Pengertian Prosedur Menurut Ahli, Ciri-Ciri, Jenis, Tujuan dan Contoh Teks Prosedur

Pada saat kamu membeli sebuah barang elektronik baru kamu pasti akan diberikan perlengkapan, bonus dan juga buku petunjuk tentang pemakaian produk tersebut agar dapat dirawat dengan baik dan cara penggunaan yang baik.

Buku petunjuk tentang penggunaan yang kamu baca itu adalah merupakan teks prosedur, selain itu juga jika kamu sering memakan makanan seperti mie instan dan kamu membaca cara menyajikan mie, tulisan itu juga merupakan sebuah teks prosedur.

Untuk lebih jelas mengenai teks prosedur yuk kita simak ulasan berikut.

Pengertian Prosedur Menurut Ahli

Berikut dibawah ini pengertian prosedur menurut para ahli, antara lain sebagai berikut.

1). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Kata prosedur sendiri berarti tahapan kegiatan untuk menyelesaikan suatu kegiatan. Jadi, pengertian teks prosedur adalah jenis teks yang berisi tahapan-tahapan untuk menyelesaikan sesuatu.

2). Minarni Try Astuti

Mengatakan bahwa teks prosedur adalah teks yang berisi petunjuk atau petunjuk langkah demi langkah yang memberikan petunjuk untuk melakukan atau melakukan sesuatu.

Ciri – Ciri Teks Prosedur

Berikut dibawah ini ciri-ciri teks prosedur, antara lain.

1). Memakai Kalimat Saran dan Juga Larangan

Isi dalam paragraf prosedur biasanya berupa kalimat nasehat dan juga kalimat larangan. Kalimat-kalimat saran diberikan oleh penulis untuk membantu membaca melalui tahapan-tahapan atau langkah-langkah untuk memperbaiki sesuatu. Sehingga hasilnya juga benar serta sesuai dengan harapan.

Selain itu, kalimat larangan juga digunakan. Larangan ini penulis sampaikan untuk membantu pembaca agar tidak salah dalam mempraktekkan cara dan tahapan yang disajikan.

Misalnya, saat membagikan cara memasak nasi goreng, terkadang penulis menggunakan kalimat “Hindari menggunakan penyedap rasa yang berlebihan”.

2). Berisi Bilangan Urutan atau Angka

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, procedure text berisi langkah-langkah yang dibuat berupa poin-poin.

Kemudian teks jenis ini kemudian memiliki nomor urut atau nomor. Termasuk bila ditulis dalam bentuk paragraf. Jadi akan ada yang pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya dalam paragraf.

3). Berisi Langkah-langkah Kegiatan

Ciri pertama paragraf prosedur adalah memuat langkah-langkah suatu kegiatan. Baik itu langkah-langkah dalam membuat menu masakan, kerajinan tangan, mencuci baju, mencuci keramik, mencuci atau membersihkan boneka, dan lain sebagainya.

Penulis sendiri membutuhkan waktu dan proses yang lama untuk mengetahui caranya. Artinya, penulis kemudian menyadari bahwa metode yang telah dikenalnya akan bermanfaat bagi orang lain.

Sehingga cara yang diketahuinya tadi dituangkan ke dalam teks, dan teks tersebut dibuat ringkas dan jelas dalam bentuk paragraf prosedur.

Beberapa orang berbagi pengetahuan dan cara baru untuk membuat sesuatu dan memecahkan masalah secara gratis. Sebagian lagi menjadikannya sebagai media bisnis.

Misalnya, orang tahu cara membuat kue kering jenis kastengel yang enak dan lembut. Namun, ia tidak membagikan cara yang ia ketahui dengan berbagi resep, melainkan memilih mendirikan usaha untuk menerima pesanan kastengel.

4). Kebanyakan Dituangkan dalam Bentuk Poin

Umumnya, teks prosedur ditulis dalam poin-poin atau nomor. Sehingga lebih jelas dalam menjelaskan langkah-langkah atau tahapan dari awal sampai akhir kepada pembaca.

Namun tidak semua penulis menggunakan teknik ini, ada pula yang ditulis dalam bentuk paragraf.

Sepintas, ketika teks model prosedur dibuat dalam bentuk paragraf, akan mirip dengan narasi. Namun, narasi umumnya dijelaskan begitu saja tanpa urutan apapun.

Jadi, jika kamu menemukan teks yang berisi langkah-langkah, maka nomori secara berurutan, lalu masukkan paragraf prosedur.

5). Menyajikan Informasi yang Bersifat Objektif

Teks yang dijelaskan dalam paragraf prosedur memiliki sifat objektif. Karena itu bukan hasil imajinasi atau karangan pengarang.

Namun dari pengalaman, analisis, dan eksperimen yang dilakukan oleh penulis. Sehingga pembaca tidak akan merasa melakukan prosedur yang salah.

6). Disusun Secara Sistematis Namun Detail

Paragraf prosedur juga disajikan secara sistematis namun rinci. Tujuannya tentu saja untuk membantu pembaca mempraktekkan prosedur-prosedur yang dijelaskan dengan baik dan benar.

Untuk mencegah hasil yang tidak maksimal atau kegagalan, sehingga perlu dijelaskan secara sistematis. Agar pembaca bisa berlatih dari awal sampai akhir secara berurutan agar bisa sukses.

Jenis Teks Prosedur

Berikut dibawah ini jenis – jenis teks prosedur, antara lain sebagai berikut.

1). Teks prosedur sederhana

Yang dimaksud dengan teks program sederhana adalah teks yang hanya berisi dua atau tiga instruksi langkah.

Jadi teks ini sangat pendek dan hanya memperkenalkan bagian-bagian yang dianggap sangat penting. Contohnya tata cara atau petunjuk mengoperasikan mesin cuci.

