Pengertian Produktivitas, Jenis, Manfaat Serta Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas

Istilah produktivitas secara umum sering digunakan dalam berbagai kegiatan produksi untuk menilai tingkat efisiensi yang terjadi antara input dan output.

Yang dimaksud dengan input dalam produktivitas ini dapat berupa sumber daya yang digunakan seperti modal, tenaga kerja, material (bahan) dan energi. Sedangkan output dapat berupa jumlah unit produk atau pendapatan yang dihasilkan.

Ukuran produktivitas biasanya dinyatakan dengan rasio yang membandingkan output dengan input yang digunakan dalam proses produksi atau output per unit input.

Untuk lebih mengetahui apa itu produktivitas, yuk simak beberapa informasi yang akan kami berikan berikut ini.

Pengertian Produktivitas

Peroduktivitas yang dalam bahasa Inggris disebut dengan productivity pada dasarnya terdiri dari dua kata yaitu product dan activity yang berarti kegiatan untuk menghasilkan sesuatu, baik itu produk maupun jasa.

Pengertian produktivitas secara umum adalah kemampuan setiap orang, sistem atau perusahaan untuk menghasilkan sesuatu yang diinginkan dengan memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien.

Arti kata produktivitas sendiri masih memiliki kandungan yang sama dengan daya produksi dan produktivitas.

Kata tersebut biasa digunakan untuk menilai tingkat efisiensi suatu pabrik, mesin, perusahaan, sistem atau orang dalam mengubah input menjadi output yang diinginkan.

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat memahami bahwa produktivitas itu sendiri memiliki tiga elemen penting di dalamnya.

Pertama, efektivitas digunakan sebagai nilai ketepatan dalam memilih cara melakukan sesuatu untuk mencapai sasaran.

Kedua, efisiensi digunakan untuk menilai ketepatan dalam melaksanakan sesuatu dengan menghemat sumber daya yang ada.

Ketiga, kualitas yang akan menyatakan seberapa jauh tingkat pemenuhan berbagai persyaratan, spesifikasi, atau harapan pelanggan.

Untuk lebih memahaminya, berikut ini pengertian produktivitas menurut pendapat para ahli:

1). Daryanto

Produktivitas menurut Daryanto adalah suatu konsep yang menggambarkan hubungan antara hasil (jumlah barang dan atau jasa yang diproduksi) dengan sumber (jumlah tenaga kerja, modal, tanah, energi, dan sebagainya) untuk menghasilkan hasil tersebut.

2). Handoko

Handoko berpendapat bahwa produktivitas adalah hubungan antara input dan output dari sistem yang produktif. Secara teori, seringkali mudah untuk mengukur hubungan ini sebagai rasio output terhadap input.

Ketika lebih banyak output diproduksi dengan jumlah input yang sama, produktivitas meningkat. Demikian juga, ketika input yang lebih sedikit digunakan untuk jumlah output yang sama, produktivitas juga meningkat.

3). Smith dan Wekeley

Smith dan Wekeley berpendapat bahwa produktivitas adalah produksi atau output yang dihasilkan dalam satu unit waktu untuk input.

4). Revianto

Revianto berpendapat bahwa produktivitas adalah suatu konsep yang menunjukkan hubungan antara hasil kerja dengan satuan waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk suatu tenaga kerja.

5). Sinungan

Produktivitas menurut Sinungan adalah hubungan antara hasil nyata dan fisik (barang atau jasa) dengan input yang sebenarnya.

Jenis – Jenis Produktivitas

Setelah mengetahui apa itu produktivitas, berikut adalah macam-macam produktivitas yang perlu kamu ketahui. Beikut kami jelaskan di bawah ini.

1). Produktivitas Total

Produktivitas total adalah pengukuran produktivitas total yang dapat dilakukan dalam dua kondisi. Berikut penjelasan singkat mengenai kedua kondisi tersebut, yaitu:

Perubahan produktivitas tanpa pertukaran produktivitas. Dalam memproduksi suatu produk, berbagai input digunakan, seperti bahan baku, modal, dan energi. Ukuran produktivitas total memperhitungkan semua jenis input yang digunakan untuk menghasilkan output.

Ukuran produktivitas total dengan mempertimbangkan trade-off untuk produktivitas. Produktivitas satu input meningkat dengan akibat penurunan produktivitas input lainnya, manajemen memerlukan ukuran nilai produktivitas total dalam bentuk produktivitas yang dikaitkan dengan keuntungan.

2). Produktivitas Parsial

Produktivitas parsial dapat dilakukan untuk setiap input secara terpisah atau total untuk semua input yang digunakan dalam menghasilkan output.

Selanjutnya, ukuran produktivitas suatu periode harus dibandingkan dengan ukuran produktivitas periode sebelumnya, untuk mengukur perubahan produktivitas.

Produktivitas parsial juga dapat memberikan beberapa keuntungan, yaitu memungkinkan manajer untuk mengkonsentrasikan usahanya, memudahkan karyawan operasional untuk menentukan kinerja produktivitasnya, dan untuk tujuan pengendalian operasional.

Manfaat Produktivitas

Dari pengertian produktivitas tersebut dapat disimpulkan bahwa suatu perusahaan yang ingin berkembang harus dapat memanfaatkan sikap produktivitas tenaga kerjanya.

Produktivitas memiliki beberapa manfaat bagi perusahaan. Berikut beberapa manfaatnya, yaitu sebagai berikut:

1). Perusahaan dapat menilai efisiensi konversi sumber dayanya, guna meningkatkan produktivitas melalui efisiensi penggunaan sumber daya tersebut.

2). Perencanaan sumber daya akan menjadi lebih efektif dan efisien melalui pengukuran produktivitas, baik dalam perencanaan jangka pendek maupun jangka panjang.

3). Tujuan ekonomi dan non-ekonomi perusahaan dapat diatur kembali dengan memberikan prioritas tertentu dari sudut pandang produktivitas.

4). Perencanaan target tingkat produktivitas yang akan datang dapat dimodifikasi kembali berdasarkan informasi pengukuran tingkat produktivitas saat ini.

5). Pengukuran produktivitas perusahaan akan menjadi informasi yang berguna dalam membandingkan tingkat produktivitas antar organisasi perusahaan dalam industri sejenis dan juga berguna untuk informasi produktivitas industri dalam skala nasional dan global.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi produktivitas suatu organisasi.

1). Faktor Teknis

Faktor teknis adalah faktor yang meliputi penentuan lokasi, tata letak dan ukuran pabrik atau mesin produksi yang tepat, penggunaan mesin dan peralatan yang benar, penelitian dan pengembangan teknis serta penerapan komputerisasi dan otomatisasi pada produksi yang bersangkutan.

Jika perusahaan menggunakan teknologi terkini dengan tepat, maka produktivitas akan lebih tinggi.

2). Faktor Produksi

Faktor produksi adalah faktor-faktor yang meliputi perencanaan, koordinasi dan pengendalian produksi, penggunaan bahan baku yang berkualitas baik serta penyederhanaan dan standarisasi proses produksi. Jika semua faktor produksi dapat berjalan dengan baik maka akan meningkatkan produktivitas.

3). Faktor Organisasi

Faktor organisasi adalah faktor yang berkaitan dengan jenis organisasi yang digunakan, definisi yang jelas tentang wewenang dan tanggung jawab masing-masing individu dan departemen serta pembagian kerja dan spesialisasi pekerjaan yang dilakukan.

4). Faktor Personil

Faktor personil merupakan faktor yang secara langsung mempengaruhi produktivitas suatu organisasi. Individu atau tenaga kerja yang tepat harus ditempatkan pada posisi yang tepat.

Pekerja yang lolos seleksi harus diberikan pelatihan dan pengembangan yang layak serta menyediakan kondisi dan lingkungan kerja yang baik.

Individu yang telah menjadi karyawan harus memiliki motivasi yang baik, baik motivasi finansial maupun non finansial.

Keamanan kerja, kesempatan untuk memberikan saran atau pendapat dan kesempatan untuk dipromosikan juga secara langsung mempengaruhi produktivitas kerja suatu organisasi.

5). Faktor Finansial (Keuangan)

Keuangan adalah darahnya sebuah bisnis, oleh karena itu harus ada perencanaan dan pengendalian keuangan yang baik atas keuangan atau modal kerja. Penggunaan modal atau pemborosan keuangan harus dihindari.

Manajemen harus memperhitungkan pengembalian modal yang mereka investasikan. Keuangan yang dikelola dengan baik akan meningkatkan produktivitas suatu perusahaan atau organisasi.

Demikian artikel kami mengenai pengertian produktivitas lengkap dengan jenis, manfaat dan faktor yang mempengaruhinya.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai produktivitas. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

15 Tempat Wisata di Kabupaten Tulungagung yang Wajib Dikunjungi

Tulungagung dan Bali menjadi dua tempat yang tidak jauh berbeda, pesona keindahan pantainya menjadi salah satu yang harus Anda kunjungi…

15 Tempat Wisata di Tabanan Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Tabanan memang terkenal dengan area persawahannya, tak heran jika 28% dari luas wilayahnya merupakan lahan persawahan. Tanahnya yang subur,…

Cara Membuat Daftar Pustaka Jurnal, Buku, Makalah dan Skripsi

Sebelum masuk pembahasan cara membuat daftar pustaka baik untuk Jurnal, Buku, Makalah maupun Skripsi ada beberapa hal yang harus anda…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Rembang yang Wajib Dikunjungi

Rembang merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Mungkin nama kabupaten Rembang ini tidak cukup populer di telinga Anda. Namun…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Ngawi yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Ngawi, salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur ini selain memiliki alam yang begitu mengagumkan juga memang kaya…

Ditantang Turunkan Hujan dalam Waktu 10 Menit, Rara Pawang Hujan Auto Salting dan Langsung Lirik HPnya, Dokter Richard Lee: Kamu Salah Ngomong dengan Saya

Baru-baru ini, sosok Rara pawang hujan mendadak jadi sorotan saat ditantang turunkan hujan oleh Dokter Richard Lee. Tak hanya ditantang…

7 Fakta Unik Mbak Rara Si Pawang Hujan, Dari Keturunan Muslim tapi Mengaku Non Muslim

Rara Istiati Wulandari atau yang lebih dikenal Mbak Rara Pawang Hujan kembali ramai dibicarakan oleh warganet. Hal ini terjadi lantaran…

15 Tempat Wisata di Karangasem Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Karangasem memang menjadi salah satu kabupaten yang berada di daerah Bali. Masih sama seperti daerah-daerah lainnya yang berada di…

Tutup Pintu Restu untuk Nathalie Holscher? Wejangan Menohok Haji Faisal untuk Frans Faisal: Cari yang Single

Frans Faisal, putra kedua Haji Faisal tersebut kini tengah dijodoh-jodohkan Nathalie Holscher. Ini bukan kali pertama Frans Faisal digosipkan dekat…

Viral! Video Ustadz Abdul Somad tantang dukun berwajah seram santet dirinya: Bertambah pula musuh saya

Ustadz Abdul Somad (UAS) menjadi salah satu tokoh agama yang kerap mengajarkan syi'ar islam dengan pembawaan yang ringan dan mudah…