Pengertian Relasi Beserta Cara Membangun Relasi, Tahap dan Manfaat Relasi

Mungkin dari kita sering mendengar kata relasi. Baik itu dalam dunia kerja, pendidikan maupun bisnis pasti sering kali mendengar istilah tersebut.

Dalam dunia bisnis relasi berarti rekan atau partner dalam berbisnis. Dalam berbisnis ini relasi tentu memiliki manfaat di antaranya membuat bisnis semakin berkembang dengan cara yang disepakati.

Namun lebih luas lagi, relasi terjadi hampir di segala bidang misalnya dalam bidang politik, Indonesia menjalin relasi dengan negara lain dengan tujuan yang baik yaitu kemajuan Indonesia sendiri.

Nah untuk pembahasan lebih lanjut mengenai apa itu relasi, yuk simak informasi yang akan kami berikan dibawah ini.

Pengertian Relasi Secara Umum

Secara etimologis, istilah relasi merupakan serapan dari bahasa Inggris ‘relate’ yang berarti terkait, dan kata tersebut berasal dari bahasa Latin ‘referre’ yang berarti membawa kembali. Secara umum pengertian hubungan adalah hubungan antara dua pihak atau lebih untuk mencapai suatu tujuan.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, relasi telah terdapat dalam semua bidang. Hubungan antara dua orang juga bisa disebut realsi. Kedua orang itu setidaknya harus saling mengenal agar bisa disebut suatu relasi.

Dalam kehidupan sosial, relasi sosial merupakan rangkaian interaksi sosial antara manusia dengan sesamanya yang diyakini dapat bekerja sama, saling menguntungkan, dan saling mempengaruhi di masa yang akan datang.

Sebagai makhluk sosial, relasi memiliki peran penting dalam menunjang aktivitas kehidupan. Perwujudan dari hubungan itu sendiri bermacam-macam, bisa rekan kerja, mitra bisnis, keluarga, teman sejak kecil, atau pasangan. Representasi ini lahir dari kesepakatan bersama antara pihak-pihak terkait.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti relasi sama dengan hubungan, perhubungan, kenalan, relasi, termasuk pelanggan. Pada dasarnya kita adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan.

Oleh karena itu kita perlu membangun hubungan yang luas. Karena hubungan ini merupakan perantara yang dapat membantu kita memasuki dunia kerja dan tentunya juga akan mempermudah saat kita bekerja.

Pengertian Relasi  Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini pengertian Relasi menurut para ahli, antara lain sebagai berikut.

1). Christensson dan Robinson

Relasi adalah orang-orang yang bertempat tinggal di suatu daerah, dan di daerah tersebut memiliki ikatan dan terjalin komunikasi antara satu dengan yang lain.

2). George Hillery Jr

Relasi adalah sekelompok orang yang bertempat tinggal di suatu wilayah tertentu dan memiliki hubungan interaksi satu sama lain yang membuat kelompok tersebut saling mengenal dalam suatu lingkungan atau kelompok.

3). Hartono Widodo dan Judiantoro

Hubungan juga berkaitan dengan hubungan kerja dimana hubungan kerja tersebut merupakan kegiatan mengerahkan tenaga atau jasa seseorang secara teratur untuk kepentingan orang lain yang mengaturnya, sesuai dengan perjanjian kerja yang telah disepakati.

4). Zakapedia

Relasi adalah kumpulan dari berbagai populasi manusia di suatu wilayah, yang anggota-anggotanya saling berinteraksi.

Cara Membangun Relasi yang Baik

Jika kamu ingin membangun relasi dengan orang lain, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan yaitu sebagai berikut:

1). Membangun reputasi yang baik

Membangun reputasi yang baik di tempat kerja itu penting agar kamu bisa dicap sebagai orang yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan di tempat kerja.

Dengan memiliki reputasi yang baik, di masa depan, kamu akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan peluang yang baik juga.

2). Persiapan

Misalnya ketika kamu ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Tentunya kamu harus mencari tahu terlebih dahulu, kandidat seperti apa yang dibutuhkan serta lowongan untuk profesi apa yang sedang dibuka.

Dengan cara ini, mereka dapat menyesuaikan resume dan keahlian mereka untuk memenuhi kebutuhan yang mereka cari.

