Pengertian Potensi Menurut Ahli, Jenis dan Contoh Pada Potensi

Potensi merupakan suatu hal yang didapatkan dari dalam diri berupa kemampuan atau kekuatan yang belum dikembangkan sehingga perlu untuk di latih agar menjadi sebuah keunggulan dan kelebihan seseorang.  Sebenarnya setiap orang memiliki potensi dalam dirinya masing-masing, tergantung usaha dan keberuntungan yang ada pada diri seseorang sehingga orang tersebut dapat memaksimalkan potensinya menjadi nilai positif yang sangat berguna. Potensi ini juga  ada pula dpada sebuah kelompok. Berikut ini kita akan mengulas banyak hal mengenai potensi.

Pengertian Potensi Menurut Ahli

1). Majdi (2007)

Potensi adalah serangkaian kemampuan, kemampuan, kelebihan, atau kekuatan yang dapat berkembang menjadi bentuk yang lebih besar lagi. Bentuk ini biasanya diperoleh melalui pembangunan untuk kesejahteraan hidup masyarakat.

2). Myles Munroe

Myles Munroe menjelaskan pemikirannya tentang pengertian potensi adalah suatu bentuk sumber daya atau kemampuan yang cukup besar, tetapi kemampuan tersebut belum terungkap dan belum diaktifkan. Pengertian potensi menurut Munroe juga dapat diartikan bahwa potensi adalah kekuatan terpendam yang belum dimanfaatkan, bakat yang masih terpendam, atau keberhasilan yang belum tercapai bila kita memiliki kekuatan untuk mencapainya.

3). Sri Habsari

Sedangkan  Sri Habsari mengatakan bahwa arti kata potensi, yang menurutnya potensi adalah kemampuan dan kekuatan dalam diri yang dapat ditingkatkan dan dikembangkan menjadi lebih baik dengan sarana dan prasarana yang tepat dan baik.

4). Beirut

Beirut sendiri memandang pengertian potensi adalah sebagai rangkaian kemampuan dasar yang dimiliki setiap manusia untuk dapat dikembangkan dan dioptimalkan sebaik mungkin. Optimalisasi ini dilakukan atau dilakukan melalui kerja, usaha, dan pengembangan.

Jenis-Jenis Potensi

Jenis-jenis pada potensi terdiri atas beberapa hal dilihat dari setiap kemampuan yang ada, berikut ini merupakan penjelasan setiap kemampuan yang ada, sehingga kamu dapat mengetahui dan melatih kemampuan yang ada di dalam diri kamu, adapun jenis tersebut adalah sebagai berikut :

1). Kemampuan sosiologis

Yaitu kemampuan seseorang untuk peka terhadap masalah-masalah sosial yang ada di sekitarnya. Kepekaan ini mendorongnya untuk berpikir kritis dan emansipatoris. Simpati dan empati merupakan bentuk kepekaan yang dimiliki oleh mereka yang memiliki potensi kemampuan berpikir sosiologis.

2). Kemampuan naturalis

Yaitu kemampuan seseorang untuk merasa peka terhadap lingkungan alam di sekitarnya. Orang dengan ciri ini akan merasakan sakit atau sebuah perasaaan yang sama apabila melihat ada orang yang tega merusak alam ini dengan kesengajaan ataupun untuk mencari keuntungan pribadi. Selain itu, potensi ini juga dapat digambarkan dengan kemampuan memahami kehidupan ekologis di bumi, dan umumnya kemampuan ini dimiliki oleh para peneliti atau pejuang kelestarian alam.

3). Kemampuan musikal

Itulah kecerdasan seseorang untuk menciptakan harmoni melalui suara. Suara umumnya diciptakan melalui memainkan alat musik. Ketrampilan memainkan alat musik dan kecerdasan mengapresiasi alunan nada adalah beberapa contoh potensi yang hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu.

5). Kemampuan spasial

Yaitu kecerdasan yang berkaitan dengan pemahaman ruang spasial. Ruang spasial sering dikaitkan dengan pemetaan. Pengemudi profesional biasanya mengembangkan potensi ini. Misalnya, ketika melewati jalan yang aneh, masuk ke gang sempit, dia masih bisa keluar dari gang tanpa tersesat. Kemampuan ini merupakan kemampuan spasial.

6). Kemampuan visual

Yaitu kecerdasan untuk menciptakan kreasi visual. Kreasi tersebut dapat berupa gambar, lukisan, atau film. Selain itu orang yang memiliki kemampuan ini akan dapat menggambarkan dan memahami sebuah teka-teki yang dibuat secara visual, contoh yang sering kita lihat adalah seorang yang mampu menerjemahkan makna sebuah lukisan.

7). Kemampuan logika

Yaitu kemampuan seseorang untuk berpikir logis dan matematis. Potensi ini berkaitan dengan kecerdasan dalam pikirannya untuk memahami sesuatu secara numerik, termasuk menghitung dan menghafal rumus-rumus matematika. Potensi kemampuan logika dapat diperoleh dari bakat atau pembelajaran.

8). Kemampuan linguistik

Yaitu kemampuan individu untuk berbicara. Kemampuan ini memiliki cakupan yang luas, tidak hanya memahami teks deskriptif, tetapi juga berbicara, berceramah, dan berdiskusi. Umumnya orang-orang seperti ini akan memiliki kemampuan dengan komunikasi yang efektif untuk dapat meyakinkan orang lain.

9). Kemampuan kinestetik

Yaitu kemampuan seseorang untuk menggerakkan tubuhnya. Tidak hanya bergerak, tetapi juga mengembangkan elastisitas atau kelenturan tubuh dan menciptakan keselarasan melalui gerakan fisik yang tepat dan mempesona, layaknya seorang penari profesional.

