Pengertian Seni Teater, Ciri-Ciri, Jenis dan Fungsi Seni Teater

Apakah kamu pernah menonton seni teater? Atau bahkan kamu adalah individu yang terjun dalam dunia terater?

Namun, tahukah kamu apa pengertian dari seni teater itu? Untuk sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai seni teater berikut!

Pengertian Seni Teater

Teater merupakan salah satu dari beberapa jenis kesenian pertunjukan drama. Dimana pertunjukan ini biasanya dipentaskan di atas panggung.

Secara spesifik, seni teater merupakan seni drama yang menampilkan perilaku manusia. Dengan gerak, tari dan nyanyian yang disajikan lengkap dengan dialog disertai akting.

Jika melihat dari sejarah katanya, kata “teater” berasal dari bahasa Inggris. Kata theater atau theatre,bahasa Perancis théâtre dan dari Yunani yakni theatron.

Sedangkan secara etimologis, kata teater dapat diartikan sebagai tempat atau merujuk pada gedung pertunjukan. Selanjutnya secara istilah, kata teater diartikan sebagai segala hal yang dipertunjukkan di atas panggung untuk dinikmati.

Pengertian Seni Teater Menurut Ahli

Berikut dibawah ini pengertian seni teater, antara lain sebagai berikut:

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Jika membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kita akan menemukan teater yang mempunyai tiga pengertian. Yakni gedung atau ruangan tempat pertunjukan film, sandiwara dan hal serupa lainnya.

Balthazar Vallhagen

Balthazar Vallhagen mendefinisikan teater sebagai seni drama yang melukiskan mengenai sifat. Tak hanya sifat, juga serta menunjukkan watak manusia dengan melalui gerakan.

RMA. Harymawan

Teater termasuk aktivitas, khususnya dalam seni pertunjukan (to act). Sehingga kemudian tindak tanduk pemain di atas pentas disebut dengan sebutan acting.

Handayani dan Wildan

Kedua ahli ini mengungkapkan bahwa teater merupakan suatu bentuk karangan yang berpijak di dua cabang kesenian. Diantaranya yaitu seni sastra serta seni pentas.

Moulton

Selanjutnya hadir definisi teater Moulton, yang mengartikannya sebagai suatu kisah hidup yang digambarkan. Bisa juga diilustrasikan di dalam bentuk gerakan atau disebut dengan life presented in action.

Anne Civardi

Sedangkan Anne Civardi mengatakan bahwa teater merupakan suatu seni drama. Menceritakan mengenai sebuah kisah dengan melalui kata-kata serta gerakan.

Ciri Ciri Seni Teater

Setelah memahami pengertian teater, selanjutnya mari kita lihat beberapa ciri dari seni teater itu sendiri yang antara lain sebagai berikut:

1). Pada seluruh cerita berbentuk dialog. Dialog yang dimaksud baik pada tokoh maupun narator atau semua ucapan ditulis dalam sebuah teks.

2). Setiap dialog yang hadir tidak menggunakan sebuah tanda petik. Sebab dialog drama bukan sebuah kalimat langsung maka, naskah drama tidak memakai sebuah tanda petik.

3). Naskah drama dilengkapi sebuah petunjuk tertentu. Dengan catatan, petunjuk ini harus dilakukan tokoh pemerannya. Biasanya petunjuk akan ditulis dalam tanda kurung atau dengan memberikan suatu jenis huruf yang berbeda dengan huruf dialog.

4). Naskah drama akan diletakan di atas dialog atau bisa juga di samping kiri dialog.

Jenis Jenis Seni Teater

Jika dilihat berdasarkan jenisnya, seni teater terbagi menjadi dua. Diantaranya yaitu teater tradisional dan teater modern, lengkapnya sebagai berikut:

1. Teater Tradisional

Di negara Indonesia, teater tradisional biasa disebut juga sebagai teater daerah. Dimana teater tradisional ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Biasanya cerita dalam teater tradisional ini akan mengusung budaya setempat. Serta disampaikan secara improvisasi atau tanpa menggunakan naskah.

