Pengertian Senam Irama, Jenis dan Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan Tubuh

Kita pasti pernah melihat orang yang melakukan senam dengan bermacam gerakan dan dilakukan seirama dengan musik untuk mengiringinya, ya senam itu dinamakan senam irama, faktor yang harus diperhatikan dalam senam ini adalah keluwesan, keseimbangan, ketepatan dengan irama dan lainnya.

Umumnya senam dilakukan secara individu atau juga secara berkelompok untuk menampilkan koreografi yang mirip dengan akrobatik dengan atu tanpa alat bantu senam seperti bola, pita, tali, gada dan simpai.

Senam irama pertama kali di perkenalkan oleh Francois Delsarte, Jean-Georges Noverre dan Rudolf Bobe pada abad ke-18.

Lalu senam tersebut dikembangkan oleh Peter henry Ling, Catharine beecher dan Hinrich Medau sehingga menjadi senam irama yang kita kenal sekarang ini.

Senam ini sering juga masuk dalam cabang olahraga olimpide yang bersekala internasional. Berikut kita akan mengulas lebih dalam mengenai senam irama.

Pengertian Senam Irama

Berikut dibawah ini pengertian senam irama, antara lain sebagai berikut.

1). Madijono

Madijono seorang pengmat senam mengertikan senam irama adalah bentuk latihan jasmani yang dilakukan dengan gerakan fisik yang teratur, sistematis dan terencana sehingga dapat memperoleh manfaat yang baik untuk tubuh.

2). Peter H. Werner dalam Muhajir

Peter H. Werner dalam Muhajir juga mendefenisikan senam irama sebagi suatu bentuk latihan tubuh menggunakan lantai dan alat yang sudah dirancang untuk meningkatkan kelincahan, daya tahan tubuh, kontrol diri, kekuatan, koordinasi dan kelenturan tubuh.

3). Khadafi dan Sutrisno

Khadafi dan Sutrisno memberikan mendefinisikan bahwa senam irama adalah bentuk latihan fisik yang menggunakan gerakan sistematis dan terencana agar tujuan yang diinginkan dapat dicapai.

4). Margono

Senam irama menurut  Margono ialah latihan gerakan tubuh yang diciptakan secara terencana, telah disusun dan dipilih secara sistematis sehingga dapat mengembangkan dan membentuk pribadi yang harmonis.

Jenis – Jenis Gerakan Senam Irama

Dalam pelaksanaannya senam irama memiliki beberapa jenis gerakan yang ditentukan berdasarkan senam dengan mennggunakan alat bantu atau tanpa alat bantu dalam pelaksanaannya, yaitu :

1). Senam irama tanpa alat

Gerakan senam ini merupakan gerakan yang menekankan unsur pada koordinasi gaya, teknik, dan eksekusi kemampuan menari dengan irama gerak antara lengan, kaki dan anggota tubuh.

2). Senam irama menggunakan tali

Pada jenis ini kita akan melakukan senam dengan gerakan yang variatif seperti melompat, melempar, berayun, memutar dan membentuk angka 8, tali yang digunakan haruslah tali yang halus dan disesuaikan dengan tinggi peserta untuk ukuran panjangnya.

3). Senam menggunakan simpai

Senam ini menggunakan alat yang bernama sinpai, sinpai merupakan lingkaran besar terbuat dari plastik atau rotan dengan ukuran berat umumnya kurang dari 300 gram. Untuk ukuran umumnya memiliki diameter dengan ukuran 80-90 cm.

4). Senam irama menggunakan bola karet

Senam ini menggunakan alat berupa bola karet yang berdiameter 18-20 cm. Gerakan umumnya bola akan dilempar ke atas dan menangkap bola kembali, atau dengan menggelindingkan bola ke arah pesenam.

5). Senam irama dengan tongkat

Senam ini dilakukan dengan menghentak-hentakkan tongkat, melempar, dan menangkap.ukuran tongkat umumnya memiliki panjang 40-50cm dan berat kurang dari 150 gram. Senam ini dilakukan di atas matras ukuran 12×12 dengan iringan musik senam.

Manfaat Senam Irama bagi kesehatan Tubuh

Sudah tentu dengan melakukan senam kita akan memiliki kebugaran badan dan kesehatan yang lebih dari orang lain pada umumnya, selain hal tersebut senam irama juga memiliki manfaat lainnya, yaitu :

1). Melatih keseimbangan

Salah satu unsur dari senam irama adalah keseimbangan, dengan anda melakukan senam irama anda  akan memiliki postur tubuh yang baik dan juga terhindar dari pembengkokan tulang punggung.

2). Menambah kekuatan otot

Kekuatan otot akan bertambah dengan sering melakukan senam irama. Gerakan-gerakan ringan dapat membantu melatih otot kamu untuk semakin kuat.