2). Teks Prosedur Kompleks

Pengertian teks program kompleks adalah teks yang terdiri dari berbagai langkah dan tahapan.

Teks jenis ini umumnya sering menambahkan sub-langkah untuk dapat memperjelas petunjuk atau arahan yang harus dilakukan.

Selain itu, instruksi yang diperkenalkan sangat detail, sehingga lebih mudah dipahami dan langsung diikuti.

3). Teks Prosedur Protokol

Prosedur protokol adalah teks program, dan langkah-langkahnya sederhana dan mudah dipahami.

Misalnya, ketika membuat capcai, juru masak dapat dengan bebas memilih apakah brokoli atau wortel akan dipotong terlebih dahulu, karena bahan-bahan ini akan ditambahkan ke capcai secara bersamaan.

Tujuan Teks Prosedur

Secara umum, fungsi dan tujuan teks prosedur adalah untuk menjelaskan dan menjelaskan langkah-langkah secara berurutan untuk mencapai suatu tujuan dan pembaca dapat mengikuti panduan.

Dapat dikatakan bahwa teks prosedur merupakan teks panduan bagi kita untuk mengikuti langkah-demi langkah yang ada di dalamnya.

Sehingga, bahasa panduan ini harus mudah dipahami dan strukturnya jelas dan yang terpenting urutannya jelas dan berurutan sehingga tidak ada langkah yang salah karena bisa mengubah hasil akhir.

Contoh Teks Prosedur

Berikut dibawah ini contoh teks prosedur, antara lain sebagai berikut.

1). Download dan masuk kedalam aplikasi penyedia layanan.

2). Masukkan password untuk masuk kedalam aplikasi.

3). Cari tombol bayar tagihan listrik dan tekan pada tombol tersebut.

  • Untuk listrik prabayar (token) maka pengguna dapat memasukkan nomor token dan memilih jumlah nominal pada pilihan token, umunya berkelipatan seperti Rp 20.000,- Rp 50.000,- dan lainnya.
  • Untuk pembayaran pasca bayar umumnya akan langsung tercantum jumlah yang harus di bayar setelah memasukkan nomor meteran (id pengguna).

4). Lanjut tekan ok dan transaksi akan berjalan.

5). Selanjutnya kamu akan mendapatkan bukti transaksi setelah pembayaran.

    1. Untuk listrik prabayar (token) kamu akan mendapatkan bukti transaksi yang disertai dengan nomor strom untuk dapat segera di tekan pada meteran kamu.
    2. Untuk pembayaran pasca bayar maka anda sudah bisa menikmatin listrik sampai pada bulan berikutnya.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian prosedur menurut ahli, ciri-ciri, jenis, tujuan serta contoh teks prosedur.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan teks prosedur. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Tanggapi Somasi dari Mbak Rara gegara Bongkar Trik Pawang Hujan, Pesulap Merah Santai: Saya Gak Nyebut Nama Dia!

Mbak Rara pawang hujan MotoGP Mandalika 2022, mlayangkan somasi kepada Pesulap Merah karena telah membongkar trik pawang hujan yang dilakukannya.…

15 Tempat Wisata di Bangli Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Bangli memang agak berbeda jika dibandingkan dengan kabupaten atau kota lainnya yang berada di Bali. Kabupaten Bangli tidak terkenal…

Betrand Peto Pernah Minum ASI Sarwendah, Kelakuan Anak Angkat Dewi Perssik Juga Pernah Jadi Perbincangan karena Nekat Mencium Sang Ibu Angkat Di Hadapan Publik

Keberadaan Betrand Peto di keluarga Ruben Onsu memang sempat menuai pro kontra. Hal itu karena sikapnya kepada sang ibu asuh,…

Terpaksa Jadi Janda Lagi Usai Bahagia Dinikai Brondong Usia 27 Tahun, Syok Nikahi Suami Orang

Kemampuan akting artis senior Henidar Amroe tak perlu diragukan lagi. Ia sudah malang melintang di dunia hiburan tanah air cukup…

Ditantang Turunkan Hujan dalam Waktu 10 Menit, Rara Pawang Hujan Auto Salting dan Langsung Lirik HPnya, Dokter Richard Lee: Kamu Salah Ngomong dengan Saya

Baru-baru ini, sosok Rara pawang hujan mendadak jadi sorotan saat ditantang turunkan hujan oleh Dokter Richard Lee. Tak hanya ditantang…

Pantas Saja Betah Menjanda, Diam-Diam Ayu Ting Ting Masih Ngarep Berjodoh dan Dinikahi Berondong Tampan Ini, Sayang Harus Berakhir Patah Hati Gegara Hal Ini

Ayu Ting Ting memang dikenal sebagai biduan dangdut yang memiliki paras cantik. Hal inilah yang membuatnya kerap didekati oleh sejumlah…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Jombang yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Jombang memang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Tak heran dinamai Jombang yang memiliki arti “sedap dipandang”. Salah satu…

Viral! Video Ustadz Abdul Somad tantang dukun berwajah seram santet dirinya: Bertambah pula musuh saya

Ustadz Abdul Somad (UAS) menjadi salah satu tokoh agama yang kerap mengajarkan syi'ar islam dengan pembawaan yang ringan dan mudah…

Dituding Manfaatkan Kesulitan Orang demi Konten, Baim Wong Menangis: Tidak Sebanding dengan Adsense

YouTuber dan aktor Baim Wong tak bisa menahan air matanya saat mendengar tudingan bahwa dirinya terus memanfaatkan kesulitan orang lain…

15 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Wajib Dikunjungi

Apa yang terlintas dipikiran Anda ketika mendengar Kota Jakarta Pusat ? Selain tentang kemacetan, kesibukan, Jakarta juga memang cukup terkenal…