Pengertian Sistem Komputer Menurut Ahli, Komponen, Fungsi Sistem Komputer

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering dihadapkan pada berbagai jenis informasi data yang perlu dikelola. Komputer diciptakan untuk memungkinkan kita mengelola tugas-tugas yang tidak mungkin dilakukan oleh otak manusia. Dalam mengelola informasi data, komputer memerlukan suatu sistem yang disebut sistem komputer. Sistem komputer ini berperan sebagai jembatan antar komponen pada komputer.

Untuk menjalankan perintah-perintah tersebut, sebuah sistem komputer itu sendiri akan melibatkan beberapa komponen seperti software, hardware dan brainware. Ketiga komponen tersebut merupakan elemen penting untuk menghasilkan suatu informasi yang siap disajikan kepada pengguna. Kali ini kami akan memberikan beberapa informasi mengenai sistem komputer, untuk itu yuk simak ulasan kami berikut ini.

Pengertian Sistem Komputer Secara Umum

Sistem komputer adalah kumpulan komponen yang saling berhubungan satu sama lain, sehingga memungkinkan komponen-komponen tersebut saling berinteraksi untuk melakukan tugas-tugas yang telah diinstruksikan oleh pengguna atau brainware. Sebagai contohnya sebuah komputer tidak akan bekerja tanpa instruksi dari pengguna atau brainware, begitu juga sebuah software tidak akan berarti apa-apa tanpa sebuah hardware.

Pengertian Sistem Komputer Menurut Ahli

Untuk lebih memahami apa itu sistem komputer, berikut ini adalah definisi sistem komputer dari para ahli.

  1. John J. Longkutoy

John J. Longkutoy pernah mengatakan bahwa komputer dapat diartikan sebagai alat atau mesin pemecah masalah, pengolah data yang dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan dan juga berguna bagi pemakai.

  1. Wikipedia

Menurut Wikipedia, sistem komputer didefinisikan sebagai jaringan elektronik yang bekerja bersama-sama, terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Tugas tersebut dapat berupa menerima input, menyimpan perintah, memproses input, dan memberikan output yang melibatkan komputer di dalamnya.

  1. Wimatra, dkk (2008),

sistem komputer adalah suatu sistem pada perangkat komputer yang bertujuan untuk mengolah data, yang kemudian dapat menghasilkan informasi yang berguna.

  1. C. Hamacher,

Menurut V.C. Hamacher, sistem komputer adalah suatu sistem yang dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Komponen Utama Sistem Komputer

Sebuah sistem komputer terdiri dari beberapa komponen yang saling berinteraksi. Komponen tersebut terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  • Hardware

Perangkat keras atau yang biasa kita sebut dengan hardware adalah sebuah komponen dari sebuah sistem komputer yang memiliki bentuk fisik dan dapat disentuh. Perangkat keras dalam suatu sistem komputer juga terdiri dari beberapa unit komponen, yaitu:

  • Central Processing Unit (CPU)

CPU merupakan otak dari sistem komputer, unit ini bertanggung jawab atas semua aktivitas yang terjadi di dalam komputer. CPU berfungsi sebagai pusat pemrosesan data dan mengontrol semua perangkat internal dan eksternal yang terhubung ke komputer.

  • Input

Suatu data atau instruksi harus diinput terlebih dahulu sebelum diolah menjadi informasi yang kita inginkan, oleh karena itu diperlukan suatu unit input yang menjadi pintu gerbang masuknya data dari dunia luar ke dalam sistem komputer.

Bentuk data yang telah diinput akan diubah menjadi kode biner sehingga dapat dibaca oleh memori utama. Tentu saja bentuk data pada setiap perangkat input berbeda-beda. Misalnya, pada keyboard, data yang dihasilkan adalah huruf atau angka, berbeda dengan perangkat input mouse.

  • Output

Unit output memiliki fungsi yang berlawanan dengan unit input. Jika unit data input dari luar dimasukkan ke dalam sistem komputer, maka unit output sebaliknya. Unit output menghasilkan suatu informasi atau data yang merupakan hasil pengolahan pada suatu sistem komputer. Contoh output unit ini adalah monitor, speaker dan printer. Data yang dihasilkan dapat berupa suatu informasi, gambar, suara atau video.

  • Storage

Data atau instruksi yang telah dimasukkan ke dalam sistem komputer melalui unit input terlebih dahulu disimpan di unit penyimpanan sebelum benar-benar diproses. Begitu juga dengan hasil data yang telah diolah, data tersebut terlebih dahulu disimpan di unit penyimpanan sebelum dipindahkan ke unit output.

  • Software

Software adalah komponen dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud atau wujud fisik. Perangkat lunak memiliki bentuk digital yang disimpan dalam memori komputer. Ada berbagai jenis kategori perangkat lunak pada sistem komputer, yaitu:

  • System Software

System software adalah kategori perangkat lunak yang mengelola dan mengontrol komponen perangkat keras komputer yang memungkinkan interaksi antara perangkat keras dan jenis perangkat lunak lainnya.

Salah satu contoh system software adalah sistem operasi komputer, tetapi driver pada suatu perangkat juga dapat digolongkan dalam kategori ini.

  • Utility Software

Perangkat Lunak Utilitas adalah kategori perangkat lunak yang memelihara dan melindungi sistem komputer tetapi tidak berhubungan langsung dengan perangkat keras.

Contoh software yang termasuk dalam kategori utility software adalah software anti virus, firewall, disk defragmenter dan lain-lain.

  • Application Software

Application software adalah kategori perangkat lunak yang digunakan oleh pengguna untuk menyelesaikan tugas tertentu. Contoh software yang termasuk dalam kategori Application Software adalah web browser, office software, games dan lain-lain.

