Pengertian Puskesmas, Fungsi dan Prinsip Puskesmas

Salah satu pelayanan kesehatan yang paling mudah dijangkau oleh masyarakat adalah Puskesmas. Puskesmas kini sudah banyak melayani masyarakat sekitar.

Puskesmas berperan sebagai pelayanan kesehatan yang memberikan upaya promotif dan preventif untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Program yang paling akrab dengan masyarakat adalah Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu. Dulu Posyandu hanya untuk bayi dan anak-anak, kini program ini mulai menyasar seluruh masyarakat dari berbagai usia mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia.

Di Posyandu, anak-anak biasanya diberikan vaksin dasar gratis, vitamin dan makanan pendukung. Masih banyak lagi fungsi dan kegiatan Puskesmas, jadi sebelum mempelajari lebih lanjut yuk simak ulasan dan informasi kami berikut ini.

Pengertian Puskesmas

Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat serta upaya kesehatan perorangan tingkat pertama.

Dalam hal ini Puskesmas menitikberatkan pada upaya promotif dan preventif guna mencapai derajat kesehatan masyarakat yang terbaik di wilayah kerjanya.

Dalam pelaksanaannya, Puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya guna mendukung terwujudnya kecamatan yang sehat.

Dalam hal ini Puskesmas wajib memiliki izin penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten / Kota.

Izin operasional ini biasanya berlaku selama 5 tahun dan dapat diperpanjang. Selain itu, Puskesmas juga wajib melakukan akreditasi secara berkala minimal 3 tahun sekali.

Fungsi Puskesmas

Setelah mengetahui pengertian secara umum, maka ada beberapa fungsi Puskesmas yang perlu diketahui.

Sebagaimana telah disebutkan, fungsi Puskesmas terbagi menjadi dua, yaitu Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP).

Kedua fungsi Puskesmas tersebut memiliki program pelayanan yang berbeda untuk membantu mencapai tujuan. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi Puskesmas yang perlu Anda ketahui.

Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM)

UKM merupakan salah satu fungsi Puskesmas yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Dalam hal ini Puskesmas berfokus pada pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan dengan menyasar keluarga, kelompok dan masyarakat. Upaya kesehatan masyarakat tingkat pertama meliputi:

  1. layanan promosi Kesehatan
  2. Pelayanan kesehatan lingkungan;
  3. Pelayanan kesehatan ibu, anak dan keluarga berencana;
  4. Layanan nutrisi dan
  5. Pelayanan pencegahan dan pengendalian penyakit.

Upaya Kesehatan Perorangan (UKP)

Fungsi kedua Puskesmas adalah Upaya Kesehatan Perorangan (UKP). Dalam hal ini Puskesmas melaksanakan kegiatan atau rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mencegah, menyembuhkan penyakit, mengurangi penderitaan akibat penyakit, serta berusaha memulihkan kesehatan perorangan. Upaya kesehatan perorangan mempunyai beberapa pelayanan seperti:

  1. rawat jalan
  2. Layanan darurat
  3. Perawatan satu hari
  4. Perawatan rumah
  5. Rawat inap berdasarkan pertimbangan kebutuhan akan pelayanan kesehatan.

Prinsip Penyelenggaraan Puskesmas

Ada beberapa prinsip dalam penyelenggaraan puskesmas yang tidak kalah penting untuk diketahui.

Ada prinsip yang menjadi pedoman bagi puskesmas dalam melaksanakan tanggung jawabnya terhadap kesehatan masyarakat.

Berikut ini adalah beberapa prinsip pelaksanaan puskesmas yang perlu kamu ketahui:

1). Paradigma sehat: prinsip yang mendorong semua pemangku kepentingan untuk berkomitmen mencegah dan mengurangi risiko kesehatan yang dihadapi individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat.

2). Pertanggung jawaban wilayah: Puskesmas bertanggung jawab untuk memobilisasi pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya.

3). Kemandirian masyarakat: Puskesmas berupaya mendorong kemandirian hidup sehat bagi individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat luas.

4). Pemerataan: dalam hal ini Puskesmas memberikan pelayanan kesehatan yang dapat diakses dan terjangkau oleh seluruh masyarakat di wilayah kerjanya. Pelayanan kesehatan ini juga dapat diperoleh secara adil tanpa membedakan status sosial, ekonomi, agama, budaya, dan kepercayaan.

5). Teknologi tepat guna: Puskesmas memberikan pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan teknologi tepat guna untuk memenuhi kebutuhan pelayanan. Selain itu, teknologi yang digunakan juga mudah digunakan, efektif, dan tidak berdampak negatif terhadap lingkungan.

6). Keterpaduan dan Kesinambungan: Puskesmas memadukan dan mengkoordinasikan pelaksanaan UKM dan UKP lintas program dan lintas sektor serta menerapkan sistem rujukan yang didukung oleh manajemen Puskesmas yang baik. Dengan begitu, pelayanan kesehatan dapat dilanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi dengan fasilitas yang lebih lengkap, ketika Puskesmas tidak dapat menyediakan fasilitas yang dibutuhkan untuk kondisi pasien tertentu.

Demikian artikel kami mengenai pengertian puskesmas, lengkap dengan fungsi dan prinsip puskesmas.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai puskesmas. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN