Pengertian PTK Menurut Para Ahli, Karakteristik Serta Tujuan PTK

Pendidikan merupakan tonggak penting dari keberhasilan sebuah generasi bahkan sebuah negar. Proses pendidikan yang berasil akan mengantarkan anak didiknya kepada pemahaman dan penerapan yang menyeluruh.

Akan tetapi untuk mencapai pendidikan yang ideal tentu dibutuhkan berbagai pembaruan dan penyesuaian dalam proses belajar mengajar. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar adalah Penelitian Tindakan Kelas atau biasa disingakt sebagai PTK.

Untuk lebih lengkapnya, yuk kita bahas tuntas hal-hal terkait Penelitian Tindakan Kelas berikut.

Pengertian PTK Secara Umum

Bagi sebagian dari kita mungkin istilah PTK terdengar asing dan janggal, namun sebenarnya PTK adlah proses penting yang dapat berdampak pada hasilbelajar anak didik.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bidang pendidikan khususnya dalam kegiatan pembelajaran sedang berkembang sebagai penelitian terapan.

PTK ini sangat bermanfaat bagi para pendidik untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran dalam suatu proses pembelajaran.

PTK merupakan penelitian yang mengangkat permasalahan aktual yang dihadapi oleh guru atau dosen di lapangan. Permasalahan di dalam kelas atau ruang kuliah dapat diselesaikan atau dicarikan solusinya melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Pengertian PTK Menurut Ahli

Dalam memahami sesuatu tentu sangat penting untuk mendengarkan pendapat seseorang yang memang ahli di bidang tersebut.

Berikut ini pendapat ahli mengenai Penelitian Tindakan Kelas atau PTK

1). Pengertian PTK Menurut Aqib (2011)

Menurut Aqib, penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk meningkatkan kinerjanya agar hasil belajar siswa meningkat.

2). Pengertian PTK Menurut Supardi (2006)

Menurut Supardi, penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang mampu menawarkan cara dan prosedur baru untuk meningkatkan dan meningkatkan profesionalisme pendidik dalam proses belajar mengajar di kelas dengan melihat kondisi peserta didik.

3). Pengertian PTK Menurut  O’Brien (Mulyatiningsih, 2011)

Menurut O’Brien penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan ketika sekelompok orang (siswa) mengidentifikasi masalah, kemudian peneliti (guru) menentukan tindakan untuk memecahkannya.

4). Pengertian PTK Menurut Arikunto, dkk (2006)

Menurut Arikunto, dkk, tindakan kelas adalah pengamatan terhadap kegiatan belajar berupa suatu tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi di dalam kelas secara bersama-sama.

5). Pengertian PTK Menurut Kemmis dan Taggart (Padmono, 2010)

Menurut Kemmis dan Taggart, penelitian tindakan kelas adalah penelitian refleksif diri kolektif yang dilakukan oleh peserta dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran dan keadilan praktik pendidikan dan sosial mereka, serta pemahaman mereka tentang praktik dan situasi di mana praktik tersebut dilakukan.

6). Pengertian PTK Menurut Rochman Nata Wijaya (1977)

PTK merupakan penilaian terhadap masalah-masalah praktis yang bersifat situasional dan kontekstual yang bertujuan untuk menentukan tindakan yang tepat dalam rangka memecahkan masalah yang dihadapi atau memperbaiki sesuatu.

7). Pengerttian PTK Menurut Harjodipuro

Penelitian Tindakan Kelas adalah pendekatan untuk meningkatkan pendidikan melalui perubahan, dengan mendorong guru untuk berpikir tentang praktik mengajar mereka sendiri, bersikap kritis terhadap praktik tersebut dan bersedia mengubahnya.

8). Pengertian PTK Menurut Suyanto (1997)

PTK sebagai bentuk penelitian reflektif dengan mengambil tindakan tertentu, untuk memperbaiki atau memperbaiki praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Oleh karena itu PTK erat kaitannya dengan permasalahan praktik pembelajaran sehari-hari yang dialami oleh pendidik.

9). Pengertian PTK Menurut DR. Sulipan, M.Pd

Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research adalah penelitian yang dilakukan di kelas untuk mengetahui akibat dari tindakan yang diterapkan pada penelitian di kelas tersebut.

10). Pengertian PTK Menurut Suhardjono (2007)

Penelitian Tindakan Kelas sebagai penelitian tindakan yang dilakukan di dalam kelas dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas prosa atau praktik pembelajaran.

11). Pengertian PTK Menurut Kunandar (2008)

Penelitian Tindakan adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik atau bersama-sama dengan orang lain (kolaborasi) yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas.

12). Pengertian PTK Menurut Wina (2009)

Penelitian Tindakan Kelas merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan pendidik untuk meningkatkan kualitas peran dan tanggung jawabnya sebagai pendidik khususnya dalam pembelajaran.

13). Pengertian PTK Menurut John Elliot

Penelitian Tindakan Kelas adalah studi tentang situasi sosial dengan maksud untuk meningkatkan kualitas tindakan di dalamnya.

14). Pengertian PTK Menurut Suyanto (1997)

PTK sebagai bentuk penelitian reflektif dengan mengambil tindakan tertentu, untuk memperbaiki atau memperbaiki praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Oleh karena itu PTK erat kaitannya dengan permasalahan praktik pembelajaran sehari-hari yang dialami oleh pendidik.

