Pengertian Router, Jenis – Jenis, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Router

Subtitle goes here

By:

November 25, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Pada saat ini, kebutuhan akan internet sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Setiap hari, orang menggunakan internet untuk melakukan berbagai aktivitas. Untuk dapat terhubung ke koneksi ini diperlukan perangkat yang disebut router.

Kali ini kita akan membahas yang Namanya router mulai dari pengertian router, jenis router dan fungsi router. Yuk simak ulasan kami berikut ini.

Pengertian Router

Router adalah perangkat keras pada jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan baik jaringan yang sama maupun jaringan yang berbeda dari segi teknologi.

Ada juga yang menjelaskan bahwa pengertian router adalah perangkat keras jaringan komputer yang berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet dari satu perangkat komputer ke perangkat komputer lainnya, dimana proses tersebut disebut dengan routing.

Router juga memiliki fungsi untuk menentukan apakah sumber dan tujuan transmisi berada pada jaringan yang sama atau harus ditransfer dari satu jaringan ke jaringan lain yang memerlukan kode informasi untuk protokol data baru.

Setiap router memiliki fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) yang dapat diatur sedemikian rupa sehingga dapat berbagi alamat IP.

Selain itu, pada router juga terdapat NAT (Network Address Translator) yang merupakan fasilitas yang memungkinkan suatu alamat IP atau koneksi internet di-share ke alamat IP lain.

Jenis – Jenis Router

Secara umum router dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Beberapa jenis router adalah sebagai berikut:

Berdasarkan Aplikasi

Berikut dibawah ini jenis-jenis router berdasarkan aplikasi, antara lain.

1). Router Aplikasi

Router aplikasi adalah aplikasi yang dapat diinstal oleh pengguna pada sistem operasi komputer sehingga sistem operasi komputer dapat bekerja seperti router. Beberapa contoh router aplikasi adalah Wingate, WinProxy, Winroute, Spygate.

2). Hardware Router

Perangkat keras router adalah perangkat keras yang memiliki kemampuan seperti router. Dengan kemampuan tersebut, perangkat keras ini dapat digunakan untuk berbagi alamat IP (IP address) dan berbagi jaringan internet di suatu area.

Hardware router sendiri juga dapat digunakan untuk membagi jaringan internet yang ada dalam suatu area, seperti access point. Area yang dapat terhubung dengan jaringan internet disebut Area HotSpot.

3). Router PC

Router PC adalah komputer dengan spesifikasi tinggi yang dimodifikasi sehingga dapat berfungsi sebagai router. Beberapa spesifikasi minimal yang harus ada pada komputer adalah prosesor Pentium II dengan hardisk 10 GB dan RAM 64, Terdapat LAN Card dengan sistem operasi khusus untuk router PC dan adanya Mikrotik.

Berdasarkan Mekanisme

Berikut dibawah ini jenis-jenis router berdasarkan mekanisme, antara lain.

1). Router Statis

Router statis adalah sebuah router yang mampu melakukan proses routing suatu jaringan dimana proses tersebut dilakukan secara manual oleh seorang administrator.

2). Router Dinamis

Router dinamis adalah router yang dapat melakukan proses routing dapat berjalan secara otomatis dan dinamis setelah melalui pengaturan oleh administrator jaringan.

3). Router Nirkabel

Router nirkabel adalah router yang dapat bekerja tanpa menggunakan kabel karena hanya mengandalkan media udara untuk mengirimkan paket data.

Fungsi Router

Fungsi utama dari setiap router adalah untuk menghubungkan 2 atau lebih jaringan agar dapat mendistribusikan paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Beberapa fungsi router adalah sebagai berikut:

1). Router berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan sehingga pengguna dapat mengirim paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Proses koneksinya adalah dengan mendistribusikan alamat IP ke setiap komputer di jaringan, baik secara statis maupun dengan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol).

2). Mengirimkan informasi atau data dari satu jaringan ke jaringan lain dimana sistem kerjanya mirip dengan jembatan (network bridge).

3). Menghubungkan jaringan lokal dengan koneksi DSL (Digital subscriber line) atau lebih dikenal dengan DSL router.

4). Menghubungkan LAN ke layanan pengiriman informasi seperti Digital Subscriber Line (DSL). Perangkat router yang digunakan adalah router T1 atau T3 yang sering disebut sebagai access server.

5). Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke jaringan yang lebih besar yang disebut internetwork dan juga membagi jaringan besar menjadi sub-jaringan untuk meningkatkan kinerja dan menyederhanakan proses manajemen.

Teknologi router kini semakin canggih, dimana penggunaannya tidak hanya menggunakan koneksi kabel LAN saja, tetapi juga dengan teknologi wireless. Dengan begitu, sebuah router dapat terhubung ke semua perangkat komputer, laptop, dan gadget lainnya yang masih berada dalam jangkauan router tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Router

Beberapa kelebihan dan kekurangan router antara lain:

Kelebihan Router

Berikut dibawah ini kelebihan router, antara lain.

1). Dapat menghubungkan suatu jaringan komputer dengan jaringan komputer lain.

2). Sebuah router dapat memiliki fungsi untuk menyaring pengolahan data dan juga dapat membagi jaringan menjadi beberapa subnet sehingga proses yang diberikan pada alamat IP tertentu dapat mengalir dari satu segmen ke segmen lainnya.

3). Router dapat berguna sebagai topologi jaringan. Selain itu, router juga tidak sensitif terhadap masalah time lag.

Kekurangan Router

Berikut dibawah ini kekurangan router, antara lain.

1). Router memiliki kekurangan opsi koneksi yang tersedia dan juga sangat bergantung pada jumlah koneksi.

2). Sebuah router dapat menonaktifkan seluruh jaringan atau jaringan yang tidak berguna.

3). Karena router sendiri memiliki peran yang cukup banyak membuat kinerja sebuah komputer menjadi lebih berat.

Demikian artikel kami mengenai pengertian router lengkap dengan jenis router, fungsi router serta kelebihan dan kekurangan router. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai router. Terima kasih sudah berkunjung.

0 Comment

Comments closed.