Pengertian Seni Budaya dan Macam-Macam Seni Budaya

Tentunya kata seni budaya bukan hal yang asing bagi kita. Namun, menurut kamu apa arti dari masing-masing kata ini dan apa hubungan antara keduanya.

Serangkaian pertanyaan kerap muncul dalam berbagai diskusi, alasannya karena kata seni dan budaya tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Karena dalam setiap karya seni terdapat definisi budaya yang unik dan dalam setiap budaya mengandung makna nilai seni yang indah.

Pengertian Seni dan Budaya

Seni budaya adalah istilah yang dihasilkan dari kolaborasi antara seni dan makna budaya. Adapun penjelasan detailnya masing-masing adalah sebagai berikut:

1). Seni

Kata seni dalam bahasa Indonesia memiliki sejarah terminologi yang tidak sederhana, baik dari segi terminologi maupun etimologi.

Hal ini pada awalnya disebabkan karena tidak adanya padanan yang sesuai dalam bahasa Indonesia atau Melayu untuk konsep seni rupa dalam bahasa Inggris atau kunst dalam bahasa Belanda.

Asal kata seni dalam bahasa Indonesia tidak begitu jelas dan memiliki banyak teori. Kata seni dari bahasa Melayu Riau (Sungai Rokan) adalah sonik yang berasal dari kata ‘jadi’ atau ‘se’ yang berarti ‘satu’.

Juga berasal dari bahasa Sansekerta ‘swa’ (satu) yang digabungkan dengan kata ‘nik’ yang memiliki sesuatu sangat kecil atau halus. Kata sonic/sonite/art berarti sesuatu yang halus dalam bentuk dan sifatnya.

Kata seni dari bahasa Sansekerta sani yang berarti persembahan, pelayanan dan pemberian yang tulus, sehingga selalu dikaitkan dengan upacara keagamaan yang disebut seni. Kata seni berasal dari bahasa Belanda jin yang berarti jenius atau memiliki kemampuan luar biasa yang lahir sejak lahir.

Jadi dapat disimpulkan bahwa seni adalah kemampuan bakat yang dimiliki seseorang sejak lahir, buah dari kejeniusan.

2). Budaya

Kata budaya juga berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “buddayah” yang berarti sesuatu yang berhubungan dengan pikiran dan kehendak manusia.

Dalam bahasa Inggris culture yang berasal dari bahasa latin colere yang berarti mengolah atau mengerjakan. Jadi dapat disimpulkan bahwa wujud kebudayaan adalah hasil pengolahan atau hasil karya akal budi dan akal manusia.

Budaya juga dapat didefinisikan sebagai cara hidup yang berkembang, dimiliki bersama oleh sekelompok orang dan diturunkan dari generasi. Budaya adalah cara hidup total yang kompleks, abstrak dan luas. Banyak aspek budaya juga menentukan perilaku komunikatif.

Pengertian Seni Budaya Menurut Ahli

Seni budaya merupakan segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia yang berkaitan dengan cara hidup. Berkembang bersama dalam suatu bentuk kelompok sosial yang memiliki unsur keindahan (estetika) secara turun temurun.

Hal ini didasarkan pada arti dari setiap kata seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ketika kata “seni” dan “budaya” digabungkan menjadi “seni budaya” dapat diartikan sebagai setiap karya seni yang dibuat dengan sengaja.

Pembuatannya didasarkan pada akal atau pikiran yang dimiliki oleh berbagai contoh kelompok sosial masyarakat yang kemudian diturunkan dari generasi ke generasi.

1). Harry Sulastianto

Harry Sulastianto, dosen seni rupa dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menjelaskan bahwa pengertian seni budaya adalah kegiatan mengekspresikan ide dan pikiran estetis. Termasuk mewujudkan kemampuan dan imajinasi pandangan terhadap suatu benda, karya atau suasana yang dapat menghadirkan cita rasa yang indah dan menciptakan peradaban manusia yang lebih maju.

