Pengertian Ruang dan Interaksi Antar Ruang, Syarat Serta Bentuknya

Setiap makhluk hidup di bumi ini membutuhkan ruang untuk melanjutkan kehidupannya. Konsep ruang merupakan salah satu yang harus dipahami dalam mempelajari geografi.

Selain itu dalam ilmu geografi ada juga yang namanya interaksi antar ruang. Dimana ruang dan interkasi antar ruang saling berhubungan. Ruang adalah suatu tempat di permukaan bumi, baik seluruhnya atau hanya sebagian yang digunakan oleh makhluk hidup untuk hidup.

Sedangkan interaksi antar ruang merupakan cara pengelolaan ruang berdasarkan potensi serta permasalahan dan hubungan antara suatu ruang dengan ruang sekitarnya.

Untuk lebih mendalami apa itu ruang dan interaksi antar ruang, maka simak beberapa informasi yang akan kami berikan berikut ini.

Pengertian Ruang

Dalam Geography Studies: An Approach and Spatial Analysis (1981), Nursid Sumaatmadja memaparkan definisi ruang.

Ruang adalah suatu tempat di permukaan bumi, baik seluruhnya atau hanya sebagian yang digunakan oleh makhluk hidup untuk hidup.

Ruang juga dapat diartikan sebagai wadah segala aktivitas manusia, hewan dan tumbuhan yang ada di permukaan bumi.

Ruang tidak hanya terbatas pada udara yang bersentuhan dengan permukaan bumi. Tetapi juga lapisan atmosfer paling bawah yang mempengaruhi permukaan bumi.

Ruang juga mencakup perairan yang terdapat di permukaan bumi, yaitu laut, sungai, danau, atau yang berada di bawah permukaan bumi (air tanah) sampai kedalaman tertentu.

Setiap ruangan memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Untuk memudahkan kamu dalam mempelajari konsep ruang, simaklah kesimpulan berikut ini.

1). Ruang tidak hanya dibatasi oleh udara yang bersentuhan dengan bumi, tetapi juga lapisan atmosfer paling bawah yang mempengaruhi permukaan bumi.

2). Setiap ruang di permukaan bumi memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain, diikuti oleh sumber daya yang dihasilkannya.

3). Ruang tidak berdiri sendiri, peristiwa dalam satu ruang mempengaruhi ruang lainnya.

4). Ruang adalah tempat manusia berinteraksi.

5). Ruang adalah tempat semua peristiwa terjadi.

Pengertian Interaksi Antar Ruang

Dalam ruang, tentunya manusia dan makhluk hidup lainnya akan berinteraksi. Perbedaan yang ada pada karakteristik ruang, akan menimbulkan hubungan saling membutuhkan, sehingga terjadi interaksi antar ruang.

Tidak ada satu ruang pun yang mampu memenuhi semua kebutuhannya sendiri. Setiap ruang membutuhkan ruang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Perbedaan karakteristik ruang tersebut menyebabkan terjadinya interaksi antara ruang yang satu dengan ruang lainnya. Termasuk komunikasi antar manusia yang hidup di dalamnya.

Interaksi merupakan suatu proses yang bersifat timbal balik dan mempunyai pengaruh terhadap perilaku, baik melalui kontak langsung maupun tidak langsung.

Interaksi antar ruang merupakan cara pengelolaan ruang berdasarkan potensi dan permasalahannya serta keterkaitan suatu ruang dengan ruang sekitarnya.

Interaksi antar ruang dapat berupa perpindahan orang, barang, atau informasi dari daerah asal ke daerah tujuan atau dari satu daerah ke daerah lain.

Syarat Interaksi Antar Ruang

Ada beberapa kondisi saling ketergantungan yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antar ruang atau interaksi spasial, yaitu:

1). Saling melengkapi (complementarity)

Antara satu ruang dengan ruang lainnya saling membutuhkan sehingga saling melengkapi. Kondisi komplementer dapat terjadi ketika satu daerah dengan daerah lain menghasilkan komoditas yang berbeda.

2). Kesempatan antara (intervening opportunity)

Kesempatan antara berarti penawaran alternatif, di mana suatu ruang menawarkan pilihan yang lebih baik daripada ruang asal atau ruang tujuan. Daerah yang satu dengan daerah yang lain dapat berpeluang untuk saling berinteraksi karena adanya kemungkinan adanya perantara yang dapat menghambat interaksi tersebut.

