Pengertian Senam Menurut Para Ahli

Senam adalah sebuah kegiatan olahraga yang dapat membuat kita sehat dan bugar. Senam sendiri merupakan cabang olahraga yang sering dilakukan orang-orang, hal ini karena senam melibatkan beberapa gerakan tubuh serta membutuhkan kecepatan, kekuatan, dan keserasian gerakan fisik.

Senam sendiri diartikan dari bahasa inggris gymnastic yang di adopsi dari bahasa yunani kuno “gymnos” yang berarti “telanjang”.

Sementara itu, kata kerja dari “gymnos” adalah “gymnazo” yang secara umum bisa diartikan “berlatih dalam keadaan telanjang” yang kemudian penggunaan istilah tersebut diterapkan pada jenis latihan yang dipraktikkan di tempat bernama gymnasium, tempat para atlet Yunani zaman kuno melakukan latihan tanpa pakaian, lalu saat ini telah berkembang menjadi “untuk berlatih, untuk berolahraga”.

Dalam dunia olahraga sendiri senam telah lama ada bahkan dari masa yunani kuno dan mesir kuno. Berikut kita akan mengulas mengenai senam dari berbagai hal.

Pengertian Senam Menurut Ahli

Berikut dibawah ini pengertian senam menurut para ahli, antara lain sebagai berikut.

1). Sutrisno dan Khadafi

Pengertian senam menurut Sutrisno dan Gaddafi adalah segala bentuk latihan yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang dipilih dan direncanakan untuk mencapai tujuan tertentu.

2). Margono

Menurut Margono, pengertian senam adalah latihan gerak tubuh yang dipilih dan diciptakan secara terencana, tersusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan seseorang secara selaras.

3). Mahendra

Menurut Mahendra, pengertian senam adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan motorik.

4). Muhajir

Menurut Muhajir, pengertian senam adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan komponen gerak.

Jenis – Jenis Senam

Ada beberapa jenis senam yang di akui di dunia. Ada beberapa jenis yang diperlombakan pula pada ajang olimpiade maupun pekan olahraga, jenis-jenis senam ini juga berpengaruh pada alat yang digunakan, berbeda jenis maka akan beda alat yang dibutuhkan dan beda pula teknik senam yang dilakukan oleh atelit atau orang yang melakukan senam, jenis-jenis senam tersebut dibedakan sebagai berikut :

1). Senam lantai

Senam lantai merupakan kegiatan olahraga yang gerakan dan bentuk latihannya dilakukan di atas lantai sesuai dengan namanya. Biasanya senam lantai dilakukan dengan menggunakan matras berupa matras. Berbagai jenis latihan lantai adalah sikap lilin, headstand dan handstand, guling depan, guling belakang, pegas leher, kayak, dan lompat harimau.

2). Senam irama (senam ritmik)

Senam ritmik atau senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan mengikuti irama musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Latihan ini dapat dilakukan dengan atau tanpa alat.

3). Senam aerobik

Latihan aerobik adalah cara latihan untuk mendapatkan oksigen sebanyak mungkin. Olahraga ini untuk meningkatkan kebugaran jasmani, bukan untuk olahraga prestasi. Merupakan olahraga preventif yang dapat dilakukan secara masal.

4). Senam artistik (senam atletik)

Senam artistik atau senam atletik adalah senam yang berisi gerakan-gerakan menggunakan alat bantu. Senam artistik menggabungkan aspek rolling dan akrobat untuk mencapai keindahan gerakan yang dilakukan dengan menggunakan alat.

5). Senam trampolin

Senam trampolin adalah jenis senam yang dilakukan di atas trampolin yang pada awalnya dilakukan untuk membantu seseorang melakukan putaran akrobatik di udara yang indah. Karena pelatihannya menarik sehingga dijadikan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan.

6). Senam umum

Senam umum adalah semua jenis latihan selain kelima latihan di atas. Contoh olahraga umum adalah aerobik, senam pagi, kebugaran jasmani, dll.

Manfaat Senam

Ada banyak manfaat senam bagi tubuh sehingga banyak orang mengupayakan untuk melakukan senam setiap memiliki kesempatan, selain membuat kita menjadi lebih bugar dan sehat berikut adalah beberapa manfaat senam yang lainnya.

1). Menjadikan Tubuh Lebih Fleksibel

Senam merupakan olahraga yang dilakukan dengan cara menggerakkan tubuh dengan gerakan tertentu dan dipilih dengan cermat. Gerakan-gerakan tersebut memiliki ritme yang dinamis kemudian melatih otot-otot agar lebih kuat sekaligus lebih fleksibel.

