda. Misalnya, pada keyboard, data yang dihasilkan adalah huruf atau angka, berbeda dengan perangkat input mouse.

4). Output

Unit output memiliki fungsi yang berlawanan dengan unit input. Jika unit data input dari luar dimasukkan ke dalam sistem komputer, maka unit output sebaliknya.

Unit output menghasilkan suatu informasi atau data yang merupakan hasil pengolahan pada suatu sistem komputer.

Contoh output unit ini adalah monitor, speaker dan printer. Data yang dihasilkan dapat berupa suatu informasi, gambar, suara atau video.

5). Storage

Data atau instruksi yang telah dimasukkan ke dalam sistem komputer melalui unit input terlebih dahulu disimpan di unit penyimpanan sebelum benar-benar diproses.

Begitu juga dengan hasil data yang telah diolah, data tersebut terlebih dahulu disimpan di unit penyimpanan sebelum dipindahkan ke unit output.

6). Software

Software adalah komponen dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud atau wujud fisik. Perangkat lunak memiliki bentuk digital yang disimpan dalam memori komputer. Ada berbagai jenis kategori perangkat lunak pada sistem komputer, yaitu:

7). System Software

System software adalah kategori perangkat lunak yang mengelola dan mengontrol komponen perangkat keras komputer yang memungkinkan interaksi antara perangkat keras dan jenis perangkat lunak lainnya.

Salah satu contoh system software adalah sistem operasi komputer, tetapi driver pada suatu perangkat juga dapat digolongkan dalam kategori ini.

8). Utility Software

Perangkat Lunak Utilitas adalah kategori perangkat lunak yang memelihara dan melindungi sistem komputer tetapi tidak berhubungan langsung dengan perangkat keras.

Contoh software yang termasuk dalam kategori utility software adalah software anti virus, firewall, disk defragmenter dan lain-lain.

9). Application Software

Application software adalah kategori perangkat lunak yang digunakan oleh pengguna untuk menyelesaikan tugas tertentu.

Contoh software yang termasuk dalam kategori Application Software adalah web browser, office software, games dan lain-lain.

10). Brainware (user)

Komponen terakhir dalam sistem komputer adalah brainware. Brainware dapat didefinisikan sebagai orang atau perangkat intelektual yang menggunakan, menggunakan atau mengoperasikan perangkat komputer.

Brainware juga bisa disebut sebagai user/ pengguna. Jadi, ketika kita menggunakan komputer, sebenarnya kita adalah pengguna komputer itu sendiri dan juga merupakan bagian dari sistem komputer. Saat Anda mengetik di Microsoft word, atau mungkin bermain game misalnya, maka kita menjadi brainware komputer.

Fungsi Sistem Komputer

Sebuah sistem komputer memiliki empat fungsi dasar, yaitu:

1). Menginput Data

Sistem komputer berfungsi untuk memasukkan semua jenis data yang telah dimasukkan oleh pengguna melalui perangkat keras seperti mouse, keyboard, microphone dan lain-lain.

2). Pengolahan Data

Sistem komputer berfungsi untuk mengolah data. Data yang telah diinput oleh pengguna masih dalam bentuk mentah.

Oleh karena itu, setelah memasukkan sistem akan melakukan proses yang mentransfer data mentah menjadi informasi yang dapat dibaca oleh memori komputer. Pengolahan data ini dilakukan di CPU  yang juga berperan sebagai otak dari komputer.

3). Menghasilkan Data

Sistem komputer berfungsi untuk menghasilkan suatu keluaran yang merupakan hasil dari data yang telah diolah. Hasil keluaran dapat berupa informasi, gambar, suara atau video.

4). Menyimpan Data

Sistem komputer berfungsi untuk menyimpan data keluaran yang merupakan hasil proses pengolahan di dalam memori komputer

Demikian artikel kami mengenai pengertian sistem komputer, lengkap dengan komponen dan fungsinya.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah pengetahuan kamu mengenai sistem komputer. Terima kasih telah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

CV atau Curriculum Vitae merupakan Daftar Riwayat Hidup secara individual. CV biasanya digunakan oleh para pelamar kerja guna sebagai dokumen…

Biaya Balik Nama Mobil Bekas dan Syarat Pengurusan Terbaru

Terkadang kita memutuskan untuk membeli barang bekas yang tentunya masih layak, untuk memenuhi kebutuhan. Salah satu barang berharga yang seing…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sampang yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Sampang memang menjadi salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura, Jawa Timur. Banyak sekali cerita sejarah yang ada…

Hancur Hati Nagita Slavina? Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar

Ayu Ting Ting Mendadak Muncul di Unggahan Raffi Ahmad, Terbongkar Alasan Ayah Rafathar, Hancur Hati Nagita Slavina? Memang, beberapa waktu…

15 Tempat Wisata di Badung Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Badung memang sudah sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang mengagumkan. Pasir pantai putihnya pun menjadi salah satu keunggulan dari…

Terpaksa Jadi Janda Lagi Usai Bahagia Dinikai Brondong Usia 27 Tahun, Syok Nikahi Suami Orang

Kemampuan akting artis senior Henidar Amroe tak perlu diragukan lagi. Ia sudah malang melintang di dunia hiburan tanah air cukup…

Hingga Detik Ini Nissa Sabyan Tak Menunjukkan Itikad Baik, Ririe Fairuz Beberkan Hubungan dengan Sosok yang Disebut-sebut Perusak Rumah Tangganya

Masih ingat dengan sosok Ririe Faius? Wanita yang menjadi pusat simpati publik usai perselingkuhan suaminya dengan Nissa Sabyan terkuak. Jika…

7 Fakta Unik Mbak Rara Si Pawang Hujan, Dari Keturunan Muslim tapi Mengaku Non Muslim

Rara Istiati Wulandari atau yang lebih dikenal Mbak Rara Pawang Hujan kembali ramai dibicarakan oleh warganet. Hal ini terjadi lantaran…

‘Bapak Nggak Ada Wewenang’, Viral Video Pria Tegur Petugas Dishub yang Lakukan Razia Kendaraan hingga Tagih Denda Rp 20 Ribu, sang Oknum Auto Kabur Saat dapat Ancaman Begini

Razia kendaraan memang sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia. Pada umumnya, pengendara bisa terjaring razia jika melakukan sejumlah pelanggaran.…

Ditantang Turunkan Hujan dalam Waktu 10 Menit, Rara Pawang Hujan Auto Salting dan Langsung Lirik HPnya, Dokter Richard Lee: Kamu Salah Ngomong dengan Saya

Baru-baru ini, sosok Rara pawang hujan mendadak jadi sorotan saat ditantang turunkan hujan oleh Dokter Richard Lee. Tak hanya ditantang…