Senam ini juga dapat mencegah anda dari cidera akibat aktivitas atau fisik di dalam kehidupan sehari-hari. Otot akan terbentuk karena sering bergerak dan dilatih secara rutin.

3). Mengoptimalkan fungsi otak

Irama gerakan yang ada dalam senam irama akan meningkatkan fokus anda dan meningkatkan fokus otak, sehingga otak mampu untuk berfungsi secara optimal.

Alunan musik yang dilantunkan seuai irama diyakini mampu untuk menurunkan hormon yang bisa membuat stres, seperti hormon kortisol dan epinefrin. Kedua hormon tersebut nantinya akan menjadi antidepresan dalam bentuk norepinefrin.

4). Membantu menyehatkan mental

Manfaat yang bisa didapat selanjutnya adalah kesehatan secara mental. Menurut sebuah penelitian, anak-anak yang melakukan senam ritmik dapat memiliki kemampuan pemecahan masalah dan konsentrasi yang lebih baik.

Dengan begitu, nilai akademik anak juga akan meningkat. Untuk orang dewasa sendiri, senam ritmik dianggap dapat menghilangkan stres dan menjaga kesehatan mental, namun kesulitannya biasanya membutuhkan kelenturan fisik, sedangkan untuk beberapa anak diperlukan latihan khusus.

5). Meningkatkan fleksibilitas pada anak

Gerakan-gerakan yang ada akan melatih elastisitas tubuh anak sehingga mampu membuat tubuh anak menjadi lebih fleksibel.

Jadi bila tindakan ini sering dilakukan, dapat membantu anak mendapatkan kelenturan dan stabilitas, sehingga membuat otot mereka lebih kuat.

Selain itu, melalui olahraga ini anak juga dapat meningkatkan nafsu makan dan metabolisme Setiap gerakan senam artistik diiringi musik.

6). Menyehatkan jantung

Tempo yang digunakan dalam senam irama sangat beragam, mulai dari tempo lambat hingga tempo cepat. Gerakan lambat ke cepat ini membuat senam ritmik sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian senam irama, jenis-jenis, serta manfaat senam irama bagi kesehatan tubuh kita.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan senam irama. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Tanggapi Somasi dari Mbak Rara gegara Bongkar Trik Pawang Hujan, Pesulap Merah Santai: Saya Gak Nyebut Nama Dia!

Mbak Rara pawang hujan MotoGP Mandalika 2022, mlayangkan somasi kepada Pesulap Merah karena telah membongkar trik pawang hujan yang dilakukannya.…

‘Bapak Nggak Ada Wewenang’, Viral Video Pria Tegur Petugas Dishub yang Lakukan Razia Kendaraan hingga Tagih Denda Rp 20 Ribu, sang Oknum Auto Kabur Saat dapat Ancaman Begini

Razia kendaraan memang sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia. Pada umumnya, pengendara bisa terjaring razia jika melakukan sejumlah pelanggaran.…

Dukun Paksa Potong Puting Payudara Perempuan Dan Berhubungan Intim, Dalih Buang Aura Negatif!

Nasib nahas menimpa perempuan berinisial SI warga Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. SI kini hanya dapat meratapi nasibnya usai…

Lihat! Ibu Ini Membawa 3 Anak Kembarnya Masuk Tahanan, Kak Seto Bela-belain Istri Sambo Agar Tak Dibui, Netizen: Dibayar Berapa Sama Ibu PC?

Perlakuan istimewa dari Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto terhadap istri Ferdy Sambo,…

Pasal 162 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

Biaya Balik Nama Sepeda Motor dan Syarat Pengurusan Terbaru

Kini, lebih mudah mengatur kembali nama dan membuat STNK). Biasanya nama kendaraan bermotor berubah karena adanya pergantian nama pemiliknya. Misalnya,…

15 Tempat Wisata di Karangasem Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Karangasem memang menjadi salah satu kabupaten yang berada di daerah Bali. Masih sama seperti daerah-daerah lainnya yang berada di…

Satu Indonesia Bersorak! Shandy Purnamasari Resmi Laporkan Nikita Mirzani ke Kepolisian, Nyai Terancam Pasal Berlapis Maksimal 12 Tahun Penjara

Pelaporan tersebut atas dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh Nikita Mirzani. Dimana ia sebelumnya membeberkan kalau kekayaan Shandy Purnamasari…

Apa Itu Leasing Mobil dan Bagaimana Cara Kerjanya

Leasing adalah sebuah aktivitas pembiayaan yang dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk pengadaan atau peminjaman barang modal yang diatur dalam sebuah…

6 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu Bagi Pemula

Untuk memiliki sebuah barang yang sedang sangat dibuthkan atau berharga, terkadang kita memutuskan untuk membeli barang bekas yang tentunya masih…