Pengertian Routing, Jenis, Cara Kerja Serta Kelebihan dan Kekurangan Routing

Jika kamu seorang IT atau mahasiswa yang bekerja di dunia teknologi, kamu pasti tahu dengan istilah routing. Memang sekilas maknanya mirip dengan ‘router’, namun ternyata memiliki makna yang berbeda.

Router adalah perangkat sedangkan routing adalah prosesnya, jadi kamu harus benar-benar memahami perbedaan ini dengan baik.

Untuk mengenal lebih jauh apa itu routing, berikut ini kami kan memberikan informasi mengenai routing, yuk simak ulasan kami dibawah ini.

Pengertian Routing

Routing adalah cara atau metode pengiriman paket melalui suatu jaringan atau network ke sumber tujuan. Pada OSI Layer, proses routing ini terjadi pada lapisan yang ketiga dan menangani hal-hal yang berhubungan dengan router.

Singkatnya, Routing dapat dikatakan sebagai proses pengiriman paket data dan informasi dengan meneruskannya dari satu jaringan ke jaringan lain berdasarkan protokol tertentu.

Routing memilih jalur yang harus diambil oleh sebuah paket. Jalur yang baik tergantung pada beban jaringan, panjang datagram, jenis layanan yang diminta dan pola lalu lintas. Secara umum, skema routing hanya mempertimbangkan jalur terpendek.

Jenis – Jenis Routing

Beberapa jenis routing bisa dikelompokkan menjadi beberapa bagian dan mungkin Sebagian dari kamu sudah sering kamu temui, diantaranya yaitu:

Routing berdasarkan cara kerja konfigurasinya

Berikut dibawah ini routing berdasarkan cara kerja konfigurasinya, antara lain.

1). Routing Default

Routing default adalah salah satu jenis routing yang digunakan untuk mengirim berbagai paket secara manual dan umumnya digunakan pada jaringan yang memiliki satu jalur keluar (jaringan lokal).

Rute default ini juga sering digunakan ketika rute dari sumber ke tujuan tidak dikenali atau ketika ada informasi yang tidak mencukupi dalam tabel routing ke jaringan tujuan.

2). Routing Statis

Routing statis adalah proses perutean untuk menambahkan rute pada tabel perutean dimana administrator menambahkan rute tersebut secara manual. Karakteristik routing statis tentu saja karena tidak akan berubah kecuali administrator mengubahnya.

Hal ini tentunya sangat cocok untuk jaringan komputer yang menggunakan beberapa router dan pengaturan routing tidak berubah dalam waktu yang lama.

Kelebihan dari routing statis ini juga cukup banyak, beberapa diantaranya adalah:

  • Tidak ada bandwidth yang digunakan antar router dalam jaringan.
  • Tidak ada overhead CPU untuk router dan harganya relatif lebih murah daripada router dinamis.
  • Karena administrator dapat memilih untuk mengisi akses routing, maka jenis routing ini menjadi lebih aman.

Namun, ada beberapa kekurangan atau kelemahan dari routing statis dalam penggunaannya. Berikut salah satunya:

  • Karena umumnya dilakukan secara manual, maka administrator harus benar-benar memahami jaringan dan bagaimana setiap router dapat terhubung satu sama lain dengan konfigurasi yang benar.
  • Routing statis juga tidak dapat menangani kegagalan / kesalahan pada jaringan eksternal karena setiap rute diatur secara manual dan dikonfigurasi ulang secara manual untuk menyelesaikan masalah jaringan.
  • Jika jaringan ditambahkan ke antar jaringan, administrator harus menambahkan rute ke semua router secara manual. Hal ini tentu sangat merepotkan jika jaringan yang digunakan sangat besar.
  • Jenis routing ini jelas tidak cocok untuk jaringan besar karena memerlukan perawatan terpisah. Hal semacam ini mungkin bisa menjadi pekerjaan yang cukup menyita waktu dan membutuhkan perhatian khusus. Jadi, routing statis lebih cocok untuk jaringan yang tidak terlalu besar.

3). Routing Dinamis

Routing dinamis adalah routing yang digunakan untuk menemukan jaringan dan memperbarui tabel routing secara otomatis pada suatu router.

Cara kerja dynamic routing adalah akan dijalankan berdasarkan konfigurasi yang telah dibuat oleh administrator.

Jenis routing ini tentunya lebih mudah digunakan dibandingkan dengan routing default dan static, namun biasanya routing jenis ini akan membedakan waktu proses pada CPU router dan menggunakan bandwidth link jaringan.

Karakteristik routing dinamis juga cukup unik, yaitu mampu menganalisa sendiri rute mana yang terbaik untuk diambil agar dapat sampai ke alamat tujuan.

Administrator di sini hanya menentukan bagaimana router memahami paket dan router akan memahaminya secara otomatis.

Rute routing dinamis akan berubah berdasarkan pemahaman yang telah diperoleh dari router. Artinya router saling bertukar informasi sehingga dapat mengetahui alamat tujuan dan penerima tabel routing dengan baik dan akurat.

Routing dinamis pada dasarnya dibangun di atas informasi yang dikumpulkan oleh protokol routing dan biasanya dirancang untuk mendistribusikan informasi secara dinamis mengikuti keadaan jaringan. Dengan ini, routing dinamis akan lebih fleksibel untuk menghadapi kondisi perutean yang rumit.

