Pengertian Ras, Jenis – Jenis dan Karakteristik Berbagai Ras

Subtitle goes here

By:

November 25, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Jika melihat di negara Indonesia sendiri, memiliki keragaman budaya, agama, adat istiadat dan ras. Bagaimana jika melihat dari keberagaman yang ada di dunia?

Nah, seperti yang sudah disebutkan bahwa salah satu dari sekian banyak keberagaman tersebut adalah ras. Agar sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai pengertian ras menurut ahli, jenis dan karakteristik penentuan ras berikut!

Pengertian Ras

Dasarnya, kata ras berasal dari bahasa latin radix yang berarti asal. Secara umum, ras adalah pengelompokan manusia di muka bumi berdasarkan kesamaan ciri yang mereka miliki. Ras juga bisa dikatan sebagai kategori manusia yang memiliki ciri-ciri fisik tertentu yang berbeda.

Jika membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita akan menemukan kata ras yang memiliki arti sebagai sekelompok bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik. Ras juga didefinisikan sebagai keluarga nasional. Ras adalah kategori individu yang generasinya memiliki karakteristik fisik dan biologis tertentu yang khas.

1). Dunn dan Dobshansky

Pengertian ras menurut Dunn dan Dobshansky adalah persamaan gen/kategori individu dari generasi ke generasi yang memiliki ciri fisik dan biologis tertentu, ras memiliki arti biologis dan fisik di luar ciri budayanya.

2). Haldane

Disisi lain, ras menurut Haldane adalah suatu kelompok yang memiliki seperangkat karakteristik tertentu. Termasuk pula didalamnya bawaan fisik dan asal geografis di wilayah tertentu.

3). Gill dan Gilbert

Gill dan Gilbert juga mengemukana engertian ras sebagai pengelompokan orang yang dapat dibedakan menurut ciri-ciri fisik yang dihasilkan melalui proses reproduksi.

4). Kohlbrugge

Selanjutnya hadir juga pengertian ras menurut Kohlbrugge adalah manusia yang memiliki ciri fisik yang sama karena diwariskan, sedangkan sifat rohaninya diabaikan. Dapat disimpulkan bahwa ras adalah sekelompok manusia dengan ciri-ciri fisik yang sama. Dimana para antropolog fisik umumnya membagi ras berdasarkan 4 hal. Yakni lokasi geografis, karakteristik fisik, dan prinsip evolusi ras.

Jenis – Jenis Ras

Sebelum mengenal ciri-ciri ras Mongoloid Melayu dan berbagai ras lainnya, ada baiknya kita juga mengetahui jenis ras apa saja yang tersebar di seluruh dunia. Jenis ras yang ada di dunia terbagi menjadi empat jenis, menurut A.L Krober. Keempat jenis ras tersebut adalah sebagai berikut:

1). Ras Mongoloid

Mongoloid ialah jenis ras dengan ciri khas yang paling mudah dipahami yaitu kulit berwarna kuning. Kelompok bangsa yang termasuk ras Mongoloid antara lain:

  • Mongoloid Amerika, dimana termasuk Eskimo di Amerika Utara, hingga orang Terra del Frugo di seluruh Amerika Selatan
  • Mongoloid Malaya, meliputi wilayah Asia Tenggara, Malaysia dan Filipina, serta Kepulauan Indonesia
  • Mongoloid Asiatik, meliputi wilayah Asia Utara, Asia Tengah, dan juga Asia Timur

2). Ras Negroid

Negroid adalah jenis ras dengan ciri fisik berwarna hitam. Kelompok bangsa yang termasuk dalam ras Negroid antara lain:

  • Negroid Afrika, meliputi wilayah di benua Afrika
  • Melanisia, meliputi Papua dan Melanisia
  • Negrito, meliputi Afrika Tengah, Semenanjung Malaya dan Filipina

3). Ras Kaukasoid

Kaukasoid adalah ras dengan ciri khas kulit putih. Kelompok bangsa yang termasuk dalam klasifikasi ras Kaukasoid antara lain:

  • Nordik, meliputi Eropa Utara, tepatnya di sekitar Laut Baltik
  • Mediterania, meliputi wilayah sekitar Laut Mediterania, Amerika Utara, Amerika, Arab, Armenia dan Iran
  • Alpine, meliputi wilayah di Eropa Tengah dan Eropa Timur

4). Ras khusus

Ras khusus adalah ras yang tidak dapat diklasifikasikan. Kelompok yang termasuk dalam lomba khusus ini antara lain:

  • Ainu, yang dapat ditemukan di sekitar pulau Kurufoto dan Hokkaido di utara Jepang
  • Polinesia, yang dapat ditemukan di pulau Mikronesia dan Polinesia
  • Australoid, yang dapat ditemukan pada penduduk asli Australia
  • Veddoid, dapat ditemukan di pedalaman Sri Lanka dan Sulawesi Selatan.

Karakteristik Berbagai Ras

Nah, setelah memahami pengertian ras dan jenisnya, tentu yang menjadi pertanyaan adalah ciri-ciri berbagai ras manusia itu sendiri. Adapun karakteristik ras dapat dikelompokkan dari beberapa aspek berikut:

1). Warna kulit

2). Tinggi badan

3). Bentuk kepala

4). Bentuk wajah

5). Jenis dan warna rambut

6). Mata

7). Hidung

8). Bentuk tubuh

Demikian artikel kami mengenai pengertian RAS menurut ahli, jenis dan karakteristik penentuan RAS. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai RAS. Terimakasih sudah berkunjung.

0 Comment

Comments closed.