Pengertian Seni Budaya dan Macam – Macam Seni Budaya

Tentunya kata seni budaya bukan hal yang asing bagi kita. Namun, menurut kamu apa arti dari masing-masing kata ini dan apa hubungan antara keduanya.

Serangkaian pertanyaan kerap muncul dalam berbagai diskusi, alasannya karena kata seni dan budaya tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Karena dalam setiap karya seni terdapat definisi budaya yang unik dan dalam setiap budaya mengandung makna nilai seni yang indah.

Pengertian Seni dan Budaya

Seni budaya adalah istilah yang dihasilkan dari kolaborasi antara seni dan makna budaya. Adapun penjelasan detailnya masing-masing adalah sebagai berikut:

1). Seni

Kata seni dalam bahasa Indonesia memiliki sejarah terminologi yang tidak sederhana, baik dari segi terminologi maupun etimologi. Hal ini pada awalnya disebabkan karena tidak adanya padanan yang sesuai dalam bahasa Indonesia atau Melayu untuk konsep seni rupa dalam bahasa Inggris atau kunst dalam bahasa Belanda.

Asal kata seni dalam bahasa Indonesia tidak begitu jelas dan memiliki banyak teori. Kata seni dari bahasa Melayu Riau (Sungai Rokan) adalah sonik yang berasal dari kata ‘jadi’ atau ‘se’ yang berarti ‘satu’.

Juga berasal dari bahasa Sansekerta ‘swa’ (satu) yang digabungkan dengan kata ‘nik’ yang memiliki sesuatu sangat kecil atau halus. Kata sonic/sonite/art berarti sesuatu yang halus dalam bentuk dan sifatnya.

Kata seni dari bahasa Sansekerta sani yang berarti persembahan, pelayanan dan pemberian yang tulus, sehingga selalu dikaitkan dengan upacara keagamaan yang disebut seni. Kata seni berasal dari bahasa Belanda jin yang berarti jenius atau memiliki kemampuan luar biasa yang lahir sejak lahir. Jadi dapat disimpulkan bahwa seni adalah kemampuan bakat yang dimiliki seseorang sejak lahir, buah dari kejeniusan.

2). Budaya

Kata budaya juga berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “buddayah” yang berarti sesuatu yang berhubungan dengan pikiran dan kehendak manusia. Dalam bahasa Inggris culture yang berasal dari bahasa latin colere yang berarti mengolah atau mengerjakan. Jadi dapat disimpulkan bahwa wujud kebudayaan adalah hasil pengolahan atau hasil karya akal budi dan akal manusia.

Budaya juga dapat didefinisikan sebagai cara hidup yang berkembang, dimiliki bersama oleh sekelompok orang dan diturunkan dari generasi. Budaya adalah cara hidup total yang kompleks, abstrak dan luas. Banyak aspek budaya juga menentukan perilaku komunikatif.

Pengertian Seni Budaya Menurut Ahli

Seni budaya merupakan segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia yang berkaitan dengan cara hidup. Berkembang bersama dalam suatu bentuk kelompok sosial yang memiliki unsur keindahan (estetika) secara turun temurun.

Hal ini didasarkan pada arti dari setiap kata seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ketika kata “seni” dan “budaya” digabungkan menjadi “seni budaya” dapat diartikan sebagai setiap karya seni yang dibuat dengan sengaja.

Pembuatannya didasarkan pada akal atau pikiran yang dimiliki oleh berbagai contoh kelompok sosial masyarakat yang kemudian diturunkan dari generasi ke generasi.

1). Harry Sulastianto

Harry Sulastianto, dosen seni rupa dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menjelaskan bahwa pengertian seni budaya adalah kegiatan mengekspresikan ide dan pikiran estetis. Termasuk mewujudkan kemampuan dan imajinasi pandangan terhadap suatu benda, karya atau suasana yang dapat menghadirkan cita rasa yang indah dan menciptakan peradaban manusia yang lebih maju.

2). Sartono Kartodirdjo

Sartono Kartodirdjo merupakan seorang sejarawan Indonesia, pelopor penulisan sejarah dengan pendekatan multidimensi. Ia berpendapat bahwa seni dan budaya adalah sistem yang koheren, dapat digunakan untuk melakukan komunikasi efektif melalui satu bagian seni yang dapat menyampaikan makna secara keseluruhan.

