Pengertian Sistem Informasi, Komponen, Jenis-Jenis dan Contoh Penerapan Sistem Informasi

Jika mendengar kata sistem informasi, pasti yang ada di benak Anda adalah big data dengan ragam dan kumpulan informasinya. Dewasa ini perkembangan sistem informasi sangat dibutuhkan, tidak hayal banyak yang ingin mempelajari lebih jauh tentang sistem informasi.

Namun tahukah Anda arti dari sistem informasi itu sendiri? Untuk belajar bersama, mari kita lihat ulasan kita tentang pengertian sistem informasi, komponen, jenis dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Sistem Informasi

Secara umum, sistem informasi adalah suatu sistem yang menggabungkan aktivitas manusia dan penggunaan teknologi untuk mendukung kegiatan manajemen dan operasional. Sistem informasi mengacu pada hubungan yang tercipta berdasarkan interaksi manusia, data, informasi, teknologi, dan algoritma.

Menurut Wikipedia, sistem informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang-orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.

Dalam arti luas, istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Sistem informasi juga dapat berupa data yang diolah agar berguna bagi orang lain dan membantu pengambilan keputusan dari berbagai masalah yang terjadi.

Komponen dalam Sistem Informasi

Ada enam komponen sistem informasi yang saling terkait satu sama lain, antara lain:

1). Masukan Informasi

Masukan informasi adalah suatu bentuk data yang dimasukkan kemudian diolah untuk memecahkan akar masalah yang sedang dihadapi oleh siapa saja.

2). Model Informasi

Komponen model akan menerima komponen input dengan melibatkan berbagai detail seperti kombinasi prosedur, logika dan perhitungan untuk mendapatkan output atau hasil yang sesuai.

3). Keluaran Informasi

Keluaran informasi merupakan hasil informasi kualitas dari dua set komponen sebelumnya. Output juga merupakan hasil dokumentasi untuk semua tingkatan dalam penggunaan sistem informasi.

4). Komponen Teknologi

Komponen teknologi berperan sebagai benchmark dalam sistem informasi yang meliputi input, fungsi, model dan storage. Selanjutnya, komponen teknologi akan dapat diakses sedemikian rupa dengan hasil kualitas terbaik.

5). Komponen basis data

Basis data adalah kumpulan data yang dihubungkan oleh perangkat lunak manajemen basis data. Komponen database akan menerima output berupa informasi yang dianalogikan dengan komponen database.

6). Komponen Kontrol

Komponen kontrol ini berguna untuk mengendalikan sistem informasi dan memiliki peranan yang sangat besar dalam suatu sistem informasi dan dapat dikatakan sebagai pusat kendali.

Jenis – Jenis Sistem Informasi

Setelah mengenal komponen-komponen dalam suatu sistem informasi, kamu juga harus memahami jenis-jenis sistem informasi yang biasanya digunakan oleh perusahaan atau organisasi.

1). Sistem manajemen informasi

Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem yang digunakan untuk merencanakan dan mengendalikan kegiatan bisnis.

Dimana, dalam sistem informasi manajemen ini melibatkan bagian internal perusahaan yang meliputi penggunaan teknologi, prosedur, dan interaksi manusia untuk memecahkan masalah bisnis seperti pelayanan, biaya produksi, atau penentuan strategi bisnis yang tepat.

Misalnya, produk apa yang perlu dijual, berapa biayanya, strategi apa yang perlu dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak pembeli, dan sebagainya.

2). Sistem Pendukung Keputusan

Sistem Pendukung Keputusan biasanya digunakan untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan atau memecahkan masalah bisnis. Dimana, sistem ini memberikan pilihan atau alternatif keputusan yang dapat diambil oleh perusahaan.

Tahapan dalam menerapkan sistem pendukung keputusan adalah mendefinisikan masalah terlebih dahulu. Selanjutnya, mengumpulkan berbagai data pendukung, dan mengolahnya menjadi informasi penting. Dan tahap terakhir, mampu menyajikan solusi yang tepat dan dapat disajikan dalam bentuk data yang terukur.

3). Sistem Otomasi Kantor

Sistem ini digunakan untuk membuat, mengumpulkan, menyimpan, dan mengirimkan informasi antara individu, kelompok, dan perusahaan. Contoh sistem otomatisasi perkantoran adalah Microsoft Word, Excel, software Powerpoint, aplikasi chatting, aplikasi video call, dan lain-lain.

4). Sistem Pakar

Sistem pakar adalah suatu sistem yang didalamnya terdapat banyak pengetahuan atau data dari para pakar dalam bidang tertentu. Sistem ini juga digunakan oleh perusahaan untuk mengambil keputusan.