3). Menghadiri acara perusahaan

Bertemu orang baru di acara perusahaan juga dapat membantu kamu mengenal orang lebih baik dan membangun hubungan. Berkenalan dengan orang baru tentu membuka peluang di berbagai pekerjaan di masa depan.

4). Memperkenalkan diri

Ketika kamu memiliki kesempatan untuk memperkenalkan diri kepada orang baru dari perusahaan lain. Jadi perkenalkan diri dengan baik dan menarik agar mereka terkesan.

Serta coba sesekali melakukan kontak mata, berjabat tangan, tersenyum agar lebih sopan dan orang lain merasa lebih dihargai.

5). Menjaga sikap dan penampilan

Sebelum berinteraksi secara langsung. Hal pertama yang dilihat orang lain dalam diri kita adalah penampilan kita. kemudian berpakaian rapi, sopan juga sesuai acara.

Tahap Pengembangan Relasi

Ada beberapa tahap jika kamu ingin melakukan relasi dengan orang lain yaitu sebagai berikut:

1). Intiation (perkenalan)

Tahap ini merupakan tahap yang cukup singkat, jika dihitung dari segi waktu, mungkin hanya sekitar 15 menit saja.

Tujuannya hanya untuk memberikan kesan yang menyenangkan pada orang lain. Seperti menyapa, menyapa atau mengamati setiap penampilan orang lain atau mungkin sekedar keramahan.

2). Experimenting (pengamatan)

Untuk tahap ini individu akan mengajukan pertanyaan kepada orang lain, tujuannya untuk memberikan atau mencari informasi tentang dirinya dan kemudian individu tersebut akan mengambil keputusan untuk melanjutkan atau menghentikan hubungan yang telah terjalin.

3). Intensifiying (intensif)

Pada tahap ini terjadi pengungkapan diri atau individu akan membuka diri sehingga menjadi bagian atau setara dengan interaktor.

Pada tahap ini, hubungan kurang formal dan kemungkinan banyak pertanyaan akan diajukan untuk meningkatkan minat dalam hubungan.

4). Integrating (integrasi)

Pada tahap ini individu akan berusaha menjadi pasangan yang baik dan mencoba mengintegrasikan kesamaan-kesamaan.

Pada tahap ini biasanya mulai setuju untuk melakukan sesuatu bersama-sama dan menjadikannya suatu hal yang penting.

5). Bonding (Ikatan)

Tahap pengembangan hubungan ini merupakan tahap yang mengikat. Ciri dari tahap ini adalah menjadi lebih formal.

Terkadang legal atau mengikuti aturan. Misalnya, orang membedakan hubungan dari sekadar teman baik atau mitra bisnis di mana kesepakatan dibuat.

Dan contoh lain dalam kehidupan romantis dimana sebelumnya hanya berkencan kemudian bertunangan dan menikah untuk membentuk sebuah keluarga.

Manfaat Membangun Relasi

Adapun manfaat jika membangun relasi adalah sebaagi berikut:

1). Relasi yang benar dapat membentuk pencapaian keinginan

Jika kamu memiliki hubungan dengan orang yang tepat, kemungkinan besar orang-orang ini akan membantu kamu dalam mewujudkannya.

2). Relasi bisa membuatmu bebas dari masalah

Sama seperti yang pertama, memiliki hubungan bisa sangat membantu. Misalnya, kamu membutuhkan pekerjaan, relasi kamu mungkin memiliki relasi lain dan kemudian merekomendasikannya kepada relasi mereka.

3). Relasi baik dengan yang lama akan bermanfaat nantinya

Bahkan seorang teman lama terkadang dapat membantu kamu atau bekerja sama dengannya dengan cara apa pun

4). Relasi bisa membuat pekerjaan lancar

Karena kamu memiliki hubungan dengan orang yang tepat dan berpengalaman, kamu mungkin dapat belajar banyak dan terbantu dengan hubungan tersebut

5). Memiliki banyak relasi dapat membantu kamu memahami karakter setiap orang

Setiap orang tentu memiliki karakteristik yang berbeda-beda, dengan pengalamanmu memiliki banyak relasi dan berinteraksi dengan banyak karakter, akan lebih mudah bagimu untuk memahami karakter orang lain.

Sekian ulasan kami mengenai pengertian relasi beserta cara membangun relasi, tahap dan manfaat dari relasi.

Semoga ulasan kami dapat menambah pengetahuan kamu tentang relasi. Terimakasih ya telah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN