Pengertian Reksadana, Jenis – Jenis dan Manfaat Reksadana

Pernahkah kamu mendengar istilah reksa dana? Bagi kamu yang senang belajar terkait dunia ekonomi, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah reksadana.

Nah, agar sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai pengertian reksa dana menurut ahli, jenis dan manfaat reksa dana berikut!

Pengertian Reksadana Menurut Ahli

Reksa dana merupakan wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi, mengacu pada UU No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal.

Nah, nantinya dana yang terdapat dalam reksadana akan menjadi dana bersama dengan investor. Nantinya dana ini kemudian dipercayakan kepada manajer investasi untuk mengelolanya.

Keuntungan investasi nantinya akan diperoleh melalui pembagian dividen atau bunga yang dicatat dalam NAB (Nilai Aktiva Bersih). Manajer Investasi sendiri akan mendapatkan imbalan dari persentase yang ditentukan dari nilai aset.

1). Ikatan Akuntan Indonesia (2007:49)

Menurut Ikatan Akuntan Indonesia adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek.

2). Darmadji (2006:153)

Reksa Dana adalah sarana untuk menghimpun dana dari orang-orang yang memiliki modal, memiliki keinginan untuk berinvestasi, tetapi hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas.

3). Widoatmodjo (2009: 110)

Menurut Widoatmodjo, reksa dana merupakan surat berharga yang diterbitkan oleh manajer investasi. Dilanjutkan dengan menjual surat berharga ini kepada investor, yang hasil penjualan tersebut digunakan untuk membuat portofolio efek. Sehingga risiko investasi menurun, namun dengan keuntungan yang relatif besar.

4). Reilly dan Brown (2000:1207)

Reksa dana adalah lembaga yang menghimpun uang dari pemegang unit penyertaan dan kemudian menginvestasikannya dalam berbagai surat berharga, seperti saham, obligasi dan pasar uang.

Jenis – Jenis Reksa Dana

Menurut Darmadji dan Fakhruddin (2001:149), reksa dana dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuk, sifat, portofolio investasi dan tujuan investasi. Adapun penjelasam dari masing-masing jenis reksa dana tersebut adalah sebagai berikut:

1). Reksa dana menurut bentuknya

  • Reksa dana berbentuk perseroan (corporate type), dimana perusahaan penerbit reksa dana menghimpun dana dengan cara menjual saham. Kemudian hasil penjualan tersebut diinvestasikan dalam berbagai jenis surat berharga yang diperdagangkan di pasar modal dan pasar uang.
  • Reksa dana berbentuk kontrak investasi kolektif (jenis kontraktual), suatu kontrak antara Manajer Investasi dengan Bank Kustodian yang mengikat para pemegang Unit Penyertaan. Dimana Manajer Investasi berwenang untuk mengelola portofolio investasi kolektif dan Bank Kustodian berwenang untuk melakukan penitipan kolektif. Bisa dikatakan bahwa bentuk ini lebih populer dan jumlahnya semakin meningkat dibandingkan dengan reksa dana berbentuk perusahaan.

2). Reksa dana menurut sifatnya

  • Reksa dana adalah reksa dana tertutup yang artinya tidak dapat membeli kembali saham yang telah dijual kepada investor. Pemegang saham tidak lagi dapat menjual kembali saham atau unit penyertaannya kepada Manajer Investasi. Jika pemegang saham ingin menjual sahamnya, maka harus dilakukan melalui Bursa Efek.
  • Reksa dana adalah reksa dana terbuka, yang menawarkan dan membeli kembali sahamnya dari pemodal sampai dengan sejumlah modal yang sudah dikeluarkan sebelumnya. Nah, pemegang saham jenis ini bisa saja menjual kembali saham atau unit penyertaannya kepada Manajer Investasi. Penjualan ini dapat dilakukan melalui Bank Kustodian dan Bank Kustodian wajib membelinya sesuai dengan NAB per unit pada saat itu.

3). Reksa dana berdasarkan portofolio investasi

  • Reksa dana pasar uang yang hanya berinvestasi pada surat utang dengan jangka waktu kurang dari satu tahun. Tujuannya untuk menjaga likuiditas dan menjaga modal.
  • Dana pendapatan tetap yang bisa menginvestasikan setidaknya 80% asetnya pada efek utang. Reksa dana ini memiliki risiko yang relatif lebih besar dibandingkan reksa dana pasar uang dengan tujuan untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang stabil.
  • Dana ekuitas yang menginvestasikan setidaknya 80% asetnya dalam bentuk efek ekuitas. Nah, sebab investasinya di saham, maka risikonya lebih tinggi dari dua jenis reksa dana sebelumnya. Tetapi tentu saja menghasilkan tingkat pengembalian yang tinggi.
  • Reksa dana campuran (discretionary fund) yang berinvestasi pada efek ekuitas dan efek utang.

