11+ Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Seni telah menjadi bagian dari kehidupan manusia dari masa ke masa dari zaman prasejarah hingga saat ini. Keberadaan seni sangat melekat pada setiap sendi kehidupan dan jiwa manusia sehingga tidak dapat dipisahkan hingga saat ini.

Dengan keterikatan antara seni dan manusia, seni semakin menjadi sesuatu yang diminati oleh sebagian besar orang dari negara dan etnis manapun.

Walau sudah sebegitu dekatnya dengan kehidupan manusia, apakah kita memahami apa pengertian dari kata seni itu sendiri? Untuk sama-sama belajar, yuk simak ulasan 11 pengertian seni menurut ahli berikut!

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Kata seni sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Sansekerta yaitu kata “sani” yang memiliki arti “menyembah”, “mempersembahkan”, dan “pelayanan”. Jadi kata seni sebenarnya memiliki keterikatan yang sangat erat dengan upacara keagamaan yang kemudian disebut juga seni.

Salah satu penggiat seni bernama Padmapuspita berpendapat, bahwa seni berasal dari kata “genie” yang aslinya berasal dari bahasa Belanda yang dalam bahasa latin berarti “jenius”, dari penjelasan tersebut kemudian disimpulkan bahwa seni merupakan kemampuan luar biasa yang lahir sejak lahir.

Dalam bahasa Eropa, kata seni cenderung merujuk pada “Seni” yang dapat diartikan sebagai makna visual dari suatu objek yang melakukan aktivitas tertentu.

1. Ensiklopedia Indonesia

Jika membuka ensiklopedia Indonesia, kita akan menemukan pengertian kata seni sebagai ciptaan dari segala sesuatu, karena keindahannya orang suka melihat atau mendengarnya.

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata seni memiliki beberapa arti dimana yang pertama, keahlian membuat karya yang berkualitas (dalam hal kehalusan, keindahan dan sederet lainnya).

Kedua, karya yang diciptakan dengan keterampilan luar biasa, seperti menari, melukis, mengukir. Selanjutnya yang ketiga, seni diartikan sebagai kemampuan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi (luar biasa).

3. Ki Hajar Dewantara

Tokoh intelektual Indonesia, Ki Hajar Dewantara menjelaskan secara rinci bahwa seni adalah suatu perbuatan atau kegiatan perbuatan yang dilakukan oleh manusia. Dimulai dari perasaan, yang diidentikkan dengan perasaan indah yang pada akhirnya dapat mencapai jiwa dan mempunyai pengaruh emosional terhadap diri sendiri. Dimana perasaan yang dirasakan ini timbul dari melihat atau mendengar suatu seni.

Maka, hasil dari keindahan ini dapat menggerakkan perasaan seseorang tentang keindahan bagi yang melihatnya. Oleh karena itu, tindakan manusia dapat mempengaruhi dalam menumbuhkan perasaan indah yaitu seni.

4. Padmapusphita

Padmapuspa menarik pengertian seni dari asal katanya, yaitu dari bahasa Belanda yaitu “genie”, bahasa latinnya adalah “genius”, yang artinya kemampuan luar biasa yang dimiliki atau dibawa sejak lahir.

5. Irma Damayanti, M.Sn

Menurut Irma Damayanti, M.Sn, seni dapat dilihat melalui esensi ekspresi dari berbagai kreativitas manusia. Seni memang sangat sulit untuk diungkapkan, dijelaskan juga sulit untuk dinilai, bahwa setiap seniman individu memilih sendiri parameter yang membimbingnya dalam karyanya.

6. Sartono Kartodirdjo

Pengertian seni merupakan suatu sistem yang padu, muncul dari pendapat Sartono Kartodirdjo. Karena dapat melakukan komunikasi yang efektif, yaitu melalui bagian-bagiannya dapat menunjukkan secara universal.

7. Eric Ariyanto

Erik Ariyanto menjelaskan bahwa seni merupakan suatu kegiatan spiritual atau kegiatan batin yang tercermin dalam bentuk karya yang dapat menggugah perasaan orang lain yang melihat ataupun mendengarkannya.

Erik Ariyanto menjelaskan bahwa seni adalah aktivitas atau aktivitas emosional yang ciptaannya dapat mencerminkan emosi seseorang. Seni juga dapat membangkitkan perasaan orang lain, termasuk penontonnya baik ketika melihat maupun mendengarkan.

8. Aristoteles

Aristoteles menyatakan bahwa seni adalah tiruan dari alam, tetapi sifatnya harus ideal atau sempurna. Aristoteles menjelaskan dan menjelaskan bahwa seni sebenarnya adalah tiruan dari alam yang memiliki sifat-sifat yang sesuai atau ideal, sesuai dengan proporsi alam.

Namun, pendapat ini dapat menyangkal kekuatan seni sejati yang dapat diekspresikan meskipun sebuah karya hanya dimiliki oleh imajinasi seseorang dan tidak mungkin.

9. Alexander Baum Garton

Selanjutnya hadir pengertian seni dari Alexander Baum Garton yang mendefinisikan seni sebagai segala bentuk keindahan yang memiliki tujuan positif untuk membuat penikmat seni merasa senang.

10. Immanuel Kant

Immanuel Kant mengekspresikan bahwa seni adalah suatu bentuk yang penampilan dan ekspresinya tidak pernah menyimpang dari kenyataan & bahwa seni itu meniru alam.

11. Plato & Rousseau

Plato & Rousseau mengemukakan pendapatnya bahwa seni adalah hasil peniruan alam dalam segala aspeknya. Sama seperti Aristoteles, Plato juga berpendapat bahwa seni adalah tiruan dari alam yang mencakup seluruh aspek alam semesta ini.

Demikian artikel kami mengenai 11 pengertian seni menurut ahli. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai pengertian seni. Terimakasih sudah berkunjung.