Routing berdasarkan bentuk/pembedanya

Saat menjalankan prosesnya, routing juga dapat dibagi menjadi dua yaitu direct routing dan indirect routing. Berikut penjelasannya.

1). Direct Routing

Direct routing adalah proses pengiriman paket data dari alamat IP pengirim ke alamat IP penerima tanpa harus melalui host.

2). Indirect Routing

Sesuai dengan namanya, routing jenis ini berarti proses pengiriman tidak langsung karena dikirim dengan sebuah host. Intinya dalam indirect routing ini, prosesnya harus melewati host atau alamat IP lain terlebih dahulu.

Cara Kerja Routing

Agar routing dapat bekerja dengan baik, ada beberapa hal yang harus diketahui, yaitu:

1). Alamat tujuan atau destination address, yaitu alamat tujuan yang ingin dituju oleh paket routing.

2). Mengetahui sumber informasi, router yang ada harus mengetahui dari sumbernya agar dapat dipelajari dan dipahami agar dapat sampai ke tujuan.

3). Mencari rute, jalur atau route harus diketahui oleh router agar paket dapat sampai dengan benar. Harus tahu rute mana yang memungkinkan untuk jaringan jarak jauh.

4). Pemilihan rute, pada akhirnya harus tahu rute mana yang terbaik untuk setiap jaringan jarak jauh dalam jaringan.

5). Menjaga informasi routing: ini adalah metode yang dapat menjaga rute ke tujuan yang diketahui terlebih dahulu dan paling sering dilalui.

Keuntungan dan Kerugian Routing

Routing juga mempunyai kelebihan dan kekurangan, diantaranya sebagai berikut:

Kelebihan Routing

Berikut dibawah ini kelebihan routing, antara lain sebagai berikut.

1). Tidak butuh waktu lama untuk pemrosesan rute saat dikirim ke router lawan.

2). Tidak memaksakan bandwidth pada router sehingga kinerja router tidak terganggu oleh routing yang dilakukan.

3). Memfasilitasi penetapan jaringan dan memberikan lebih banyak keamanan. Karena routing statis ini dibuat secara manual, kami dapat mengontrol dengan siapa kami terhubung.

Kekurangan Routing

Berikut dibawah ini kekurangan routing, antara lain sebagai berikut.

1). Routing statis ini membutuhkan tingkat perhatian yang lebih tinggi dalam pengaturan. Untuk itu, administrator harus memiliki desain yang jelas atau topologi yang jelas sebelum melakukan penyesuaian.

2). Jika ada pengguna atau perangkat baru, pengaturan tambahan akan diperlukan lagi secara manual. Tentunya hal ini akan memakan waktu yang lama, karena perlu menambahkan setting pada router yang ada.

3). Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa aturan statis ini perlu lebih diperhatikan. Oleh karena itu, aturan ini tidak cocok untuk jaringan besar.

Demikian artikel kami tentang pengertian routing lengkap dengan jenisnya, cara kerjanya serta kelebihan dan kekurangan dari routing.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah pengetahuan kamu mengenai routing. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Lirik Lagu Batak Nungnga Adong Nampuna Au – Nabasa Trio

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Neneknya Ngebet Pengin Ketemu Pemeran Aldebaran Gegara Hal Ini, Raffi Ahmad Auto Kabulkan Sampai Rela Panggil Arya Saloka: Biar Allah yang Balas Kebaikan Lu Bro

Sejak memerankan tokoh sebagai Aldebaran, Arya Saloka memang banyak dikenal orang. Tak sedikit bahkan yang mengidolakan sosok Aldebaran dalam sinetron…

Lirik Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet – Aldi Embrian

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Kemesraan yang Dinyanyikan oleh Franky Sahilatua

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Waduh! Adegan Ranjangnya dengan Syahrini Terlanjur Ditonton Jutaan Orang, Siapa Sangka Reino Barack Justru Ditipu Mentah-mentah oleh Sang Istri: ‘Baru Ngeh’

Siapa yang tak kenal dengan pasangan serasi Syahrini dan Reino Barack? Tak asing bukan? Pasangan yang menikah pada 2019 lalu…

Wanita Serakah? Pantas Saja Baru Akur Meski Sudah Berlalu Bertahun-tahun, Sosok Ini Bongkar Perlakuan Mulan Jameela pada Maia Estianty Bak Tak Puas Sudah Rebut Ahmad Dhani: ‘Injak Kepala’

Hubungan Maia Estianty dan Mulan Jameela memang kini dikabarkan sudah sangat membaik usai bertahun-tahun lamanya. Hal tersebut sempat diungkap Al…

Venna Melinda nyerah soal durasi hubungan suami istri: Wow, oh my God aku keramas lagi

Pasangan pengantin baru, Venna Melinda dan Ferry Irawan blak-blakan soal kehidupan pribadi mereka. Pernikahan ini adalah yang ke-4 bagi Ferry…

Lirik Lagu Buktini Cinta – Nagabe Trio

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Kandas – Evie Tamala

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Harga Diriku – Yeni Inka

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…