  • Brainware (user)

Komponen terakhir dalam sistem komputer adalah brainware. Brainware dapat didefinisikan sebagai orang atau perangkat intelektual yang menggunakan, menggunakan atau mengoperasikan perangkat komputer.

Brainware juga bisa disebut sebagai user/ pengguna. Jadi, ketika kita menggunakan komputer, sebenarnya kita adalah pengguna komputer itu sendiri dan juga merupakan bagian dari sistem komputer. Saat Anda mengetik di Microsoft word, atau mungkin bermain game misalnya, maka kita menjadi brainware komputer.

Fungsi Sistem Komputer

Sebuah sistem komputer memiliki empat fungsi dasar, yaitu:

  1. Menginput Data

Sistem komputer berfungsi untuk memasukkan semua jenis data yang telah dimasukkan oleh pengguna melalui perangkat keras seperti mouse, keyboard, microphone dan lain-lain.

  1. Pengolahan Data

Sistem komputer berfungsi untuk mengolah data. Data yang telah diinput oleh pengguna masih dalam bentuk mentah. Oleh karena itu, setelah memasukkan sistem akan melakukan proses yang mentransfer data mentah menjadi informasi yang dapat dibaca oleh memori komputer. Pengolahan data ini dilakukan di CPU  yang juga berperan sebagai otak dari komputer.

  1. Menghasilkan Data

Sistem komputer berfungsi untuk menghasilkan suatu keluaran yang merupakan hasil dari data yang telah diolah. Hasil keluaran dapat berupa informasi, gambar, suara atau video.

  1. Menyimpan Data

Sistem komputer berfungsi untuk menyimpan data keluaran yang merupakan hasil proses pengolahan di dalam memori komputer

Demikian artikel kami mengenai pengertian sistem komputer, lengkap dengan komponen dan fungsinya. Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah pengetahuan kamu mengenai sistem komputer. Terima kasih telah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Rumor Perceraian Makin Jelas? Nia Ramadhani Sudah 2 Bulan Ogah Pulang ke Rumah Ardi Bakrie?

Kabar tentang perceraian Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie sempat menghebohkan beberapa waktu lalu. Tepatnya saat Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie…

13 Tahun Nikah Hingga Dikaruniai 5 Anak, Wanita Ini Diceraikan karena Suami Mau Nikah Lagi

Walau berat, wanita bernama Nur Hidayu Rosly ini mencoba ikhlas menerima kenyataan bahwa sang suami, Imam Muda Syed Mohd Faris…

Diceraikan oleh Sang Suami Gara-gara Dituding Hamil Anak Ariel NOAH, Nasib Artis Cantik ini Berubah Drastis Setelah Dinikahi Pemain Band, Pilih Tekuni Profesi ini

Begini nasib artis cantik yang pernah dituding jalin hubungan dengan Ariel NOAH. Siapa yang masih ingat dengan artis sekaligus presenter,…

Rizky Febian Dikabarkan Lamar Mahalini Tanpa Didampingi Ayahnya, Sosok Sule Beberkan Hal Mengejutkan Soal Restu: Penting Kasih Tahu

Jadi rahasia publik, perjalanan asmara Rizky Febian dan Mahalini Raharja diketahui kian hari kian lengket. Enggan berlama-lama pacaran, kabarnya Rizky…

Ditendang Keluarga Reino Barack karena Masa Lalunya, Foto Seksi Luna Maya hingga Pakaian Dalamnya Setengah Terlihat Heboh di Sosial Media

Lakukan pemotretan hingga pakaian dalam terlihat, Luna Maya langsung bikin geger warganet. Siapa yang tak mengenal sosok artis cantik Luna…

Lain Dulu Lain Sekarang, Nissa Sabyan Nelangsa Turun Pamor Tak Laku Lagi di TV, Potret Ayus Cs Manggung di Gang Sempit Disorot, Netizen: Karma Shay!

Sabyan Gambus dikabarkan sepi tawaran job manggung di TV selama Ramadhan kemarin. Hal ini banyak dikaitkan dengan kehebohan isu perselingkuhan…

Bak Petir Menyambar, Terkuak Lucinta Luna Sudah 18 Kali Operasi Plastik, Telan Biaya Sangat Fantastis, Segini Besarannya!

Selebgram Lucinta Luna terus menjadi sorotan usai keputusan melakukan operasi ganti kepala. Lucinta Luna diketahui baru saja selesai melakukan perubahan…

Pasangan Gay Ragil Mahardika-Frederik Vollert Mengaku Bisa Bantu Deddy Corbuzier Berfantasi Menyukai Sesama Jenis

Pasangan sesama jenis alias gay Ragil Mahardika dan Frederik Vollert diundang oleh Deddy Corbuzier di podcast-nya pada Sabtu 7 Mei…

‘Dulu Waktu Hamil Diceraiin Ya’ Nikita Mirzani Tertawa Puas! Tersindir Tingkah Ussy Sulistiawaty yang Pamer Suami, Janda Dipo Latief Kuliti Masa Lalu Pahit Istri Andhika Pratama: Kayak Gak Pernah Janda Aja!

Bukan Nikita Mirzani jika tak menuai kontroversi. Nama Nikita Mirzani memang kerap disebut sebagai artis kontroversial. Ia kerap membuat kehebohan…

Bisa Gawat Kalau Reino Barack Tahu, Masa Lalu Syahrini Saat Zaman Jahiliah Terbongkar, Ternyata Sempat Tinggal Seatap dengan Sosok Pria Ini

Sejak menikah dengan Reino Barack, penampilan Syahrini mulai berubah lebih tertutup. Kini, Syahrini bahkan telah mantap untuk mengenakan hijab. Hal…