4). Reksa dana berdasarkan tujuan investasi

  • Growth Funds yang menekankan pada upaya mengejar pertumbuhan nilai dana dan mengalokasikan dana ke saham.
  • Income Fund yang mengutamakan pendapatan tetap. Nah, reksa dana jenis ini nantinya akan mengalokasikan dananya pada surat utang atau obligasi.
  • Safety Fund, yaitu reksa dana yang mengutamakan keamanan di atas pertumbuhan dan mengalokasikan dananya di pasar uang. Seperti deposito berjangka, sertifikat deposito, dan surat utang jangka pendek.

Manfaat Reksa Dana

Nah setelah kita memahami pengertian dan beberapa penjelasan lain mengenai reksadana, tentu yang menjadi pertanyaan adalah manfaat dari reksadana itu sendiri.

Adapun beberapa keuntungan berinvestasi di Reksa Dana adalah sebagai berikut:

1). Bisa memulainya dengan nominal yang tidak terlalu besar dan bisa mendiversifikasi investasi di surat berharga.

2). Memudahkan investor untuk berinvestasi di pasar modal, tanpa harus memiliki pengetahuan yang luas untuk menentukan saham mana yang baik untuk dibeli.

3). Lebih mudah dan efisien, karena investor tidak perlu memonitor kinerja investasinya secara terus menerus dan telah dibantu oleh manajer investasi yang profesional.

Demikian artikel kami mengenai pengertian reksa dana menurut ahli, jenis dan manfaat reksa dana. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai pengertian reksa dana. Terimakasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Pengertian Marketing, Jenis – Jenis dan Tujuan Marketing

Mungkin kita semua sudah sering mendengar istilah marketing. Marketing disebut juga dengan pemasaran. Pada dasarnya, marketing adalah proses manajemen dimana…

‘Buaya Darat’, Bak Bangkai yang Ditutupi Tercium Juga, Ibunda Laudya Cynthia Bella Tak Terima Putrinya Diselingkuhi hingga Semprot Sosok Artis Papan Atas Ini

Siapa yang tak mengenal sosok Laudya Cynthia Bella? Ya, Laudya Cynthia Bella merupakan salah satu artis cantik di Indonesia. Dilansir…

Rafathar Alami Kecelakaan, Mobil Menabrak Truk hingga Raffi Ahmad Cecar Kondisi Anaknya kepada Mbak Lala

Presenter Raffi Ahmad menanyakan kronologi kecelakaan yang dialami anak sulungnya, Rafathar Malik Ahmad pada Mbak Lala. Pengasuh Rafathar itu mengatakan…

Pengertian Profitabilitas, Fungsi, Tujuan dan Rasio Profitabilitas

Dalam melaksanakan kegiatan suatu usaha kita tentu akan selalu berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari barang yang kita pasarkan, dengan beragam…

Pengertian Firma, Karakteristik, Jenis – Jenis, Kelebihan dan Kekurangan Firma

Firma merupakan suatu bentuk persekutuan badan usaha untuk menjalankan dan mengembangkan suatu usaha antara dua orang atau lebih atas nama…

Makin Panas, Ibunda Laura Anna Balas Pernyataan Ibu Gaga Muhammad

Pernyataan ibunda Gaga Muhammad, Janariyah, membuat banyak pihak geram soal keputusan keluarga untuk mengoperasi Laura Anna. Mendengar pernyataan ibunda Gaga…

Siapa Pitra Romadoni? Sosok Pelapor Video Syur 61 Detik Mirip Nagita Slavina Diperiksa Polisi

Sebuah video syur berdurasi 61 detik viral di media sosial. Pasalnya pemeran dalam video tersebut disebut-sebut mirip Nagita Slavina. Pihak…

Dunia Hiburan Berduka, Ayu Ting Ting Dikabarkan Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung, Simak Faktanya

Dunia hiburan dihebokan kembali dengan kabar yang membuat banyak netizen terkejut mendengarnya. Baru-baru ini ada video yang menyebutkan bahwa artis…

Remuk Hati Ardi Bakrie! Ngamuk Menuntut Keadilan Tak Terima di Penjara Satu Tahun, Majelis Hakim Ungkap Hal Tak Terduga yang Memberatkan Hukuman Nia Ramadhani dan Suami

Nia Ramadhani berusaha untuk meringankan tuntutan yang dibeberkan oleh hakim. Keduanya saat itu tertangkap gunakan narkoba narkoba jenis sabu dengan…

Lihat Latihan Vokal Mayang, Ekspresi Lyodra Jadi Sorotan

Lyodra menjadi bintang tamu pada video terbaru yang diunggah di YouTube TS Talk. Pada acara bincang-bincang tersebut, Lyodra membicarakan banyak…