10). Kemampuan interpersonal

Yaitu kemampuan seseorang dalam menjalin hubungan sosial. Potensi kecerdasan seseorang yang pandai dalam hubungan interpersonal dapat dilihat dari kemampuannya berkomunikasi, melobi, mewawancarai orang lain atau sejenisnya. Kemampuan ini adalah tentang menciptakan dan memelihara hubungan manusia.

11). Kemempuan intrapersonal

Yaitu kemampuan seseorang untuk memahami, mengatur, dan mengatur diri sendiri. Umumnya orang-orang yang telah mampu mmenguasai kemampuan intrapersonal maka akan dapat untuk membuat suatu keputusan, merancang visi, dan menetapkan tujuan hidup. Kemampuan intrapersonal dapat digunakan untuk menjadi seorang yang lebih sabar dan tidak mudah untuk marah.

Contoh Potensi

Adapun contoh dari potensi yang dapat kita lihat adalah dalam hal proses rekrutmen dimana setiap orang harus membuat kemampuan yang ada di dalam dirinya. Hal itulah yang merupakan contoh dari potensi diri, misalnya seseorang memiliki manajemen waktu maka seseorang tersebut telah mampu untuk mengatur waktu yang efisien dan membuat sebuah pekerjaan dapat menjadi lebih cepat.

Hal lain yang dapat kita jadikan contoh potensi adalah komunikasi, dimana disini seseorang akan mampu mewakili perusahaannya untuk menyampaikan berbagai hal yang menguntungkan untuk perusahaan dengan mendapatkan sebuah proyek atau dana dari para investor atau konsumen, sehingga kemampuan komunikasi akan membantu seseorang untuk segera mendapatkan promosi dan memiliki nilai positif yang berguna pada dirinya.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian potensi menurut ahli, jenis dan contoh pada potensi. Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan potensi. Terimakasih ya sudah berkunjung.

 

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Nangis Sambil Pegang Alat Vital, Geger Video Syur Tersebar, Sosok Ini Selamatkan Chandrika Chika Dari Fitnah: hoax

Seleb Tiktok sekaligus talent dari RANS Entertainment, Chandrika Chika ramai gegerkan publik. Tak hanya diterpa hujataan usai dirinya disebut terseret…

Vicky Prasetyo Telah 25 Kali Kawin Cerai, Nikita Mirzani Sebut Ukuran Mr P-Nya Tidak Normal: Seperti Anakonda…

Siapa sih yang tak kenal dengan sosok Vicky Prasetyo? Beberapa waktu lalu Vicky Prasetyo menjadi sorotan usai pernikahannya dengan Kalina…

Bak ABG Lagi Kasmaran, Doddy Sudrajat Akui Ngebet Ingin Nikahi Sosok Wika Salim Hingga Nekat Lakukan Hal Ini!

Usai diceraikan oleh mantan istrinya, Puput, nyatanya tak membuat Doddy Sudrajat berhenti mencari pasangan. Bahkan baru-baru ini disebut-sebut sosok Doddy…

Bisa Gawat Kalau Reino Barack Tahu, Masa Lalu Syahrini Saat Zaman Jahiliah Terbongkar, Ternyata Sempat Tinggal Seatap dengan Sosok Pria Ini

Sejak menikah dengan Reino Barack, penampilan Syahrini mulai berubah lebih tertutup. Kini, Syahrini bahkan telah mantap untuk mengenakan hijab. Hal…

Rumor Perceraian Makin Jelas? Nia Ramadhani Sudah 2 Bulan Ogah Pulang ke Rumah Ardi Bakrie?

Kabar tentang perceraian Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie sempat menghebohkan beberapa waktu lalu. Tepatnya saat Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie…

Bak Petir Menyambar, Terkuak Lucinta Luna Sudah 18 Kali Operasi Plastik, Telan Biaya Sangat Fantastis, Segini Besarannya!

Selebgram Lucinta Luna terus menjadi sorotan usai keputusan melakukan operasi ganti kepala. Lucinta Luna diketahui baru saja selesai melakukan perubahan…

‘Suami Berlebaran Bersama Istri Pertama’ Nyesek! 28 Tahun Rela Hidup jadi Istri Kedua, Artis Cantik Ini Akhirnya Pilih Pulang Kampung Bareng Anak

Artis cantik Zarina Zainuddin sempat membuat publik geger karena jalinan asmaranya dengan suami orang. Dikutip dari GridPop.id, artis asal negeri…

Ternyata Syahrini Tutupi Kehamilan? Ucapan Reino Jadi Bukti, Bocor Panggilan Baru Incess: Insyaallah

Benarkah selama ini ternyata Syahrini menutupi kehamilannya di hadapan publik. Sudah tiga tahun menjalani biduk rumah tangga dengan Reino Barack,…

‘Gak Ada Adab’ Bikin Geram! Keluarga Haji Faisal Tengah Khusyuk Berdoa di Makam Vanessa dan Bibi, Sosok Tak Dikenal Lancang Lakukan Ini pada Gala Sky

Belakangan netizen dibikin geram dengan ulah seseorang yang sudah kelewat batas. Nahloh, kenapa ya? Sebagaimana diketahui, keluarga Haji Faisal dikenal…

Dituding Pencuri Oleh Suami hingga Lahiran di Penjara, Penampilan Artis Lawas Ini Sukses Bikin Melongo

Masih ingat dengan Zarima Mirafsur yang dijuluki ratu ekstasi? Dijuluki ratu ekstasi, begini kisah tragis Zarima Mirafsur yang pernah melahirkan…