Dimana, sistem ini menghasilkan keputusan atau solusi terbaik dalam memecahkan suatu masalah tertentu. Jadi, bisa dibilang, sistem ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan keputusan yang lebih baik daripada kemampuan sebuah perusahaan/organisasi.

Contoh Penerapan Sistem Informasi

Berikut beberapa contoh sistem informasi dalam kehidupan sehari-hari:

1). Knowledge work system/ Sistem kerja pengetahuan

Sistem kerja pengetahuan merupakan jenis sistem informasi terbaru yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Melalui sistem kerja Pengetahuan, berbagai masalah yang berkaitan dengan sains dapat diselesaikan.

2). Transaction processing system/ Sistem pemrosesan transaksi

Sistem pemrosesan transaksi digunakan oleh kantor atau instansi yang memiliki rutinitas sehari-hari. Misalnya, pendaftaran ulang otomatis akan dicatat dalam database terkomputerisasi oleh sistem informasi.

3). E-Commerce

E-Commerce termasuk ke dalam sistem informasi yang penerapannya dalam bidang ekonomi dan bisnis. Dimana, setiap kebutuhan transaksi jual beli barang atau jasa dapat dilakukan secara online melalui aplikasi berbasis web maupun mobile.

Contoh dari platform bisnis yang menggunakan e-commerce adalah Tokopedia, Amazon, Bukalapak, Shopee, dan lain sebagainya

Demikian artikel kami mengenai pengertian sistem informasi lengkap dengan komponen, jenis serta penerpaan sistem informasi dalam kehidupan sehari-hari. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai sistem informasi. Terimakasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Foto-foto Story Tubagus Joddy, Sopir Maut Vanessa Angel dan Bibi, Ini Hasil Analisis Roy Suryo

Sosok Tubagus Joddy, sopir maut Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah makin jadi sorotan. Ternyata sebelum kecelakaan yang menewaskan Vanesssa dan…

Kecewa pada Tubagus Joddy, Adik Vanessa Angel Beri Peringatan Ini

Adik Vanessa Angel, Mayang, mengungkap kekecewaanya pada Tubagus Joddy. Tubagus Joddy adalah karyawan Vanessa Angel yang membawa kendali mobil saat…

Pengertian Informasi, Jenis – Jenis dan Fungsi Informasi

Hadirnya teknologi informasi ditengah kehidupan, membuat kita semakin mudah dalam kebutuhan informasi sehari-hari. Setiap Informasi dibutuhkan masyarakat bukan hanya untuk…

Ungkap Kondisi Anak Vanessa Angel-Bibi, Crazy Rich Surabaya: Kita Jaga Gala, Gala Anak Hebat!

Artis Vanessa Angel dan suaminya, Febri “Bibi” Ardiansyah meninggal dunia usai mobil yang ditumpanginya mengalami kecelakaan tunggal di Tol Nganjuk…

Teka-Teki Penyebab Kecelakaan HIngga Renggut Nyawa Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah Makin Terbuka, Polisi Tetapkan Status Tubagus Joddy!

Sosok supir Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, Muhammad Joddy Pramas Setya kini tengah jadi sorotan publik. Ia pun disangkutkan sebagai…

Viral Emak-emak Nangis Sampai Sembab Kepikiran Anaknya Vanessa Angel

Kecelakaan maut yang merenggut nyawa Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah tak hanya membuat masyarakat berduka. Seperti emak-emak ini, sembab menangis…

Pengertian Model Pembelajaran, Jenis – Jenis dan Fungsi Model Pembelajaran

Model pembelajaran merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh guru pada semua jenjang pendidikan. Hal ini berkaitan dengan keefektifan…

Pantas Saja Hobi Cari Huru-hara, Nikita Mirzani Ternyata Bisa Kantongi Rp 2 M dari Endorsement Saat Tengah Terlibat Perkara, Segini Tarif Terendah yang Dipatok sang Artis

Siapa yang tak tahu dengan sosok artis penuh kontroversi satu ini. Ya, Nikita Mirzani Mawardi alias Nikita Mirzani memang dikenal…

Masih Kurang Yakin Sang Putra Nikahi Jessica Iskandar, Ayah Vincent Verhaag Langsung Beri Teguran Keras untuk Bisa Pilih Janda Anak Satu “Cari Perempuan Lain”

Kabar bahagia tengah dirasakan oleh Jessica Iskandaryang baru saja menikah dengan sosok pria pilihannya. Kepindahannya ke Bali tak lain dan…

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Sahabat Raffi Ahmad Ini Meninggal dengan Tragis Usai Ditabrak Motor Hingga Jaringan Kepalanya Rusak, Padahal Baru Menikah 2 Tahun

Masihkah ingat dengan sosok artis Valia Rahma? Jika kamu anak tahun 90-an, mungkin kenal dengan artis Valia Rahma. Dilansir dari…