2). Sartono Kartodirdjo

Sartono Kartodirdjo merupakan seorang sejarawan Indonesia, pelopor penulisan sejarah dengan pendekatan multidimensi. Ia berpendapat bahwa seni dan budaya adalah sistem yang koheren, dapat digunakan untuk melakukan komunikasi efektif melalui satu bagian seni yang dapat menyampaikan makna secara keseluruhan.

3). Ida Bagus Putu Perwita

Ida Bagus Putu Perwita, seorang tokoh seni dari Pulau Dewata (Bali) mengemukakan bahwa seni budaya merupakan sarana penunjang pelaksanaan dalam segala kegiatan dan upacara adat bagi perorangan maupun kelompok berupa seni rupa, tari, musik, teater dan seni sebagai literatur.

4). M.Thoyibi

M. Thoyibi adalah seorang filosof yang cukup berpengaruh di Indonesia. Ia berpendapat bahwa seni budaya merupakan perwujudan dari rasa seni yang telah membudaya, yang termasuk dalam aspek budaya dan dapat dirasakan dan diserap oleh banyak orang dalam rentang sejarah peradaban manusia.

Macam – Macam Seni Budaya

Setelah memahami banyak pengertian seni budaya, selanjutnya mari kita pahami macam-macam seni budaya itu sendiri.

Adapun macam-macam seni budaya antara lain sebagai berikut:

  • Seni Tari
  • Seni Rupa
  • Seni Musik
  • Seni Teater
  • Seni Kriya

Demikian ulasan kami mengenai pengertian seni budaya dan macam-macamnya.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman terkait seni budaya. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 12 SMA/MA dan Jawabannya

Memiliki keterampilan berbahasa Inggris akan mengantarkan seseorang untuk menemui dunia yang lebih luas, dengan beragam ilmu pengetahuan yang menarik. Bahasa…

Dituntut Tes DNA, Sirajuddin Mahmud Akhirnya Tanggapi Gugatan Veranosiliyana, Begini Tanggapan Suami Zaskia Gotik Soal Anak di Luar Nikah

Sirajuddin Mahmud suami Zaskia Gotik akhirnya buka suara terkait gugatan yang diajukan Veranosiliyana. Sebelumnya, Veranosiliyana mengaku telah memiliki anak di…

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs dan Jawabannya

Bahasa mengambil peran penting untuk mendukung perkembangan intelektual dan emosional, karena seseorang yang memiliki keterampilan berbahasa akan mampu mengemukakan gagasan…

Contoh Soal AKM SD Kelas 6 dan Pembahasannya

Dengan sistem Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) siswa akan termonitor perkembangannya dalam penguasaan materi yang telah diajarkan. Kemampuan literasi dan numerasi…

Putus Hubungan, Ricky Miraza Tuding Kalina Oktarani Punya Penyakit Kelamin

Kalina Oktarani rupaya sudah putus dari kekasihnya, Ricky Miraza. Kabar itu dibagikan sendiri oleh Ricky di Instagram. "Mending milih putus,"…

Contoh Soal AKM SD Kelas 2 dan Pembahasannya

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) berfungsi untuk mengevaluasi kemampuan literasi dan berhitung peserta didik secara berkala. Pada dasarnya penerapan AKM ini…

Contoh Soal CPNS Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia

Untuk mewujudkan Visi Presiden dan Wakil Presidan dalam bidang kemaritiman dan investasi Republik Indonesia, yakni Indonesia Pusat Peradaban Maritim Dunia…

Doa Akhir Tahun Latin dan Artinya, Dibaca Setelah Magrib Tahun Baru

Ada beberapa penanggalan yang kita ketahui sebagai warga Negara Indonesia namun sebagai umat muslim tentunya kita tidak boleh mengabaikan penanggalan…

Contoh Soal Tes Karakteristik Kepribadian (TKP) SKD CPNS

Karakteristik seseorang akan sangat berpengaruh terhadap banyak hal, termasuk dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan dan tanggung jawab. Melalui Tes Karakteristik Kepribadian…

Contoh Soal CPNS Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI)

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia merupakan kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan…