Pengertian Seminar, Syarat Pelaksanaan, Ciri-Ciri dan Pihak yang Terlibat dalam Seminar

Kata seminar bagi masyarakat khususnya mahasiswa tentu sudah tidak asing lagi. Apalagi di era sekarang ini, sebagian besar kegiatannya melalui seminar.

Perlu kita ketahui bahwa seminar adalah pertemuan kelompok dengan tujuan untuk membahas sesuatu dengan topik tertentu.

Dalam seminar biasanya membahas suatu masalah kemudian mencari solusi agar masalah tersebut dapat dipecahkan.

Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai seminar, yuk simak beberapa informasi yang akan kami berikan berikut ini.

Pengertian Seminar

Seminar adalah pertemuan individu dengan kelompok untuk membahas suatu topik masalah dan mencari solusi agar masalah yang ada dapat dipecahkan.

Biasanya seminar dipandu oleh moderator/MC dan dihadiri oleh banyak orang. Setelah pemateri menyampaikan materi akan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara pemateri tersebut dengan audiens.

Di akhir sesi akan ada kesimpulan tentang topik yang sedang dibahas dalam seminar dan dijadikan solusi dari permasalahan yang dibahas untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain ilmu yang sangat bermanfaat, peserta seminar biasanya akan diberikan sertifikat sebagai tanda bahwa kita mengikuti seminar tersebut.

Kegiatan seminar dapat dilakukan oleh semua kalangan, misalnya mahasiswa, mahasiswa, LSM, pekerja profesional, LSM, instansi pemerintah, lembaga swasta dan masih banyak lagi.

Dari penjelasan mengenai pengertian seminar, dapat disimpulkan bahwa kegiatan/kegiatan seminar adalah:

1). Pertemuan yang diadakan dengan teknik tertentu.

2). Suatu perkumpulan yang bersifat massal atau dihadiri banyak orang.

3). Pertemuan yang penuh informasi dan pembelajaran.

4). Pertemuan yang melibatkan proses diskusi ilmiah dan bermanfaat bagi banyak pihak.

Syarat Pelaksanaan Seminar

Dalam penyelenggaraan forum diskusi ilmiah seperti seminar harus memiliki syarat-syarat tertentu, yaitu sebagai berikut.

1). Seminar adalah forum yang melibatkan peserta. Ada seminar yang bersifat umum dan ada pula yang bersifat terbatas sesuai dengan kemampuan penyelenggara kegiatan tersebut.

2). Adanya pemateri dalam seminar yang mempersiapkan materi makalah yang akan disampaikan. Seminar juga memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk mengajukan sanggahan atas makalah yang sedang dibahas. Baik itu para ahli, peneliti dan orang lain.

3). Dalam pelaksanaan seminar tentunya ada moderator yang mengatur jalannya seminar. Moderator akan menjadi perantara komunikasi antara pembicara dan peserta. Moderator juga berhak memberikan waktu agar seminar menjadi lebih disiplin waktu, bahkan jika waktu untuk presenter habis, moderator akan memberikan sinyal lampu kuning. Bahkan moderator berhak memberikan komentar jika pembicaraan pembicara keluar dari topik yang sedang dibahas.

Ciri-ciri Seminar

Seminar ini memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan kegiatan atau aktifitas diskusi lainnya. Adapun ciri-ciri kegiatan seminar adalah sebagai berikut:

1). Berbentuk Forum

Seminar umumnya berbentuk forum yang melibatkan peserta dan pemateri. Jadi, selama seminar akan terjadi komunikasi 2 arah antara pemateri dengan audiens atau peserta.

2). Mengacu pada makalah

Seminar biasanya membahas makalah-makalah yang sudah ada yang telah disusun dalam bentuk kertas kerja dan juga power point. Biasanya makalah dan diskusi datang dari pemateri pada saat seminar.

3). Membahas masalah ilmiah

Dalam seminar tersebut kita akan membahas isu-isu ilmiah yang aktual dan akan menjadi topik dalam seminar tersebut.

4). Ada Respon dari Audiens

Dalam pelaksanaan seminar, para ahli tentu akan memberikan sanggahan jika tidak sesuai atau memang merupakan ilmu baru. Setiap orang berhak melakukannya tentunya dengan prosedur yang ada saat seminar diadakan.

Tujuan dan Fungsi Seminar

Tujuan utama seminar adalah untuk menyampaikan pendapat atau bahkan menyampaikan sesuatu yang baru.

Fungsinya tidak lain untuk menambah wawasan dan bertukar pikiran dalam membahas kajian ilmiah.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tujuan dan fungsi seminar.

