Pengertian Report Text, Ciri-Ciri, Struktur dan Contoh Report Text

Ketika kamu mempelajari mata pelajaran bahasa inggris kamu pasti pernah menjumpai report text sebagai salah satu ilmu yang ada di dalamnya. Report text sendiri merupakan suatu teks yang menginformasikan dan juga mendeskripsikan sesuatu hal.

Perlu di tekankan bahwa report text sendiri memiliki penggambaran dan deskripsi sesuatu hal secara umum dapat berupa bagian, kekuatan, fungsi atau bagian lainnya. Sehingga dapat membedakannya dengan descriptive text. Berikut kita akan mengulas mengenai report text.

Pengertian Report Text

Report text merupakan sebuah tulisan yang menuliskan sebuah tulisan dengan mendeskripsikan atau menginformasikan sesuatu hal yang hendak dibahas dari suatu penelitian atau sesuatu analisis yang susunannya dibuat secara sistematis baik secara fisik maupun non fisik.

Penulisan pada report text dibuat secara umum, dan tidak spesifik berbeda dengan descriptive text yang membuat penulisannya secara lebih spesifik.

Jika di analogikan dalam mobil, maka kita akan menemukan bahwa report text hanya akan membahas mobil secara umum, seperti jenis mobil sedan, SUV, MPV, serta jenis-jenis mobil dan merek.

Sedangkan, penjelasan descriptive text akan membahas tentang tinggi mobil, interior mobil, teknologi dalam mobil dan hal spesifik lainnya.

Ciri – Ciri Report Text

Ada banyak ciri-ciri dari report text yang dapat kamu kenali agar bisa membedakan antara report text dengan descriptive text, berikut adalah beberapa ciri diantaranya.

1). Report text tersusun dengan fakta-fakta ilmiah yang ada.

2). Penentuan judul report text biasanya lebih umum dan dapat dengan mudah diketahui orang awam (dapat dikenali oleh pembaca yang tidak memiliki kompetensi keilmuan khusus).

3). Umumnya akan menyertakan data berupa gambar serta data statistic untuk membuktikan hasil dari pengamatan penulis.

4). Umumnya dalam penulisan report text penulis akan menggunakan pola kalimat simple present tense.

5). Sedangkan untuk menggunakan kata benda umum penulisan Report text seperti dapat dilihatdengan penggunaan language feature general nouns.

6). Menggunakan kata kerja yang saling berhubungan, sesuai dengan language featurenya yaitu linking verbs atau relative verbs.

7). Report text ditulis dengan satu objek yang kemudian ditambah dengan objek lainnya yang di tulis secara umum.

8). Report text menjelaskan mengenai berbagai macam kelompok dan bukan individu secara khusus.

9). Penulisan Report text juga menggunakan penulisan conditional logical conjunction sebagai penegas atau penghubung, contohnya so, when dan lain sebagainya.

Struktur Umum Report Text

Berikut dibawah ini struktur umum report text, antara lain.

1). General Classification

Struktur pertama adalah bagian pertama yang berisi berbagai informasi umum berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh penulis, hasil pengamatan tersebut dapat berupa hewan, fenomena alam, tumbuhan dan topik lainnya secara rinci.

2). Description

Struktur kedua dari report text terdapat pada paragraf dua dan memiliki fungsi yang sama dengan deskriptif text, yaitu untuk mendeskripsikan lebih detail hasil penelitian penulis secara detail.

Contoh Report Text

Berikut dibawah ini contoh report text, antara lain.

Dolphins

Dolphins have a toned and slender body that allows them to swim very fast. There are more than 30 species and most have the famous gray skin color but there are some species that have black stripes, spots or unique patterns.

A distinctive feature of dolphins is that they are hairless, which sets them apart from most other mammals. They are still considered mammals because they breathe air, are warm-blooded and give birth to young.

One of the less surprising dolphin facts is that the animals are incredibly cute. Many species follow ships, jump out of the water or rise vertically out of the water to check what’s happening above the surface.

A group of dolphins, often able to synchronize their movements, provides a pretty good show for anyone watching. It is thought that dolphins swim alongside boats to conserve energy.

Dolphins live in social groups of at least five, sometimes up to several hundred, so you’re bound to see the show they put on.

According to the facts, dolphins are omnivores with a diet consisting of a wide variety of foods. Geographical location affects their diet. Beach dolphins eat more fish and bottom-dwelling invertebrates, while offshore dolphins eat fish and squid.

An interesting dolphin fact is that some offshore dolphins have been found with deep sea fish in their stomachs, which suggests that these dolphins may have been able to dive to more than 1,600 feet.

Lumba-lumba

Lumba-lumba memiliki tubuh yang kencang dan ramping yang memungkinkan mereka berenang dengan sangat cepat. Ada lebih dari 30 spesies dan sebagian besar memiliki warna kulit abu-abu yang terkenal tetapi ada beberapa spesies yang memiliki garis-garis hitam, bintik-bintik atau pola yang unik.

Ciri khas lumba-lumba adalah mereka tidak berbulu, yang membedakan mereka dari kebanyakan mamalia lainnya. Mereka masih dianggap mamalia karena mereka menghirup udara, berdarah panas dan melahirkan anak.

Salah satu fakta lumba-lumba yang tidak terlalu mengejutkan adalah bahwa hewannya sangat lucu. Banyak spesies mengikuti kapal, melompat keluar dari air atau naik secara vertikal keluar dari air untuk memeriksa apa yang terjadi di atas permukaan.

Sekelompok lumba-lumba, seringkali mampu menyelaraskan gerakan mereka, memberikan pertunjukan yang cukup bagus bagi siapa saja yang menonton. Diperkirakan lumba-lumba berenang bersama perahu untuk menghemat energi.

Lumba-lumba hidup dalam kelompok sosial setidaknya lima, kadang-kadang hingga beberapa ratus, jadi Anda pasti melihat pertunjukan yang mereka lakukan.

Menurut fakta, lumba-lumba adalah omnivora dengan pola makan yang terdiri dari berbagai macam makanan. Lokasi geografis mempengaruhi pola makan mereka.

Lumba-lumba pantai memakan lebih banyak ikan dan invertebrata yang hidup di dasar laut, sedangkan lumba-lumba lepas pantai memakan ikan dan cumi-cumi.

Fakta lumba-lumba yang menarik adalah bahwa beberapa lumba-lumba lepas pantai telah ditemukan dengan ikan laut dalam di perut mereka, yang menunjukkan bahwa lumba-lumba ini mungkin dapat menyelam hingga lebih dari 1.600 kaki.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian, ciri-ciri, struktur umum, serta contoh report text. Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan report text. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN