Pengertian Public Relations, Syarat, Fungsi dan Tujuan Public Relations

Belakangan ini profesi public relations atau yang dikenal dengan istilah humas sedang banyak diminati. Selain keren, profesi ini juga menjanjikan dan menantang seiring dengan munculnya berbagai humas dan perusahaan konsultan perusahaan. Profesi public relations juga semakin dikenal karena manfaatnya yang semakin populer.

Seorang Public relations harus mampu melakukan proses interaksi untuk menghasilkan opini publik sebagai masukan yang menguntungkan kedua belah pihak, dan menanamkan pemahaman, mendorong motivasi dan partisipasi publik, dengan tujuan untuk menanamkan itikad baik, kepercayaan saling pengertian dan citra yang baik dari publik. Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai public relations, yuk simak ulasan kami dibawah ini.

Pengertian Public Relations

Public relations (PR) adalah proses komunikasi strategis yang digunakan oleh perusahaan, individu, dan organisasi untuk menciptakan saling pengertian dan membangun hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan audiensnya.

Seorang spesialis PR harus bisa mengembangkan rencana komunikasi dengan dukungan kerjasama dengan media, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan tujuan menciptakan dan mempertahankan citra perusahaan / merek yang positif dari produk atau layanan dan menghasilkan hubungan yang baik dengan audiens atau masyarakat.

Syarat Menjadi Public Relations

Ada persyaratan dasar yang harus dimiliki setiap orang yang ingin menjalankan fungsi public realtions, antara lain:

1). Ability to communicate (kemampuan komunikasi)

Kemampuan berkomunikasi untuk seorang public realtions sangatlah penting baik dalam bentuk lisan dan tulisan, Artinya, seorang PR harus mampu berbicara di depan umum, misalnya mampu melakukan presentasi, melakukan wawancara dalam upaya mengumpulkan fakta dan data, serta mampu diwawancarai oleh pers atau wartawan sebagai sumber berita.

Dalam komunikasi tertulis, seorang PR harus mampu membuat siaran pers (press release), menulis laporan, menulis pidato untuk manajemen, menulis konsep iklan layanan masyarakat, menulis brosur atau pamflet, dan bentuk komunikasi tertulis lainnya.

2). Ability to organize (kemampuan kepemimpinan)

Kemampuan manajemen atau kepemimpinan seorang PR dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengantisipasi masalah di dalam dan di luar perusahaan, termasuk kemampuan untuk merencanakan kegiatan dan melaksanakannya.

3). Ability to get on with people (kemampuan bergaul atau membangun relasi)

Kemampuan bergaul atau membentuk relasi berarti seorang PR harus mampu berhubungan dan bekerja dengan berbagai macam orang, serta mampu memelihara komunikasi yang baik dengan orang-orang yang berbeda atau sama.

4). Personality integrity (memiliki kepribadian yang jujur)

Kepribadian yang utuh atau jujur, artinya seorang humas harus memiliki kredibilitas yang tinggi, dapat dipercaya dan dipercaya oleh orang lain, serta dapat diterima sebagai pribadi yang utuh atau jujur.

5). Imagination (banyak ide dan kreativitas)

Memiliki imajinasi (banyak ide dan kreativitas) dalam arti seorang PR harus memiliki wawasan yang luas, mengetahui benang merah dari setiap permasalahan yang kompleks.

Fungsi Public Relations

Fungsi PR merupakan unsur penting dalam manajemen dalam pencapaian tujuan tertentu, sesuai dengan harapan publik, yaitu kekhasan organisasi atau perusahaan.

Sangat penting bahwa organisasi memiliki warna, budaya, citra, lingkungan yang kondusif dan menyenangkan, sehingga kinerja yang lebih besar dan produktivitas yang optimal dapat dicapai.

Public relations berbeda dari periklanan karena tidak membeli iklan dan tidak fokus pada promosi berbayar. Tugas profesional PR adalah memberikan pemahaman tentang merek / produk / layanan / perusahaan dengan menggunakan konten editorial yang kemudian ditampilkan di majalah, surat kabar, saluran berita, situs web, blog, dan acara televisi.