Ada banyak contoh teater tradisional di Indonesia. Beberapa diantaranya bisa kita lihat dalam poin berikut:

  • Wayang kulit
  • Banjet
  • Longser
  • Ogel
  • Reog
  • Wayang orang
  • Topeng Cirebon
  • Angklung badut
  • Wayang golek dari Jawa Barat
  • Reog Ponorogo
  • Ludruk dari Jawa Timur
  • Ketoprak
  • Wayang suket
  • Kethek ogleg
  • Dagelan
  • Scandul dari Jawa Tengah
  • Lenong
  • Topeng blantik dari Betawi

2. Teater Modern

Teater modern merupakan pementasan yang penyampaian ceritanya berdasarkan pada naskah. Dimana sumber ilmunya dari dunia barat dan bahannya dari kejadian – kejadian sehari-hari atau karya sastra. Beberapa contoh teater modern ialah:

  • Drama
  • Teater
  • Sinetron
  • Film

Fungsi Seni Teater

Setelah memahami hampir setiap detail mengenai teater, tentu yang menjadi pertanyaan adalah “apa fungsi seni teater?.”

Penting bagi kita, khususnya masyarakat Indonesia yang memiliki ragam kebudayaan, memahami fungsi teater.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak beberapa fungsi teater berikut.

  • Teater hadir sebagai sarana upacara
  • Teater hadir sebagai media ekspresi
  • Teater hadir sebagai media hiburan
  • Teater hadir sebagai media pendidikan

Demikian ulasan kami mengenai teater, yang membahas mulai dai pengertian menurut ahli, ciri, jenis dan fungsinya.

Semoga ulasan kami membantu kamu, khususnya menambah wawasan mengenai seni teater! Terimakasih sudah singgah.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Pesulap Merah Cuek Disomasi Rara Pawang Hujan: Biarin Saja, Kenapa Memangnya?

Marcel Radhival atau Pesulap Merah menanggapi somasi Rara Pawang Hujan terkait pernyataan yang dianggap merendahkan pekerjaannya. Ditemui di kawasan Pluit,…

Hanya Gara-gara Masalah Sepele Ini, Sosok Santri Pondok Gontor Ini Alami Penganiayaan Sampai Meninggal Dunia, Hotman Paris yang Bongkar Semuanya

Seorang santri Pondok Gontor berinisial AM dianiaya sampai tewas. Kasus bermula ketika seorang ibu asal Palembang, Sumatera Selatan, mengadu ke…

Pasal 139 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

15 Tempat Wisata di Karangasem Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Karangasem memang menjadi salah satu kabupaten yang berada di daerah Bali. Masih sama seperti daerah-daerah lainnya yang berada di…

Pasal 180 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Mojokerto yang Wajib Dikunjungi

Tahukah Anda bahwa Kabupaten Mojokerto merupakan kabupaten/kota terkecil di Indonesia ? Namun meski begitu Mojokerto memang sangat kaya akan budaya…

‘Takut Akan Dikejar Wartawan’, Hotman Paris Tolak Jadi Kuasa Hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Meski Sempat Dihubungi Langsung oleh Tersangka: Saya Tidak Mau

Hotman Paris selama ini memang dikenal sebagai pengacara kondang. Yang kemampuannya dalam menangani sebuah kasus tak perlu diragukan lagi. Kendati…

Cara Membuat Daftar Pustaka Jurnal, Buku, Makalah dan Skripsi

Sebelum masuk pembahasan cara membuat daftar pustaka baik untuk Jurnal, Buku, Makalah maupun Skripsi ada beberapa hal yang harus anda…

15 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Wajib Dikunjungi

Apa yang terlintas dipikiran Anda ketika mendengar Kota Jakarta Pusat ? Selain tentang kemacetan, kesibukan, Jakarta juga memang cukup terkenal…

Pasal 162 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…