1). Menyampaikan informasi ilmiah sehingga dapat digunakan sebagai solusi permasalahan.

2). Memperdalam ilmu lebih lanjut dengan sesi tanya jawab di dalamnya.

3). Menambah ilmu baru yang mungkin tidak kita dapatkan di perkuliahan atau dimanapun.

4). Tempat menambah relasi, teman, jaringan.

5). Meningkatkan rasa percaya diri.

6). Salah satu cara bersosialisasi di forum resmi.

Pihak yang Terlibat dalam Seminar

Kegiatan seminar ini dapat terlaksana dengan kerjasama beberapa pihak yang terlibat di dalamnya. Pihak-pihak yang terlibat dalam seminar tersebut antara lain:

1). Pembawa acara adalah pihak inilah yang membuka seminar, memperkenalkan pemateri, memperkenalkan moderator dan note taker, serta menutup kegiatan seminar.

2). Moderator, adalah pihak yang bertanggung jawab atas berjalannya proses sebuah seminar.

3). Pemateri/ pembicara, adalah pihak inilah yang mempresentasikan materi seminar kepada para peserta. Biasanya pembicara ini adalah seseorang yang ahli dalam bidang tertentu.

4). Peserta, adalah peserta seminar yang mendengarkan materi seminar dan memberikan umpan balik tentang isi materi.

5). Notulen, adalah pihak yang bertanggung jawab untuk mencatat dan meringkas hal-hal penting dalam pembahasan materi seminar.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian seminar lengkap dengan ciri-ciri, unsur, tujuan dan fungsi, serta pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan seminar.

Kami berharap ulasan kami membantu, terutama dalam memberikan pemahaman terkait seminar. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Harga Mobil Toyota Voxy CVT Terbaru 2022

Tahukah kamu bahwa Toyota yang merupakan salah satu produsen mobil terbesar di dunia awalnya memproduksi mesin jahit? Ya, perusahaan yang…

Harga Mobil Honda Jazz Terbaru 2022

Honda tampaknya sudah menjadi salah satu merek yang sudah legend di Indonesia sendiri. Salah satu faktornya sebab produk keluaran Honda…

Heboh! Beredar Video Detik – Detik Jasad Eril Ditemukan di Engehalde

Usai KBRI Swiss mengumumkan penemuan jasad Emmeril Kahn Mumtadz pada Rabu 8 Juni 2022 pukul 06.50 waktu Swiss, tiba-tiba saja…

Lirik Lagu Sampai Akhir – Judika ft Duma Riris Silalahi

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Orang Ketiga – Nabasa Trio

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Tak Diundang ke Pernikahan Deddy Corbuzier, Kalina Ocktaranny Kesal Jadi Bulan-bulanan Dibanding-bandingkan: Jelekkan Aku, Jelekkan Sabrina, Ya Sudah

Kalina Ocktaranny dikabarkan tak diundang ke acara pernikahan Deddy Corbuzier dengan Sabrina. Dikutip Gridhot dari Grid.ID, Kalina dan Deddy memang…

Kondisi Wajah Asli Fuji Live TikTok Tanpa Filter dan Make Up Ramai Digunjing, Disebut Terlihat Beda

Ipar mendiang Vanessa Angel, Fujianti Utami Putri diketahui kerap dapatkan banyak perhatian semenjak kepergian kedua kakaknya. Pasalnya, Fuji dikenal sangat…

Cincin Nikah yang Baru Disematkan di Jarinya Langsung Dipeloroti, Pengantin Wanita Ini Mendadak Diseret ke Kantor Polisi, Munculnya Sosok Kuli Bangunan Ini yang Jadi Penyebabnya!

Cincin nikahnya langsung dipeloroti, pengantin wanita ini langsung diseret ke kantor polisi, ada apa? Pernikahan adalah sebuah momen yang sangat…

Menikah Umur 19, Artis Ini Menjanda Setelah Diselingkuhi dan Jadi Korban KDRT, Kini Fokus Asuh Anak

Artis ini jadi janda di usia 22 tahun usai diselingkuhi dan jadi korban KDRT. Kini dia mencoba bangkit dan berhasil…

Wanita Serakah? Pantas Saja Baru Akur Meski Sudah Berlalu Bertahun-tahun, Sosok Ini Bongkar Perlakuan Mulan Jameela pada Maia Estianty Bak Tak Puas Sudah Rebut Ahmad Dhani: ‘Injak Kepala’

Hubungan Maia Estianty dan Mulan Jameela memang kini dikabarkan sudah sangat membaik usai bertahun-tahun lamanya. Hal tersebut sempat diungkap Al…