Fungsi public relations tersebut antara lain:

1). Mengantisipasi, menganalisis, dan menginterpretasikan opini publik dan sikap publik terhadap merek / perusahaan / produk / layanan dan mengembangkan strategi yang melibatkan kolaborasi dengan media yang membantu menyampaikan pesan perusahaan kepada masyarakat umum.

2). Mengembangkan strategi untuk mendukung setiap kampanye merek dan langkah-langkah baru melalui konten editorial.

3). Menulis dan mendistribusikan siaran pers ke media sasaran.

4). Menulis pidato untuk digunakan dalam konferensi pers / pertemuan tatap muka dengan media.

5). Merencanakan dan melaksanakan kegiatan sosialisasi dan hubungan media.

6). Menulis konten untuk website (website internal dan eksternal).

7). Mengembangkan strategi komunikasi dan rencana program pada saat krisis.

8). Kelola keberadaan merek melalui jejaring sosial dan tanggapi ulasan publik di situs web.

9). Memberikan nasihat kepada karyawan dalam organisasi tentang kebijakan, tindakan, tanggung jawab dan tanggung jawab organisasi.

10). Berurusan dengan badan pemerintah dan legislatif atas nama organisasi.

11). Berurusan dengan kelompok masyarakat dan organisasi lain yang terkait dengan kebijakan sosial dan kebijakan lain dari organisasi pemerintah dan peraturan perundang-undangan.

12). Membangun dan memelihara hubungan dengan investor.

Tujuan Public Relations

Tujuan utama humas adalah untuk membangun dan memelihara reputasi positif suatu perusahaan/merek/produk/jasa serta membina dan memelihara hubungan strategis dengan publik, calon klien, mitra, investor, karyawan, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan, yang mengarah pada citra yang mencerminkan perusahaan/organisasi yang jujur, sukses, penting dan relevan.

Menurut Rosady Ruslan (2001) tujuan humas adalah sebagai berikut:

1). Mengembangkan citra perusahaan yang positif bagi publik eksternal atau masyarakat dan konsumen.

2). Mempromosikan tercapainya saling pengertian antara khalayak sasaran dan perusahaan (public understanding).

3). Mengembangkan sinergi antara fungsi pemasaran dengan public relations.

4). Efektif dalam membangun pengenalan brand dan brand awareness.

5). Mendukung bauran pemasaran dalam konsep komunikasi pemasaran.

Demikian artikel kami tentang pengertian humas ini dilengkapi dengan istilah, fungsi dan tujuan.

Semoga ulasan kami bermanfaat, terutama untuk menambah wawasan kamu mengenai public relations. Terima kasih atas kunjungan anda.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Lirik Lagu Kelangan – Denny Caknan

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Siose Padan – Laguna Silaban

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Harga Diriku yang Dinyanyikan oleh Wali

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Nasi Terlanjur Jadi Bubur, Venna Melinda Baru Tahu Rasa, Kini Kewalahan Hadapi Tabiat Minus Ferry Irawan

Venna Melinda dibuat kewalahan dengan sifat Ferry Irawan. Perkenalan Venna Melinda dan Ferry Irawan sebelum menikah tergolong singkat. Di awal…

BUKTI Lain Kedekatan Kaesang dan Erina Gudono, Jalan Bareng Jokowi Seolah Sinyal Restu, Nasib Nadya?

Erina Gudono ramai menjadi perbincangan setelah kepergok dirangkul Kaesang Pangarep. Belakangan diketahui finalis Puteri Indonesia 2022 itu sudah pernah jalan…

Lirik Lagu Legowo – Esa Risty

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Rahasia Hati yang Dinyanyikan oleh Element

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Minta-minta Selama 13 Tahun, Pengemis Ini Berhasil Kumpulkan Rp 490 Juta, Niat Tobat Setelah Viral

Seorang pengemis berniat tobat setelah berhasil kumpulkan Rp 490 juta selama 13 tahun. Apa yang kalian pikirkan jika mendengar seorang…

Lirik Lagu Tangiang Ni Dainang – Victor Hutabarat

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

BCL Pakai Baju Renang di Coachella, Netizen: Kalau Kebelet Pipis Ada Retsletingnya Ga?

ARTIS cantik Bunga Citra Lestari (BCL) nampak menikmati terlihat menonton Coachella bersama Luna Maya. Coachella adalah festival Musik dan Seni…