Pengertian Review, Ciri-Ciri, Struktur, Jenis dan Tujuan Review

Keputusan seseorang misalnya dalam pembelian, sering kali harus berdasarkan review terlebih dahulu. Review yang bisa dipercayai biasanya adalah yang dikeluarkan oleh seseorang yang sudah lebih dulu membeli, melihat, atau menggunkan barang dah hal yang dimaksud.

Misalnya saja sebelum menonton drama Korea, kamu bisa melihat review dan sinopsisnya terlebih dahulu di appnesia.id. Dimana dari review tersebut, kamu bisa memutuskan untuk menonton atau tidak menonton drama Korea itu.

Namun apakah kita sudah memahami apa pengertian review itu sendiri? Untuk sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai pengertian review berikut!

Pengertian Review

Review secara harafiah berarti ringkasan, tinjauan dari beberapa sumber. Baik itu mengenai film, buku, berita, barang, jasa, makan dan lainnya. Kehadiran review ini bisa membantu kita mengetahui kelebihan, kekurangan dan kualitas dari suatu karya atau produk.

Kehadiran review ini tak lain adalah untuk memberi informasi ke pembaca tentang suatu hal. Terkadang juga dilakukan untuk mengajaknya atau membuat pembaca semakin penasaran. Sebab review ini sangat penting untuk pemasaran suatu produk tertentu.

Ciri – Ciri Review

Setelah memahami pengertian review, selanjutnya yang harus dipahami adalah ciri-cirinya. Adapun beberapa ciri-ciri review adalah sebagai berikut:

  • Memiliki tinjauan yang fokus pada kata sifat.
  • Memilih penggunaan kata atau klausa yang cukup panjang serta kompleks.
  • Sering juga menggunakan perumpamaan agar lebih jelas.

Struktur Review

Suatu review, biasanya terdiri dari dua bagian. Dimana bagian ini kehdadirannya wajib demi kejelasan informasi yang ingin disampaikan. Adapun struktur review dengan penjelasannya adalah sebagai berikut:

1). Pengenalan

Bagian pertama terntunya adalah penggalan yang secara umum mengkaji mengenai hal yang akan dibahas atau ditinjau. Penegenalan ini singatnya adalah sambaran umum mengenai sesuatu mulai dari nama, asal, background dan sejenisnya yang akan di bahas pada review tersebut.

2). Evaluasi

Suatu hal atau produk yang sudah diberikan gambaran kemudian dilanjutkan dengan interpretasi. Interpretasi dalam hal ini merujuk pada pandangan penulis terhadap sesuatu yang dibahas.

Dimana karya atau benda yang di review kemudian akan di bandingkan dan dibedah secara dalam di bagian ini. Tujuannya tak lain adalah demi menemukan kekurangan dan kelebihnya. Hingga kemudian pada bagian yang terakhir adalah kesimpulan.

Jenis – Jenis Review

Berikut dibawah ini jenis – jenis review, antara lain:

1). Review Text

Pertama adalah review text, yang sama seperti namanya merujuk pada teks untuk mengklasifikasi suatu karya. Dalam hal ini baik film, buku dan ragam teks lainnya. Tentunya dengan tujuan agar kita mengetahui kualitas, keungulan dan kelemahan yang ada pada karya tersebut.

2). Review Jurnal

Kedua adalah review jurnal yang merujuk pada sebuah strategi untuk mempermudahkan dalam memahami inti dari penelitian yang telah dilakukan. Review jurnal sendiri biasanya sangat diminati oleh mahasiswa ataupun akademisi.

3). Review Gadget

Nah, yang paling seru adalah review gadget. Sebab dewasa ini, gadget sudah menjadi barang yang dimiliki hampir semua orang. Perkembangan zaman mengharuskan untuk memiliki gadget sebagai alat komunikasi.

Maka tak heran jika semakin hari, perusahaan gadget semakin bersaing menciptakan gadget yang bermanfaat dan canggih. Maka, demi memudahkan calon konsumen gadget ini, hadirlah review sebagai pertimbangan keputusan membeli atau tidak.

4). Review Buku

Biarpun zaman teknologi sudah semakin canggih, namun kehadiran buku masih lah penting untuk menambah wawasan. Maka, buku dari dulu hingga sekarang masih tetap terbit dan masih eksis.