3). Ida Bagus Putu Perwita

Ida Bagus Putu Perwita, seorang tokoh seni dari Pulau Dewata (Bali) mengemukakan bahwa seni budaya merupakan sarana penunjang pelaksanaan dalam segala kegiatan dan upacara adat bagi perorangan maupun kelompok berupa seni rupa, tari, musik, teater dan seni sebagai literatur.

4). M.Thoyibi

M. Thoyibi adalah seorang filosof yang cukup berpengaruh di Indonesia. Ia berpendapat bahwa seni budaya merupakan perwujudan dari rasa seni yang telah membudaya, yang termasuk dalam aspek budaya dan dapat dirasakan dan diserap oleh banyak orang dalam rentang sejarah peradaban manusia.

Macam – Macam Seni Budaya

Setelah memahami banyak pengertian seni budaya, selanjutnya mari kita pahami macam-macam seni budaya itu sendiri.

Adapun macam-macam seni budaya antara lain sebagai berikut:

  • Seni Tari
  • Seni Rupa
  • Seni Musik
  • Seni Teater
  • Seni Kriya

Demikian ulasan kami mengenai pengertian seni budaya dan macam-macamnya.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman terkait seni budaya. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Giovanni Tobing Jadi Mualaf, Baim Wong Bantu Ajarkan Wudhu

Aktor Giovanni Tobing mengaku belum bisa wudhu saat baru menjadi mualaf. Dia pun kemudian diajari Baim Wong sebelum salat berjamaah.…

Bakal Saingi Fuji, Adik Vanessa Angel Ngaku Kebanjiran Endorse dan Tawaran Main Film: Film Azab Hidayah!

Mayang dan Chika, adik Vanessa Angel terus menjadi sorotan netizen. Anak-anak Doddy Soedrajat ini nampak makin serius terjun ke dunia…

Maia Estianty Dikabarkan Gugat Cerai Irwan Mussry, Ini Kata Humas PA Jakarta Selatan

Ada rumor beredar jika rumah tangga Maia Estianty dan Irwan Musrry tidak mulus. Bahkan isu tersebut berkembang jika Maia menggugat…

Pengertian Bank Central, Sejarah, Tugas dan Otoritas Bank Sentral (Bank Indonesia)

Ketika berbicara tentang bank, hal yang biasanya terlintas dalam pikiran adalah kegiatan praktis seperti transfer, pembayaran atau penerimaan uang, dan…

Pertama Di Dunia, Jantung Babi Berhasil Dicangkokkan Ke Manusia

Jantung dari babi yang dimodifikasi secara genetik telah berhasil dicangkokkan pada pasien manusia di Amerika Serikat (AS). Keberhasilan ini tercatat…

‘Rest In Love Legend’ Dunia Musik Kehilangan, Penyanyi Anggun C Sasmi Bawa Kabar Duka! Kolom Komentar Banjir Air Mata, Netizen Remuk Hatinya: Ya Tuhan

Penyanyi Anggun C Sasmi membuat netizen hancur hatinya, membawa kabar duka lewat akun instagram miliknya. Di akun instagram Anggun C…

Keluarga Faisal Gigit Jari, Doddy Sudrajat Disebut Asyik Sendiri Lakukan Ini Saat Disapa Mertua Vanessa Angel: Bagaimana Mau Damai?

Polemik perseteruan antara keluarga Vanessa dan Keluarga Bibi kian memanas. Melansir Nakita.id, kepergian Vanessa dan Bibi rupanya kerap menimbulkan konflik…

Begini Nasib Pasangan Selingkuh Terekam Lakukan Hubungan Intim di Pemakaman Sumedang

Foto asusila pasangan selingkuh saat pacaran di area pemakaman di Sumedang viral di media sosial. Pasangan selingkuh itu ialah EG…

Suaminya Tiap Hari Minta Jatah, Ashanty Ngaku Jadikan Urusan Ranjang Sebagai Senjata Saat Berdebat dengan Anang Hermansyah

Siapa yang tak kenal dengan pasangan artis Anang Hermansyah dan Ashanty? 9 tahun menikah, rumah tangga Anang Jermansyah dan Ashanty…

Masih Pakai Baju Dinas, Oknum ASN Joget Sambil Pegang Miras, Netizen: Tidak Etis!

Beredar di media sosial Instagram yang diunggah akun @andreli_48. Di dalam sepenggal video yang dilihat, sejumlah wanita berseragam ASN berjoget…