Secara umum, pesenam akan memiliki tubuh yang lebih fleksibel. Dimana tubuh lebih mudah bergerak dan terasa lebih ringan. Selain itu, membantu meminimalkan risiko cedera saat melakukan olahraga, baik itu senam atau jenis olahraga lainnya.

2). Melatih Kemampuan Koordinasi Tubuh

Melakukan senam secara teratur juga membantu melatih kemampuan koordinasi tubuh. Karena tubuh terbiasa bergerak mengikuti gerakan instruktur atau pelatih. Ini juga membantu menggerakkan tubuh dengan dua jenis gerakan dan menggerakkan lebih dari satu bagian tubuh.

Hal ini akan membantu meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh, sehingga lebih nyaman saat bergerak. Pada saat yang sama meminimalkan risiko mudah lupa apa yang harus dilakukan. Oleh karena itu, Anda tidak akan rugi rutin melakukan senam karena sangat bermanfaat untuk koordinasi tubuh.

3). Melatih dan Membentuk Kekuatan Tubuh

Senam sesuai dengan berbagai definisi senam yang dikemukakan oleh para ahli memang memiliki gerakan-gerakan tertentu.

Beberapa bahkan dianggap sulit, bahkan disampaikan oleh atlet muda dan pemula. Namun, lama kelamaan jika sudah terbiasa, gerakan senam tersebut akan terkesan sederhana.

Pelan-pelan pesenam atau pesenam juga akan memiliki kekuatan tubuh yang baik. Karena gerakan senam dilakukan secara sistematis, teratur, dan beberapa kali hitungan pada bagian tubuh tertentu.

Hal ini akan merangsang otot-otot tubuh menjadi lebih kuat, sehingga tubuh akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

4). Meningkatkan Kepercayaan Diri

Senam dan jenis olahraga lainnya secara alami akan membantu tubuh memproduksi endorfin. Hormon ini disebut hormon bahagia karena kehadirannya dapat merangsang pikiran menjadi lebih bahagia.

Ketika Anda melakukan olahraga secara teratur, Anda akan cenderung berpikir positif dan kemudian menjadi lebih percaya diri.

5). Memperlambat Proses Penuaan

Orang yang rutin melakukan senam biasanya akan terlihat awet muda. Karena olahraga sendiri memiliki efek memperlambat penuaan degeneratif.

Hal ini didapat karena dengan rutin melakukan gerakan senam kesehatan jasmani dan rohani lebih terjaga.

Tubuh yang kuat dan massa otot yang terbentuk akan membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin awet muda, Anda bisa mencoba melakukan olahraga secara rutin.

Cara ini tentunya lebih alami dan lebih murah dibandingkan dengan melakukan pengobatan modern yang dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian senam menurut ahli, jenis-jenis, serta manfaat dari senam.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan senam. Terimakasih ya sudah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

15 Tempat Wisata di Buleleng Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Buleleng memang menjadi salah satu tempat terkenal yang berada di Bali. Selain banyaknya objek wisata unggulan yang begitu menawan,…

Pernikahan dengan Sule Hancur, Nathalie Holscher Kepikiran Copot Hijab

Pasca-bercerai dari komedian Sule, rupanya Nathalie Holscher sempat berniat untuk copot hijab. Diketahui, Nathalie Holscher belum lama memeluk Islam. Ia…

Pasal 154a KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

Pasal 146 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Rembang yang Wajib Dikunjungi

Rembang merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Mungkin nama kabupaten Rembang ini tidak cukup populer di telinga Anda. Namun…

15 Tempat Wisata di Klungkung Bali yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang ada di Bali ini memang begitu terkenal dengan kulinernya yang khas. Namun bukan hanya kulinernya saja…

Pasal 169 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

18 Tempat Wisata di Kabupaten Purbalingga yang Wajib Dikunjungi

Purbalingga merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Pemalang pada sisi sebelah utara. Kabupaten Purbalingga memang…

Diperkosa Tetangga sebelum Pernikahan, Pengantin Wanita Ini Dipaksa Tes Keperawanan

Seorang pengantin wanita berusia 24 tahun di Bhilwara, Rajasthan, India , dipaksa untuk tes keperawanan oleh mertuanya. Pemaksaan itu terjadi…

Sosok Biduan yang Sedang Hamil Ini Nangis, Imbas Lihat Ulah Ayu Ting Ting di Acara TV, Ada Apa?

Lihat aksi Ayu Ting Ting di acara TV, sosok biduan yang sedang hamil, Zaskia Gotik menangis. Menangis, sosok biduan yang…