15). Pengertian  PTK Menurut Rustam & Mundilarto (2004)

Rustam dan Mundilarto berpendapat bahwa tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh pendidik di kelasnya sendiri dengan merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja sebagai pendidik agar kedepannya terjadi peningkatan hasil belajar siswa

16). Pengertian PTK Menurut Hopkins (1993)

Hopkins mendefinisikan Penelitian Tindakan Kelas untuk membantu seseorang dalam memecahkan masalah praktis yang dihadapi dalam situasi darurat dan membantu pencapaian tujuan ilmu sosial dan ilmu pendidikan dengan bekerja sama dalam kerangka etika yang disepakati bersama.

17). Pengertian PTK Menurut Kemmis dan Mc. Taggart (1988)

Kemmis dan Mc Taggart percaya bahwa Penelitian Tindakan Kelas adalah bentuk refleksi diri kolektif yang dilakukan oleh pesertanya dalam situasi sosial yang bertujuan agar terjadi peningkatan penalaran dan keadilan.

Karakteristik PTK

Sebagai sebuah penelitian tentu saja Penelitian Tindakan Kelas atau PTK memiliki ciri utamanya sendiri.

Berikut ini adalah karakteristik penelitian tindakan kelas, antara lain:

1). Inkuiri Reflektif

Penelitian tindakan kelas bermula dari masalah pembelajaran nyata yang dihadapi guru dan siswa sehari-hari.

Jadi, kegiatan penelitian didasarkan pada pelaksanaan tugas dan pengambilan tindakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

2). Kolaboratif

Upaya peningkatan proses dan hasil belajar tidak dapat dilakukan oleh peneliti di luar kelas saja, tetapi harus berkolaborasi dengan siswa.

Penelitian tindak lanjut kelas merupakan upaya bersama dari berbagai pihak untuk mewujudkan perbaikan yang diinginkan.

3). Reflektif

Penelitian tindakan kelas memiliki ciri khusus, yaitu sikap reflektif yang berkesinambungan. Berbeda dengan pendekatan penelitian formal yang seringkali mengutamakan pendekatan empiris eksperimental, penelitian tindakan kelas lebih menekankan pada proses refleksi terhadap proses dan hasil penelitian.

Tujuan PTK

Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk mengubah perilaku mengajar guru, perilaku siswa di kelas, memperbaiki atau memperbaiki praktik pembelajaran, dan atau mengubah kerangka pelaksanaan pembelajaran di kelas yang diajarkan oleh pengajar agar kemudian terjadi peningkatan layanan profesional guru dalam menangani proses pembelajaran.

Tujuan PTK lainnya adalah untuk meningkatkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memberdayakan pengajar dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah.

Sehingga pada akhirnya PTK diharapkan dapat memperbaiki praktik pembelajaran di sekolah, meningkatkan relevansi pendidikan, meningkatkan mutu pendidikan, dan efisiensi manajemen pendidikan.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai pengertian PTK menurut para ahli, karakteristik serta tujuan PTK.

Demikian ulasan kami Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memahami dunia pendidikan. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Contoh Soal CPNS Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI)

Kementerian Agama Republik Indonesia atau disingkat Kemenag RI membuka kesempatan untuk Warga Negara Indonesia agar dapat menjadi bagian dari Kementerian…

5 Fakta Haji Isam, Kuli Panggul Muat Tajir Melintir yang Pernah Digosipkan Dekat dengan Artis

Nasib manusia yang hidup di dunia ini, layaknya sebuah roda yang berputar dari atas ke bawah yang senantiasa bergulir mengikuti…

Ibu Mertua Hina Pengantin Wanita Pendek dan Jelek, Suami Tega Langsung Tinggalkan: Aku Malu

Wanita bernama Lamia Al-Labawi asal Tunisia ditinggal suaminya setelah acara pernikahan, penyebabnya terkuak. Pernikahan adalah salah satu momen yang bahagia…

Brigadir J Disebut Kepergok Ajudan Lain Pakai Parfum Putri Candrawathi dan Lakukan Ini

Kuasa hukum keluarga Irjen Ferdy Sambo, Arman Haris nampaknya tidak tinggal diam dengan berbagai pernyataan dari pengacara keluarga Brigadir J,…

Contoh Soal CPNS Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag)

Kementerian Perdagangan mengajak Warga Negara Indonesia untuk menjadi bagian dari Kementerian Perdagangan dalam menjalankan tugas serta fungsinya. Anda bisa mengikuti…

Cara Pemupukan Tanaman Tomat dari Benih Hingga Panen

Tomat merupakan satu dari sekian banyak tanaman hortikultura yang sangat digemari untuk dibudidayakan. Namun, usaha budidaya hortikultura diakui sebagian besar…

‘Lebih dari Santet’, Sosok Paranormal Sempat Beberkan Penyebab Ayu Ting Ting Tak Kunjung Menikah

Pedangdut Ayu Ting Ting, sudah 8 tahun menjanda. Konon kata seorang paranormal, hal ini yang sebabkan Ayu Ting Ting tak…

Ternyata, Istri Irjen Ferdy Sambo Sudah Laporkan Brigadir Yosua Atas Tuduhan Pencabulan

Putri Candrawathi, istri Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo ternyata sudah melaporkan Brigadir Nofryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J atas…

Sudah Kehilangan Keperawanan di Usia 17 Tahun, Hidup Artis Ini Makin Nelangsa Usai Bebas dari Penjara, Hartanya Digondol Mantan Pengacara: Saya Tidak Memegang Apapun

Pilu hidup artis Cynthiara Alona setelah bebas dari penjara karena kasus prostitusi yang menyeret namanya. Mengutip Kompas.com, Cynthiara Alona bebas…

9 Cara Budidaya Tanaman Karet Agar Hasil Panen Maksimal

Karet secara konsisten masih menjadi salah satu komoditas unggul perkebunan di Indonesia. Bagaimana tidak? Memasuki awal bulan tahun 2021, harga…