Misalnya daerah A membutuhkan sayuran, daerah B dan C merupakan daerah penghasil sayuran. Namun, area B lebih jauh dari area C. Kemudian area A akan memilih untuk berinteraksi dengan area C.

3). Kemudahan transfer (transferability)

Transferability juga dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang dapat dialihkan atau dialihkan.

Syarat interaksi antar ruang sangat penting dalam menciptakan interaksi antar ruang. Ada banyak cara untuk berpindah atau berpindah ke suatu ruang. Kondisi ini juga membutuhkan biaya

Bentuk Interaksi Antar Ruang

Ada tiga bentuk interaksi antar ruang, yaitu:

1). Mobilitas Penduduk

Mobilitas penduduk merupakan suatu bentuk interaksi antar ruang yang berupa pergerakan dan perpindahan penduduk dari satu ruang ke ruang lainnya.

Contoh: urbanisasi, imigrasi, transmigrasi, perjalanan kerja, perjalanan ke tempat wisata, dan lain-lain.

2). Komunikasi

Komunikasi adalah suatu bentuk interaksi antar ruang melalui transfer ide, gagasan, informasi, visi dan misi, cita-cita dan sejenisnya, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Contoh: menonton acara berita, menonton acara televisi, membaca buku dan lain-lain.

3). Transportasi

Transportasi adalah suatu bentuk interaksi antar ruang melalui pergerakan barang dari satu tempat ke tempat lain.

Contoh: angkutan barang, perdagangan, dan lain-lain.

Demikian artikel kami mengenai pengertian ruang dan interaksi antar ruang lengkap dengan syarat dan bentuknya.

Semoga ulasan kami dapat membantu menambah wawasan kamu. Terima kasih telah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Hadiri Sidang Cerai, Sosok Nathalie Holscher Minta Sule Transfer Rp 25 Juta per Bulan, Ayah Putri Delina Mohon Ampunan

Hari ini, Rabu (20/7/2022), sidang perdana perceraian Sule dan Nathalie Holscher digelar. Kuasa hukum Madha Besar Surya memastikan kliennya, Nathalie…

Baim Wong Bantah Rampok Citayam Fashion Week dari Si Miskin, Sebut Demi Indonesia: Citayam Jadi Hebat dengan Uang Ini!

Artis Baim Wong menyebut upayanya mendaftarkan Citayam Fashion Week (CFW) ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) adalah demi kemajuan bangsa…

Niat Sholat Jenazah dan Tata Cara Pelaksanaannya

Sholat jenazah adalah sholat yang dilakukan ketika ada seseorang meninggal dunia, sholat jenazah dilaksanakan secara berjamaah dan hukumnya fardu kifayah…

Contoh Soal CPNS Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI)

Segala hal mengenai bidang kesehatan di Indonesia berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan untuk membantu pemerintahan negara. Dalam melaksanakan tugasnya,…

Jennifer Dunn Ngemis-ngemis Mohon Ampun pada Sarita Abdul Mukti Usai Kena Karma Jadi Pelakor? Begini Jawaban Tak Terduga Mantan Istri Faisal Harris

Jennfer Dunn kini ngemis-ngemis mohon ampun pada Sarita Abdul Mukti udai kena karma jadi pelakor? Sudah bukan rahasia lagi jika…

Ibu yang Ludahi Iriana Jokowi Nangis di Kantor Polisi: Saya Minta Maaf

Beredar video diduga seorang ibu yang awalnya hina dan ludahi Iriana Jokowi, kini ditangkap dan nangis di kantor polisi, dalam…

17 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Pangandaran adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Ciamis di utara, Kabupaten Cilacap di…

Yakinkan Yuni Shara, Raffi Ahmad Keringat Dingin di Depan Kakak KD: Aku tuh Gak Pernah Bohong

Jeli, kakak KD, Yuni Shara rupanya tak termakan ucapan Raffi Ahmad. Raffi Ahmad sampai keringat dingin saat disidang langsung oleh…

Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 6 SD/MI dan Jawabannya

Belajar adalah sebuah proses yang perlu diterapkan dan dibiasakan, sehingga siswa tidak lagi menganggapnya sebagai sebuah beban, melainkan sebuah rutinitas…

Brigadir J Disebut Kepergok Ajudan Lain Pakai Parfum Putri Candrawathi dan Lakukan Ini

Kuasa hukum keluarga Irjen Ferdy Sambo, Arman Haris nampaknya tidak tinggal diam dengan berbagai pernyataan dari pengacara keluarga Brigadir J,…