Setiap hari nya, ada buku yang bermacam topik dicetak dan didistribusikan. Maka pembaca tentunya membutuhkan review buku terkait untuk memudahkan pembaca mencari bacaan yang tepat.

5). Review Makanan

Kuliner yang sudah semakin menjamur dengan inovasi unik dan menggiur, memaksa manusia untuk mencobanya. Ya, sebab ragam inovasi makanan yang terus berkembang, review makanan tak pernah habis.

Maka, calon pemakan ingin mengetahui isi, bau, rasa dan harga dari makanan sebelum memutuskan untuk mencobanya adalah melalui review.

6). Review Aplikasi

Beriringan dengan maraknya jenis gadget yang modern dan canggih, kehadiran ragam aplikasi juga semakin meriah.

Hasilnya, pengguna gadget terus membutuhkan aplikasi pendukung kegiatan sehari-hari. Nah, sebelum memutuskan untuk mendownloadnya, calon pengguna aplikasi memerlukan review.

7). Review Film

Bagi pecinta film pasti sudah tidak asing lagi dengan review film. Dimana review film hadir sebagai pemberi tahu garis besar cerita, pemeran dan tempat film tersebut dibuat menjadikan penonton ingin menonton film rersebut.

Tujuan Review

Sebenarnya dari pengertiannya saja, kita sudah bisa lihat ya apa tujuan dari review. Namun agar lebih mudah dipahami, akan kami jelasakan sebagai berikut:

Setiap review baik yang dilakukan dalam format tulisan ataupun lisan, memiliki tujuan yang berbeda-beda. Bisa dikatakn tergantung barang atau hal yang sedang dibicarakan, juga kepentingan si pembuat review. Namun tujuan utamanya untuk memberikan informasi dan gambaran dari sebuah produk atau karya yang dibuat.

Era digital ini membuat review semakin memilki jangkauannya lebih luas. Sebab tidak hanya pada review buku saja tetapi termasuk review film, review produk dan sederet lainnya. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya forum-forum yang menjelaskan tentang review suatu produk atau karya.

Demikian ulasan kami mengenai review, yang membahas mulai dari pengertian, ciri, sturktur, jenis dan tujuan review.

Semoga ulasan kami membantu dan menambah wawasan kamu, khususnya mengenai review. Terimakasih sudah singgah.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

15 Tempat Wisata di Trenggalek yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Trenggalek memang terletak di daerah pesisir, tak heran jika di kabupaten ini banyak sekali keindahan pantai yang dapat Anda…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Pemalang yang Wajib Dikunjungi

Pemalang merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Menawarkan destinasi wisata alam yang indah, bahkan beberapa diantaranya masih menjadi sebuah…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Pati yang Wajib Dikunjungi

Pati merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan beberapa kabupaten lainnya, seperti Rembang, Kudus, Jepara, Blora, dan…

Lesti Kejora Laporkan Rizky Billar ke Polisi soal Dugaan KDRT

Penyanyi dangdut Lesti Kejora melaporkan suaminya, Rizky Billar ke Polres Jakarta Selatan atas kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT),…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Sragen yang Wajib Dikunjungi

Sragen merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kondisi geografis serta kebudayaan di kabupaten Sragen ini membuatnya memiliki destinasi wisata…

Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai dan Kredit

Mobil merupakan alat transportasi yang dipilih oleh banyak orang karena memiliki kapasitas serta fasilitas yang nyaman. Sadarkah Anda bahwa saat…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pacitan yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam di Kabupaten Pacitan memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Keindahan pantainya, goa, dan juga hamparan alam hijau yang…

15 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Wajib Dikunjungi

Jakarta memang terbagi menjadi beberapa kota dan kabupaten, salah satunya adalah Kota Jakarta Selatan. Nah mendengar kota yang satu ini…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Pasuruan memang menjadi salah satu daerah yang menjadi kawasan industri di Indonesia. Namun meskipun kawasan industri bukan berarti Pasuruan…

15 Tempat Wisata di Tabanan Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Tabanan memang terkenal dengan area persawahannya, tak heran jika 28% dari luas wilayahnya merupakan lahan persawahan. Tanahnya yang subur,…